Cara Mengembalikan Add New Plugin Wordpress Yang Tiba-tiba Hilang

Mengembalikan Add New Plugin WordPress Yang Hilang

Posted on

Add Plugin WordPress Hilang – Plugin iyalah istilah sering disebutkan. Atau mungkin Anda telah menginstal alat ini tetapi masih belum tahu cara kerja plugin dan fungsinya serta penggunaannya.

Plugin adalah alat penting yang bertanggung jawab untuk mengembangkan fungsionalitas situs berbasis WordPress.

Apa itu Plugin WordPress dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa itu Plugin WordPress dan Bagaimana Cara Kerjanya

Plugin adalah kode yang dipasang “plug” di situs web berbasis WordPress. Dalam kalimat sederhana, plugin WordPress adalah ekstensi yang ditambahkan ke situs dan memiliki fungsi untuk memodifikasi dan mengembangkan fungsionalitas WordPress utama.

Dengan plugin, Anda memiliki solusi terbaik untuk mengedit kode WordPress asli. Anda tidak perlu lagi menyesuaikan beberapa kode hanya untuk mengembangkan dan memaksimalkan kemampuan WordPress. Plugin hanya perlu diunduh dan diinstal di situs web.

Menggunakan plugin berarti Anda memasukkan kode “plug” tambahan untuk mengubah kode asli. Jika suatu saat perubahan yang dilakukan tidak lagi digunakan, maka Anda hanya perlu “mencabut” kode dengan menonaktifkan plugin.

WordPress menyediakan ribuan plugin berbayar dan gratis. Mengaktifkan plugin yang sesuai tidak hanya mengembangkan fungsionalitas situs dan meningkatkan pengalaman pengguna, tetapi juga menyederhanakan aktivitas dan pekerjaan Anda.

Fungsi Plugin

Plugin dikenal sebagai alat atau pengubah yang mengubah situs web sederhana menjadi situs web fungsional dan kaya fitur. Dengan hanya beberapa klik, plugin akan diinstal yang kemudian mengubah situs web menjadi toko online, majalah online, portofolio online, dan kursus online – apa pun jenis situs web yang Anda inginkan!

Misalnya, terdapat plugin WooCommerce untuk pembutaan toko online serta ada plugin Bookly untuk pembuatan sistem reservasi secara online. Ada juga plugin Envira yang jelas merupakan favorit para fotografer yang memiliki situs web fotografi.

Fungsi plugin bervariasi. Beberapa dirancang untuk mengubah situs web secara keseluruhan, tetapi beberapa bekerja di belakang layar. Untuk jenis plugin yang disebutkan terakhir, Anda mungkin tidak melihat hasilnya di ujung depan.

Alih-alih plugin mengoptimalkan kinerja dan cara kerja situs. Contoh plugin adalah WPSmush untuk mengompres gambar, W3 Total Cache untuk meningkatkan kinerja situs, dan WordFence untuk meningkatkan sistem keamanan situs web.

Kenapa Fitur Add Plugin Tiba-tiba hilang?

Ada beberapa alasan mengapa hal ini bisa terjadi diantaranya iyalah karena terlalu banyak plugin yang diinstal dan ada plugin yang menyisipkan kode script agar Anda tidak bisa menambahkan plugin baru.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Istilah Dalam Web Hosting

Cara Mengembalikan Fitur Add Plugin WordPress yang Hilang

Cara Mengembalikan Fitur Add Plugin WordPress yang Hilang

Nah, terkadang ada permasalahan yang muncul di dalam penggunaan wordpress salah satunya yaitu fitur add plugin yang tiba-tiba menghilang. Hal ini tentu membuat Anda bingung karena tentu Anda tidak bisa menginstal plugin baru untuk website Anda.

Namun Anda dapat mengikuti langkah-langkah untuk mengembalikan plugin milik Anda yang hilang, berikut adalah caranya.

1. Matikan Sementara Plugin yang Berjalan

Terkadang saat anda menginstal plugin yang baru terdapat bentrok kode script dengan plugin yang sudah terinstal sebelumnya, akibatnya dapat menyebabkan salah satu fitur di wordpress menjadi hilang atau tidak dapat digunakan.

Jadi coba Anda matikan sementara seluruh pluggin dan refres halaman selanjutnya lihat apakah menu add plugin anda kembali muncul atau tidak.

