Apa Itu TikTok for Business

Apa Itu TikTok for Business

Posted on

TikTok for Business – Sudahkah Anda menggunakan TikTok? Jika demikian, tentunya Anda termasuk salah satu orang yang mengikuti perkembangan zaman yang semakin kontemporer.

Aplikasi tersebut, diluncurkan oleh perusahaan China ByteDance pada tahun 2016, telah digambarkan sebagai campuran Vine, Twitter dan Instagram, memungkinkan 500 juta pemakai bulanannya untuk menjadikan video pendek yang fokus dalam musik dan mengeditnya dengan filter, lensa, dan fitur AR.

Awalnya dikenal sebagai Musical.ly, TikTok melangkah dengan rapi ke dalam kehampaan yang ditinggalkan oleh Vine setelah kepergiannya yang tiba-tiba pada tahun 2017 dan terus menarik perhatian dari pengguna terutama kaum muda, dan pemilik bisnis sejak itu memfokuskan konten mereka pada konten yang pendek dan sangat menarik.

Lebih dari 40% pengguna aplikasi ini berusia antara 10 dan 19 tahun, yang menjadikannya target utamanya adalah Generasi Z. TikTok juga menarik karena sebagian besar wilayahnya belum dipetakan dalam hal pemasaran.

Aplikasi ini baru saja mulai menjelajahi iklan berbayar dan menawarkan arena terbuka bagi influencer untuk memperebutkan posisi teratas mereka. Dengan semakin populernya TikTok, semakin besar pula peluang bisnis untuk beriklan dengan cara yang tidak terasa artifisial.

Apa Itu TikTok for Business?

Cara Kerja TikTok business

Sebuah platform untuk video pendek, memperkenalkan TikTok for Business yang merupakan fitur untuk membantu perusahaan memberi tahu merek atau merek produk mereka dengan cara yang lebih kreatif dan menarik.

Fitur baru ini membantu merek dan pemasar di Indonesia dengan kreatif terkoneksi pada komunitas yang lebih luas di sekitar mereka. Koneksi ini akan dibantu dan ditemukan oleh pengguna melalui TikTok.

Direct Sales Leader TikTok Indonesia Pandhu Wiguna menyatakan bahwa merek adalah bagian penting dari masyarakat sebagai pencipta tren, menghubungkan komunitas, atau memberikan kesadaran akan inisiatif layanan publik yang penting.

Selain itu, merek menciptakan peserta otentik yang dibentuk untuk berbagi kebahagiaan. Oleh karena itu, TikTok for Business membuka jendela baru untuk kesempatan membuat konten yang berbicara kepada massa dan mengundang komunitas untuk bergabung dalam percakapan.

Dengan TikTok for Business, bisnis akan lebih mudah memanfaatkan peluang unik untuk berinteraksi dengan pengguna. Berikut adalah beberapa keuntungan yang didapat para pebisnis dalam mendorong merek melalui Tiktok for Business.

1. Skala dan kreativitas

TikTok menjadi platform yang berkembang untuk pemasar. Tiktok juga berbasis hiburan, menawarkan alat bagi pengguna dan merek untuk menceritakan kisah mereka.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

2. Penampilan, Gerakan dan Suara

Dengan menggunakan TikTok, industri bisa membangun lingkungan digital yang lebih sehat. Ada banyak sekali peluang pada musik, suara, efek suara, sulih suara, reaksi, dan banyak lagi.

3. Tempat Kebudayaan Dibentuk

TikTok adalah platform terbuka, tempat siapa pun dan merek apa pun dapat ditemukan. Ada banyak sekali peluang untuk mempelajari tentang apa yang terjadi di seluruh dunia. Budaya terbentuk secara terbuka dan menyeluruh setiap hari di TikTok.

3. Komunitas yang inklusif dan partisipatif

TikTok menghadirkan peluang orisinal bagi pemasar untuk menjadi bagian dari komunitas. Dengan TikTok, orang bisa menjadi sangat terinspirasi dan terlibat oleh kampanye pemasaran sampai mereka bisa membuat versi milik mereka sendiri. Merek dapat merasakan dampak kampanye mereka pada orang lain.

5. Solusi Mudah dan Sederhana

Fitur dan Produk Tiktok mencukupi kebutuhan pemasaran serta memungkinkan penceritaan yang kaya dan mendalam. Semua informasi mudah, video muncul dalam format layar penuh dan muncul secara otentik dengan pengalaman pengguna.

Dengan komunitas TikTok yang inklusif dan partisipatif, pemasar dapat menyadari bahwa pengguna yang terinspirasi akan membuat video merek versi mereka sendiri, yang menunjukkan dampak langsung kampanye pada pengguna TikTok.

“Merek memiliki peluang untuk mengubah pemasaran tradisional dan berinteraksi dengan pengguna saat ini dengan mendorong mereka membuat video TikTok, bukan hanya melihat atau menonton iklan,” kata Pandu.

TikTok dirancang untuk menginspirasi koneksi otentik dan menciptakan komunitas ekspresi yang mendukung dan beragam.

Sebagai platform terbuka tempat siapa pun dapat ditemukan, konten dari Indonesia berpotensi menjadi viral di seluruh dunia dalam hitungan jam, menjangkau beragam audiens dari budaya, usia, etnis, dan bahasa yang berbeda.

