Cara Cek Keaslian iPhone Agar Tidak Tertipu Dengan yang Palsu

Cara Cek Keaslian iPhone

Posted on

Cara Cek Keaslian iPhone – Apple adalah produsen gadget yang cukup fenomenal. Rata-rata, produk-produk yang diciptakan oleh produsen ponsel ini memiliki harga kelas premium.

Meski begitu kualitas yang dijanjikan oleh Apple untuk produk yang dijualnya tentu tidak akan mengecewakan khusus untuk tipe iPhone. Produk dari Apple yang satu ini telah meluncur ke pasaran dengan jenis-jenis tertentu yang memiliki kualitas premium yang sangat baik.

Kualitasnya yang sangat terjamin, tentu saja menjadikan iPhone satu smartphone yang cukup diburu oleh banyak orang. Namun karena harganya yang sedikit lebih mahal dari smartphone lain, membuat pabrikan nakal membuat replika atau membuat iPhone palsu.

Sebagai pembeli yang bijak, tentu saja, membeli produk asli akan lebih baik dari pada harus membeli produk palsu.

Selain itu, dengan membeli produk asli, Anda akan mendapatkan jaminan kualitas yang sangat baik sehingga Anda akan bisa mendapatkan umur iPhone yang lebih lama jika dibandingkan dengan saat Anda membeli produk palsu.

Cara Cek Keaslian iPhone

Cara Cek Keaslian iPhone

Nah, bagaimana cara cek keaslian iPhone agar tidak tertipu oleh produsen nakal? Berikut cara yang kami rekomendasikan dan bisa Anda gunakan sendiri:

1. Material iPhone

Karena iPhone dipasarkan ke kelas menengah ke atas, dapat dipastikan bahwa smartphone dari Apple ini menggunakan bahan premium yang tidak sama dengan smartphone lainnya.

Terlepas dari iPhone 5c, hampir semua perangkat iPhone membawa bahan logam dan kaca berkualitas tinggi. Bahan jenis ini akan terasa sangat kuat dan kokoh di telapak tangan Anda.

Sementara iPhone palsu mungkin menggunakan bahan yang lebih rapuh. Jika Anda melihat lebih dekat, maka Anda dapat dengan mudah melihat perbedaan mencolok antara iPhone asli dan palsu.

2. iPhone Asli Memiliki App Store

Untuk menguji keaslian iPhone, Anda harus membuka App Store melalui iPhone. Jika Anda dapat menemukan dan membuka App Store, Anda dapat memastikan bahwa iPhone tersebut asli.

Namun, jika Anda tidak dapat mengaksesnya di iPhone, maka Anda harus curiga terhadap keasliannya. Lebih buruk lagi jika Anda menemukan di dalam Google Play Store atau Windows Phone Store, kami menjamin bahwa iPhone itu palsu.

App Store adalah merek dagang Apple. Tentu saja App Store hanya ada di iPhone, iPod atau iPad asli.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Backup Data Android & iOS

3. Harga iPhone

Bicara soal harga, siapa yang tidak tergoda dengan iPhone Xs yang ditawarkan dengan harga hanya 3 juta? Bahkan, banyak orang yang rela membeli smartphone terbaru dari Apple ini dengan harga 7 juta.

Namun, di sini Anda harus curiga jika Anda bertemu dengan penjual yang menawarkan iPhone dengan harga yang sangat rendah. Karena bisa saja iPhone KW, supercopy atau rekondisi.

Saat ini, masih ada pedagang jahat yang menjual iPhone palsu dengan harga yang setara dengan iPhone asli. Nah, untuk hal yang satu ini Anda harus berhati-hati dan waspada. Karena Anda perlu memeriksa iPhone tersebut asli atau palsu di atas.

4. iPhone Asli Menggunakan Layar Retina

Layar retina adalah bagian dari produk Apple. Tentu saja vendor lain tidak dapat menggunakan teknologi ini. Layar retina adalah teknologi pada tampilan layar iPhone. Teknologi ini mulai diperkenalkan pada iPhone 4.

Sejak saat itu, semua seri iPhone membawa layar retina ini. Tampilan retina sangat jernih dan halus. Matriks kecil di layar hanya akan terlihat dalam jarak dekat atau dengan bantuan kaca pembesar.

Dengan kata lain, layar retina membuat layar iPhone memiliki resolusi tinggi. Sementara itu, iPhone supercopy atau KW umumnya mengusung layar resolusi rendah. Jadi, matriks pixel akan terlihat lebih jelas.

5. Screenshot pada iPhone

Pada iPhone asli untuk mengambil tangkapan layar, Anda hanya perlu menekan tombol ‘Rumah’ dan ‘Kunci’ secara bersamaan. Tentu saja iPhone palsu tidak dapat mengambil tangkapan layar dengan cara yang sama.

