Cara Instal Anti Virus Pada Sistem Operasi Windows, Mac, dan Linux

Cara Instal Anti Virus di PC

Posted on

Cara Instal Anti Virus – virus dapat dengan mudah masuk ke dalam komputer Anda, akibatnya jika virus yang masuk ke komputer Anda sudah banyak maka komputer Anda dapat rusak.

Menginstal anti virus di komputer adalah hal yang sangat dianjurkan untuk setiap pengguna komputer, karena jika komputer Anda tidak memiliki aplikasi antivirus, maka tidak ada proteksi yang akan melindungi komputer Anda.

Apa Itu Virus dan Antivirus Pada Komputer

Apa Itu Virus dan Antivirus Pada Komputer

Virus komputer adalah program komputer yang bisa menduplikasikan atau menggandakan datanya sendiri serta menyebar dengan memasukkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain.

Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan memasukkan diri ke dalam sel hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan menghancurkan data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, atau tidak berpengaruh sama sekali.

  • Cara Kerja Virus Komputer

Virus komputer pada dasarnya bisa merusak software komputer serta tidak bisa secara langsung merusak hardware komputer namun bisa menyebabkan kerusakan dengan memuat program yang memaksa proses ke perangkat tertentu.

Efek negatif dari virus komputer adalah mengalikan dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) berkurang secara signifikan.

Hampir 95% dari virus komputer didasarkan pada sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux / GNU, Mac, FreeBSD, IBM OS / 2, dan Sistem Operasi Sun. Virus ganas akan merusak perangkat keras.

Sedangkan Antivirus adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer.

Antivirus juga disebut perangkat lunak perlindungan virus. Program ini dapat menentukan apakah suatu sistem komputer telah terinfeksi virus atau tidak.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Jenis-Jenis Anti Virus

Cara Instal Anti Virus di Perangkat Windows

Cara Instal Anti Virus di Perangkat Windows

Sebelum Anda menginstal anti-virus, tentu saja Anda harus memiliki file master anti-virus dengan mengunduhnya terlebih dahulu, untuk itu silakan unduh installer anti-virus offline terbaru. setelah itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buat Akun

Tidak selalu perlu membuat akun langsung, tetapi itu akan membantu Anda dalam jangka panjang. Beberapa penyedia tidak akan meminta Anda untuk mendaftar langsung tetapi akan membutuhkannya dalam waktu 30 hari setelah pembelian.

Dengan buat akun, Anda bisa mendapatkan akses langsung pada pembaruan, serta Anda bisa kelola lisensi dan fitur lainnya, seperti fitur keamanan anti-pencurian jarak jauh untuk perangkat seluler, semuanya di satu tempat.

2. Unduh Antivirus

Klik untuk mengunduh antivirus. Biasanya akan ditentukan berapa banyak ruang yang dibutuhkan, jadi Anda mungkin harus menghapus file terlebih dahulu untuk menyediakan ruang yang cukup.

3. Otorisasi Perubahan

Penting juga untuk memastikan bahwa Anda memiliki hak admin untuk komputer Anda, karena Anda harus mengotorisasi pemasangan perangkat lunak. Pada langkah ini, Anda diminta memasukkan kata sandi melalui akun admin.

Kedengarannya rumit, tetapi kemungkinan Anda sudah menjadi admin dan ketika Anda mencoba menginstalnya, Windows akan mengizinkannya. Cobalah.

4. Ikuti Proses Pemasangan di Layar

Selanjutnya, perangkat lunak akan memandu Anda melalui proses instalasi singkat, yang biasanya Anda diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan dan menentukan di mana antivirus akan disimpan. Jendela pemasang bisa memberikan langkah demi langkahnya.

5. Restart Komputer Anda

Versi anti virus yang Anda download mungkin bukan versi terbaru. Nyalakan kembali komputer Anda, yang akan mendorong tampilan seluruh pembaruan. Jika telah selesai, mulailah menjalankan pemindaian penuh pada komputer Anda

Cara Instal Anti Virus di Mac

Cara Instal Anti Virus di Mac

Karena hal-hal terkait perlindungan seperti Gatekeeper untuk pengguna Mac, Anda mungkin berpikir bahwa Anda aman dari virus, tetapi Mac sebenarnya masih rentan terhadap Trojan, penipuan phishing, dan adware lainnya seperti Crossrider dan program memasang perangkat seperti Mac Auto Fixer.

