Cara Berjualan di Shopee

Cara Berjualan di Shopee

Cara Berjualan di Shopee – Shopee adalah salah satu marketplace paling populer saat ini. Hal ini dikarenakan kemudahan yang diberikan oleh para shopee dan banyaknya promo yang dilakukan baik untuk penjual maupun pembeli.

Shopee adalah salah satu aplikasi marketplace yang paling ramah pengguna dan dapat dioperasikan dengan mudah. Salah satu fitur terpopuler dan menjadi daya tarik Shopee dibandingkan marketplace lain adalah fitur pengiriman gratis.

Fitur pengiriman gratis shopee ini tentunya akan memberikan keuntungan bagi penjual dan pembeli yang bertransaksi melalui Shopee.

Namun mungkin bagi pemula yang baru pertama kali berjualan online, proses buka toko dan jualannya agak mirip. Jangan khawatir, karena berikut adalah cara berjualan di Shopee yang akan berguna untuk penjual pemula.

Kelebihan Shopee Dibandingkan Marketplace Lain

Kelebihan Shopee

Beberapa keunggulan Shopee dibandingkan dengan marketplace lain agar Anda lebih mantap untuk membuat toko online di Shopee dan meraup untung besar dari Shopee.

  • Fitur Gratis Ongkir

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, salah satu fitur yang menjadi andalan Shopee adalah fitur pengiriman gratis yang tentunya akan menguntungkan penjual dan pembeli Shopee.

  • User Friendly

Aplikasi ini sangat mudah digunakan oleh siapa saja dan mempunyai fitur yang nyaman serta mudah bagi penggunanya. Dibandingkan marketplace lain, shopee jauh lebih mudah dilakukan.

Contohnya saat Anda ingin mengetahui proses transaksi suatu barang, Anda bisa mengetahui secara detail produk mana yang sedang menunggu pembayaran, harus dikirim atau sudah selesai.

  • Fitur Live Chat

Tidak hanya fitur free shipping yang menjadikan Shopee sebagai marketplace paling favorit dan terpopuler, namun fitur live chat juga menjadikan Shopee lebih unggul dibanding marketplace lainnya.

  • Tagar Shopee

Shopee juga mengimplementasikan fitur hashtag Shopee serta media sosial. Fitur yang satu ini tentunya cukup realtime dan juga akan membuat indexing yang variatif bagi pembeli.

Ada juga marketplace lain yang memakai hashtag, tetapi penggunaannya masih belum sebaik dan secanggih Shopee.

  • Variasi Produk Gratis

Shopee memungkinkan kita untuk menjual berbagai produk atau barang di halaman yang sama. Variasi produk, dalam hal ini, berarti satu item dari jenis yang berbeda dapat dijual hanya pada satu halaman atau satu produk dengan menambahkan fitur variasi pada kolom variasi yang tersedia.

  • Mudah Untuk Mengunggah Stok

Meski sebenarnya sudah banyak marketplace yang juga menerapkan fitur ini, namun fitur stock upload di Shopee adalah yang paling mudah.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Membuat Tabel Di Microsoft Word

Cara Berjualan di Shopee

Berjualan di Shopee

1. Membuka Toko di Shopee

Selain menggunakan komputer, Anda juga dapat melakukan registrasi melalui ponsel (smartphone) menggunakan aplikasi Shopee yang dapat diunduh di Google Play Store dan Apple App Store.

  1. Buka akun baru. dengan mengklik tombol Daftar di sisi kanan atas. Setelah diklik, isi formulir dengan data pribadi Anda.
  1. Buka dan Kelola Toko.
  • Setelah terdaftar, pilih menu Sell di sisi kiri atas. Untuk smartphone, Anda bisa mengakses menu ini dengan mengklik tab Me di sisi kanan bawah layar dan mengklik opsi Start Selling di sisi kiri atas.
  • Setelah itu Anda akan masuk ke fitur Shopee Seller Center. Ini semacam pusat kendali untuk menjalankan toko Anda. Pilih menu Pengaturan Toko.
  • Kemudian isi profil toko Anda mulai dari nama toko, deskripsi toko, logo / foto toko dan banner toko. Setelah semuanya terisi, klik Save.
  1. Tetapkan Alamat Toko dan Layanan Pengiriman.
  • Setelah itu, pilih menu My Address untuk mengatur alamat toko Anda. Kemudian klik tombol Tambahkan alamat baru. Isi formulir yang tersedia dengan detail alamat toko dan klik Simpan.
  • Pilih menu Service Delivery untuk mengatur jasa ekspedisi pengiriman yang akan digunakan toko.
  • Akan ada beberapa pilihan, dan klik sakelar di layanan pengiriman yang Anda inginkan hingga berubah menjadi hijau.
  1. Siapkan rekening bank.

Setelah itu, Anda dapat mengisi detail rekening bank Anda untuk melakukan proses pembayaran atau penerimaan uang hasil penjualan. Caranya adalah Pilih menu Kartu / Rekening Bank. Nanti Anda akan diminta memasukkan kata sandi akun Shopee Anda untuk verifikasi.

  • Untuk menambahkan rekening bank,
  • klik opsi Tambahkan Rekening Bank.
  • isi formulir dengan detail rekening bank Anda ,
  • dan klik Lanjutkan.
  1. Mulai Menjual.

