Cara Mematikan Windows Defender Sementara dan Permanen (Praktis)

Cara Mematikan Windows Defender

Posted on

Cara Mematikan Windows Defender – Jika Anda merasa Windows defender tidak cocok untuk Anda, maka Anda dapat menonaktifkan AntiVirus melalui langkah-langkah di bawah ini.

Tetapi meskipun itu bagus dan dapat diandalkan untuk pengguna, ada situasi di mana mereka ingin menonaktifkannya secara permanen atau sementara.

Misalnya ketika Anda ingin melakukan tugas tertentu dan mengharuskan fitur ini dinonaktifkan pada perangkat Anda atau Anda harus mengikuti kebijakan keamanan organisasi Anda.

Untuk alasan keamanan, kami tidak menyarankan Anda untuk melakukan tutorial ini jika Anda tidak memiliki AntiVirus pihak ketiga. Jika memang Anda tidak memiliki masalah, Anda harus mengikuti langkah-langkah – cara menonaktifkan antivirus Windows Defender di bawah ini.

Apa Itu Windows Defender?

Apa Itu Windows Defender

Windows Defender, sebelumnya dikenal sebagai Microsoft SpyWare, adalah perangkat lunak dari Microsoft untuk melindungi sistem operasi Microsoft Windows dari perangkat pengawasan (spyware).

Perangkat lunak ini adalah bagian dari Windows Vista dan Windows 7, dan dapat diunduh secara gratis untuk Windows XP dan Windows Server 2003.

Pada Windows 8 dan Windows 10, perangkat lunak ini ditingkatkan ke program antivirus yang menggantikan Microsoft Security Essentials . Antivirus dari Microsoft untuk Pengguna Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7.

Tetapi saat ini dukungan untuk pengguna Windows XP dan Windows Vista dari Microsoft Security Essentials telah dihentikan, Windows XP telah menerima dukungan pembaruan virus hingga 14 Juli 2015, dan Windows Vista untuk waktu terbatas yang tidak ditentukan.

Kelebihan Windows Defender

  1. Selalu aktif dan beri peringatan.
  2. Bersihkan secara maksimal.
  3. Windows Defender akan meminta untuk me-restart jika menemukan virus ganas.

Kekurangan Windows Defender

  1. Tidak terlalu teliti.
  2. Turunkan kinerja komputer jika Anda menginstal antivirus tambahan.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Instal Anti Virus di PC

Cara Mematikan Windows Defender Sementara

Cara Mematikan Windows Defender Sementara

Jika Anda mencoba menginstal sesuatu dan diblokir oleh Windows Defender, Anda hanya perlu menonaktifkannya untuk sementara. Dibawah ini iyalah langkah-langkahnya.

  • 1. Kunjungi Dasbor Windows Security

Pertama-tama yang harus Anda lakukan, tentu saja, mengakses dasbor Windows Defender. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengaksesnya, tetapi yang paling mudah adalah melalui ikon di System Tray atau Task Bar yang terletak di sudut kanan bawah.

Jika Anda tidak melihat ikon Windows Defender di sebelah deskripsi jam, Anda perlu memperluas area ikon dengan mengklik panah. Kemudian, cari logo Windows Defender atau Windows Security dan klik dua kali pada ikon.

  • 2. Pilih Menu Virus & Threat Protection

Setelah Anda mengklik dua kali ikon Windows Security, sebuah jendela akan terbuka berisi berbagai menu yang mengatur sisi keamanan PC. Untuk melanjutkan, pilih menu Perlindungan Virus & Ancaman.

  • 3. Pilih Menu Manage Settings

Di bagian ini, Anda akan melihat berbagai bagian dan opsi seperti pemindaian kilat, melihat riwayat perlindungan, dan sebagainya.

Cari bagian yang mengatakan Pengaturan Perlindungan Virus & Ancaman, kemudian di bawahnya akan melihat menu Kelola Pengaturan. Yang perlu Anda lakukan adalah klik Kelola Pengaturan untuk mengunjungi halaman berikutnya.

  • 4. Matikan “Real-time protection”

Nah, pada halaman ini Anda bisa menonaktifkan Windows Defender sehingga tidak selalu mendeteksi virus atau malware yang mungkin bisa masuk.

Apakah sakelar Perlindungan Waktu Nyata diaktifkan? Jika demikian, klik sekali untuk mematikannya sampai tulisan dimatikan dan Anda telah berhasil menonaktifkan Windows Defender.

Tentu saja ini bukan solusi untuk menonaktifkan antivirus secara permanen, tetapi ini adalah pilihan terbaik jika Anda terjebak dalam melakukan tugas-tugas tertentu.

Anda dapat menyalakannya kembali dengan cara yang sama atau dengan menyalakan kembali PC.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Tanda Komputer Terserang Malware Atau Virus

Cara Mematikan Windows Defender Secara Permanen

Cara Mematikan Windows Defender Secara Permanen

Metode di atas hanya dapat mematikan Windows Defender untuk sementara dan secara otomatis akan aktif kembali. Untuk mematikannya secara permanen, ada beberapa metode yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut.

Jika perangkat Anda menjalankan Windows 10 Pro, Anda dapat menggunakan Group Policy Editor untuk menonaktifkan Windows Defender secara permanen.

Namun, Anda harus terlebih dahulu menonaktifkan fitur perlindungan Tamper sebelum mencoba mematikan antivirus. Jika tidak, fitur keamanan akan secara otomatis restart selama reboot berikutnya.

Cara Mematikan Windows Defender : Melalui Group Policy

Selain itu, Anda juga dapat mematikan Windows Defender secara permanen melalui Kebijakan Grup. Namun sebelumnya Anda harus mematikan Tamper Protection terlebih dahulu.

  • 1. Matikan Perlindungan Tamper

Buka Windows Security dan akses menu Perlindungan Virus & Ancaman -> Kelola pengaturan.

Menu Perlindungan Tamper terletak sedikit lebih tinggi dari menu Add or remove exclusions. Pastikan sakelar pada menu Tamper Protection bertuliskan On, lalu klik sakelar hingga tulisan berubah menjadi Off.

  • 2. Buka Local Group Policy Editor

Sekarang Tamper Protection telah berhasil dimatikan, Anda dapat mengedit Editor Kebijakan Grup Lokal. Karena, jika Perlindungan Tamper menyala, Windows Defender akan menjaga konfigurasi kebijakan sehingga tidak dapat dimodifikasi dengan cara apa pun, termasuk oleh tangan kami.

Untuk membuka Editor Kebijakan Grup Lokal, klik tombol Start di sudut kiri bawah. Kemudian ketik gpedit di bidang pencarian dan klik menu Edit Kebijakan Grup.

  • 3. Buka Polis “Turn Off Windows Defender Antivirus”

Setelah jendela Edit Group Policy terbuka, Anda perlu mencari folder Windows Defender Antivirus.

Untuk menemukan folder, Anda hanya perlu mengklik folder Computer Configuration. Di folder ini ada folder Administrative Templates. Masukkan folder ini dan klik folder Komponen Windows.

Gulir ke bawah hingga Anda menemukan Windows Defender Antivirus. Kemudian, klik dua kali pada opsi Matikan Windows Defender Antivirus.

  • 4. Klik pada Opsi “Enabled”

Di jendela yang muncul, Anda akan melihat opsi Tidak Dikonfigurasi, Dinonaktifkan, dan Diaktifkan. Pilih opsi Diaktifkan dan klik OK untuk konfirmasi.

Sekarang, langkah selanjutnya adalah me-restart dan Windows Defender telah dinonaktifkan secara permanen. Jika Anda ingin dipulihkan kembali, cukup ubah opsi dari Diaktifkan ke Tidak dikonfigurasi, mulai ulang PC Anda, dan mulai ulang Perlindungan Tamper.

Cara Mematikan Windows Defender: Dengan Fitur “Add an Exclusion”

Cara kedua yang cukup mudah dilakukan adalah dengan menggunakan fitur “Add an Exclusion”. Sederhananya, fitur ini akan menyertakan folder tertentu untuk masuk daftar putih.

Sehingga meskipun Perlindungan realtime aktif, folder apa pun dalam daftar putih tidak akan dilacak atau diganggu oleh Windows Defender.

Dengan kata lain, Anda dapat memasukkan drive C: \ di daftar pengecualian sehingga antivirus tidak mencoba mendeteksi malware di PC Anda.

  • 1. Pilih Menu “Add or Remove Exclusions”

Jika proses dimulai dari langkah pertama, maka Anda harus membuka Windows Security seperti sebelumnya dengan mengklik dua kali pada ikon di System Tray.

Kemudian pilih menu Perlindungan Virus & Ancaman> Kelola Pengaturan. Geser ke bawah hingga Anda menemukan menu yang mengatakan Tambah atau hapus pengecualian. Klik pada menu untuk melanjutkan.

  • 2. Klik Menu Add an Exclusion

Jika sebelumnya Anda telah memasukkan folder atau file dalam daftar pengecualian, jalur setiap item akan ditampilkan di sini. Untuk menambahkan seluruh PC ke daftar pengecualian, klik pada opsi Tambahkan pengecualian dan pilih menu Folder.

  • 3. Masukkan Partisi C: \ dalam Daftar Pengecualian

Secara default, sistem operasi umumnya dipasang di direktori C: \ sehingga Anda harus memasukkannya dalam daftar pengecualian. Jika Anda menginstal Windows di partisi lain, maka huruf itu dipilih.

Di jendela yang muncul, klik pada surat partisi yang ingin Anda tuju, lalu klik Pilih folder untuk mengonfirmasi. Jika jendela Kontrol Akun Pengguna muncul, cukup klik tombol Ya.

Jika Anda telah melihat partisi sistem operasi dalam daftar, Anda telah berhasil mematikan Windows Defender selamanya, terlepas dari apakah Perlindungan Waktu Nyata dihidupkan kembali atau tidak.

Ini juga cara yang ampuh jika Anda hanya ingin mematikan Windows Defender untuk partisi tertentu. Oh ya, Anda juga melakukan proses yang sama untuk partisi lain.

Jika Anda memasukkan partisi F: \ maka flash disk yang dicolokkan tidak akan secara otomatis dipindai oleh Windows Defender. Untuk memulihkan kondisi asli, cukup hapus partisi C: \ dari pengecualian.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Jenis-Jenis Anti Virus

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang Cara Mematikan Windows Defender. Sekarang Anda dapat mematikan windows defender sementara maupun permanen bila Anda ingin memakai antivirus jenis lainnya.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.