Mouse Gaming Berkualitas

Cara Memilih Mouse Gaming Berkualitas

Posted on

Cara Memilih Mouse Gaming Berkualitas – Hadirnya video game untuk komputer atau laptop yang mempunyai banyak genre seperti RTS, MMORPG, MOBA, FPS, dan lainnya juga menjadi alasan kenapa mouse gaming terbaik diciptakan dengan model dan spesifikasi yang berbeda.

Pahami Jenis Mouse Gaming yang Beredar Perangkat utama seperti konsol game jelas berbeda dengan komputer pribadi (PC). Di konsol game mungkin kita dapat menggunakan satu pengontrol untuk memainkan beberapa aliran game.

Namun pada game di PC, kita tidak bisa sembarangan menggunakan aksesoris pendukung, salah satunya mouse gaming ini.

Cara Memilih Mouse Gaming Berkualitas

Cara Memilih Mouse Gaming

Bagi para gamer, mouse merupakan senjata penting. Selain mengarahkan kursor dan memasukkan perintah, mouse gaming juga dapat membantu gamer menang lebih cepat.

Apalagi bagi penyuka PC atau gamer profesional, memilih mouse gaming tidak boleh sembarangan. Mouse gaming harus disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis permainan yang dimainkan. Berikut adalah cara memilih mouse gaming.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Rekomendasi Keyboard Gaming Murah Terbaik 2020

1. Tipe All-Purpose untuk Banyak Tipe Game

Mouse jenis ini paling ideal untuk memainkan game FPS hingga MMO. Dilengkapi dengan fitur standar sehingga Anda bisa melakukan berbagai macam aksi yang ditawarkan di setiap genre game.

Meski terkesan superior, sebenarnya tipe serba guna memiliki keterbatasan dalam mengubah level DPI-nya. Untuk mendukung performa maksimal, Anda bisa beralih ke tipe lain yang tentunya menawarkan fitur ubah DPI.

2. FPS Tipe DPI Tinggi, Cocok untuk Game Peperangan

Jika Anda suka memainkan game FPS seperti Battlefield, Metal Gear Solid, Call of Duty, Worms World Party, Age of Empires, atau yang lainnya sesuai, maka jenis mouse FPS adalah pilihan yang tepat.

Mouse gaming FPS dirancang untuk mendukung kecepatan dalam gerakan. Artinya DPS rate tiap mouse juga tinggi.

Namun, kamu tidak perlu khawatir kehilangan kendali karena umumnya mouse jenis ini dilengkapi fitur untuk melakukan gerakan lambat, seperti saat membidik musuh dengan lebih presisi.

Bahkan, untuk aktivitas seperti itu, tidak jarang mouse gaming dipersenjatai dengan tombol sniper di sisi kirinya. Jadi, saat ingin mengatur level DPI mouse, Anda hanya perlu menekan dan menahan tombol tambahan.

3. Tipe MOBA dan MMORPG dilengkapi dengan tombol Shortcut

Kamu suka main game MOBA atau MMORPG, seperti Guild Wars, Black Dessert Online, Blade and Soul, ArcheAge, Rift, atau jenis game sejenis lainnya? Kami menyarankan Anda memilih mouse gaming jenis MOBA dan MMORPG.

Meski genre kedua game tersebut berbeda, namun persyaratannya tidak jauh berbeda sehingga mouse yang digunakan juga kurang lebih sama.

Pada umumnya mouse gaming jenis ini didesain dengan ukuran body yang lebih gemuk karena dalam satu bagian terdapat tombol tambahan yang lumayan banyak.

Seperti yang kita bahas sebelumnya, tombol tambahan ini berguna untuk pintasan yang akan memaksimalkan kinerja Anda. Misalnya jika ada tombol yang Anda atur untuk mengeja atau melakukan serangan yang berbeda, ini pasti menjadi poin utama di atas jenis mouse ini.

4. Ambidextrous Ideal untuk Gamer Tangan Kiri

Desain mouse gaming terbaru adalah tipe ambidextrous. Bagi yang belum tahu, mouse ini memiliki desain khusus untuk para gamer kidal atau kidal.

Mouse gaming ini, meski memiliki desain yang berbeda dengan mouse pada umumnya, tetap memberikan kenyamanan bagi para gamer yang menggunakan tangan kiri (kidal) untuk bermain.

