Cara Backup Data pada Android dan iPhone dengan Aman serta Merestore file

Cara Backup Data Android & iOS

Posted on

Cara Backup Data – Pengguna smartphone Android dan iOS kemungkinan besar sudah terbiasa dengan istilah backup data. Karena dengan mencadangkan data, pengguna dapat memiliki salinan data di perangkat mereka, jika sesuatu yang tidak terduga terjadi.

Karenanya, membuat cadangan data menjadi penting bagi pengguna Android dan iOS. Apalagi, smartphone saat ini memiliki banyak fungsi, termasuk menyimpan data penting, seperti kontak, dokumen, atau foto.

Karena alasan inilah maka tidak dapat dibayangkan jika Anda harus kehilangan data yang mungkin telah dikumpulkan sejak lama.

Karena itu, kami akan menyediakan cara untuk mem-backup data yang ada di perangkat Android ataupun iOS Anda.

Namun perlu diingat, langkah-langkah yang diberikan adalah memanfaatkan layanan atau aplikasi di Android dan iOS/iPhone. Tapi sebelum itu anda harus tau dulu apa itu backup.

Apa itu Backup?

Apa itu Backup

BackUp adalah memindahkan atau menyalin kumpulan informasi (data) yang disimpan pada hard drive komputer yang biasanya dilakukan dari satu lokasi perangkat ke lokasi perangkat lain.

Data atau kumpulan informasi dapat dalam bentuk file dokumen, gambar, video, audio, sistem Windows, driver, atau perangkat lunak / program tertentu.

Fungsi BackUp Data

Fungsi BackUp Data
  • Kegunaan atau manfaat dari membuat cadangan data adalah bahwa kita masih memiliki cadangan data dari data yang hilang / rusak / dihapus, apakah disebabkan oleh kesalahan kita sendiri atau faktor lain di luar kemampuan kita, seperti: terkena virus, file rusak (tidak dapat dibuka), kesalahan / masalah peralatan komputer, pemadaman listrik, bencana, dan sebagainya.
  • Dengan begitu cadangan data yang telah kita simpan dapat digunakan kembali sebagai pengganti data yang telah hilang / rusak / terhapus sebelumnya.
  • Fungsi cadangan data lebih mengacu pada faktor keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan smartphone atau perangkat komputer.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Aplikasi Kasir Android

Cara Backup Data di Android

Cara Backup Data di Android

Berikut ini kami berikan informasi mengenai cara membackup data pada Android.

1. Pengaturan cadangan di Google Drive

Perlu diingat, Android sebenarnya menawarkan beberapa cara bagi pengguna untuk membuat cadangan data mereka.

Salah satunya adalah pengaturan yang ada di perangkat, sehingga Anda tidak perlu repot mengatur banyak hal.

Untuk melakukan ini, yang harus Anda lakukan adalah membuka menu ‘Pengaturan’, pilih ‘Sistem’ dan ‘Cadangan’. Setelah dibuka, Anda dapat memilih ‘Cadangkan ke Google Drive’.

Deangan begitu Anda dapat membuka file yang tersimpan dalam Google Drive di perangkat manapun yang terhubung di Akun Google Drive yang sama.

2. Cadangkan Kontak melalui Google Contacts

Untuk mencadangkan kontak di perangkat Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi Google Contacts. Melalui aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah menyalin kontak yang ada di perangkat akun Google Anda.

Caranya, Anda bisa membuka menu ‘Pengaturan’, lalu ‘Impor’ dan pilih sumber kontak yang ingin Anda salin. Selanjutnya, Anda tinggal memilih akun Google yang ingin Anda gunakan untuk menyimpan daftar kontak.

Selain melakukan pencadangan online, Anda juga dapat melakukannya secara offline. Jadi, Anda memilih opsi Ekspor, lalu pilih akun Google yang ingin Anda gunakan, dan akhirnya pilih Ekspor ke file .vcf.

3. Pencadangan Foto di Google Photos

Sedangkan untuk mencadangkan foto, aplikasi yang dapat diandalkan adalah Foto Google. Cara backup di aplikasi ini tentu lancar dan mudah.