Sekarang toko Anda sudah siap dan siap untuk dijual. Untuk mulai menjual, klik ikon kotak di samping nama akun Anda dan pilih menu Produk Saya.

Untuk menambahkan produk Anda, klik opsi Add New Product. Pilih kategori dan tulis nama produk yang sesuai untuk produk obral, contohnya Pakaian Pria> Bawahan> Jeans dan klik Lanjutkan.

  1. Masukkan Detail Produk.

Masukkan informasi lebih detail tentang produk di formulir yang tersedia. Mulai dari deskripsi, merek, asal produk, bahan dan gaya. Setelah itu isikan informasi penjualan termasuk harga dan jumlah stok produk.

Unggah foto untuk memamerkan produk penjualan Anda. Shopee memungkinkan Anda mengunggah hingga sembilan foto. Kemudian masukkan detail untuk pengiriman misalkan ukuran paket, berat produk didalam gram serta ongkos kirim.

  1. Toko Siap Jual.

Setelah semuanya terisi, klik Save and Show. Ulangi langkah-langkah memasukkan produk hingga semua produk penjualan diunggah di Shopee. Sekarang produk yang Anda jual dapat dicari dan dilihat oleh semua pengguna Shopee.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Menghasilkan Uang dari Instagram

2. Membuka Toko di Shopee id

  • Download aplikasi Shopee di Playstore atau App Store.
  • Mendaftar di Facebook atau email dan masukkan nomor ponsel yang aktif digunakan.
  • Isi semua data yang dibutuhkan. Perlu diingat, username tidak bisa diubah setelah proses registrasi dilakukan.
  • Akun Shopee Anda berhasil dibuat!

Setelah akun Shopee diaktifkan, saatnya mengunggah produk pertama Anda di Shopee! Ada 2 cara yang bisa diterapkan yaitu mengupload produk melalui Aplikasi Shopee atau melalui Seller Center

Unggah produk VIA Aplikasi

  • Pilih Saya> Jual> Tambahkan Produk Baru.
  • Unggah foto produk dan lengkapi detail produk. Selalu berikan #hashtag yang sesuai dan tentukan pilihan pengiriman.
  • Klik ikon Centang di bagian kanan atas untuk dapat selesaikan proses uploadting produk.
  • Produk Anda sudah live.

Unggah produk VIA Seller Center

  • Ketik https://seller.shopee.co.id/ pada halaman browser dan Login menggunakan akun Shopee Anda.
  • Pilih bagian Produk Saya> Tambahkan Produk Baru.
  • Unggah foto produk dan lengkapi detail produk. Jangan lupa untuk menambahkan #hashtag yang relevan dan tentukan opsi pengiriman.
  • Klik tombol “Simpan“.
  • Produk Anda sudah tayang di Shopee.

Tips Berjualan Yang Benar di Shopee

Tips Berjualan Yang Benar di Shopee

Setelah membuka toko selanjutnya kami akan memberikan tips berjualan agar sukses menjual barang dan mendapatkan banyak keuntungan.

1. Apload Foto Yang Bagus

Anda harus memasang foto yang sangat bagus untuk menarik banyak pembeli. Perhatikan bahwa foto yang muncul pertama kali di bagian depan memiliki resolusi yang baik.

Jika Anda tidak memiliki kualitas foto yang bagus, Anda dapat memanfaatkan gambar produk yang ada di Google. Google menyediakan berbagai macam foto yang menawarkan berbagai sudut dan resolusi foto.

Kesalahan yang sering di lakukan orang saat mengapload gambar:

  • Foto buram, resolusi kecil, dan foto gelap.
  • Terkadang orang hanya mengunggah foto sederhana.
  • Foto yang tidak menarik membuat orang malas mengklik dan membeli.
  • Foto adalah kesempatan pertama bagi pembeli untuk membeli foto kita.

2. Deskripsi Sejelas Mungkin

Anda harus membuat keterangan produk Anda sejelas mungkin agar pembeli tidak harus bertanya lagi. Ada baiknya buat point yang dijual misalkan ketersediaan ukuran, bahan, dan warna misalnya baju bisa dari bahan katun atau bahan lainnya.

3. Rajin Promo Secara Rutin

Anda harus rajin mempromosikan produkmu setiap empat jam sekali dan pada saat jam sibuk orang buka Shopee yaitu jam makan siang dan jam kerja.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal klik fitur Shopee yaitu untuk mengupgrade produk. Secara otomatis, produk Anda akan menjadi yang teratas

4. Libatkan Media Sosial

Banyak orang membeli barang dari media sosial. Oleh karena itu, Anda dapat memakai media sosial layaknya Instagram untuk jual produk bawaan Anda. Pada akun Shopee Anda, Anda dapat menyisipkan hashtag Instagram untuk memudahkan orang menemukan produk Anda.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Membuat FanPage Facebook

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang Cara Berjualan di Shopee, dengan kemudahan dalam berjualan dengan aplikasi manapun yang kamu pilih tentunya harus lebih berhati-hati serta manfaatkan peluang seoftimal mungkin, selamat mencoba.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.