Apa Itu CCTV IP Camera

Posted on

Apa Itu CCTV IP Camera – Kamera pengintai atau CCTV mulai menjamur dalam beberapa tahun terakhir. CCTV awalnya hanya diminati oleh pemilik bisnis, tapi sekarang juga diminati oleh individu.

Melihat beberapa tahun terakhir, perkembangan desain kamera keamanan rumah memang cukup pesat. Kamera pengintai merupakan salah satu alat keamanan yang paling banyak digunakan, baik di tempat umum maupun di rumah pribadi.

Ada dua jenis kamera pengintai yang banyak diminati saat ini, yaitu kamera IP dan CCTV. Prinsip utama dari kedua kamera tersebut sebenarnya sama yaitu merekam video yang kemudian dikirim ke sebuah perangkat kemudian ditampilkan di monitor.

Namun, ada banyak perbedaan dalam cara kerjanya dan fitur yang dimiliki setiap kamera, dan yang akan kita bahas kali ini adalah CCTV IP Camera.

Apa Itu CCTV IP Camera?

CCTV IP Camera

Internet Protocol Camera atau IP Camera adalah teknologi CCTV berbasis internet terkini. Banyak orang lebih memilih teknologi CCTV IP Camera dari pada kamera CCTV analog.

Keuntungan dari CCTV IP Camera adalah kita dapat memonitor IP Camera tanpa internet. Kita dapat mengamati suatu objek atau tempat untuk keamanan monitoring situasi atau menggunakannya sebagai live view di situs web.

Teknologi ini lebih baik dari pada CCTV nirkabel jarak jauh dengan keterbatasan dalam jarak atau area pemantauan.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Menghubungkan CCTV di HP

Cara Menggunakan CCTV IP Camera

Untuk dapat menggunakan Kamera IP setidaknya Anda memerlukan pengetahuan tentang apa itu Kamera IP dan bagian-bagiannya. Anda juga perlu mengetahui cara mengoperasikan Kamera IP dan membuat jaringan untuk digunakan.

Jika Anda sudah familiar dengan jaringan komputer, tentunya lebih mudah untuk Anda pahami. Kamera IP terdiri dari lensa sensor gambar, sensor untuk memproses dan memampatkan gambar yang diterima.

Ada juga microcomputer dan ethernet input output yang digunakan untuk mengontrol lensa dan audio.

Jenis IP Camera

Perkembangan kamera IP semakin masif karena banyak orang tidak lagi terlalu tertarik dengan kamera analog. Saat ini terdapat berbagai macam jenis kamera IP, diantaranya:

  • Perbaiki kamera IP
  • Kamera IP kubah
  • PTZ atau Pan
  • Tilt and Zoom

Kamera IP terbagi menjadi dua jenis, yaitu yang menggunakan kamera IP kabel dan kamera IP non-kabel atau nirkabel. Meski mirip dengan CCTV internet nirkabel, kamera IP memiliki perbedaan.

CCTV merupakan kamera analog yang dapat langsung dihubungkan ke televisi melalui VCR atau Video Cassete Recorder. Sedangkan IP Camera keluarannya berupa digital dan dapat langsung dihubungkan ke jaringan komputer.

Cara Kerja IP Camera

Meski ada cukup banyak jenis kamera IP yang beredar, tidak semua pengguna memahami cara kerjanya.

Berikut ini adalah deskripsi sederhana tentang cara kerja Kamera IP.

  1. Lensa menangkap objek.
  2. Diikuti dengan pemrosesan oleh CCD atau sensor gambar.
  3. Dikirim ke serangkaian pemrosesan gambar yang digerakkan oleh prosesor DSP.
  4. Gambar disini diolah, ukurannya dikompres agar tidak terlalu besar.
  5. Kemudian gambar dikirim ke mikrokomputer dan ethernet yang terhubung ke jaringan internet.
  6. Anda juga membutuhkan alamat IP yang diatur berbeda untuk setiap merek kamera IP.
  7. Untuk mengakses kamera IP yang terinstal, Anda dapat menggunakan browser web seperti Opera, Chrome atau Mozilla.
  8. Caranya sama seperti mengakses web dengan mengetikkan alamat IP Camera di web browser yang sering digunakan.
  9. Ini hanya dapat dilakukan ketika IP Camera aktif.
  10. Secara umum, kamera IP sangat mudah diakses dan dikendalikan dari jarak jauh.