2. Masuk Ke Menu Wp-Config

Cara kedua yang dapat Anda lakukan jika hal tersebut masih terjadi adalah dengan masuk kedalam menu wp-config wordpress di dalam file manajer hostingan milik Anda. berikut adalah caranya.

  • Buka halaman login cPanel pada area client hosting Anda.
  • Jika sudah selanjutnya, Masukan user dan password milik Anda.
  • Jika telah masuk kehalaman cPanel, silahkan Anda pilih file Manager.
  • Cari file Wp-Config klik kanan lalu pilih edit.
  • Cari script seperti di gambar ini.
wp-config true
  • Lalu ubah menjadi seperti ini. Lalu simpan atau save.
wp-config false

Kemudian Anda dapat membuka wordpress dan melihat bahwa fitur Add plugin milik Anda telah muncul kembali.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Cara Instal Plugin di WordPress

Cara Instal Plugin di WordPress

1. Melalui Dashboard WordPress

Ada lebih dari 46.000 plugin di direktori plugin WordPress.org saat ini. Semuanya dapat Anda unduh secara gratis. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui cara memasang plugin WordPress.

  1. Akses dashboard WordPress lalu pilih menu Plugins.
  2. Klik tombol Tambah Baru di bagian atas halaman.
  3. Anda dapat mencari plugin dengan memilih tag Popular, Featured, atau Recommended di bagian atas halaman. Selain itu Anda juga dapat menggunakan menu pencarian. Jika Anda sudah tahu plugin apa yang Anda inginkan, ketikkan nama atau kata kunci yang sesuai di bidang pencarian, lalu tekan Enter. Dalam contoh ini kita akan menginstal plugin WP Super Cache yang berguna untuk meningkatkan kecepatan blog WordPress.
  4. Setelah itu, silakan tekan tombol Instal pada plugin yang ingin Anda instal.
  5. Plugin yang baru saja Anda instal tidak langsung aktif. Karena itu, silakan aktifkan dulu dengan mengklik tombol Aktifkan.

2. Instal Plugin Secara manual

Direktori plugin bukanlah satu-satunya tempat untuk Anda mendownload plugin. Ada banyak penyedia plugin premium seperti CodeCanyon yang menawarkan lebih dari 4000 plugin berbayar.

Sebelum mengikuti langkah-langkah di bawah ini, Anda harus mengunduh plugin terlebih dahulu ke komputer.

  1. Pada dasbor admin WordPress, silakan pilih menu Plugins lalu klik tombol Add New.
  2. Setelah itu silakan tekan tombol Unggah Plugin.
  3. Pada halaman baru, silakan klik tombol Choose File, untuk memilih plugin yang ada di komputer Anda, lalu klik tombol Install Now.
  4. Untuk mengaktifkan plugin dan menyelesaikan proses instalasi, silakan klik tombol Activate Plugin.
  5. Pada langkah ini Anda telah berhasil menginstal plugin dan mengaktifkannya.

3: Gunakan FTP

Cara lain untuk instal plugin WordPress iyalah dengan memakai klien FTP ataupun File Manager. Metode ini sangat membantu, terutama saat penyedia layanan hosting Anda memberikan batasan pada ukuran file yang diunggah dan Anda tidak dapat menginstal plugin melalui menu dashboard WordPress.

Hanya saja metode ini tidak disarankan untuk pemula karena mereka harus mengetahui penggunaan FTP atau File Manager terlebih dahulu. Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk mengunggah plugin menggunakan FTP.

  1. Ekstrak plugin yang Anda unduh ke komputer terlebih dahulu.
  2. Hubungkan ke akun hosting Anda menggunakan klien FTP dan masukkan direktori WordPress. Dalam contoh ini, WordPress dipasang di public_html.
  3. Silakan masukkan direktori konten-wp.
  4. Buka folder plugin.
  5. Unggah plugin yang diekstrak ke folder plugin.
  6. Setelah pengunggahan selesai, silakan buka dasbor admin WordPress dan pilih menu Plugins> Installed Plugins.
  7. Setelah proses instalasi telah selesai, selanjutnya aktifkan plugin dengan menekan tombol Activate.
  8. Anda akan melihat pemberitahuan hijau di bagian atas halaman ketika plugin telah berhasil diaktifkan.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Mengatasi Tulisan Spasi Berantakan di Word

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang Cara Mengembalikan Add Plugin WordPress Yang Tiba-tiba Hilang, sekarang Anda sudah bisa menambahkan plugin ke dalam wordpress milik Anda.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.