Cara Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca

Memory Card Tidak Terbaca
Memory Card Tidak Terbaca

Memory Card Tidak Terbaca – Memperbaiki dan mengatasi SD Card yang bermasalah menyebabkan memory card menjadi tidak terbaca sebenarnya cukup mudah, tapi itu semua juga tergantung dari permasalahan dan penyebab rusaknya kartu Micro SD kamu.

Namun ketika kamu mengalami kerusakan pada memory card sobat jangan menyerah dan usahakan untuk tidak pusing.

Ini adalah hal yang wajar dimana memory card hp android tidak terbaca dan sejenisnya alangkah baiknya sebelum anda melakukan tindakan lain, pastikan anda mengetahui penyebab kerusakannya dan selanjutnya kita dapat menyelesaikan masalahnya dengan mudah.

Penyebab SD Card Rusak

Penyebab SD Card Rusak

Terkadang tanpa kami sadari ada beberapa kesalahan yang menyebabkan kartu memori Anda menjadi tidak terbaca.

Salah satunya adalah terlalu seringnya memindahkan kartu memori dari satu ponsel Android ke ponsel lainnya. Mungkin dari sebagian orang hal ini merupakan hal yang wajar.

Namun perlu kalian ketahui sob, bahwa ketika kita terlalu sering memindahkan Micro SD akan menggores plat kuning yang akan menyebabkan kerusakan.

Plat kuning sangat penting dalam fungsinya, tanpa plat kuning atau kerusakan plat kuning yang tergores akan menyebabkan Micro SD tidak terbaca di perangkat android anda.

Perlu Anda ketahui, meskipun Anda dapat dengan mudah memperbaiki kartu memori, tetapi tidak semuanya dapat diperbaiki dengan sempurna.

Misalnya ketika kartu memori dipotong, dibakar, dilipat, rusak dan sebagainya.

Tentunya sangat sulit untuk memperbaikinya kembali, namun bila terjadi kerusakan seperti kerusakan file yang ada. Ini bisa diperbaiki dengan mudah dan juga cepat untuk diperbaiki.

Kami akan memberikan beberapa opsi yang dapat Anda lakukan untuk dapat memperbaiki dan menganalisis masalah apa saja yang terjadi pada memori smartphone Android Anda.

Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menangani kartu SD yang rusak dan tidak terbaca.

Anda dapat memperbaiki kesalahan Kartu Memori yang rusak dengan cara berikut:

Bersihkan Kartu Memori

  • Cara pertama untuk memperbaiki masalah kartu memori yang tidak terbaca iyalah dengan mengeluarkan SD Card dari ponsel atau tablet. Pastikan Anda sudah mematikan gadget terlebih dahulu.
  • Bersihkan pelat tembaga (kuningan) dengan cara menggunakan penghapus pensil (bagian putih). Gosok perlahan sampai bersih.
  • Jika Anda yakin sudah bersih, masukkan lagi kartu SD ke dalam slot memori serta periksa apakah sudah dibaca atau belum.

Cek Error Menggunakan PC

  • Sambungkan Android pada PC atau laptop dengan kabel data.
  • Pastikan Android Anda terhubung dalam mode Penyimpanan massal (MSC), bukan mode transfer Media (MTP).
  • Buka Windows Explorer, klik kanan pada Drive kartu memori, pilih Properties> Tools> Error Checking, tunggu sampai semua proses selesai.
  • Keluarkan kartu memori, lalu periksa apakah sudah dibaca atau belum.

Lakukan Pemformatan dari Android

  • Masuk ke menu Pengaturan> Penyimpanan.
  • Di menu, ada opsi Hapus kartu SD. Dengan menghapus file di Kartu SD, ini dapat membuat memori bersih seperti baru.

Format dari PC

Jika kartu memori (MicroSD) membaca dan terlihat baik-baik saja di komputer tetapi masih tidak dapat dibaca di Android. Coba gunakan metode ini:

  • Buat folder baru di HardDisk anda, beri nama apapun asalkan anda ingat folder baru ini akan menjadi tempat penyimpanan sementara alias backup isi memory card yang rusak tadi.
  • Copy seluruh isi memory card lalu Paste ke folder yang telah dibuat tadi.
  • Jika Anda yakin telah menyalin semuanya, format kartu memori.
  • Kemudian kembalikan semua data yang ada di folder tersebut ke memori yang telah diformat tadi.
  • Sekarang periksa lagi, masih gagal atau tidak.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: 

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang Cara Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca. Silahkan Anda ikuti langkah-langkah yang sudah kami berikan di atas.

Namun kami tidak menjamin kartu SD Card Anda akan kembali normal mengingat penyebab rusak dari kartu SD sangat bervariasi. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.