Apa Itu NFT Metaverse, Crypto Cara Membuat NFT dan Menjual NFT

Apa Itu NFT Metaverse – Di tengah perkembangan metaverse, dunia digital, dan mata uang kripto, NFT atau token non-fungible juga menjadi salah satu istilah populer yang dibicarakan oleh para penggemar aset digital.

NFT sendiri umumnya iyalah token yang tidak bisa direplikasi serta tidak bisa diganti. Dengan teknologi NFT, suatu karya seni dapat “ditoken” untuk membuat sertifikat kepemilikan digital yang dapat diperjualbelikan.

Mirip dengan cryptocurrency, catatan tentang siapa pemiliknya disimpan dalam big book bersama yang dinamai dengan nama blockchain, yang tidak dapat dipalsukan karena pengelolaannya oleh ribuan unit komputer dan tersebar ke seluruh dunia.

Oleh karena itu, karya seni NFT selalu unik dan dapat diautentikasi dengan teknologi blockchain melalui sertifikat keaslian dan kepemilikan yang tidak dapat diubah.

Untuk semua pembaca yang bijak, bila anda melihat artikel “followtekno.id” di website lain mohon di report atau tinggalkan website tersebut.

Apa itu NFT Metaverse?

Apa Itu NFT Metaverse

NFT merupakan suatu aset digital dan berada dalam blockchain umum atau publik serta berguna selaku catatan suatu kepemilikan. NFT dibeli dan dijual menggunakan mata uang digital, seperti Bitcoin.

Simak Berita NFT Lainnya: Apa Itu NFT Crypto? Inilah Penjelasan Lengkap dan Cara Jual NFT

Setelah tercatat di blockchain, NFT yang dimiliki tidak bisa lagi diduplikasi oleh pihak lain.

NFT dapat digunakan dalam aplikasi terdesentralisasi (DApps) untuk memungkinkan pembuatan dan kepemilikan item dan koleksi digital unik.

NFT juga dapat diperdagangkan di pasar terbuka. Peluang NFT untuk menjadi komponen utama ekonomi digital sangat terbuka lebar. Ini karena NFT dapat digunakan di banyak bidang, seperti video game dan identitas digital.

Sebelum memutuskan untuk membeli NFT, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal, seperti jenis dompet digital apa yang akan digunakan untuk menyimpannya dan jenis cryptocurrency apa yang akan digunakan calon pembeli untuk menyelesaikan proses pembelian.

Sebagian besar NFT dibeli dengan token Ethereum dan ERC-20 seperti Flow dan WAX. Belakangan ini nama NFT kembali muncul karena banyak orang yang menggunakannya kembali.

Contohnya adalah Dolce & Gabbana, sebuah perusahaan fashion Italia. Koleksi pakaian dan perhiasan tersebut senilai Rp. 81 miliar.

Beberapa koleksi tersebut dijual dalam bentuk file digital. Ada pula suatu karya yang diciptakan oleh smart robotic yang dipanggil Sophia.

Hasil karya kolaborasi dengan seorang seniman digital yang berasal dari Italia, karya Andrea Bonaceto ini dijual seharga Rp. 9,9 miliar dalam bentuk NFT. Karya tersebut berdurasi sekitar 12 detik dalam bentuk file MP4 berjudul Instansiasi Sophia.

Cara Membuat dan Menjual Aset NFT

Setelah memahami secara singkat tentang NFT, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana memperdagangkan aset NFT.

Untuk berdagang NFT, Anda diharuskan memiliki aset kripto sesuai dengan platform atau pasar yang Anda gunakan.

Simak Penjelasan Lainnya: Apa Itu NFT Art? Cara Kerja, Cara Jual dan Cara Beli NFT Ratusan Juta

Contohnya adalah pasar Crypto Punks dan Rarible yang hanya menerima transaksi menggunakan dolar dan ETH. Berikut detail caranya:

1. Pilih dan Buat Pasar NFT

Hal pertama yang harus Anda lakukan tentu saja memilih pasar NFT yang paling tepat. Ada banyak pasar NFT, beberapa di antaranya berspesialisasi dalam jenis aset digital tertentu. Salah satu yang menawarkan pasar NFT terbesar dan paling beragam saat ini adalah Open Sea.

Jika Anda telah menentukan pasar NFT yang akan Anda gunakan, harap tautkan dengan dompet cryptocurrency yang didukung.

Silakan pilih opsi “Mint of NFT” dan unggah dokumen digital Anda. Prosesnya mungkin berbeda untuk setiap pasar, tetapi tidak terlalu banyak perbedaan.

Jika Anda tertarik untuk secara pasif memonetisasi pekerjaan Anda dari waktu ke waktu melalui royalti, Anda dapat mengatur jumlah royalti selama proses pencetakan.

2. Masukan NFT Untuk Dijual

Jika Anda telah mencetak NFT seperti yang dijelaskan pada metode sebelumnya, Anda akan diberikan pilihan untuk mendaftarkan NFT untuk dijual di marketplace.

Informasi tambahan, jika Anda dapat mentransfer dan menjual NFT Anda di pasar lain, mungkin ada biaya tambahan.

Yang harus Anda lakukan adalah mengklik tombol “Jual” dan kemudian ikuti instruksi lainnya sesuai dengan pasar Anda masing-masing.

Anda dapat memberikan informasi terperinci tentang transaksi seperti harga, tenggat waktu lelang, dan cryptocurrency yang dapat digunakan untuk membayar.

Nantinya, pasar juga akan menghitung biaya gas yang merupakan biaya untuk jaringan blockchain Ethereum untuk mencatat transaksi dalam proses ini.

Pasar juga akan mencantumkan biaya penanganan. Biaya bervariasi tergantung pada seberapa sibuk jaringan blockchain pada saat itu.

3. Kelola dan Promosikan

Setelah Anda selesai memproses informasi pendaftaran untuk NFT yang akan dijual, aset digital Anda akan tersedia untuk dibeli di pasar.

Anda juga membutuhkan promosi penjualan kepada calon pelanggan melalui website Anda atau melalui media sosial pribadi. Anda dapat membuat perubahan pada daftar informasi tentang aset NFT.

Namun, tentu saja, mengubah atau menghapus daftar dapat dikenakan biaya tambahan dan biaya gas yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan.

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang Apa Itu NFT Metaverse, Crypto Cara Membuat NFT dan Menjual NFT. Jadi setelah Anda mengetahui pengertian NFT dan cara membuatnya, sekarang giliran Anda untuk sukses dengan NFT.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami “FollowTekno.id” yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.

Apa Itu NFT Metaverse, Crypto Cara Membuat NFT dan Menjual NFT
Tagged on: