Apa Fungsi NFC Pada Smartphone

Apa Fungsi NFC
Apa Fungsi NFC

Apa Fungsi NFC – Akhir-akhir ini Anda mungkin sering melihat produk smartphone yang sering dipasangkan dengan fitur bernama NFC.

NFC sendiri merupakan kependekan dari near field communication, sebuah teknologi yang memungkinkan smartphone Anda berinteraksi dengan sesuatu perangkat elektronik lain yang ada di dekatnya.

Tidak terkoneksi dengan WiFi, LTE atau sinyal lainnya jadi tidak perlu bingung jika tidak ada sinyal. Ada berbagai macam kegunaan NFC. Yang paling terkenal di Indonesia adalah NFC dapat digunakan untuk menyimpan data kartu pembayaran elektronik.

Biasanya digunakan saat menggunakan fasilitas KRL dan sebagainya. Namun NFC sendiri sebenarnya memiliki lebih banyak kegunaan. Berikut adalah pengertian dan fungsi NFC.

Apa itu NFC?

Apa itu NFC

NFC atau Near Field Communication adalah teknologi yang memungkinkan perangkat yang berdekatan untuk berkomunikasi satu sama lain tanpa kontak. Teknologi NFC dibenamkan di smartphone, kartu pembayaran, dan smart band.

Teknologi NFC mungkin baru saja dibicarakan, namun teknologi ini bukanlah hal baru. Sejak beberapa tahun lalu, beberapa produsen smartphone telah menyematkan teknologi NFC di beberapa seri smartphone untuk kelas menengah ke atas atau pada smartphone flagship.

NFC pada smartphone beberapa tahun yang lalu mungkin belum berkembang pesat, namun sekarang NFC semakin mendapat tempat karena perkembangan teknologi lainnya.

Misalnya, kartu e-toll yang wajib dimiliki pengemudi yang ingin masuk tol membuat smartphone NFC laku. Ponsel cerdas NFC memungkinkan pemegang kartu e-toll untuk menambah saldo dan memperbarui saldo pada e-toll.

Seperti disebutkan di atas, teknologi NFC atau Near Field Communication memungkinkan dua perangkat teknologi NFC untuk berkomunikasi satu sama lain jika berdekatan.

Satu perangkat akan bertindak sebagai pemancar, dan perangkat lainnya akan bertindak sebagai penangkap sinyal.

Kedua perangkat tersebut harus kompatibel dengan NFC, misalnya e-toll / e-money card dan perangkat lain yang berfungsi sebagai transmitter (bisa smartphone, smartbands, card reader di e-toll, mesin ATM, mesin EDC, dll.).

Bagaimana NFC bekerja?

Bagaimana NFC bekerja

NFC bekerja dengan mendekatkan dua perangkat, namun mungkin akan mengingatkan kita pada Bluetooth dan wifi, yang keduanya mengandalkan gelombang radio untuk mengirimkan informasi.

Hanya saja, di NFC, teknologi yang digunakan adalah jenis radio frequency identifikasi (RFID) lama yang menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirimkan informasi.

NFC pada perangkat aktif seperti NFC pada smartphone. NFC pada smartphone ini dapat menginduksi arus listrik dalam perangkat pasif (e-toll card atau e-money) untuk keperluan transfer data.

Jadi, teknologi NFC pada perangkat pasif tidak membutuhkan daya untuk keperluan transfer data. Oleh karena itu, terlihat bahwa kartu e-toll / e-money tidak memiliki baterai tetapi masih dapat berkomunikasi dengan perangkat NFC aktif seperti smartphone.

Berkat teknologi NFC, kartu tol / e-money kini sudah biasa digunakan untuk membayar bus, masuk gerbang tol, bayar sembako, dan masih banyak lagi. Cukup satu tap, maka transaksi bisa dilakukan.

E-toll / e-money merupakan solusi pembayaran nirsentuh yang sangat dianjurkan selama pandemi ini, karena dapat meminimalisir penyebaran virus dari sentuhan atau kontak dengan benda.

Agar dua perangkat dengan NFC dapat berkomunikasi satu sama lain, kedua perangkat harus cukup dekat, tidak lebih dari 10 cm. Berbeda dengan Bluetooth yang masih bisa menjangkau jarak 10 meter untuk mengkomunikasikan data.

Apa fungsi NFC pada ponsel?

Apa fungsi NFC pada ponsel

Keunggulan NFC adalah kecepatan koneksi. Dalam waktu kurang dari 10 detik, dua perangkat dapat terhubung menggunakan NFC, yang lebih cepat dari Bluetooth.

Saat ini NFC masih sebatas smartphone kelas menengah ke atas dan smartphone flagship. Meskipun NFC tersedia secara luas di smartphone, Anda dapat menikmati fungsinya, apa Apa Fungsi NFC? simak penjelasannya di bawah ini:

1. Pembayaran / Payment tanpa kontak

Ponsel cerdas dengan NFC dapat melakukan pembayaran hanya dengan mendekatkannya ke terminal pos. Pabrikan ponsel android Samsung, misalnya, memiliki jalur pembayaran Samsung Pay.

Aplikasi Samsung Pay sebenarnya dibuat untuk ponsel dengan NFC. Tanpa ponsel NFC, Samsung Pay tidak banyak berguna.

Dengan Samsung Pay dan NFC, pengguna dapat melakukan pembayaran nirsentuh. Masukkan data kartu kredit atau debit Anda ke Samsung Pay, jika ingin membayar di kasir tinggal buka Samsung Pay dan tempelkan atau dekatkan ponsel ke reader.

2. Transfer data ke PC

Beberapa PC saat ini bahkan sudah dilengkapi dengan teknologi NFC. Nah, jika HP kamu juga punya NFC, maka kamu bisa menggunakannya untuk proses transfer data dari HP ke PC, tanpa kabel, tanpa Bluetooth, hanya NFC.

3. Baca saldo e-toll / e-money

Jika kamu sering menggunakan e-toll atau e-wallet, maka HP dengan NFC akan berguna. Pasalnya, Anda tidak perlu sering ke ATM atau ke Indomaret dan Alfamart untuk mengecek saldo.

4. Kirim nomor telepon

Masih mengirimkan nomor telepon melalui WhatsApp dan SMS? Wah dengan NFC bisa kirim nomor ponsel hanya dengan mendekatkan ponsel ke satu sama lain, lho! Canggih kan ?!

5. Koneksi Wifi

Saat ini sudah ada alat bernama Wi-Fi porter, yang digunakan agar Anda bisa langsung mengakses Wifi publik tanpa perlu memasukkan password. Tempelkan telepon NFC ke Wi-Fi porter, dan voila! Anda langsung terhubung ke wifi.

6. Mentransfer media antara ponsel NFC

Ingin mengirim foto, video, atau dokumen penting ke ponsel teman? Nah, jika Anda menggunakan ponsel dengan NFC, Anda tinggal mendekatkan kedua ponsel tersebut agar dapat mentransfer data dengan cepat!

Masih banyak fungsi NFC lainnya yang tidak tercantum di sini. Anda dapat menemukannya sendiri, atau Anda dapat langsung mencobanya dengan membeli ponsel NFC! Semoga berhasil!

Baca Juga:

Penutup

Itulah sekilas pembahasan kami mengenai Apa Fungsi NFC beserta pengertian dan cara kerja NFC pada hp atau smartphone. Nah, jika di ponsel Anda sudah tersedia fitur NFC maka Anda dapat memanfaatkan NFC seperti yang sudah kami jelaskan di atas.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.