Aplikasi KTP Digital, Fungsi, Syarat, Fitur, Cara Download, Cara Pakai

Aplikasi KTP Digital, Fungsi, Syarat, Fitur, Cara Download, Cara Pakai

Aplikasi KTP Digital – Beberapa saat lalu Pemerintah DITJEN DUKCAPIL Mengumumkan Program Pembuatan KTP digital Atau E-KTP menggunakan kode QR yang bisa di akses lewat aplikasi KTP digital. Sebenarnya program ini sudah di lakukan uji coba selama tahun 2021 kemarin.

Perpindahan e-KTP digital ini akan di lakukan secara bertahap yang saat ini masih di tingkat beberapa kabupaten dan kota saja di Indonesia. Pemindahan dari e-KTP ke KTP digital ini memiliki tujuan untuk mempercepat dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

KTP digital ini dibuat dengan memiliki fungsi kode QR jadi kini masyarakat bisa mengguantikan fungsi KTP fisik dengan kode QR yang ada di ponsel masing-masing. Tetapi selayaknya proses pemindahan secara formal maka ada syarat-syarat yang harus di penuhi oleh kita selaku masyarakat.

Apa saja syarat dan ketentuan untuk memiliki KTP digital? silahkan simak penjelasan kami secara lengkap di bawah ini.

Untuk semua pembaca yang bijak, bila anda melihat artikel “followtekno.id” di website lain mohon di report atau tinggalkan website tersebut.

Apa itu Aplikasi KTP Digital?

Sebelum membahas lebih jauh tentang e-KTP digital ini, ada baiknya untuk mengetahui secara singkat apa yang disebut dengan aplikasi KTP digital. Aplikasi KTP berbasis digital dengan kode QR ini ditujukan bagi masyarakat yang sudah menggunakan smartphone.

Dengan kode QR ini, ketika Anda membutuhkan data identitas pribadi, Anda hanya perlu memindahkan kode QR. Anda melakukan ini dengan memindai kode QR. Dengan demikian, pengguna smartphone tidak lagi membutuhkan fotokopi data identitas diri.

Sedangkan bagi yang belum menggunakan smartphone akan tetap menggunakan e-KTP dalam bentuk fisik seperti sekarang ini. Oleh karena itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan terus memberikan pelayanan pembuatan e-KTP fisik seperti biasa bagi masyarakat.

Dalam rangka pemanfaatan e-KTP berbasis digital tersebut, Dukcapil telah merancang sebuah aplikasi yaitu Dukcapil QR code reader yang dapat diunduh secara resmi secara gratis oleh setiap pengguna smartphone.

Lalu apa sebenarnya aplikasi KTP digital itu? Jadi aplikasi KTP berbasis digital ini sebenarnya adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk mentransfer kode QR. Aplikasi tersebut bernama aplikasi pembaca kode QR Dukcapil.

Jadi yang disebut dengan aplikasi KTP berbasis digital adalah aplikasi yang memuat data diri pemilik e-KTP serupa dengan yang terdapat pada e-KTP berupa fisik kartu identitas elektronik.

Selain memuat data pribadi, e-KTP digital ini juga memuat berbagai data pemilik lainnya seperti NPWP, vaksin, kepemilikan kendaraan, kartu keluarga dan dokumen lainnya. Software ini sebenarnya cukup mirip dengan software peduli lindungi.

Sebelum memakai aplikasi KTP dengan basis digital ini, pengguna smartphone terlebih dahulu mendownload aplikasinya. Kemudian melakukan registrasi dengan mencocokkan data diri yang terdapat pada e-KTP reguler.

Dengan aplikasi KTP berbasis digital ini, identitas digital atau KTP ini akan hadir dalam bentuk foto menggunakan kode QR di smartphone pengguna. Dimana e-KTP digital nantinya terintegrasi kedalam sistem informasi kependudukan.

Sistem KTP ini akan dikeluarkan online oleh Dukcapil dan juga layanan dari setiap smartphone yang digunakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Oleh karena itu, aplikasi KTP digital ini harus menggunakan smartphone.

Simak Juga: Daftar Aplikasi Saham Terbaik OJK 2022 yang Aman dan Terpercaya

Tujuan Memiliki e-KTP Berbasis Digital

Rencana keberadaan e-KTP digital ini tidak lain untuk bisa mempercepat dan mudah transaksi beragam akses dalam layanan publik dalam bentuk digital. Selain itu, untuk melakukan pengamanan data identitas pemilik e-KTP.