Jika Anda termasuk orang yang termasuk dalam kategori kidal, maka pilihan mouse gaming ambidextrous adalah pilihan yang tepat. Menariknya lagi, desain simetris jenis ini tidak hanya cocok untuk Anda yang bertangan kiri, namun yang bertangan kanan juga bisa memakainya.

Tidak hanya itu, model mouse ini umumnya juga memiliki tombol tambahan di kedua sisi (kanan dan kiri) yang dapat diaktifkan atau dinonaktifkan dengan software bawaan.

5. Pertimbangkan Gaya Pegangan Mouse

Gaya pegangan adalah istilah yang mengacu pada cara Anda memegang mouse. Untuk memprioritaskan kenyamanan, pilih gaya pegangan yang sesuai dengan selera Anda.

Setidaknya ada tiga jenis grip, yaitu palm grip, tip grip, dan claw grip. Bagaimana setiap gaya ini terlihat berbeda?

  • Pegangan Telapak Tangan.

Gaya ini paling banyak digunakan oleh para gamer dimana semua permukaan telapak tangan dan jari berada pada badan mouse. Teknik mencengkeram ini juga cukup standar dan ideal untuk sebagian besar gim.

  • Tip Grip.

Jenis genggaman ini menempatkan setiap ujung jari di atas permukaan mouse, tetapi telapak tangan sama sekali tidak menyentuh badan mouse. Untuk mengarahkan kursor, sumbu utama yang digunakan berpusat pada ibu jari, jari manis, dan kelingking.

  • Claw Grip.

Untuk yang satu ini merupakan kombinasi dari palm grip dan tip grip, dimana setiap ujung jari menyentuh badan mouse dalam bentuk yang lebih bengkok (menyisakan sedikit celah), namun telapak tangan tetap menempel pada permukaan mouse.

Setiap orang, termasuk Anda, tentunya memiliki teknik atau gaya memegang mouse masing-masing. Meski begitu, Anda tetap bisa menggunakan setiap jenis mouse gaming terbaik karena grip yang diusung cocok untuk setiap gaya grip masing-masing gamer.

6. Pilih Laser atau Sensor Optik

Elemen lain yang perlu Anda pertimbangkan dalam cara memilih mouse gaming adalah memilih mouse gaming laser atau optik. Secara umum, mouse gaming dengan sensor optik memiliki harga jual yang lebih murah dibandingkan dengan laser.

Ini karena sensor optik memiliki tingkat DPI yang lebih rendah daripada sensor laser. Namun, saat ini cukup banyak mouse gaming sensor optik yang mampu mencapai titik DPI tinggi.

Mouse optik sendiri memiliki tingkat DPI sebesar 8.000 dpi, sedangkan mouse laser dapat menggandakannya, yaitu 16.000 dpi. Semakin tinggi level DPI mouse, semakin cepat kursor dapat bergerak karena mampu melacak lebih banyak titik per inci.

Namun, semakin cepat kursor bergerak, kontrol game bisa menjadi berantakan. Oleh karena itu, sesuaikan level DPI pada mouse gaming dengan resolusi monitor yang Anda gunakan.

Jika Anda menggunakan resolusi 4K atau QHD, pilihan mouse gaming yang tinggi dapat mendatangkan keuntungan karena dapat mencapai sudut yang diinginkan dengan lebih cepat.

Namun, jika Anda tidak merasa perlu menggunakan mouse dengan nilai DPI puluhan ribu, maka pilih mouse dengan sensor laser atau optik yang berkisar antara 8.000 – 12.000 dpi.

7. Lebih Kompatibel Dengan Konektivitas Berkabel atau Nirkabel?

Perkembangan teknologi yang sangat pesat juga membuat lini produk mouse gaming dibekali dengan spesifikasi yang semakin mumpuni.

Misalnya dari segi konektivitas, ada 2 jenis pilihan koneksi yaitu kabel atau nirkabel. Dalam beberapa tahun terakhir, mouse nirkabel jarang dipilih karena masalah latensi atau kelambatan, yang menurunkan kinerja dan kenyamanan bermain.

Namun sekarang, mouse nirkabel lebih mudah ditemukan karena mereka telah membuat kemajuan dalam hal daya tanggap terhadap pergerakan atau jumlah klik.

Jika ini membuat Anda bingung tentang metode konektivitas seperti apa, maka kami sarankan untuk mempertimbangkannya dari segi anggaran dan kenyamanan bermain.