Anda dapat mengaktifkan fitur cadangan dengan membuka aplikasi Foto Google, lalu memilih Pengaturan dan mengaktifkan opsi ‘Cadangkan & Sinkronisasi’.

Tidak hanya mencadangkan data, Anda dapat memilih kualitas foto yang ingin Anda simpan. Setelah cadangan selesai, Anda dapat menghapus foto atau gambar yang telah dicadangkan dengan opsi ‘Kosongkan ruang’.

Jadi, setelah foto atau gambar Anda telah berhasil dicadangkan, Anda dapat mengaksesnya kapan saja saat online.

4. Cara Backup Data Musik, Dokumen, dan File Lainnya

Selain data di atas, Anda juga dapat mencadangkan berbagai informasi penting lainnya pada perangkat, seperti musik atau dokumen. Tetapi untuk melakukan ini, Anda perlu memanfaatkan aplikasi seperti Google Drive.

Sedangkan untuk kebutuhan dalam bentuk dokumen atau catatan, Anda bisa menggunakan Google Keep untuk bisa menyimpannya di cloud.

Beberapa aplikasi obrolan, seperti WhatsApp, juga menyediakan opsi cadangan di Google Drive yang dapat Anda manfaatkan.

6. Cara Backup Data SMS

SMS bisa dibilang jarang digunakan, tetapi nyatanya masih ada orang yang menggunakannya karena berbagai alasan. Karena alasan ini, pengguna Android juga dapat mencadangkan SMS di perangkat mereka.

Namun untuk melakukan ini, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, salah satunya yang bisa digunakan adalah SMS Backup & Restore.

Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah dalam aplikasi untuk membuat cadangan.

Cara Backup Data di iPhone

backup

Melakukan backup pada perangkat iPhone sangat penting dilakukan secara teratur.

Alasannya adalah kita tahu kapan iPhone kita memiliki kesalahan, lupa kata sandi, dan hal-hal lain yang mengharuskan kita untuk mengatur ulang iPhone.

Nah, bagi Anda yang mengalami kesulitan mencadangkan iPhone, berikut ini kami akan memberikan informasi tentang mencadangkan data dari iPhone ke iCloud atau iTunes.

Langkah-langkah di bawah ini dapat Anda lakukan secara manual di manapun:

1. Via iCloud

iCloud adalah media penyimpanan resmi yang diprakarsai oleh Apple. iCloud dapat menyimpan data online.

Jika Anda masih tidak mengerti cara kerja dan fungsi iCloud, tentu saja Anda tahu Google Drive atau Dropbox di perangkat Android, bukan? Nah, cara kerja iCloud hampir sama dengan Google Drive dan Dropbox di smartphone Android.

iCloud dapat menyimpan data dalam bentuk file dokumen, gambar, video dan musik. Anda dapat mengelola semua data yang tersimpan dalam iCloud kapan pun yang Anda inginkan, selagi Anda mempunyai koneksi internet yang memadai.

Berikut ini iyalah langkah untuk mencadangkan perangkat Anda (mencadangkan data) melalui iCloud:

  • Pastikan iPhone Anda terhubung ke internet, coba gunakan koneksi Wi-Fi.
  • Jika iPhone Anda menggunakan iOS 8, buka ‘Pengaturan’, lalu pilih ‘iCloud’, dan pilih cadangan Backup. Namun, jika Anda menggunakan iPhone dengan iOS 7, masukkan ‘Pengaturan’, lanjutkan dengan memilih ‘iCloud’, dan pilih ‘Penyimpanan & Cadangan’.
  • Aktifkan backup iCloud Anda dengan mengerakan kursor ke sebelah kata ‘Cadangan iCloud‘ sampai berwarna hijau.
  • Pilih menu ‘Cadangan Sekarang‘ serta pastikan iPhone masih terhubung ke Wi-Fi sampai proses pencadangan selesai.
  • Untuk memastikan semua data telah dicadangkan dengan benar, masukkan ‘Pengaturan’, lalu pilih ‘iCloud’, pilih ‘Penyimpanan’, dan cadangan yang baru saja Anda buat akan ditampilkan bersama dengan waktu dan ukurannya.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Kompres PDF

2. Melalui iTunes

Pengguna iPhone tentu akan terbiasa dengan perangkat lunak Apple yang satu ini. iTunes berfungsi untuk memutar dan membeli lagu.