Pengamanan data identitas pemilik e-KTP digital akan dilakukan dengan menggunakan sistem autentikasi. Dengan menggunakan sistem keamanan ini, kemungkinan terjadinya pemalsuan data dapat dihindari.

Kehadiran e-KTP digital ini tidak akan dicetak dalam bentuk fisik seperti e-KTP yang digunakan masyarakat saat ini. Namun, e-KTP digital ini akan disimpan di setiap smartphone pengguna.

Manfaat penggunaan e-KTP bagi masyarakat

Fisik e-KTP yang saat ini digunakan masyarakat sebagai identitas diri dilengkapi fitur pembaca e-KTP. Penggunaan fitur ini pada e-KTP dapat memastikan bahwa e-KTP tersebut benar dan asli. Fitur reader ini juga dapat memastikan e-KTP dipegang oleh pemiliknya.

Selain itu, dengan adanya fitur reader pada e-KTP, pemilik identitas dapat menggunakan e-KTP untuk berbagai keperluan. Berikut beberapa manfaat menggunakan e-KTP, yuk simak informasi dan penjelasannya.

1. Sebagai Identitas Diri

Manfaat e-KTP yang pertama adalah sebagai kartu identitas pribadi yang berguna untuk berbagai keperluan saat bepergian. Dengan e-KTP ini dapat mewakili segala kebutuhan informasi data identitas pemilik.

2. Untuk Mendapatkan Berbagai Layanan

Manfaat lain dari e-KTP adalah untuk tujuan memperoleh berbagai jenis layanan. Diantaranya adalah pelayanan BPJS kesehatan, bantuan pemerintah seperti Raskin dan BLT atau subsidi atau bantuan pemerintah lainnya.

3. Dapat Mendukung Proses Perbankan

Salah satu manfaat penggunaan e-KTP adalah untuk mendukung proses berbagai transaksi keuangan di bank dan lembaga lainnya. Terutama dalam hal pembukaan rekening dan pemberian fasilitas kredit.

Mengetahui Tentang e-KTP Sebagai Identitas Diri Anda

Adanya rencana penggunaan e-KTP digital ini sempat membuat sebagian masyarakat khawatir karena tiba-tiba muncul kabar yang melarang mereka memfotokopi identitas diri. Hal ini karena akan menyebabkan kerusakan pada chip yang terdapat pada e-KTP.

Agar tak penasaran mengenai informasi chip rusak yang ada di e-KTP ini, simak informasi mengenai e-KTP yang sudah sebagai identitas diri. Baik mengenai penggunaan chip maupun manfaat dan kegunaan e-KTP bagi masyarakat.

1. Kartu Fisik e-KTP

e-KTP fisik adalah kartu pintar yang di dalamnya terdapat chip yang tercetak di permukaan kartu. Kartu e-KTP fisik terbuat dari bahan polyethylene yang terdiri dari 7 lapis. Sehingga dapat mencegah berbagai macam penyalahgunaan e-KTP.

Sehingga dibutuhkan fitur keamanan yang memperhatikan beberapa hal. Diantaranya memiliki ketahanan terhadap tekanan, ketahanan terhadap cuaca baik panas maupun dingin. Selain itu, juga bisa tahan terhadap bahan kimia tertentu.

2. Penggunaan Chip di e-KTP

Chip adalah kartu pintar berbasis mikroprosesor yang memiliki metode untuk mengamankan data. Dimana snack ini berupa otentikasi antar chip. Selain itu, bersifat anti kloning dan dapat menjaga kerahasiaan data terenkripsi dengan tanda tangan digital pemilik e-KTP.

Dengan demikian, keberadaan chip pada e-KTP dapat menyimpan data pemilik e-KTP, tanda tangan, foto atau 2 data sidik jari. Semua data identitas disimpan dalam chip pada saat perekaman saat memuat e-KTP

3. Tingkat Keamanan E-KTP

Merupakan alat ukur fisik atas penggunaan keamanan fisik kartu e-KTP yang didalamnya terdapat chip sebagai alat yang berisi informasi data mengenai identitas pemilik e-KTP itu sendiri. Oleh karena itu, e-KTP ini menggunakan langkah pengamanan dengan metode biometrik

Penggunaan teknologi ini dapat mengidentifikasi satu-satunya identitas pemilik e-KTP yaitu NIK atau nomor induk kependudukan. Identitas ini diambil pada saat pemilik e-KTP melakukan pencatatan pada saat pembuatan e-KTP.