Misal, jika tidak ingin direpotkan dengan kabel yang melintas jalan, maka mouse gaming wireless terbaik bisa dipilih.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Pilihan Laptop Gaming Murah dan Berkualitas

8. Perhatikan fitur lain dari mouse gaming

Kehadiran fitur tambahan mungkin tidak memengaruhi kinerja game Anda. Namun tentunya akan lebih baik jika mouse gaming Anda memiliki fitur seperti ini

  • Pengaturan Berat

Beberapa produsen mengeluarkan barang ini dengan fitur penyesuaian berat, biasanya berupa cartridge kecil yang memiliki variasi berat mulai dari 1 hingga 5 gram yang dapat dilepas dan dipasang pada mouse.

Jika mouse yang Anda inginkan terlalu besar, maka fitur ini akan sangat berguna.

  • Iluminasi

Fitur ini hanya terkait dengan kebutuhan estetika atau kosmetik saja, jadi sama sekali tidak berpengaruh pada performa gaming Anda. Iluminasi warna pada mouse gaming yang sesuai dengan profil atau level DPI akan membuat mouse terlihat lebih keren.

  • Perangkat Lunak Bawaan

Setiap mouse gaming umumnya dilengkapi dengan perangkat lunak bawaan. Jika Anda ingin membuat pengaturan makro, iluminasi, penekanan tombol, dan sebagainya, maka perangkat lunak bawaan ini akan sangat membantu mempermudah prosesnya.

Namun, jika Anda tidak ingin menginstal software ini, tentunya tidak menjadi masalah juga.

9. Bentuk dan Ukuran Mouse

Desain mouse gaming sangat beragam. Memilih mouse dari segi desain sangatlah penting karena akan mempengaruhi tingkat kenyamanan Anda saat bermain.

Jika Anda memiliki mouse gaming bagus yang tidak pas di tangan, pasti akan membuat Anda sakit. Oleh karena itu, pilihlah ukuran mouse sesuai dengan ukuran telapak tangan Anda.

Ukuran dari mouse yang tepat bisa membantu mempermudah refleks serta kecepatan tangan saat bergerak. Selain dari pada itu mouse juga bisa lebih mudah untuk digenggam dan digerakkan ke berbagai arah.

Untuk kamu yang kidal, ada baiknya memilih desain atau bentuk mouse yang nyaman digunakan di tangan kiri.

Sebenarnya lebih baik memilih mouse dengan bentuk bodi ambidextrous atau simetris karena nyaman dipakai pada tangan kanan maupun kiri.

10. Perhatikan sensitivitas (DPI) mouse gaming

DPI mouse gaming

Sensitivitas mouse dinilai dalam satuan DPI (titik per inci). Semakin tinggi angka sensitivitas mouse, semakin baik. Mouse gaming rata-rata memiliki tombol sendiri untuk merubah nilai kesensitivan DPI.

Umumnya mouse gaming memiliki nilai sensitivitas minimal 1000 DPI. Semakin tinggi nilai DPI, semakin mudah memainkan game di layar lebar.

Hanya dengan sedikit gerakan mouse, kursor dapat bergerak lebih jauh dan lebih cepat dari biasanya.

11. Tombol yang Dapat Diprogram ulang

Fitur yang satu ini wajib dimiliki oleh semua mouse gaming. Sama seperti keyboard gaming, mouse gaming juga memiliki tombol tambahan yang dapat diprogram ulang menjadi pintasan ke menu tertentu.

Anda juga dapat mengatur ulang tombol-tombol ini untuk memberikan perintah tertentu ketika bermain game. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi menekan tombol keyboard atau keystroke yang akan memakan waktu lama.

12. Mouse Gaming untuk Game Universal

Untuk memainkan sebuah game yang bersifat universal, Anda tidak memerlukan spesifikasi mouse khusus. Anda bisa menggunakan mouse gaming standar asalkan nyaman di tangan Anda.

Game seperti RTS (Real Time Strategy), Racing, atau lainnya masih nyaman dimainkan dengan mouse standar. Jika ada yang perlu Anda perhatikan, mungkin itu hanya fitur DPI. Pastikan DPI mouse dapat diubah.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Daftar Mouse Gaming Terbaik

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang Cara Memilih Mouse Gaming Berkualitas Sangat penting untuk memilih mouse yang sesuai dengan gaya bermain Anda karena akan mempengaruhi performa Anda saat mengoperasikannya.

Ukuran tangan, genggaman, dan fungsi mouse adalah pilihan masing-masing orang. Jadi, pilihlah produk yang sesuai dengan gaya bermain Anda. Terus kejar level game lebih tinggi dengan mouse gaming yang nyaman

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.