Tetapi jika Anda menginstal program antivirus Mac, kami curiga Anda mengetahui ancamannya. Jadi, begitu Anda menemukan paket antivirus atau keamanan yang kompatibel dengan Mac

Setelah Anda menginstal perangkat lunak antivirus, Anda perlu memindai ancaman. Sebagian besar paket keamanan menawarkan tiga pilihan pemindaian – baik secara otomatis atau manual – yang seluruhnya memberikan tingkat dalam pemeriksaan yang beragam.

1. Pahami Kebutuhan Program Antivirus.

Mac OS X telah lama lebih aman dari pada Windows, karena desain sistem perangkat lunaknya. Di masa lalu, hanya beberapa orang yang menggunakan Mac OS, jadi hanya ada beberapa virus yang dikembangkan untuk Mac.

Meskipun pengguna Mac telah meningkat secara dratis, masih tidak sepopuler Windows, di mana sebagian besar perkembangan penciptaan virus terjadi.

Penggunaan antivirus yang paling penting di Mac adalah untuk menghentikan penyebaran malware ke komputer lain.

Virus dapat menyebar dengan mudah melalui email, bahkan jika komputer Anda tidak terinfeksi virus, Anda dapat menyebarkan virus ke komputer lain yang mungkin tidak memiliki perlindungan yang sama dengan komputer Mac Anda.

2. Pemindaian Cepat

Pemindaian cepat biasanya memakan waktu 10 hingga 20 menit, karena hanya memeriksa area umum yang paling mungkin terinfeksi. Ini memungkinkan pemindai untuk memotong sebagian besar jaringan Anda, sehingga kecepatan dapat meningkat tetapi daya pemrosesan menurun.

Komputer harus dibiarkan berjalan saat pemindaian sedang berjalan. Seringkali, opsi ini cukup untuk menyoroti semua masalah.

3. Pemindaian Lengkap

Jika hasil pemindaian cepat menunjukkan bahwa sistem komputer bersih, namun Anda masih risau bahwa komputer mungkin masih berisiko, maka Anda dapat jalankan pemindaian secara penuh.

Opsi ini bisa mengecek setiap sudut sistem Anda untuk memastikan tidak ada virus yang bersembunyi di dalam folder yang tak tergapai, namun pemindaian dapat memakan waktu hingga beberapa jam untuk menyelesaikannya.

Ancaman malware kompleks seperti spyware mungkin tidak terlihat dalam pemindaian cepat dan akan membutuhkan pemeriksaan mendalam untuk mengungkapnya.

Meskipun pemindaian penuh adalah opsi paling lambat, itu akan menjamin bahwa drive Anda bersih.

4. Pemindaian Terjadwal

Pemindaian terjadwal berjalan secara otomatis untuk mendeteksi virus dalam file saat Anda menggunakannya, sehingga perlindungan waktu nyata untuk perangkat Anda terjadi.

Sebagian besar produk antivirus secara default akan menjadwalkan pemindaian, tetapi ada kemungkinan untuk mengubah frekuensi (harian, mingguan atau bulanan) dan mengatur waktu dalam pengaturan.

Jika Anda lebih suka menjalankannya pada waktu tertentu – seperti larut malam saat Anda tidak menggunakan perangkat Anda, maka Anda hanya perlu mengatur waktu pemindaiannya.

5. Cara Instal Anti Virus Update Mac OS X

Perusahaan Apple mengeluarkan perbaikan keamanan secara teratur untuk menutup celah keamanan yang sudah ditemukan. Buat komputer Mac Anda selalu di-update untuk memastikan bahwa sistemnya seaman mungkin.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Aplikasi Berbahaya untuk Laptop

Cara Instal Anti Virus di Windows

Cara Instal Anti Virus di Windows

1. Pahami Kebutuhan Program Antivirus.

Sistem operasi Windows adalah sistem operasi yang paling rentan terhadap virus dibandingkan dengan dua sistem operasi utama lainnya (Mac OS dan Linux). Pengguna sistem operasi Windows adalah yang paling dan memiliki tingkat keamanan terendah.

Program antivirus akan melindungi komputer Anda dari malware yang datang melalui email, flash drive, unduhan, situs web, dan lainnya.

2. Dapatkan Sebuah Program Antivirus

Ada beberapa opsi program antivirus gratis yang tersedia yang dapat memberikan perlindungan yang baik bagi pengguna rata-rata. Program ini diperbarui secara berkala dengan definisi antivirus baru yang dapat mengenali ancaman terbaru.

Jika Anda sering berurusan dengan file atau situs web yang terinfeksi virus, Anda mungkin ingin menggunakan program berbayar yang lebih baik. Software antivirus berbayar umumnya tersedia lewat langganan tahunan.

