Cara Memilih Laptop Gaming Terbaik dan Cocok Untuk Game Berat

Cara Memilih Laptop Gaming

Posted on

Cara Memilih Laptop Gaming – Dengan semakin canggih dan kuatnya daya tahan sebuah laptop gaming, tidak mengherankan bahwa pasar laptop gaming untuk para content creator semakin berkembang.

Mengesampingkan harga yang relatif tinggi dibandingkan dengan laptop pada umumnya, laptop gaming dapat menawarkan spesifikasi dan kinerja tinggi untuk mendukung kebutuhan penggunanya.

Terutama dalam bermain game atau membuat konten yang membutuhkan pekerjaan aplikasi yang cukup berat.

Sekarang, dengan semakin banyaknya produk laptop untuk bermain game atau membuat konten, Anda hanya tinggal memiliih laptop mana yang tepat untuk Anda,

terutama bagi Anda yang ingin membeli laptop gaming dengan harga yang relatif lebih murah di kisaran Rp. 9 juta hingga Rp. 15 juta?

Apa Itu Laptop Gaming?

Apa Itu Laptop Gaming

Laptop gaming adalah jenis laptop yang khusus ditujukan untuk keperluan bermain game. Laptop gaming memiliki spesifikasi tinggi yang menjadikannya memiliki kelas yang berbeda dari laptop biasa.

Secara umum, laptop gaming bergantung pada dapur pacu kelas atas sehingga mereka dapat memainkan banyak game berat dengan lancar.

Cara Memilih Laptop Gaming

Cara Memilih Laptop Gaming

Berikut ini kami akan membahas 12 cara memilih laptop gaming yang tentunya dapat menjadi referensi Anda dalam memilih laptop.

1. Dana / Budget

Sebelum membeli, maka hal pertama yang harus di perhatikan dan paling penting adalah dengan menyiapkan dana terlebih dahulu. Pendanaan untuk membeli laptop gaming cukup tinggi. Umumnya mulai 10 jutaan ke atas.

Nah, jika Anda memiliki anggaran dana di bawah 10 juta, Anda harus memikirkannya kembali. Mungin Anda bisa menyimpan uang Anda terlebih dahulu sampai kurang lebih sebesar 10jt ke atas.

Jika Anda tidak keberatan soal dana untuk membeli laptop gaming, maka Anda tidak perlu memperhatikan hal ini. Tentu saja, karena Anda dapat memilih laptop gaming terbaik yang sesuai dengan Anda berapapun harganya.

2. RAM pada Laptop

Rata-rata permainan saat ini membutuhkan lebih banyak RAM, setidaknya 4GB RAM. Umumnya game yang bagus membutuhkan spesifikasi RAM 8GB.

Untuk alasan ini, pilih laptop yang memiliki RAM minimal 8GB. Atau bila ada dana lebih silahkan Anda pilih laptop gaming dengan RAM 16GB.

Jika dana terbatas, Anda dapat membeli laptop dengan RAM 4GB. Tapi pastikan ada slot tambahan. Intinya, jika nanti Anda punya tambahan uang, Anda bisa menambah RAM sendiri baik RAM 4GB atau 8GB.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Buat Label Undangan di Word & Exel

3. Desain Laptop

Desain dan dimensi adalah hal penting yang juga perlu Anda pertimbangkan dalam memilih laptop.

Mengapa ini penting? Pertama, karena walaupun terkadang spesifikasinya cukup tinggi, tetapi bobotnya berat dan desainnya tidak bagus, tentu akan membuat Anda kurang menyukainya.

Juga cari tahu berat dan dimensinya. Ini penting, mengapa? Jika Anda sering bepergian dan membutuhkan laptop gaming, tentu saja Anda perlu mencari laptop gaming dengan desain yang agak tipis atau bisa dibilang lebih portable.

Jika Anda lebih sering di rumah, tentu saja membeli laptop dengan berat yang lebih juga tidak terlalu menjadi masalah.

4. Perhatikan Tipe VGA pada Laptop

Tips selanjutnya adalah memperhatikan VGA atau kartu grafis yang digunakan pada laptop gaming. Untuk titik ini, Anda harus fokus pada teknologi VGA dan pada seri VGA.

Jangan fokus pada VRAM atau memori pada VGA. Meskipun VRAM untuk bermain game juga penting, VRAM memiliki pengaruh lebih besar pada desainer grafis dari pada bermain game

Selanjutnya pertimbangkan seri VGA. Umumnya nomor pertama adalah penomoran seri generasi VGA. Misalnya NVIDIA GeForce 920M.

Nomor 9 adalah generasi VGA yang dikembangkan, artinya VGA adalah generasi ke-9. Dua angka terakhir yaitu “20” menunjukkan semacam skor kinerja.

Contohnya, laptop A menggunakan VGA NVIDIA GeForce GT 920M. Laptop B menggunakan NVIDIA GeForce GT 750M.

Dalam hal kinerja, laptop B memiliki kinerja grafis yang lebih baik karena memiliki skor 50, tetapi laptop B menggunakan teknologi pengembangan kartu grafis yang lebih lama.

Sementara laptop A memiliki generasi VGA terbaru, meski nilainya kecil. Untuk mendapatkan kinerja gaming yang baik, tentu saja Anda perlu mempertimbangkan dua digit terakhir dari produk VGA.

Dan tentu saja akan lebih baik jika Anda memilih teknologi VGA terbaru dan memiliki skor tinggi.

5. Prosesor yang Digunakan

Saat membeli laptop gaming, terkadang prosesor seringkali dianggap tidak terlalu penting. Secara alami, hanya saja perlu diingat bahwa prosesor saat ini memiliki peran penting dalam mendukung permainan.

Mengapa? Karena sekarang prosesor memiliki grafis terintegrasi sendiri. Misalnya prosesor Ryzen APU untuk laptop yang dikembangkan AMD.

Prosesor yang memiliki grafik terintegrasi, tentu dapat bekerja secara bergantian dengan kartu grafis di laptop.

Misalnya untuk bermain game, kartu grafis yang berfungsi, tetapi untuk proses pengetikan, prosesor grafis pada prosesor itu akan berfungsi. Sistem ini tentu akan membuat laptop bekerja lebih efektif dan efisien.

Karena itu, pilihlah prosesor yang memiliki kinerja baik dan tentu saja prosesor tersebut adalah generasi terbaru.

Satu hal yang perlu diingat adalah tidak memilih laptop untuk bermain game dengan prosesor tipe ULV atau prosesor hemat daya karena tentu saja bermain game tidak akan optimal.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP

6. Media Penyimpanan

Media penyimpanan pada laptop juga perlu Anda perhatikan. Cari tahu Anda membutuhkan laptop dengan jenis penyimpanan Hard Disk (HDD) atau Solid State Drive (SSD).

Jenis penyimpanan SSD ini memiliki kinerja yang lebih baik dan lebih cepat dan juga sangat nyaman untuk bermain game.

Namun umumnya, SSD memiliki kapasitas kecil. Kalaupun ada SSD dengan kapasitas besar, harganya mahal.

Kinerja HDD lebih lambat dari SSD. Tetapi HDD memiliki kapasitas besar. Nah, jika Anda akan memainkan game dengan ukuran file yang tidak terlalu besar, tentu pilih laptop dengan SSD yang lebih baik.

Jika game yang Anda mainkan memiliki file besar, maka laptop HDD bisa menjadi pilihan.

7. Keyboard

Untuk tips tentang cara memilih laptop gaming selanjutnya adalah dengan memperhatikan keyboard pada laptop gaming. Pilih laptop gaming yang memiliki keyboard backlit.

Perhatikan juga apakah keyboard itu tepat untuk Anda saat bermain game atau tidak? Jika Anda membeli secara eceran, Anda harus terlebih dahulu mencoba keyboard di laptop.

Jika terasa nyaman saat ditekan tombol, maka pilih laptop tersebut.

8. Memiliki Banyak Port

Pilih laptop yang memiliki banyak opsi port. Contoh jenis port seperti port USB 2.0 dan USB 3.0. Tentu saja port HDMi dan D-SUB juga perlu diperiksa.

Siapa tahu, Anda akan menghubungkan laptop gaming Anda dengan monitor yang lebih luas. Jika ada port Thunderbolt di laptop dan Anda membutuhkannya, jangan ragu untuk membelinya.

9. Perhatikan Ukuran Layar Laptop

Poin selanjutnya adalah tentang layar pada laptop. Jika Anda membutuhkan laptop dengan layar lebih lebar, maka pilih laptop dengan ukuran layar 15 hingga 17 inci.

Jika Anda tidak memiliki masalah dengan layar dan juga dana yang terbatas, laptop gaming dengan layar 14 inci juga cukup bagus untuk masuk ke referensi.

10. Garansi Laptop

Poin terakhir untuk bagaimana memilih laptop gaming yang perlu Anda perhatikan adalah garansi laptop tersebut. Setiap produsen laptop memiliki masa garansi yang berbeda.

Ada jaminan hanya untuk 1 tahun. Jika Anda takut laptop Anda akan rusak dalam 2 tahun ke depan, cari laptop gaming dari vendor yang menawarkan garansi 2 tahun.

11. Perhatikan Kapasitas Baterai

Bermain game membutuhkan baterai yang besar karena ada banyak sumber daya yang diaktifkan secara bersamaan.

Selain laptop dengan performa cepat, Anda juga jangan lupa melihat kapasitas baterai laptop karena bermain game membuat baterai cepat habis.

Cari laptop dengan kapasitas baterai besar untuk mendukung bermain game yang lebih lama.

12. Pertimbangkan Kualitas Audio

Audio yang bagus tentu akan menambah kesenangan saat bermain game. Jadi tidak ada salahnya jika Anda juga mempertimbangkan kualitas audio dari laptop yang akan dibeli.

Saat membeli laptop gaming, pastikan Anda menguji kualitas audio yang dihasilkan sehingga bermain game nanti bisa lebih memuaskan.

Tetapi ini opsional karena Anda dapat menambahkan speaker eksternal jika diperlukan.

Kelebihan Laptop Gaming dari Laptop Biasa

Kelebihan Laptop Gaming dari Laptop Biasa

Sebagai bonus kami akan memberikan informasi mengenai perbedaan antara laptop gaming dengan laptop biasa pada umumnya. Berikut ini adalah perbedaannya:

  • Jumlah VGA: Umumnya, laptop gaming memiliki 2 VGA (Video Graphics Array) di dalamnya. Satu adalah kartu video dan yang lainnya iyalah VGA terintegrasi.
  • Kapasitas RAM: Dibandingkan dengan laptop biasa, laptop gaming benar-benar mempunyai kapasitas RAM yang tinggi.
  • Prosesor untuk laptop gaming lebih berkualitas: Untuk prosesor bisnis yang digunakan, laptop gaming dan laptop biasa juga memiliki perbedaan. Untuk laptop gaming, Laptop menggunakan prosesor yang canggih. Paling tidak, Intel Core i5 atau AMD FX-Series dengan prosesor quad-core yang tertanam di dalamnya.
  • Desain casing: Laptop gaming biasanya memiliki casing kokoh untuk laptop mereka yang dapat membuat lebih antusias saat bermain game.
  • Keyboard yang menyala: Bagi para gamer, mempunyai laptop dengan fitur keyboard sepertinya menjadi kewajiban. Selain bisa membuat game semakin seru, keindahan dari keyboard bisa menjadi hal yang di pamerkan pada orang lain.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Melacak HP Hilang

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang Cara Memilih Laptop Gaming. Sekarang anda sudah bisa mendapatkan laptop gaming yang berkualitas untuk meningkatkan kemampuan anda dalam bermain game.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.