Cara kerja IP Camera tidak sulit untuk dipahami. Anda bahkan dapat mengaktifkan banyak kamera IP untuk berbagai kebutuhan. Jika Anda mengelola kamera IP dalam jumlah besar, Anda memerlukan perangkat lunak khusus.

Dengan demikian, Anda dapat mengakses berbagai jenis kamera dengan sarana rangsangan untuk merekam gambar berupa video dan audio dari berbagai objek lokasi.

Keunggulan IP Camera Dibanding CCTV Konvensional

Perbandingan Kamera IP dan CCTV

Banyak kamera CCTV dipasang di rumah baik di dalam maupun di luar rumah, apalagi cara memasang CCTV nirkabel juga cukup mudah. Fungsinya untuk mengawasi aktivitas anak, mengawasi orang tua lansia hingga mengawasi hewan peliharaan.

CCTV merupakan alat yang andal dalam melindungi orang yang dicintai tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Kamera CCTV yang digunakan untuk kebutuhan individu dan keluarga tentunya memiliki spesifikasi yang berbeda dengan spesifikasi untuk kebutuhan bisnis.

Cara kerja CCTV wireless Internet dapat diakses melalui komputer dan juga gadget yang biasa digunakan oleh masyarakat.

Selain itu, sistem pemasangan yang mudah tanpa resiko merusak struktur dan estetika rumah dapat menjadi nilai tambah bagi konsumen, baik perorangan maupun keluarga.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Print Data Melalui Handphone

Perbandingan Kamera IP dan CCTV

Ada dua jenis kamera CCTV yang populer di masyarakat. CCTV Analog dan Kamera IP. Kamera pengintai atau CCTV analog dapat diakses dari jarak jauh menggunakan akses jarak jauh. Caranya dengan menghubungkan kamera ke DVR yang memiliki fungsi jaringan.

Sedangkan IP Camera dengan sendirinya memiliki fungsi jaringan tanpa perlu menggunakan alat tambahan. Kamera CCTV analog dan kamera IP umumnya menyediakan fungsi akses jarak jauh dan fungsi akses melalui PC tablet dan smartphone.

Namun pada umumnya kamera IP memiliki fungsi yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan sistem kamera pada CCTV analog.

Cara Menggunakan CCTV IP Camera pada Aplikasi Smartphone

Variasi aplikasi IP Camera untuk tablet dan smartphone seperti iPad, iPhone, Android dan Blackberry telah disediakan oleh pengembang software independen. Konsumen dapat memilih berbagai aplikasi dengan model atau desain yang sesuai dengan gaya hidup dan selera pengguna.

Konsumen yang peduli dengan estetika rumah ibarat mereka yang memiliki rumah minimalis, sehingga kamera IP tanpa internet lebih mudah dipasang jika dibandingkan dengan CCTV analog.

Dengan IP Camera yang memiliki fungsi koneksi wifi, IP Camera dapat terhubung ke jaringan internet atau DVR melalui jaringan wifi tanpa kabel. Ini tentu saja berbeda dengan sistem kamera CCTV analog yang harus dihubungkan ke DVR melalui kabel.

Harus menggunakan teknisi yang profesional agar sistem CCTV analog dapat dipasang dengan rapi tanpa merusak struktur dan estetika rumah minimalis Anda.

Berbagai kemudahan yang tersedia untuk sistem Kamera IP tanpa Internet menjadikannya teknologi pilihan bagi keluarga. Selain itu estetika rumah minimalis anda juga akan terlihat lebih elegan karena IP Camera tidak mengganggu keindahan rumah anda.

Cara Menggunakan CCTV Tanpa DVR

Kamera CCTV ini adalah inovasi terbaru. Jika biasanya harus menggunakan DVR untuk merekam hasil monitoring, sekarang tinggal masukkan microSD. Anda juga tidak akan dipusingkan dengan instalasi kabel yang berjalan disana-sini.

Dengan microSD CCTV, yang harus Anda lakukan hanyalah menghubungkan kamera ke daya listrik, tidak perlu lagi pemasangan kabel. Baut disertakan dalam paket untuk memudahkan pemasangan di langit-langit.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Reset Printer Canon iP2770

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang Apa Itu CCTV IP Camera, cara kerja, jenis dan keunggulannya dibandingkan CCTV konvensional. Sekarang Anda telah mengetahui informasi tentang IP Camera dan bisa langsung memasangnya di rumah atau kantor Anda.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.