Saat mendownload program berbayar atau gratis, pastikan Anda mendownload dari sumber tepercaya. Ada beragam program antivirus yang ada serta mengklaim sebagai antimalware/antivirus namun sebenarnya itu merupakan virus.

3. Memasang Program Antivirus

Pastikan tidak ada program lain yang berjalan saat Anda menginstal antivirus. Anda kemungkinan besar harus terhubung ke internet untuk mengunduh file dan pembaruan tambahan. program antivirus gratis menyediakan paket dengan bilah alat untuk browser web.

Toolbar ini dapat menambah perlindungan tetapi juga mengubah opsi pencarian internet di komputer Anda dan memperlambat komputer yang lebih lama. Anda memiliki pilihan untuk tidak menginstal bilah alat selama proses instalasi.

4. Update Program

Setelah instalasi selesai, reboot komputer Anda dan perbarui program antivirus. File yang Anda unduh kemungkinan besar bukan versi yang paling baru, jadi Anda harus terhubung ke server program antivirus dan mengunduh pembaruan terbaru.

Sebagian besar program antivirus memungkinkan Anda mengklik kanan ikon di Baki Sistem saat program sedang berjalan dan klik Perbarui.
Perbarui definisi antivirus setiap minggu.

Sebagian besar program antivirus diatur untuk memperbarui secara otomatis. Periksa kembali pengaturan di program Anda untuk memastikan bahwa Anda menerima pembaruan yang diperlukan

5. Scan Komputer Anda

Setelah Anda memasang program antivirus dan melakukan update, maka sekarang waktunya untuk melakukan scan virus di komputer Anda. Hal ini bisa memakan waktu beberapa jam, tergantung jumlah file yang di scan dan kecepatan komputer Anda.

6. Atur Jadwal untuk Scan Virus

Program antivirus menjadi sangat efektif ketika dijalankan secara otomatis. Buka pengaturan program antivirus Anda dan cari opsi pengaturan jadwal. Cobalah jadwalkan waktu ketika komputer Anda hidup tetapi Anda tidak menggunakannya.

Idealnya Anda harus melakukan pemindaian seminggu sekali, pindai lebih sering jika Anda terus berurusan dengan file yang berpotensi terinfeksi virus.

7. Update Sistem Operasi Windows

Cara terbaik untuk melindungi komputer Anda adalah memastikan sistem operasi selalu diperbarui. Microsoft mengeluarkan pembaruan keamanan untuk Windows secara teratur, untuk memperbaiki lubang keamanan di Windows.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara Instal Anti Virus pada Linux

pada Linux

1.Pahami Kebutuhan Program Antivirus

Linux paling aman ketika berhadapan dengan virus. Hal ini dikarenakan pengguna masih kecil serta karena tingkat keamanan sistem software yang terdapat di dalamnya. Ini karena aplikasi diinstal langsung oleh distributornya, hanya ada sedikit kemungkinan file yang terinfeksi virus.

Penggunaan antivirus yang paling penting di Linux adalah untuk mencegah penyebaran malware ke komputer lain.

Virus dapat menyebar dengan mudah melalui email, bahkan jika komputer Anda tidak terinfeksi virus, Anda dapat menyebarkan virus ke komputer lain yang mungkin tidak memiliki perlindungan yang sama dengan komputer Linux yang Anda gunakan.

2. Dapatkan Sebuah Program Antivirus

Periksa repositori Linux untuk mengetahui antivirus apa yang tersedia untuk sistem operasi Linux yang Anda gunakan. Sebagian besar sistem operasi Linux memiliki program antivirus yang tersedia secara gratis.

Program ini telah diperiksa oleh komunitas Linux dan dirancang untuk menggunakan sumber daya sistem yang rendah.

3. Pasang dan Jalankan Antivirus

Karena risiko terkena infeksi virus rendah, Anda tidak perlu melakukan pemindaian sistem berkelanjutan. Tetapi gunakan program antivirus untuk memeriksa file dan email yang mencurigakan secara manual.

4.Update Sistem Operasi Linux Anda

Lakukan pembaruan sistem perangkat lunak dengan pembaruan Linux dan semua program yang Anda gunakan, untuk menghilangkan lubang keamanan yang telah ditemukan.

Prosesnya sebagian besar otomatis. Periksa pengaturan untuk memastikan bahwa instalasi Linux diperbarui dengan benar.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Uninstall Aplikasi dan Game di PC/Laptop

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang cara instal anti virus, tersedia antivirus untuk produk Windows atau Mac yang mudah digunakan, diunduh, dan dipasang sehingga sama sekali tidak ada alasan untuk membiarkan komputer atau jaringan Anda tetap rentan.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa