Cara Cek IP Address

Dua Cara Cara Cek IP Address
Dua Cara Cara Cek IP Address

Cara Cek IP Address – Mengetahui Alamat IP mungkin cukup berguna, terutama saat Anda memasuki jaringan tertentu. Dengan mengetahui hal ini, Anda dapat memantau dan mengidentifikasi perangkat yang Anda gunakan.

Cara mengecek IP Address sebenarnya cukup mudah, bisa dilakukan di laptop, PC, hingga perangkat smartphone yang sedang Anda pegang.

Ada dua jenis alamat IP yang Anda miliki, yaitu IP eksternal dan IP internal. Keduanya dapat diperiksa dengan cara yang mudah dan sederhana.

Bagi Anda yang mungkin belum pernah mencobanya sebelumnya, Anda akan memiliki pengalaman menjadi semacam “IT kid” saat sukses.

Untuk mengecek alamat IP eksternal Anda sendiri, Anda bisa memanfaatkan beberapa situs gratis yang bisa diakses kapan saja, lewat laptop, PC, atau smartphone. Salah satu situs yang bisa digunakan adalah whatismyip.com.

Saat membukanya, situs tersebut akan secara otomatis memindai perangkat yang Anda gunakan, lalu menampilkan alamat IP di sisi kanan jendela.

Yang ditampilkan adalah alamat IPv6 dan IPv4 eksternal. Lalu bagaimana cara mengecek alamat IP internal?

Jenis Alamat IP

Jenis Alamat IP

Berdasarkan catatan internetlivestats, saat ini terdapat lebih dari satu miliar website aktif di seluruh dunia.

Maka dari itu terdapat lebih dari satu miliar alamat IP di luar sana ditambah dengan alamat IP yang ada di perangkat masing-masing orang.

Secara umum saat ini terdapat dua versi IP address yang digunakan, yaitu IPv4 dan IPv6. IPv4 merupakan versi yang digunakan sejak internet mulai digunakan untuk kebutuhan komersial.

Perlu diketahui bahwa internet pada awalnya hanya digunakan oleh lingkungan kecil oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan nama Advenced Research Project Agency (Arpanet).

Awalnya, proyek ini hanya menghubungkan empat situs internet. IPv4 memiliki panjang 32 bit dan terdiri dari empat set angka yang dipisahkan oleh titik.

Setiap rangkaian angka adalah representasi desimal dari delapan digit (bit) bilangan biner.

Sedangkan IPv6 merupakan versi dari IP Address yang memiliki panjang bilangan 128 bit dan terdiri dari delapan himpunan angka dan huruf yang dipisahkan oleh titik dua.

IP ini belum digunakan secara luas, tetapi dibuat karena ketersediaan alamat IP IPv4 yang semakin menipis.

Selain secara umum, alamat IP juga dapat dibedakan berdasarkan ruang lingkupnya, yaitu:

  • IP Pribadi: Digunakan untuk berkomunikasi secara lokal. Contoh perangkat yang dapat menggunakan IP adalah laptop, ponsel, dan komputer pribadi (PC). Berkomunikasi tidak melalui internet, tetapi melalui Jaringan Area Lokal (LAN).
  • Alamat IP Publik: Dapat diakses melalui jaringan internet dan dapat dimiliki oleh perangkat apa saja yang diperuntukkan bagi masyarakat umum. Contoh yang menggunakannya adalah server situs web, server email, dan router wi-fi.

Sebagai informasi, pengalokasian range nomor IP Address tipe publik diatur oleh Internet Assigned Numbers Authority (IANA).

Jika ada organisasi yang ingin mendapatkan bagian dari IP publik, wajib meminta izin dari badan yang berwenang ini.

Cara Cek IP Address

Cara Cek IP Address

Sebelum menjelaskan lebih jauh cara mengecek IP Address, ada baiknya memahami perbedaan IP Address. Peluncuran dari Lifehacker, menjelaskan bahwa terdapat dua jenis alamat IP dalam suatu perangkat, yaitu alamat IP lokal dan eksternal.

Sederhananya, Alamat IP eksternal adalah bagaimana perangkat di internet menemukan perangkat seseorang, sedangkan Addreas IP internal adalah apa yang disediakan router Anda untuk semua perangkat yang terhubung dengannya.

Ini berarti bahwa IP menangani semua rute untuk paket data yang masuk dan keluar pada perangkat.

1. Cara cek IP Address internal

Berikut cara memeriksa melalui beberapa perangkat:

Mac

  • Pertama, klik ikon Apple di sebelah kiri perangkat dan buka “System Preferences“.
  • Kemudian, klik Jaringan.
  • Selanjutnya, pilih jenis koneksi wi-fi atau Ethernet dan klik itu.
  • Lihat di sisi kanan dan kalimat ” … terhubung ke ….. dan memiliki alamat IP … “akan muncul dan itu adalah alamat IP internal.

Windows

  • Cari “Command Promp” dari menu start windows.
  • Kemudian ketik “ipconfig“.
  • Kemudian cari baris yang bertuliskan “alamat IPv4“. Nomor di seberang teks adalah alamat IP internal.

iOS

  • Buka menu pengaturan pada perangkat IoS.
  • Kemudian klik opsi wi-fi.
  • Klik tombol lingkaran “I” yang terletak di sisi kanan jaringan yang terhubung ke perangkat.
  • Kemudian akan muncul Alamat IPv4 dan dibagian bawah akan muncul Alamat IP internal.

Android

  • Buka menu pengaturan di ponsel Android.
  • Setelah itu buka “koneksi” atau “connection” lalu klik wi-fi.
  • Cari koneksi yang sedang terkoneksi dengan hp, lalu klik koneksi tersebut lalu akan muncul informasi IP Address internal.

2. Cara Cek IP Address eksternal

Untuk mengecek IP Address sangatlah mudah karena saat ini sudah ada beberapa halaman web yang menyediakan layanan. Salah satu situs tersebut adalah whatsmyip.com.

Buka situsnya, lalu di sisi kanan Anda langsung bisa melihat alamat IPv6 dan IPv4 eksternal. Informasi yang dihadirkan ada tiga buah, mulai dari ISP, Kota, Provinsi, hingga negara pemberi IP Address.

Selain situs whatsmyip.com, ada beberapa situs lain yang bisa digunakan, seperti ipconfig.me dan icanhazip.com.

Baca Juga:

Penutup

Itulah sekilas pembahasan kami mengenai Cara Cek IP Address, Silahkan ikuti cara-cara yang kami berikan di atas untuk untuk mengecek Ip Address untuk keperluan apapun.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.