Cara Kompres PDF di HP, Laptop atau PC Secara Offline dan Online

Cara Kompres PDF

Posted on

Cara Kompres PDF – Aplikasi merupakan salah satu alat yang sering digunakan oleh manusia saat menggunakan perangkat PC/laptop dan ponsel android.

Di dalam berbagai perangkat-perangkat tersebut terdapat software yang dapat memudahkan kita dalam melakukan suatu kegiatan tertentu. Salah satunya adalah Anda dapat mengompres aplikasi pdf untuk mengurangi ukuran dokumen pdf tersebut.

Anda dapat mengompres ukuran pdf sesuai keperluan Anda. ada dua cara untuk mengompres ukuran pdf, yaitu secara online dan offline menggunakan aplikasi.

Kami akan merekomendasikan beberapa cara kompres file pdf menggunakan aplikasi offline dan secara online. Tapi sebelum itu kami akan memberikan sedikit informasi mengenai file pdf.

Apa Itu PDF?

Apa Itu PDF

PDF (Portable Document Format) adalah jenis dokumen atau format file untuk keperluan pertukaran dokumen digital yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993.

Awalnya format ini digunakan untuk keperluan pertukaran dokumen digital, tetapi sekarang format PDF juga banyak digunakan untuk presentasi dokumen dua dimensi yang terdiri dari huruf, teks, grafik vektor dan gambar.

Tidak hanya itu, Adobe System Inc. kini juga mengembangkan program Acrobat 3-D dalam bentuk kemampuan PDF untuk membaca dokumen tiga dimensi.

Sekarang PDF telah menjadi standar ISO dengan kode 32000-1: 2008 sejak Juli 2008. Sesuai dengan definisi PDF di atas, format ini sering digunakan dalam administrasi kantor karena kesederhanaannya.

Meskipun di awal perilisannya format ini kurang disukai karena tidak bisa bersaing dengan Microsoft Office sebagai pendahulunnya, namun karena mempunyai fitur yang memudahkan pengguna untuk mengarsipkan dokumen maka PDF semakin banyak digunakan bahkan sampai saat ini.

Bahkan perangkat lunak untuk mengakses format PDF tidak hanya Adobe Reader, tetapi ada juga Foxit Reader, Adobe Flash, Sumatra PDF dan lainnya.

Fungsi PDF Secara Umum

Fungsi PDF Secara Umum

Mengacu pada pengertian PDF (Portable Document Format) di atas, fungsi PDF adalah untuk membuat dan menyimpan dokumen yang berisi teks, gambar, dan tautan, dengan format khusus yang hanya bisa dibuka di komputer yang memiliki program khusus yang sama.

Dalam hal ini, format dokumen portabel berarti bahwa dokumen memiliki format khusus yang fleksibel dan dapat digunakan di komputer mana pun.

Format PDF berbeda dari format dokumen di Microsoft Office, di mana dokumen PDF lebih fleksibel, dapat dikunci, dan cenderung lebih aman.

Dokumen atau file berformat PDF adalah pilihan terbaik jika Anda ingin mengirim dokumen agar tetap dengan tampilan yang Anda buat atau tidak berubah susunan dari tulisan nya.

Bahkan proses pertukaran dokumen PDF melalui email dapat dilakukan dengan mudah karena biasanya ukuran filenya kecil.

Penggunaan format PDF dalam berbagai dokumen sangat banyak digunakan saat ini. Baik untuk keperluan umum maupun untuk keperluan khusus.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Buat Label Undangan di Word & Exel

Kelebihan dari PDF Dibandingkan dengan Format Dokumen Lain

Kelebihan dari PDF Dibandingkan dengan Format Dokumen Lain

Format PDF memiliki kelebihan sendiri dibandingkan dengan format dokumen lainnya. Berikut adalah beberapa keunggulan PDF yang sangat membantu jika digunakan untuk dokumen perusahaan termasuk:

1. Format PDF Fleksibel Digunakan

Seperti dijelaskan dalam definisi PDF sebelumnya, portable mengacu pada produk digital fleksibel yang memungkinkan format ini dibuka pada perangkat apa pun seperti komputer atau smartphone.

Meskipun format ini dibuka pada perangkat dengan versi yang berbeda, format ini tidak akan mengubah konten file.

Isi file PDF sudah diperbaiki dan tidak akan berubah tanpa bantuan perangkat lunak lain untuk mengubah konten teks di dalamnya.

Ini adalah keunggulan PDF dibandingkan dengan Microsoft Word yang cenderung mengalami perubahan dalam komposisi konten jika dibuka dalam versi Microsoft yang berbeda.

2. Kompatibel Dengan Berbagai Komputer

Berbeda dengan dokumen dan format lain yang hanya dapat dibuka di komputer yang menginstal perangkat lunak Microsoft Office.

Format PDF ini kompatibel dengan berbagai sistem operasi komputer seperti Windows, Linux, Mac-OS dan lainnya.

Karena PDF sekarang diterima dan banyak digunakan oleh publik, maka Anda dapat dengan mudah membukanya di perangkat lunak apapun karena bukan hanya Adobe Reader yang dapat membaca file ini.

Adobe System berkomitmen untuk terus mengembangkan fitur-fitur terbaik dalam PDF. Di masa depan, PDF akan dapat mendukung formulir, javascript, hyperlink, dan kemampuan lainnya.

3. PDF Dapat Menyimpan Gambar

Tidak hanya file dalam bentuk teks, dalam format PDF Anda juga dapat menyimpan data dalam bentuk gambar, foto dan grafik. Selain itu, dengan mengonversi file ke format PDF dapat mengurangi ukuran atau size file ini.

4. PDF Memiliki Fitur Kunci

Adobe System mengembangkan fitur kunci atau lock dalam PDF. Jadi jika Anda ingin merahasiakan dokumen, buat dokumen tidak dapat disalin atau ingin dokumen dilihat oleh orang lain dapat menggunakan fitur kunci untuk memberikan kata sandi ke dokumen PDF Anda.

5. PDF Dapat Diedit

Khawatir bahwa dokumen yang telah dikonversi ke PDF tidak dapat diedit lagi? Atau ternyata ada susunan teks yang kacau?

Jangan khawatir, karena Anda dapat mengedit konten file PDF dengan bantuan perangkat lunak PDF reader.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Situs Download Subtitle Indonesia

Cara Kompres PDF

Cara Kompres file PDF online dan offline

Setelah Anda mengetahui informasi mengenai pdf dari kami di atas, maka dibawah ini kami akan memberi informasi tentang bagaimana cara mengompres file pdf.

1. Melalui SmallPDF

Cara Kompres PDF yang pertama yaitu melalui situs SmallPDF, pertama-tama masukkan situs webnya.

Klik Pilih File di tengah layar untuk memilih dokumen yang ingin Anda kompres atau seret dan jatuhkan dokumen langsung ke browser.

Tunggu beberapa saat hingga proses unggah dan kompres selesai. Sesudah selesai Anda akan diberikan informasi mengenai berapa persen dari dokumen yang asli telah terkompres dan ukuran file yang baru.

Setelah itu Anda dapat mengunduh file langsung ke komputer atau smartphone atau terlebih dulu Anda dapat mengeditnya.

2. ORPALIS PDF Reducer

Cara Kompres PDF yang kedua yaitu menggunkan ORPALIS PDF Reducer. ORPALIS PDF Reducer adalah program yang dapat dijalankan dan difungsikan sebagai alat pengurangan ukuran PDF.

Ada dua versi yang bisa Anda dapatkan yaitu versi pertama adalah Anda membeli lisensi dan versi kedua adalah Anda menggunakan aplikasi ini dalam percobaan.

Meskipun Anda diharuskan untuk membeli aplikasi ini, setidaknya Anda dapat menggunakan periode uji coba untuk mengurangi ukuran dokumen.

Aplikasi yang dapat mengecilkan hingga 500kb dan 200kb, sehingga file PDF akan terasa ringan dan tidak berlebihan.

3. Melalui PDF Compressor

Untuk cara kompres pdf selanjutnya, Anda dapat menggunakan situs PDF Compressor.

Klik Unggah File dan pilih dokumen yang ingin Anda kompres, atau seret dan letakkan dokumen yang dipilih langsung ke browser.

Tunggu beberapa saat hingga proses kompres selesai dan unduh file terkompresi ke ponsel cerdas atau komputer Anda.

PDF Compressor mengklaim jika mereka tidak merubah DPI sehingga kualitas dari dokumen tetap bagus saat dicetak.

4. LibreOffice Draw – Compress PDF

LibreOffice Draw adalah aplikasi yang mengurangi ukuran pdf Anda. Selain itu, aplikasi ini merupakan alternatif untuk program word. Anda dapat mengompres pdf menggunakan aplikasi ini dengan resolusi tinggi.

Pengujian yang dilakukan untuk mengompresi 4,7 MB file pdf dikompresi menjadi ukuran 2,6 MB. Maka disini Anda dapat mengecilkan File pdf sampai dengan 36% dari file asli.

5. Melalui iLovePDF

Untuk mengompres file PDF melalui situs iLovePDF Anda dapat mengunjungi situs iLovePDF. Setelah itu, klik Pilih file PDF di tengah layar untuk memilih dokumen yang ingin Anda kompres.

Sama seperti SodaPDF, Anda akan diberikan tiga opsi kompresi sehingga hasil dan ukuran yang diinginkan adalah kompresi ekstrem untuk kualitas rendah, kompresi yang disarankan untuk kualitas baik, dan kompresi rendah untuk kualitas tinggi.

Setelah Anda Memilih pilihan yang diinginkan, klik Kompres PDF. Setelah proses kompres selesai, file PDF terkompresi dan akan diunduh secara otomatis ke ponsel cerdas atau komputer Anda.

6. Melalui SodaPDF

Mengurangi PDF melalui situs web SodaPDF dapat dilakukan di website SodaPDF. Caranya Pilih dokumen yang ingin Anda kompres dengan mengklik Pilih File di tengah layar.

Anda juga dapat memilih dokumen yang ada di Google Drive dan Dropbox. Yang menjadi pembedanya iyalah SodaPDF dengan dua situs di atas adalah keunggulannya untuk mengecilkan ukuran PDF sesuai dengan ukuran yang diperlukan.

Setelah Anda memilih pilihan yang diinginkan, klik Kompres File PDF, tunggu sebentar hingga proses pegompresan selesai. Selanjutnya Anda dapat langsung mengunduh file di browser atau mengirimnya melalui email.

Oh ya, bagi Anda yang tidak ingin secara online, SodaPDF berbentuk aplikasi juga tersedia untuk Anda. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengompres file PDF di mana saja dan kapan saja, dengan atau tanpa internet.

7. All PDF Reader – PDF Converter & Kompres PDF Tools

Aplikasi lain untuk mengompres file pdf adalah All PDF Reader. Memiliki peringkat 4,5 di Google Play Store, aplikasi yang dibuat oleh Robert Londo memiliki lebih dari 100.000 pelanggan.

Apk bernama All PDF Reader telah memberikan layanan yang baik untuk mengurangi ukuran file. Bukan hanya untuk itu, tetapi masih bisa digunakan untuk mengedit, membaca file dan sebagainya.

Memudahkan pengguna untuk membuat dan mengedit dokumen PDF saat mereka tidak memiliki komputer atau laptop.

Dapat menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu file dan Anda dapat membagi dokumen PDF menjadi beberapa halaman.

Aplikasi PDF Reader bisa Anda dapatkan secara gratis di Google Playstore atau menggunkan link yang kami berikan di bawah ini.

8. Utilitas PDF

Aplikasi untuk mengurangi ukuran pdf pada Android adalah Utilitas PDF. Aplikasi yang dibuat oleh MDev Germany tellah diunduh lebih dari 100.000 di seluruh dunia, termasuk pengguna ponsel Android di Indonesia.

Mayoritas pengguna memberikan peringkat tertinggi, peringkat terbaik yang diperoleh oleh aplikasi ini adalah 4.1 di Playstore.

Ukuran aplikasi PDF Utilities sangat kecil yang dapat digunakan oleh pengguna Android dengan penyimpanan internal rendah.

Ada beberapa layanan yang bisa Anda dapatkan saat mengunduh Utilitas PDF.

Download Utilitas PDF di Google Play Store atau Anda bisa mendownload nya menggunakan link dwonload di bawah ini.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Aplikasi Scan Dokumen di Android dan iOS

Akhir Kata

Nah, sekarang anda sudah tau informasi mengenai cara kompres file pdf dan anda juga dapat mengunduh aplikasi yang kami sarankan menggunakan link yang sudah kami berikan.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.