Merek akan menemukan hal-hal baru untuk dilakukan dengan pembuat TikTok, memanfaatkan komunitas pembuat yang beragam di TikTok untuk membuat konten yang otentik dan kreatif melalui kolaborasi.

TikTok sekarang merintis platform yang disebut Creator Marketplace di Indonesia, di mana merek dapat menemukan dan bermitra dengan pembuat konten inovatif dalam kampanye berbayar untuk mendorong kesadaran dan melacak pelanggan baru.

TikTok for Business juga akan dilengkapi dengan fitur Brand Scan, AR Branded Effect terbaru yang memungkinkan pengguna merasakan pengalaman augmented reality dengan semua merek.

Selain itu, TikTok berkomitmen untuk bekerja dengan para pemimpin industri untuk membangun rangkaian solusi pengukuran, sehingga staf penjualan dapat melacak hasil secara efektif dan efisien.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Cara Kerja TikTok

Cara Kerja TikTok business

Seperti halnya media sosial lainnya, Anda akan langsung masuk daftar hitam jika tahu apa yang Anda lakukan itu salah atau tidak mengikuti aturan di platform sosial tersebut.

Jika Anda tertarik untuk menghabiskan waktu di aplikasi ini, buatlah diri Anda sebagai ‘profil’ yang dapat menarik perhatian orang lain, ikuti pengguna yang telah populer terlebih dahulu, dan buat konten dengan latihan hingga Anda merasa mampu dan menguasai aplikasi ini.

Buat konten yang sesuai dengan merek Anda dan kontribusi yang bertujuan untuk menentukan merek Anda.

Jenis Iklan

TikTok akan mendukung empat jenis periklanan di tahun 2019 yaitu original infeed content, take over sebuah brand, tantangan penggunaan hashtag.

Ini dapat berkontribusi untuk tujuan yang berbeda dan akan memiliki hasil yang berbeda berdasarkan jenis iklan yang Anda jalankan. Konten asli Infeed berfungsi mirip dengan iklan cerita di Snapchat atau Instagram.

Mereka bermain dalam layar penuh, dapat dilewati, dan harus berdurasi 9-15 detik, sama seperti video TikTok lainnya. Anda dapat mengukur keberhasilan iklan Anda melalui pelacakan klik, tayangan, rasio klik-tayang (RKT), dan tampilan video.

Yang paling populer dari semuanya, bisnis ini dapat mengambil alih hashtag, di mana Anda membuat hashtag dengan tujuan akhir untuk memberi penghargaan kepada peserta.

Misalnya, Dreamwork Pictures menyelenggarakan dan menantang penggunaan hashtag yang ditujukan untuk keberhasilan promosi acara baru dari Netflix, di mana studio tersebut mengundang pengguna TikTok untuk membuat video menari menggunakan lagu tema acara dan mempostingnya di bawah tagar #SpiritRidingFree.

Panggilan ini menjangkau lebih dari 34,4 juta pengguna dengan lebih dari 2,6 juta terlibat. Ini adalah contoh yang bagus dari sebuah perusahaan yang mengakui nilai dan menjalankan kampanye di TikTok versus platform sosial lainnya,

karena Spirit Riding Free adalah acara anak-anak, dan basis pengguna TikTok memiliki basis demografis yang hebat untuk kampanyenya, serta gaya kampanye yang cocok. dengan platform.

Buat konten menyenangkan

Tidak seperti Instagram, TikTok sebagian besar menolak konten berkualitas tinggi yang dipoles. Karena itu, ia mendapatkan reputasi sebagai platform kasual di mana pengguna merasa nyaman untuk mengekspresikan diri.

Pastikan Anda memahami merek, nilai, dan identitas Anda dengan jelas sehingga apa yang Anda buat adalah asli dan benar untuk mendukung merek yang Anda miliki, dan menghindari pedoman perusahaan yang khas.

TikTok adalah pusat untuk ide-ide kreatif, menyenangkan, dan terkadang gila, jadi cobalah untuk melunakkan nada untuk mempromosikan dan bergabung dengan komunitas yang menyenangkan.

Kenapa kamu harus bergabung sekarang?

TikTok adalah aplikasi yang tergolong baru terutama untuk dunia bisnis, Anda tidak akan merasa jenuh seperti Facebook, Instagram dan Twitter.

Selain itu, aplikasi ini juga lebih murah untuk dijadikan tempat beriklan, karena belum ada komunitas influencer yang kuat, pengguna akan bersaing untuk mendapatkan sponsor dan penempatan iklan.

Ini juga memungkinkan Anda untuk menjelajahi berbagai aspek bisnis Anda, seperti apa yang membuat iklan Anda menyenangkan dan menarik, dan TikTok menyediakan platform di mana aspek-aspek menyenangkan itu disambut dan bahkan dapat menghasilkan uang bagi Anda.

Pada pemeriksaan lebih dekat, ada baiknya Anda mengambil langkah pertama yang penting dalam pemasaran ke Generasi Z, kelompok generasi yang terkenal sulit dipasarkan, yang menjadi semakin penting saat mereka mendapatkan pijakan yang lebih kuat dalam perekonomian.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Mendaftar WhatsApp Business

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang Apa Itu TikTok For Business. Nah, sekarang Anda tidak hanya bisa membuat video TikTok namun dapat menghasilkan uang dari video yang Anda unggah.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.