Simak Juga: Cara Transfer Saldo Shopeepay Ke Gopay

Syarat dan Ketentuan Penggunaan Aplikasi KTP Berbasis Digital

Untuk dapat menggunakan aplikasi KTP digital ini, masyarakat harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan.

Beberapa persyaratan tersebut akan memudahkan dalam menggunakan aplikasi ini. Beberapa persyaratan tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Punya smartphone
  • Mendaftarkan nomor Smartphone yang digunakan di Dukcapil
  • jaringan koneksi internet
  • Area mendukung jaringan internet
  • Bisa menggunakan smartphone

Lalu bagaimana jika ternyata ada sebagian orang yang tidak bisa memenuhi beberapa syarat tersebut? Apalagi masih banyak daerah yang belum mendukung penggunaan jaringan akses internet dengan baik.

Ketika hal ini terjadi, tentunya masyarakat tidak perlu merasa khawatir atau cemas. Karena masih menggunakan identitas diri atau KTP yang berbentuk fisik seperti yang digunakan masyarakat saat ini.

Dengan demikian, bagi masyarakat yang tidak dapat penuhi beberapa syarat untuk bisa pakai KTP digital tidak perlu merasa resah dan bingung. Karena pihak Dukcapil akan terus memberikan layanan pembuatan identitas diri secara manual dengan dua cara.

Yaitu layanan e-KTP yang menggunakan metode digital dan layanan e-KTP dalam bentuk fisik. Untuk itu penggunaan aplikasi KTP digital ini masih sangat terbatas. Saat ini, proses uji coba baru bisa dilakukan di 58 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

Cara Download Aplikasi KTP Digital Di PlayStore

Aplikasi KTP Digital

Untuk mendapatkan berbagai manfaat layanan dari penggunaan aplikasi KTP digital ini, pengguna smartphone harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Berikut beberapa langkah untuk mendownload aplikasi e-KTP berbasis digital:

  1. Pertama, pengguna smartphone bisa langsung membuka Google Play Store
  2. Kemudian di kolom pencarian, ketik saja nama aplikasinya
  3. Selanjutnya tinggal klik download.
  4. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga aplikasi terunduh di smartphone
  5. Selanjutnya langsung install dan selanjutnya aplikasi bisa langsung digunakan untuk membuat e-KTP digital

Berikut Cara Mudah Membuat e-KTP Berbasis Digital

Untuk membuat e-KTP digital ini, pengguna smartphone harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi KTP digital di smartphone mereka. Setelah aplikasi diunduh di smartphone pengguna, ikuti saja langkah-langkah berikut.

  1. Pengguna smartphone mengunduh aplikasi KTP berbasis digital di smartphone mereka
  2. Kemudian Anda dapat langsung mendaftar
  3. Caranya dengan memasukkan nomor KTP utama, alamat email dan juga nomor smartphone yang digunakan.
  4. Setelah itu, verifikasi data menggunakan teknologi pengenalan wajah atau pengenalan wajah pengguna
  5. Kemudian lanjutkan dengan membuat permintaan verifikasi melalui email
  6. Selanjutnya pengguna smartphone dapat kembali ke halaman aplikasi e-KTP
  7. Kemudian Anda bisa langsung login agar bisa mengakses berbagai data identitas pribadi. Diantaranya adalah e-KTP, kartu keluarga, NPWP dan lain-lain.

Apa Saja Fitur dari Aplikasi KTP Digital?

Untuk memudahkan masyarakat dalam menggunakan informasi tentang identitas digitalnya, aplikasi ini dilengkapi dengan beberapa kegunaan menu utama. Sehingga masyarakat dapat menggunakan aplikasi KTP berbasis digital ini secara maksimal.

Dengan Software KTP dengan basis digital ini, pengguna smartphone bisa memakai beberapa menu yang ada dalam aplikasi. Menu utama yang terdapat pada aplikasi KTP berbasis digital ini adalah sebagai berikut:

  • Menu data keluarga
  • Dokumen kependudukan
  • Dokumen lain dari integrasi e-KTP seperti NPWP, vaksinasi, kepemilikan kendaraan, status pekerjaan dan lain-lain

Selain itu, beberapa menu utama, pengguna aplikasi KTP berbasis digital ini juga dapat menampilkan kode QR. Selain itu juga dapat menampilkan biodata dan history penggunaan aplikasi yang telah dilakukan di dalam aplikasi.

