Cara Mendaftar WhatsApp Business

Cara Mendaftar WhatsApp Business – Aplikasi obrolan sangat penting bagi pebisnis yang terbiasa berkomunikasi dengan pelanggan. Ada banyak aplikasi obrolan yang dapat digunakan seperti Blackbery Masanger, Line, WhatsApp, dan lainnya.

Dari sekian banyak aplikasi obrolan itu kebanyakan orang menggunakan WA karena whatsapp lebih mudah digunakan dan lebih efektif.

Sekarang bagi Anda para pebisnis ada kabar baik, karena ada aplikasi yang dapat digunakan untuk pebisnis agar lebih mudah berkomunikasi dengan pelanggan.

Aplikasi yang dimaksud di atas adalah WhatsApp Business, nah mungkin diantara Anda ada yang baru saja mendengar atau tidak tahu tentang WhatsApp Business.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang WA Business dan cara mendaftar WhatsApp Business.

Apa Itu WhatsApp Business?

Apa Itu WhatsApp Business

WhatsApp Business adalah aplikasi yang sangat berguna bagi Anda yang memiliki bisnis, misalnya usaha kecil yang bergerak di bidang UKM (Usaha Kecil dan Menengah) ataupun perusahaan yang besar.

WhatsApp digunakan oleh pengguna WhatsApp yang tidak hanya menggunakan aplikasi untuk mengirim pesan pribadi, tetapi untuk menyalurkan bisnis mereka ke semua pelanggan.

Ini membuat WhatsApp dapat meningkatkan pengalaman berbisnis Anda. Kita sebagai warga negara Indonesia, harus bangga karena Indonesia adalah salah satu dari enam negara di tahap pertama untuk mendapatkan WhatsApp Business.

Lima negara lainnya adalah Italia, Meksiko, Inggris Raya dan Irlandia Utara, dan Amerika Serikat.

WhatsApp akan mengeluarkan aplikasi berbasis bisnis di semua negara dan untuk negara-negara yang tidak disebutkan di atas, harap untuk menunggu karena masih dalam proses dan akan dirilis dalam beberapa minggu ke depan.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Backup Chat WA

Perbedaan antara WhatsApp Messanger dan WhatsApp Business

Perbedaan antara WhatsApp Messanger dan WhatsApp Business

Sesuai namanya, platform berdiri sendiri atau standalone menargetkan bisnis kecil atau besar untuk dengan mudah berkomunikasi dengan baik kepada pelanggan mereka.

Mungkin, bagi mereka yang tidak tahu WhatsApp Business akan berpendapat bahwa menggunakan aplikasi WhatsApp Messanger dapat menjalin komunikasi dengan pelanggan.

Perlu Anda ketahui, bahwa kedua aplikasi tersebut memiliki fitur yang berbeda.

1. Logo Aplikasi

Gambar logo dalam dua aplikasi ini sangat berbeda. Di WhatsApp Messenger, gambar logo adalah penerima telepon, sedangkan dalam aplikasi WhatsApp Business gambar logo menggunakan salah satu huruf alfabet, yaitu “B”.

Namun, latar belakang logo pada kedua aplikasi tersebut masih menggunakan warna hijau yang menjadi ciri WhatsApp.

2. Nama Akun Pengguna

Pengguna WhatsApp Messanger dapat dengan mudah mengubah nama akun mereka tanpa batas waktu. Namun, Anda tidak dapat melakukannya dengan aplikasi WhatsApp Business karena nama akun tidak dapat diubah.

Karena itu, Anda harus memastikan nama yang benar sebelum mengisinya.

3. Profil

Aplikasi WhatsApp Business memiliki fitur profil bisnis yang bertujuan untuk membuat pelanggan lama atau baru mengetahui informasi tentang bisnis Anda, termasuk deskripsi bisnis, lokasi atau alamat, kategori, email, dan situs web.

Sedangkan WhatsApp Messenger hanya terdapat nama, nomor telepon dan informasi pengguna.

4. Fitur Pesan Otomatis

WhatsApp Business memiliki tiga fitur pengiriman pesan otomatis dan fitur ini tidak tersedia di WhatsApp Messanger.

Balas otomatis, aktifkan fitur ini jika ada pesan masuk dari pelanggan di luar jam kerja atau ketika bisnis ditutup maka secara otomatis pesan balasan akan dikirim.

Pesan sambutan, Anda dapat menggunakan pesan otomatis ini untuk menyambut pelanggan baru sebagai ucapan awal.

Selain itu, dengan fitur ini pemilik bisnis dapat menawarkan produk baru secara menyeluruh kepada pelanggan. Balasan cepat, Anda dapat membalas pesan masuk dengan pesan pertanyaan yang sama.

Sangat mudah, cukup buat beberapa pesan yang kemungkinan besar akan ditanyakan oleh pelanggan dengan pertanyaan yang sama tentang bisnis Anda.

Jika pesan datang, ketikkan simbol garis miring “/” dan balasan cepat akan muncul sebelumnya.

