Cara Jualan Online Untuk Pemula Supaya Laris Manis

Cara Jualan Online – Di era digital dengan segala kemudahannya membuat manusia atau masyarakat di manjakan dengan segudang teknologi. Kemudahan dalam bertukar informasi merupakan ciri dari zaman saat ini, tak terkecuali di bidang ekonomi.

Banyak orang atau pelaku usaha mengembangkan dan memulai bisnis jual beli mereka di menggunakan dunia digital atau biasa di sebut via online.

Olshop atau online shop kini mulai di gandrungi oleh para pembeli karena disini mereka sangat di mudahkan ketika harus membeli sesuatu.

Bagaimana tidak, hanya dengan modal smartphone seseorang bisa melakukan aktifitas jual beli dengan begitu mudahnya. Mereka bisa memilihi toko, barang, merek sampai membandingkan harga antar toko.

Keuntungan dari berjualan secara online juga sangat tinggi, ini karena cakupan atau luas pemasaran dan pelanggan sangatlah luas, bisa di bilang bila satu toko berjualan secara online maka dia bisa mendapat pembeli dari seluruh Indonesia bahkan dunia.

Sekarang juga banyak toko-toko yang berjualan suatu barang namun sebenarnya toko tersebut tidak memiliki stok bahkan tidak harus mengeluarkan modal.

Bagaimana bisa? tentu bisa, ini disebut dropshipper atau menjual barang milik toko lain. Menarik bukan, itu adalah salah satu keunggulan berjualan secara online.

Bila Anda adalah orang yang sangat suka berbelanja via online maka kami sarankan untuk mulai berjualan online karena seperti yang kami sampaikan di atas keuntungan dan kemudahan berjualan seperti ini sangatlah menarik dan menggiurkan.

Nah, untuk Anda yang tertarik dengan kegiatan usaha jual beli via online maka Anda bisa menyimak ulasan dan informasi Cara Jualan Online yang akan kami sampaikan secara lengkap dan rinci di bawah ini.

Cara Jualan Online Untuk Pemula Supaya Laris Manis

Cara Jualan Online Untuk Pemula Supaya Laris Manis Mulai dari Awal

Untuk semua pembaca yang bijak, bila anda melihat artikel “followtekno.id” di website lain mohon di report atau tinggalkan website tersebut.

1. Persiapkan Mental Sebelum Memulai Bisnis Online

Hal pertama yang harus disiapkan oleh pemula untuk mulai berjualan online adalah mental yang kuat. Mengingat persaingan yang begitu ketat, serta kemungkinan bisnis harus gulung tikar ketika kalah bersaing.

Jika sebelumnya Anda belum pernah berjualan online, hal ini tentu menjadi tantangan yang harus dihadapi.

Di masa-masa awal membangun bisnis, Anda akan menemukan kondisi ketika produk belum diperhatikan oleh konsumen hingga pada bulan-bulan pertama tidak mendapatkan penghasilan yang diinginkan.

Hal ini wajar bagi setiap orang yang memulai bisnis online atau offline. Untuk itu, setiap pebisnis harus memiliki mental yang kuat agar saat memenuhi syarat tersebut tidak patah semangat.

Bonus: Cara Pinjam Uang di Aplikasi DANA

2. Kembangkan Rencana Bisnis Secara Baik

Cara memulai bisnis online untuk pemula, selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menyusun rencana bisnis yang akan dijalankan.

Ini termasuk menentukan nama toko, produk apa yang ingin dijual, berapa harga yang berlaku.

Terlihat sepele untuk sebuah nama toko, namun justru itulah yang menentukan minat konsumen terhadap produk yang dijual.

Jangan lupa juga untuk menentukan cara menjual produk, apakah langsung diiklankan di media sosial atau melalui perantara kerabat terdekat terlebih dahulu untuk mendapatkan testimoni yang bisa dijadikan iklan.

3. Memutuskan Produk Apa yang Akan dijual

Menentukan produk yang ingin Anda jual bisa dimulai dari apa yang Anda sukai atau kuasai. Atau dengan melihat kebutuhan masyarakat saat ini.

Tak sedikit juga orang yang mulai berjualan online dengan mengacu pada sesuatu yang sedang viral. Soal ini, itu pilihan masing-masing orang ya, Ma, Pa.

Jika Anda kesulitan menentukannya, amati produk yang sudah pernah dijual orang lain, lalu lakukan modifikasi dan inovasi agar produk Anda memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri.

4. Mencari Lokasi Berjualan

Saat ini sudah banyak tersedia platform untuk memasarkan produk seperti Instagram, Facebook, bahkan WhatsApp yang juga bisa digunakan untuk berjualan.

Tak ketinggalan beberapa marketplace yang digunakan para pebisnis untuk memasarkan produknya.

Atau jika ingin membuat website sendiri juga bisa. Ada banyak layanan yang dapat dipilih untuk membuat situs web bisnis Anda.

5. Pilih Pemasok, Semakin Murah Semakin Baik

Setelah Anda mengetahui produk apa yang ingin Anda jual, langkah selanjutnya adalah menentukan pemasok.

Carilah supplier yang memberikan harga murah, karena Anda akan mengambil dalam jumlah banyak.

Ingatlah, Bu. Jangan hanya memiliki satu supplier, antisipasi jika barang yang Anda cari tidak ada, maka Anda bisa mengambilnya di supplier lain.

Pertimbangkan baik-baik pemasok yang Anda pilih dari segi barang yang ditawarkan hingga biaya pengiriman ke tempat Anda.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu memperhatikan kelengkapan dan stok barang di supplier. Sehingga ketika ingin membeli dalam jumlah banyak, stoknya cukup.

6. Tentukan Harga Jual Produk

Biasanya untuk menentukan harga jual suatu produk dapat dihitung dari berapa banyak bahan yang digunakan untuk satu produk.

Hitung dulu harga kotor produk, dari situ Anda bisa menambahkan keuntungan yang ingin Anda dapatkan. Hasil dari kombinasi keduanya itulah yang dapat dijadikan sebagai harga jual.

Tetapi jika Anda memiliki cara lain untuk menentukan harga jual, itu bisa diterapkan. Salah satunya dengan melihat harga pesaing.

Sesuaikan harga jual dengan kualitas yang Anda berikan. Jangan cuma kasih harga mahal tapi kualitas kurang bagus, Ma.

Penentuan harga jual juga dapat ditentukan melalui biaya operasional selama pembuatan produk atau pengiriman produk.

Bonus: Aplikasi Penghasil Uang Viral

7. Ambil Foto Berkualitas Tinggi

Cara jualan online untuk pemula atau cara jualan online terlaris kedua yaitu terkait foto produk. Sediakan foto berkualitas tinggi untuk menarik calon pembeli dan biarkan mereka melihat seperti apa sebenarnya barang tersebut.

Jika memungkinkan, atur foto produk dengan latar depan, latar belakang, samping dan usahakan untuk meminimalkan gangguan sehingga fokusnya tertuju pada produk itu sendiri.

Ambil foto dari beberapa sudut untuk memberikan gambaran yang lengkap bagi calon pembeli. Memanfaatkan cahaya matahari langsung dengan meletakkan produk di depan kaca atau jendela yang terkena sinar matahari ataupun memakai lampu penerangan khusus bila ada.

Jangan ragu untuk menggunakan aplikasi untuk mencerahkan foto. Meski mengambil foto di ponsel sekarang sudah cukup canggih.

8. Buka Opsi Tawaran

Tak bisa dipungkiri, banyak pembeli yang suka menawar barang. Penjualan online rupanya tidak bisa membatasi perilaku ini. Adalah umum bagi calon pembeli untuk menawar sedikit pada platform jual beli online.

Sebagai tips cara berjualan online untuk pemula, Anda bisa fleksibel dan menerima penawaran yang wajar jika harga yang ditawarkan masih menguntungkan.

9. Mempromosikan Produk Penjualan Sesering Mungkin

Karena bisnis Anda tergolong baru, jangan malu-malu untuk terus berpromosi dan beriklan di media sosial agar produk Anda lebih dikenal.

Rajin-rajinlah membuat konten untuk memperkenalkan produk jualan Anda. Bahkan jika Anda tidak punya waktu untuk mengiklankan produk Anda sendiri, ada pilihan lain yaitu membayar ke marketplace untuk menjadi member premium atau official store.

10. Mengevaluasi dan Meninjau Strategi Penjualan

Dalam menjalankan bisnis khususnya jual beli online, Anda harus sering mengevaluasi nantinya dengan kinerja toko, promosi dan juga produk yang dijual. Hal ini dilakukan agar Anda dapat meningkatkan kualitas toko menjadi lebih baik lagi.

Evaluasi juga dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak berguna yang harus segera dibenahi. Anda dapat mengevaluasi secara berkala baik mingguan atau bulanan.

11. Kelola Arus Kas Keuangan

Dalam bisnis online, keuangan mungkin lebih sulit dihitung karena transparan. Keuangan dari konsumen masuk ke akun atau e-wallet Anda. Untuk itu sangat penting untuk mengelola kas dengan baik.

Mengelola kas juga mencakup pembelian barang di pemasok, menaikkan harga jual, misalnya menentukan berapa anggaran promosi yang digunakan, serta biaya operasional.

Buatlah petty cash untuk memudahkan Anda dalam mengatur keuangan. Dengan kas kecil, Anda dapat mengatur dan melihat pengeluaran yang masuk.

12. Tetap Percaya Diri dan Semangat

Dalam memulai bisnis dan berjualan online, terutama bagi pemula, rasa bosan dan kurang percaya diri, atau kehilangan semangat pasti akan ada.

Tapi jangan membuat semuanya berlarut-larut, Bu. Bisnis yang baru dibangun perlu evaluasi dan promosi secara berkala, jadi Anda harus tetap semangat.

Jangan berkecil hati ketika produk Anda belum diperhatikan oleh konsumen, dengan terus meningkatkan kualitas produk, promosi rutin, lambat laun produk Anda akan dikenal banyak orang.

Bonus: Cara Menghasilkan Uang dari Instagram

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang Cara Jualan Online Untuk Pemula Supaya Laris Manis Mulai dari Awal. Jadi setelah Anda mengetahui cara berjualan online apakah anda tertaik untuk masuk kedalam dunia bisnis online.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami “FollowTekno.id” yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.

Cara Jualan Online Untuk Pemula Supaya Laris Manis Mulai dari Awal