Cara Memperkuat Sinyal Wifi Paling Mudah

Cara Memperkuat Sinyal Wifi Paling Mudah

Posted on

Cara Memperkuat Sinyal Wifi Paling Mudah – Internet saat ini seolah menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang. Bagaimana tidak, hampir semua aktivitas yang di lakukan mulai dari mengerjakan tugas kampus, mengerjakan pekerjaan kantor, mencari informasi, hingga menghubungi orang lain, kini membutuhkan internet.

Banyak orang yang memilih menggunakan jaringan WiFi , dimana Kelebihan WiFi adalah dapat mengakses internet tanpa adanya kuota. Namun, kadang saat menggunakan WIFI yang tersedia di tempat umum, kecepatannya kurang bagus, Karena banyak orang yang memakainya.

Nah, pada kesempatan kali ini Followtekno akan membagikan beberapa tips tentang cara memperkuat sinyal WIFI dengan mudah. So langsung saja simak secara lengkap ulasan nya berikut ini. Check This Out!!!

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca : Rekomendasi Keyboard Gaming Murah Terbaik 2020

5 Cara Memperkuat Sinyal Wifi Paling Mudah

Seringkali pengguna WiFi mengalami masalah seperti internet yang lambat, koneksi sinyal WiFi yang buruk, atau bahkan jangkauan sinyal yang tidak merata di setiap ruangan yang berbeda.

Seperti yang kita ketahui bahwa kecepatan internet di Indonesia memang lambat sejak awal. Namun, sebenarnya ada beberapa cara memperkuat sinyal Wifi, khususnya bagi pengguna Android dan PC. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Periksa Casing Smartphone

mencopot casing smartphone

Tips yang pertama ini sering di alami oleh banyak orang, karena casing smartphone yang agak tebal dapat mengganggu koneksi atau sinyal yang masuk ke dalam smartphone.

Coba lakukan percobaan pertama dengan menggunakan casing dan test internet dengan menginsall aplikasi speed test internet yang dapat di unduh di Google play store atau kunjungi web speedtest.net. Sedangkan percobaan yang kedua dilakukan tanpa menggunakan casing.

Jika percobaan di atas sudah di lakukan coba bandingkan hasilnya, apakah ada perubahan yang sidnifikan menjadi lebih baik atau sama saja. Biasanya antena WiFi pada Smartphone Android ada di bagian belakang atau di bagian samping.

Jika dengan membuka cover baterai smartphone anda dan sinyal dari koneksi internet anda akan meningkat, artinya casing dari smartphone anda terlalu tebal atau bahan dari casing smartphone anda yang mengganggu sinyal dari WiFi tersebut.

Maka gunakanlah casing yang agak tipis saja atau lepaskan casing saat menggunakan Wifi, agar sinyal dari Wifi dapat masuk secara sempurna.

2. Ubah Posisi Wifi Router

memindahkan router wifi

Jika Anda menggunakan modem router WiFi di rumah, dan ternyata Anda mengalami masalah sinyal yang buruk, coba ubah posisi routernya. Karena bisa saja Anda salah meletakkan router pada posisi sehingga justru memperlambat kinerja modem.

Memindahkan Wifi router anda ke area terbuka adalah cara yang efektif untuk memperkuat sinyal Wifi.

Anda bisa meletakkan Wifi router anda dimana saja, tapi ada beberapa spot yang bagus untuk meletakkannya agar sinyal dapat mencangkup semua ruangan.

Seperti di ruang tengah rumah, di atap rumah, di meja, dinding rumah dan pastikan letakkan pada spot yang sekiranya dapat menjangkau semua ruangan.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca : Rekomendasi Anti Virus PC dan Laptop Terbaik 2020

3. Menggunakan aplikasi penguat sinyal

Anda juga bisa menggunakan aplikasi yang bisa memperkuat sinyal WiFi terutama untuk smartphone yang digunakan, selain mengandalkan router Wifi di rumah.

Anda juga dapat mencari aplikasi ini di Google play Store atau App Store, Salah satu yang bisa Anda coba adalah aplikasi WiFi Booster & Analyzer.
Ada beberapa fitur yang bisa anda gunakan, ada fitur Boost untuk memperkuat sinyal WiFi smartphone anda.

Aplikasi lain yang bisa Anda coba adalah Wifi Master Key untuk untuk menambah kekuatan sinyal WiFi Anda dan aplikasi ini juga dapat mengetahui seberapa kuat koneksi WiFi Anda. Misal, jika deteksi sinyal mencapai 100 persen, berarti sinyal WiFi Anda bagus.

Aplikasi ini sendiri dikembangkan oleh LinkSure Network yang berlokasi di Singapura. Selain menambah sinyal, Wifi Master Key juga mampu menghemat daya smartphone Anda. Apalagi aplikasi ini dapat diakses bahasa Indonesia.

Jika Anda tertarik menggunakan aplikasi ini untuk kinerja akses WiFi, Anda dapat mengunduhnya melalui Google Play Store. Kapasitas aplikasi ini hanya 4,8 MB saja. Jumlah unduhan hingga saat ini telah mencapai 100 ribu lebih pengguna dengan rating 4.2.

Selain itu, ada juga Wifi Doctor-Detect dan Boost sebagai penguat sinyal WiFi. Aplikasi ini juga bisa mengecek WiFi yang terhubung ke smartphone anda dengan aman. Selain itu, WiFi Doctor juga dapat memantau perangkat yang terhubung ke hotspot WiFi Anda.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengunduhnya melalui Play Store dengan kapasitas memori sekitar 3,5 MB. Aplikasi ini memiliki rating 3,5.

Aplikasi yang dikembangkan Picoo Design ini terakhir diperbarui pada 9 Januari 2018 dengan total unduhan mencapai 1 juta lebih unduhan.

4. Menggunakan Kaleng Bekas

menggunakan kaleng bekas

Nah, cara yang satu ini biasanya bekerja dengan baik. Karena sinyal memiliki sifat yang berjalan di udara, sehingga banyak kendala pada saat memancarkan sinyalnya dari terhalang benda atau bahkan berubah arah.

Jadi, agar sinyal bisa pergi fokus ke satu tempat, maka Anda bisa menggunakan kaleng bekas untuk memperkuat sinyalnya. Langsung saja ke tutorial singkatnya di bawah ini:

  • Langkah pertama, anda harus menyiapkan kaleng soda bekas atau kaleng bekas yang lainnya.
  • Kemudian, Anda potong bagian atas dan bawah kaleng hingga tinggal sisa hanya beberapa sentimeter. Kemudian, anda potong bagian sisi tengah kaleng hingga terpisah.
  • Setelah itu, rentangkan bagian dalam kaleng yang telah dipotong tadi dan letakkan kaleng tersebut di antara dot router. Cara ini juga bisa anda gunakan untuk memperkuat sinyal modem GSM dan CDMA dengan menempatkannya di dekat modem. Selain kaleng, Anda juga bisa menggunakan barang lain seperti panci bekas dan aluminium foil.

5. Reboot Router Secara Berkala

Router diketahui bermasalah jika digunakan terus menerus tanpa dimatikan. Oleh karena itu, me-reboot router secara teratur adalah salah satu solusi untuk masalah ini.

Anda dapat melakukannya secara manual, atau Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi seperti DD-WRT. Terutama jika Anda menempatkan router di langit-langit rumah, sehingga sulit untuk melakukannya secara manual.

Penyebab WiFi Lambat

  • Jaringan Radio WiFi Terganggu
  • Penyebab yang biasanya terjadi untuk masalah jaringan WiFi yang lambat, bisa jadi karena Anda meletakkan barang elektronik lain dekat dengan perangkat yang anda gunakan.
  • Daya dan jarak dari router WiFi yang terlalu jauh.
  • Koneksi jaringan WIFI yang sudah terlalu banyak pengguna.
  • Jika bandwidth dari Wifi anda sudah mencapai batasnya, dapat di pastikan jaringan WiFi anda akan melambat atau bahkan terputus atau diskonek.
  • Jika router WiFi terhubung ke jaringan yang salah, maka tentunya sinyal tidak akan terhubung.
  • Driver WiFi perlu diperbarui untuk mendapatkan sinyal yang lebih kuat.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca : Rekomendasi Charger HP Fast Charging Murah Terbaik 2020

Akhir Kata

Itulah tadi 5 cara memperkuat sinyal WiFi yang dijamin efektif dan mudah untuk diimplementasikan. Semoga apa yang telah kami share kali ini dapat bermanfaat bagi pembaca, Terimakasih sudah mampir ke artikel kami dan jangan lupa nantikan artikel kami selanjutnya.