Cara Membersihkan RAM Laptop

Cara Membersihkan RAM Laptop

Posted on

Cara Membersihkan RAM Laptop – Memaksimalkan penggunaan RAM dan CPU pada komputer merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk mempercepat Windows 10.

Semakin banyak ruang memori dan sisa prosesor akan membuat program yang ada berjalan dengan lancar, terutama bagi Anda yang terbiasa bekerja dengan multitasking, membuka banyak aplikasi. semua sekaligus.

Mayoritas pengguna laptop atau PC di Indonesia memiliki RAM berkapasitas 2GB hingga 4GB. Ini sudah standar. Namun, bagi sebagian orang masih belum cukup.

Penggunaan Aplikasi di Luar Kemampuan RAM, untuk program tertentu seperti game atau browser, penggunaan RAM cukup tinggi. Bahkan hingga 80% dari total kapasitas.

Cara Membersihkan RAM Laptop

Membersihkan RAM Laptop

Banyak Aplikasi Background Services: Jenis aplikasi ini berjalan tanpa kita sadari, dan tentunya akan memakan banyak memori.

Efeknya RAM akan penuh meski kita hanya membuka aplikasi sedikit. sehingga perlu membersihkannya agar perpormanay tidak terganggu.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Membuat Dua Akun Microsoft

1. Lakukan instal ulang

Saya sangat menyarankan untuk menginstal ulang Windows jika laptop Anda telah digunakan dalam waktu lama.

Apa tujuannya? Singkatnya, dengan menginstal ulang laptop ini akan sepenuhnya dioptimalkan kembali (sistem). Alhasil, penggunaan RAM juga akan jauh lebih sedikit.

2. Lakukan Pemindaian Virus

Virus adalah program yang berjalan tanpa kita sadari. Dan ini tentu saja akan memakan Resource RAM. Jumlah memori yang digunakannya relatif kecil.

Namun jika jumlah virusnya banyak maka otomatis RAM tersebut akan menjadi penuh, bahkan dalam beberapa situasi bisa mencapai 90%.

Gunakan Antivirus dengan Pembaruan versi terbaru. Lakukan pemindaian secara menyeluruh, terutama pada sistem.

3. Nonaktifkan Aplikasi Startup dan Layanan Windows

Untuk beberapa jenis aplikasi yang terinstal, ada yang langsung aktif saat laptop dinyalakan, kemudian dijalankan meski tidak kita buka (biasa disebut aplikasi Startup).

Hal yang sama berlaku untuk Windows Service (program sistem), yang selalu aktif meskipun tidak terlihat.

4. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

beberapa program memiliki cukup waktu untuk menghabiskan RAM yang dibuka. Untuk penggunaan normal mungkin tidak menjadi masalah, tapi jika dioptimalkan lebih baik dihilangkan.

Cara menghapusnya bisa melalui Control Panel> Uninstall Programs> Lalu cari aplikasi yang diinginkan disana.

5. Mengurangi Efek Visual di Windows

Untuk Windows versi Vista ke atas, terdapat fitur bernama Visual Effects. Fungsinya untuk mempercantik tampilan Windows.

Meski bagus dari segi tampilan, namun juga sebanding dengan resource RAM yang dikeluarkan. Tak heran, hal ini bisa membuat RAM menjadi penuh, apalagi jika diaktifkan di laptop dengan ukuran RAM yang kecil.

Caranya adalah dengan klik kanan pada This PC / Computer> Klik Advanced System Settings (menu sebelah kiri)> Klik Settings (pada kolom Performance).

Kemudian sesuaikan dengan menghapus centang pada Efek Visual yang tidak diperlukan.

6. Menggunakan Program Pembersih RAM

Program Pembersih RAM

ini adalah jenis program yang berfungsi untuk mengoptimalkan RAM secara otomatis. Cara kerjanya yaitu dengan menonaktifkan aplikasi yang kurang lebih silent (Iddle), kemudian mengaktifkannya kembali jika diperlukan.

Sekilas cara kerjanya memang sederhana, namun ini bisa sangat membantu, terutama bagi Anda yang masih awam, dan belum sepenuhnya paham cara mematikan aplikasi yang tidak perlu.

Oh ya, ada banyak sekali jenis RAM Cleaner. Secara lengkap, Anda dapat mencoba mencari di Google, dengan mengetik “Aplikasi Pembersih RAM Komputer yang Disarankan“.

7. Tingkatkan RAM Laptop Anda

Adapun bagaimana cara mengupgradenya, saya rasa akan cukup lama jika dibahas disini. Intinya yang penting anda hanya mencarinya saja, jenis RAM yang sama dengan yang ada di laptop.

Biayanya bervariasi dari 200 – 300 ribu (RAM 2GB), 400 – 600 ribu (RAM 4GB) dan sebagainya (tergantung tipenya).

8. Matikan program startup yang tidak perlu

Program startup adalah program yang akan berjalan otomatis setelah komputer dihidupkan. Semakin aktif, semakin besar penggunaan memori dan CPU.

Tidak semua program benar-benar diperlukan untuk dijalankan saat startup, kita dapat membatasinya pada program yang diperlukan untuk mengurangi penggunaan RAM dan CPU.

Bagaimana:

  • Buka Task Manager, caranya klik kanan pada Task Bar kemudian pilih Task Manager.
  • Klik tab Startup di Task Manager.
  • Pilih program yang Anda rasa tidak terlalu dibutuhkan> lalu klik tombol Nonaktifkan.
  • Ulangi langkah ini hingga hanya program penting yang tersisa.

Setelah mematikan program startup yang tidak perlu, coba restart komputer Anda. Setelah itu cek kembali berapa penggunaan RAM dan CPU yang menggunakan Task Manager, pasti langsung lihat perubahannya.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Mematikan Windows Defender

9. Cara Membersihkan RAM Laptop Windows 10

Cara kedua untuk mengurangi penggunaan RAM dan sumber daya CPU di Windows 10 adalah mengubah pengaturan tampilan ke mode kinerja terbaik.

Mode ini akan membuat Windows mematikan efek animasi dan fitur grafik yang tidak perlu dan mengoptimalkan sumber daya untuk kinerja.

Bagaimana:

  • Ketik “lanjutan” (tanpa tanda kutip) di bilah pencarian lalu pilih Lihat pengaturan sistem lanjutan.
  • Klik pada tab Advanced.
  • Klik tombol Pengaturan di bagian Kinerja.
  • Di bagian Efek Visual, pilih Sesuaikan untuk kinerja terbaik.
  • Klik OK.

Dengan menggunakan mode ini, tampilan Windows 10 Anda akan terasa sedikit berubah, sehingga terasa lebih flat dan klasik.

Namun kelebihannya adalah ada sejumlah memori yang bisa kita simpan dan bisa dioptimalkan untuk menjalankan aplikasi lain.

Untuk PC atau laptop dengan spesifikasi pas-pasan melakukan tips berikut mungkin bisa cukup membantu.

10. Matikan efek transparan

Windows 10 juga memiliki efek transparan agar terlihat lebih cantik. Tetapi jika Anda memperhatikan efek transparan pada Windows 10, itu tidak cocok dengan tema desain datar.

Saya lebih suka menonaktifkan efek transparan ini karena lebih harmonis dan enak dipandang. Keuntungannya kita bisa sedikit menghemat resource memory sehingga kinerja komputer lebih optimal.

Bagaimana:

  • Masuk ke menu Personalization dengan mengklik kanan pada area kosong di desktop> pilih Personalize.
  • Masuk ke menu Warna.
  • Kemudian seret ke bawah untuk menemukan opsi efek Transparansi.
  • Klik sampai mati.

11. Tingkatkan kapasitas Memori Virtual

Memori Virtual

Pada sistem operasi Windows juga terdapat Virtual Memory atau paging file yang berfungsi untuk membantu kerja RAM. File dari program yang dalam keadaan idle akan disimpan di Memori Virtual ini.

Bagi yang suka bermain game atau menjalankan aplikasi berat, sebaiknya kapasitas Virtual Memory ditingkatkan karena akan sangat membantu untuk meningkatkan kinerja.

12. Gunakan tema default

Mengubah tema Windows 10 memberikan kesenangannya sendiri, Anda dapat menemukan banyak tema khusus gratis yang dapat diinstal. Ini juga terlihat bagus dan sangat menarik.

Namun perlu diketahui bahwa memasang theme apapun justru bisa merugikan, resikonya bisa menyebabkan komputer terkena virus dan malware, masalah update, crash, blue screen atau setidaknya membuat komputer semakin lambat.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Uninstall Aplikasi dan Game di PC/Laptop

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang Cara Membersihkan RAM Laptop, perporma laptop tergantung pada kapasitas RAM yang dimiliknya semakin besar kapsitas semakin baik pula kecepatnnya.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.