Dengan cara ini, Anda dapat mengenali iPhone nyata atau palsu dengan sangat cepat.

6. Periksa Garansi iPhone Anda

Jika Anda membeli iPhone di toko resmi Apple atau distributor resmi Apple, Anda dapat yakin bahwa garansi iPhone Anda asli.

Anda dapat memeriksa keaslian garansi iPhone melalui situs web resmi Apple atau dari informasi garansi yang tercantum di ponsel Anda.

Namun, jika Anda membeli iPhone di tempat yang belum dijamin secara resmi, Anda harus bertanya kepada penjual tentang garansi tersebut karena selain garansi resmi ada juga iPhone yang dijual dengan garansi distributor dan garansi toko.

Jika penjual terus bersikeras bahwa jaminan itu asli, Anda harus segera memeriksa garansi melalui ponsel yang akan dibeli.

7. iTunes Hanya Dapat Mendeteksi iPhone Asli

Salah satu cara cek keaslian iPhone selanjutnya adalah dengan menghubungkan ponsel ke komputer yang telah diinstal iTunes.

Seperti yang kita ketahui, iTunes adalah aplikasi wajib untuk memasukkan lagu, video, dan file lain ke dalam iPhone.

Jika iTunes dapat mendeteksi ponsel yang Anda sambungkan, maka dapat dipastikan bahwa ponsel tersebut adalah iPhone asli.

Sebaliknya, jika iTunes tidak dapat membaca iPhone yang Anda hubungkan ke komputer, maka Anda perlu curiga bahwa itu adalah iPhone palsu.

8. Periksa Kemasan dan Kotak

Kemasan dan pembungkus kotak juga dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk membedakan iPhone asli dengan iPhone palsu. Inilah cara mengenali keaslian iPhone dari kemasan dan kotaknya:

  • Periksa IMEI

IMEI adalah identifikasi dari hampir semua ponsel. Tidak ada ponsel yang dipasarkan tanpa IMEI.

IMEI dari iPhone dicetak pada kotak dan juga dicetak di bagian belakang ponsel. IMEI yang ditunjukkan dalam kotak harus sama dengan yang ada di bagian belakang ponsel.

Ketika IMEI yang ditunjukkan dalam kotak tidak sama dengan apa yang tersisa di ponsel, maka Anda harus curiga tentang keaslian iPhone. Karena biasanya IMEI ini akan menjadi salah satu faktor terpenting untuk menentukan keaslian iPhone.

Anda juga dapat memeriksa IMEI dengan mengakses pusat dukungan iPhone yang dapat Anda akses melalui ponsel Anda.

  • Logo pada Kotak

Logo iPhone pada kotak iPhone terbuat dari logam Apple. Ukuran logo juga lebih tepat. Jika Anda tidak menemukan logo logam ini maka keaslian iPhone Anda harus dicurigai. Maka ukuran presisi logo sangat bagus.

Ketika Anda menemukan logo yang tidak memiliki presisi seimbang, maka Anda harus mencurigai keaslian iPhone.

Logo ini tampaknya sepele, tetapi jika Anda perhatikan dengan teliti, maka Anda akan menemukan bahwa logo ini memungkinkan Anda untuk membedakan keaslian iPhone dengan mudah dan cukup baik.

9. Tidak Ada Slot Memori Eksternal

Pernahkah Anda penasaran mengapa iPhone selalu menyajikan memori internal yang sangat besar? Malah, akhir-akhir ini iPhone telah merilis varian penyimpanan internal sebesar 256GB keatas.

Ini merupakan kapasitas penyimpanan yang sangatlah besar untuk smartphone. Apple sengaja menyediakan kapasitas memori internal yang besar karena iPhone tidak dilengkapi dengan slot memori eksternal.

Ini sangat berbeda dengan smartphone Android saat ini yang tentu saja menyediakan slot memori eksternal hingga 64GB. Apple merasa bahwa memori internal yang disediakan sudah cukup untuk menyimpan berbagai data pengguna.

Jadi, jika Anda menemukan iPhone yang memiliki slot memori eksternal, itu artinya Anda harus sadar bahwa iPhone itu palsu.

10. Periksa Fitur iPhone yang Akan Dibeli

Semua seri iPhone 5 ke atas dapat dipastikan dilengkapi dengan sidik jari. Jika Anda membeli iPhone 7 tetapi tidak ada fitur sidik jari, maka iPhone yang Anda beli palsu.

Selain itu, iPhone adalah ponsel SIM tunggal, alias ponsel yang hanya dapat menggunakan satu kartu SIM. Jika Anda menemukan iPhone dengan fitur dual SIM, Anda dapat mengonfirmasi bahwa iPhone itu palsu.

Apalagi jika iPhone memiliki fitur aneh yang tidak dimiliki oleh iPhone, seperti TV Analog, dll., Maka sebaiknya Anda tidak membeli iPhone karena iPhone asli mungkin tidak disertai dengan fitur seperti itu.

Cara memeriksa iPhone asli atau palsu melalui metode ini harus dilakukan saat Anda langsung memegang iPhone yang akan diperiksa.

Karena ada banyak iPhone palsu di pasaran, Anda harus ekstra hati-hati saat ingin membeli iPhone secara online. Karena, ketika Anda membeli secara online, maka Anda tidak dapat melakukan pemeriksaan fisik pada iPhone.

Agar lebih aman, sangat disarankan bagi Anda untuk membeli iPhone di Pengecer Resmi Apple di Indonesia. Bahkan jika Anda membeli di gerai resmi Apple, tetaplah memeriksa untuk membedakan iPhone asli dan palsu.

11. Desain iPhone

Ketika Anda akan membeli produk iPhone, tidak ada salahnya jika Anda memeriksa desain dan ukuran iPhone yang akan Anda beli.

Ketika Anda akan melakukan pembelian iPhone Anda dapat memeriksa dimensi, ketebalan dan juga ukuran layar dengan lebih hati-hati.

Karena untuk beberapa produk iPhone palsu, spesifikasinya tidak sama dengan yang dikeluarkan Apple. Dimensi ini cukup penting terutama pada berat, ketebalan ponsel dan juga ukuran layar.

Jika Anda memperhatikan dan melakukan pengamatan pada dimensi iPhone yang akan Anda beli, maka setidaknya Anda akan meminimalkan kemungkinan membeli produk palsu.

Jika memungkinkan, Anda dapat memeriksa dengan penggaris dan skala untuk memastikan dimensi dan berat iPhone sesuai dengan spesifikasi resmi.

12. Kartu SIM

IPhone asli tidak pernah memiliki fitur SIM ganda atau penggunaan 2 angka dalam satu ponsel. Jika Anda mendapatkan iPhone yang memiliki fitur SIM ganda, maka iPhone itu palsu.

Karena iPhone diproduksi hanya menggunakan satu SIM atau 1 nomor ponsel. Metode ini adalah pembeda yang cukup mudah untuk memberi tahu Anda keaslian iPhone.

IPhone asli hanya menggunakan satu kartu sim untuk mendukung komunikasi Anda, tidak ada produk iPhone yang memiliki lebih dari satu slot SIM.

Beberapa produk Android sekarang memacu ponsel mereka dengan fitur dual SIM. Tetapi iPhone tidak tergoda untuk membuat lebih dari satu slot kartu SIM.

13. Baterai

Produk-produk iPhone biasanya memiliki baterai yang tidak dapat dilepas atau disematkan dalam ponsel.

Meskipun ada beberapa jenis iPhone yang menggunakan baterai yang dapat dilepas, sebagian besar produk iPhone memiliki baterai yang tidak dapat dilepas dengan mudah.

Apple memproduksi iPhone dengan baterai yang ditanam, sehingga dapat dikatakan bahwa tidak ada yang menjual baterai cadangan dari iPhone. Inilah yang membedakan iphone asli dengan yang palsu.

Ketika Anda melakukan pembelian iPhone di beberapa counter, Anda harus bertanya tentang baterai apakah baterai dapat dilepas atau tidak.

Anda juga dapat memeriksanya sendiri dengan membuka penutup belakang telepon dan melihat apakah baterainya tertanam atau mudah dilepas.

Tetapi sebagai ketentuan, setidaknya Anda harus melihat beberapa situs tepercaya yang mengulas tentang iPhone. Jenis yang disediakan dengan baterai yang bisa dilepas.

14. Otentikasi Perangkat

Otentikasi perangkat adalah salah satu karakteristik dan pembeda yang benar-benar tidak dapat ditiru. Otentikasi dibuat orisinal saat perangkat iPhone dibuat.

Jadi dengan memeriksa otentikasi perangkat, maka iPhone Anda tidak akan disamakan dengan yang palsu.

Meskipun cara membedakan keaslian iPhone yang akan Anda beli dari metode ini cukup sulit dilakukan sebelum Anda melakukan pembelian, tetapi ini akan sangat menjamin bahwa Anda telah membeli produk yang memenuhi harapan Anda.

Berikut ini adalah panduan untuk memeriksa otentikasi produk dari perangkat:

  • Nomor Seri Perangkat

Nomor seri perangkat ini akan ditampilkan dengan membuka pengaturan di ponsel Anda. Caranya adalah Anda bisa masuk ke menu pengaturan, kemudian Anda masuk ke menu umum dan tentang.

Menu ini akan menampilkan semua jenis informasi terperinci tentang iPhone Anda, termasuk nomor seri. Nomor seri iPhone dapat diperiksa dengan mudah dengan memeriksa melalui situs web resmi iPhone.

Biasanya untuk ponsel palsu Anda tidak akan menemukan nomor seri perangkat Anda. Ini tentu bisa membedakan keaslian iPhone yang Anda beli itu.

Di situs resmi Anda dapat memeriksa apakah nomor seri ponsel Anda terdaftar atau tidak di situs.

  • Touch ID

Bagi Anda yang tidak tahu apa itu Touch ID, Touch ID adalah ID dari iPhone yang Anda beli. Touch ID ini hanya dapat dikenali saat Anda mengakses iTunes.

Sehingga ketika iTunes tidak bisa mengenalinya, maka kemungkinan iPhone Anda palsu. Touch ID ini adalah identifikasi biometrik dan berfungsi untuk mengunci atau membayar aplikasi iTunes.

Dengan memeriksa Touch ID, Anda akan mengetahui keaslian iPhone Anda.

15. Kamera

Fitur kamera adalah yang paling penting dan utama di setiap ponsel. Produk Apple, terutama iPhone selalu memberikan teknologi terbaik untuk kamera.

Mulai dari resolusi yang cukup tinggi sehingga dapat menghasilkan foto yang cerah, hingga fitur-fitur canggih seperti OIS, dual Flash LED, autofocus dan sebagainya.

Semua fitur ini tentu saja dimaksudkan untuk menghasilkan foto yang berkualitas, jelas dan tajam. Saat membeli iPhone baru, ada baiknya Anda mencoba fitur kamera terlebih dahulu.

Jika gambar terlihat buram dan tidak bisa fokus, ada kemungkinan iPhone itu palsu. IPhone palsu memiliki resolusi rendah sehingga foto akan terlihat buram, dan tidak dilengkapi dengan fitur dukungan yang memadai.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Aplikasi Scan Dokumen di Android dan iOS

Kelebihan Iphone Dibanding Smartphone Android

Kelebihan Iphone Dibanding Smartphone Android

Nah, jika kalian sudah mengetahui bagaimana cara cek keaslian iPhone, maka disini kami juga akan memberikan sedikit informasi mengenai beberapa kelebihan iPhone di bandingkan merk lain. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Kamera Kualitas Terbaik

Salah satu kelebihan iPhone dibandingkan Android yang saat ini masih unggul adalah sektor kamera. Produk Apple sebagian besar tidak peduli dengan berapa banyak kamera yang akan tertanam dalam smartphone-nya, namun seberapa besar jumlah piksel kamera tersebut.

2. Desain dan Tampilan Elegan yang Khas

Kelebihan iPhone dibandingkan dengan android yang selalu menyulitkan pengguna iPhone untuk berganti merek adalah dari desain dan tampilan.

Tidak seperti Android, yang diproduksi oleh banyak vendor, Iphone adalah produksi tunggal dan hanya dimiliki oleh Apple.Inc. Ini membuat Iphone memiliki karakteristik untuk semua lini produknya.

3. TouchID, Fitur Keamanan Terbaik

Salah satu kelebihan iPhone dibandingkan Android berikutnya adalah fitur keamanan terbaik yang dihadirkan oleh iPhone, TouchID. TouchID memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu sebagai fitur mengakses keamanan perangkat dan pembayaran melalui Apple Pay.

4. Memiliki Fitur Aplikasi Terbaik

Kelebihan iPhone dibandingkan dengan Android berikutnya adalah iPhone telah menggunakan sistem operasi yang terpisah atau iOS, dan juga menyediakan App Store yang menyediakan berbagai aplikasi.

Aplikasi di App store juga tidak sebanyak di Google Play Store, karena Apple telah memilih aplikasi terlebih dahulu di App Store.

5. Memiliki Aksesoris Lengkap dan Harga Stabil

Kelebihan dari iPhone dibandingkan dengan Android yang terakhir adalah iPhone itu sendiri menghadirkan aksesori yang lengkap dan harganya cenderung stabil. Aksesori seperti earphone, kabel USB, charger diproduksi dengan jaminan kualitas tinggi oleh Apple.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Aplikasi Penyadap WhatsApp Pacar

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang cara cek keaslian iPhone. Pastikan anda mengecek terlebih dahulu iPhone yang akan anda beli agar tidak tertipu dengan produsen nakal.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.