Bagaimana Jika KTP Digital Hilang atau Terhapus

Seperti dijelaskan di atas, e-KTP berbasis digital ini akan disimpan dalam aplikasi KTP digital yang terdapat pada masing-masing smartphone. Lalu bagaimana jika smartphone yang digunakan hilang?

Jika ini terjadi, solusi satu-satunya adalah dengan cara hubungi Dukcapil daerah Anda untuk mengirim e-KTP digital ke smartphone lain. Dengan begitu, tidak ada lagi masalah kehilangan e-KTP Anda. Pasalnya, e-KTP sudah berubah menjadi e-KTP digital.

Selain itu, e-KTP digital ini dilengkapi dengan penggunaan kode QR yang merupakan identitas digital bagi pemilik e-KTP. Dengan demikian, meskipun perangkat smartphone hilang, e-KTP digital tetap ada.

Sehingga pemilik identitas tidak perlu bingung karena hanya perlu meminta e-KTP digital kembali ke Dukcapil untuk dikirimkan ke smartphone lain. Hal ini tentunya akan memudahkan masyarakat, terutama bagi mereka yang kehilangan smartphone.

Simak Juga: Cara Download Sertifikat Vaksin Yang Hilang

Beberapa Perbedaan Antara e-KTP Reguler dan e-KTP Berbasis Digital

Antara e-KTP fisik dan e-KTP digital, keduanya memiliki kesamaan terkait data identitas pemilik. Selain memiliki persamaan, kedua e-KTP tersebut juga memiliki beberapa perbedaan yang harus diketahui.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara e-KTP fisik dan e-KTP berbasis digital. Yuk simak informasi dan penjelasan mengenai perbedaan kedua jenis e-KTP berikut ini:

  • e-KTP fisik benar-benar ada dan berbentuk fisik yaitu kartu e-KTP, sedangkan e-KTP digital hanya berupa gambar yang bisa dilihat di smartphone pengguna.
  • e-KTP fisik hanya memuat data pribadi pemilik, sedangkan e-KTP digital selain berisi data pribadi juga memuat data pemilik lainnya seperti NPWP, Vaksin atau lainnya.
  • e-KTP fisik jika diperlukan harus difotokopi sedangkan e-KTP digital tidak perlu difotokopi, cukup salin kode QR.
  • e-KTP fisik kurang praktis karena harus disimpan dalam bentuk kartu, sedangkan e-KTP digital lebih praktis karena tidak perlu dicetak dan sudah tersimpan di masing-masing pengguna.
  • Jika kehilangan e-KTP fisik, akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencetak ulang, sedangkan e-KTP digital hanya perlu diajukan kembali oleh Dukcapil dan mengirimkannya kembali ke perangkat baru.

Dari beberapa perbedaan tersebut dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara e-KTP biasa dalam bentuk fisik dan e-KTP digital adalah pada bentuknya. E-KTP digital berbentuk aplikasi, sedangkan e-KTP biasa berbentuk kartu.

Dari perbedaan tersebut tentunya e-KTP berbasis digital memiliki banyak kemudahan dan juga kepraktisan. Apalagi jika digunakan untuk berbagai keperluan karena hanya perlu scan QR code saja sehingga tidak perlu mengcopy.

Selain itu, e-KTP berbasis digital juga lebih aman karena bebas dari masalah kerugian. Berbeda dengan e-KTP dalam bentuk fisik yang rawan masalah kerugian. Tidak hanya itu, prosesnya juga lebih sulit jika harus mengalami kerugian.

Dengan e-KTP digital ini, masyarakat akan lebih mudah dan praktis mengakses berbagai layanan data kependudukan. Hal ini tidak terlepas dari penggunaan kode QR yang terdapat pada e-KTP digital sebagai identitas digital pemilik e-KTP.

Penutup

Itulah sekilas pembahasan kami mengenai Aplikasi KTP Digital, Fungsi, Syarat, Fitur, Cara Download, Cara Pakai. Silahkan Unduh dan instal untuk menikmati fungsi dari KTP berbasis digital.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami “FollowTekno.id” yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.