Namun, iTunes juga dapat digunakan untuk mengelola data yang ada di iPhone, iPad dan iPod.

Salah satu fungsi iTunes adalah mencadangkan data dari iPhone. Pencadangan data menggunakan iTunes juga dapat dilakukan secara offline tanpa koneksi internet.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mencadangkan perangkat Anda melalui iTunes:

  • Buka iTunes di komputer Anda dan sambungkan iPhone Anda ke komputer menggunakan kabel data.
  • Klik ‘File‘, lalu pilih menu ‘Device‘, dan klik ‘Backup‘.
  • Tunggu hingga proses pencadangan data selesai.
  • Pastikan semua data telah dicadangkan di iTunes dengan masuk ke menu ‘Preferences‘ di iTunes dan mengklik ‘Device‘, maka layar komputer akan menampilkan nama perangkat Anda yang berhasil dicadangkan.

Cara Restore Data di iPhone

Cara Restore Data di iPhone

Setelah mengetahui cara membuat cadangan iPhone Anda dengan iCloud dan iTunes, saatnya Anda tahu cara memulihkan iPhone Anda.

Restore adalah upaya untuk memulihkan data yang telah dicadangkan. Berikut ini adalah panduan untuk memulihkan iPhone dari iCloud dan iTunes:

1. iCloud

jika sebelumnya Anda membuat cadangan data melalui iCloud, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini.

Melakukan pemulihan dari iCloud dapat dilakukan di mana saja selama ada koneksi internet yang stabil dan cepat.

  • Pastikan iPhone Anda terhubung ke Wi-Fi sebelum memulihkan iPhone dari iCloud.
  • Masuk ke menu ‘iCloud‘ dan pilih ‘Restore from iCloud Backup‘ atau dalam bahasa Inggris ‘Restore from iCloud Backup‘.
  • Pilih cadangkan data Anda sesuai dengan tanggal dan waktu saat Anda mencadangkan data iPhone.
  • Masukkan detail akun Anda untuk dapat mengakses iCloud.
  • Tunggu beberapa saat, maka semua data yang telah dicadangkan akan dikembalikan ke iPhone. Pastikan iPhone Anda tetap terhubung ke Wi-Fi karena proses pemulihan ini memerlukan koneksi dari internet.

2. iTunes

Jika tidak ada koneksi internet yang dapat diandalkan, maka melakukan pengembalian melalui iTunes adalah solusi yang tepat.

Tetapi sebelum memastikan Anda telah membuat cadangan data ke komputer yang akan digunakan untuk melakukan pengembalian ini.

  • Hubungkan iPhone Anda ke komputer yang Anda gunakan untuk membuat cadangan data beberapa saat yang lalu.
  • Buka iTunes di komputer dan pastikan Anda sudah menggunakan iTunes versi terbaru. Jika tidak, klik pemberitahuan pembaruan yang akan ditampilkan ketika Anda membuka iTunes.
  • Klik ‘File’, lalu pilih ’Perangkat’, lanjutkan dengan mengklik ‘Kembalikan dari Pencadangan’.
  • Pilih cadangkan data Anda sesuai dengan tanggal dan waktu saat Anda mencadangkan data iPhone.
  • Klik ‘Pulihkan‘ atau ‘restore‘ dan tunggu hingga proses pemulihan selesai. Pastikan iPhone tetap terhubung ke komputer sampai proses pemulihan berhasil diselesaikan.

Mencadangkan dan memulihkan data iPhone semudah membalikkan telapak tangan. Ada dua tips bagi Anda yang tidak ingin kehilangan data berharga di iPhone Anda.

Pertama, pastikan Anda secara teratur mencadangkan data iPhone di iCloud atau iTunes seminggu sekali karena data pada iPhone dapat hilang kapan saja tanpa terduga.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Melacak HP Hilang

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang cara backup data. Sekarang anda sudah bisa mem-backup data anda di android ataupun iPhone anda sehingga anda tidak perlu kawatir data anda akan hilang.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.