5. Statistik Pesan

Pengguna aplikasi WhatsApp Messanger dapat menyembunyikan informasi setelah pesan dibaca. WhatsApp Business, Anda dapat meninjau statistik pesan yang telah dikirim dan pesan masuk.

Dengan adanya fitur ini, pelaku bisnis dapat mengetahui pesan apa yang efektif.

6. Menggunakan Nomor Telepon Rumah atau Kantor

Dalam aplikasi bisnis ini, selain menggunakan nomor ponsel, Anda juga dapat menambahkan nomor telepon rumah atau kantor.

Namun, WhatsApp menyarankan untuk tidak mengubah nomor telepon dan harus menentukan nomor ponsel permanen.

Bisakah Anda menggunakan WhatsApp Messanger dan WhatsApp Business di satu ponsel? Anda tidak perlu khawatir karena kedua aplikasi dapat digunakan dalam satu ponsel. Hanya, harus menggunakan nomor ponsel yang berbeda di kedua aplikasi.

7. Kategori Bisnis

Di kolom profil di WhatsApp Business, Anda dapat memilih kategori yang sudah terdaftar. Jika tidak ada kategori bisnis yang sesuai, pilih “yang lain”.

Saat di WhatsApp Messenger, fitur ini tidak tersedia. Ini tentu saja dapat memudahkan pelanggan untuk mengetahui bisnis apa yang Anda jalankan.

8. Memeriksa Akun Bisnis

WhatsApp Business akan memverifikasi akun bisnis melalui nomor telepon terdaftar. Jika nomor telepon yang tercantum adalah benar-benar milik perusahaan, akun WhatsApp Business akan diverifikasi.

WhatsApp Business akan memberi tanda centang hijau pada akun yang diverifikasi. Pemeriksaan hijau ini tidak diberlakukan di aplikasi WhatsApp Messanger.

9. Pengelompokan Pesan “Label”

Adanya fitur pengelompokan pesan sangat memudahkan pebisnis dalam berkomunikasi dengan pelanggan mereka.

Pengelompokan pesan yang terkandung dalam aplikasi ini, termasuk prospek, pesan baru, menunggu pembayaran, dibayar, dan pesan selesai.

Jadi, Anda dengan mudah bisa mengklasifikasikan pelanggan sesuai dengan isi pesan. Fitur ini juga tidak tersedia di WhatsApp Mesangger.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Mengganti Nomor WA

Kelebihan WhatsApp Business

Kelebihan WhatsApp Business

Aplikasi, yang diperkenalkan dalam format beta, dilengkapi dengan logo baru.

Jika WhatsApp Messenger memiliki logo ponsel, WhatsApp Business muncul dengan logo huruf B, tetapi masih memiliki latar belakang hijau yang telah menjadi fitur WhatsApp.

WhatsApp Business bukan hanya aplikasi pertukaran pesan, ada fitur profil bisnis untuk memudahkan konsumen menemukan informasi tentang bisnis Anda.

Di antaranya adalah informasi yang berkaitan dengan deskripsi bisnis, kategori, lokasi dan alamat, situs web, dan email yang digunakan oleh pengusaha.

Di WhatsApp Messenger, pengguna dapat bertukar nomor telepon dan hanya satu nomor. Tetapi di WhatsApp Business, Anda dapat menggunakan nomor ponsel dan menambahkan nomor telepon rumah atau kantor.

Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah memisahkan akun bisnis dan pribadi dari nomor seluler yang digunakan untuk penggunaan pribadi. Jadi, percakapan yang bersifat pribadi tidak bercampur dengan bisnis.

Menariknya, WhatsApp Business menyediakan tiga fitur pengiriman pesan otomatis.

  • Pesan away message

Fitur ini memungkinkan Anda untuk secara otomatis membalas pesan dari konsumen, sehingga meskipun Anda sibuk, Anda masih bisa menjawab konsumen.

  • Gretting Message

Fitur ini juga memudahkan Anda untuk mempromosikan produk baru ke semua konsumen dan memungkinkan Anda untuk menyapa pelanggan baru melalui pesan otomatis.

  • Quick Replies

Dengan fitur ini, Anda dapat membalas pesan dari konsumen dengan pertanyaan yang sama. Sangat mudah, Anda hanya membuat beberapa pesan yang banyak ditanyakan konsumen tentang bisnis Anda.

Ketika sebuah pesan tiba, Anda cukup menekan simbol garis miring (/) dan balasan cepat yang telah Anda buat akan muncul. Dengan ini, Anda dapat menghemat waktu.

WhatsApp Business juga dapat memonitor pesan yang dikirim dan masuk melalui statistik pesan yang disediakan oleh aplikasi ini.

Selain itu, Anda juga dapat memilih kategori bisnis yang sudah terdaftar atau memilih “orang lain” jika tidak ada pilihan untuk kategori bisnis Anda.

WhatsApp Business memverifikasi akun bisnis Anda melalui nomor telepon terdaftar. WhatsApp Business akan memberi tanda centang hijau pada akun Anda jika sudah diverifikasi.

Kelebihan lainnya, WhatsApp Business menyediakan fitur yang memudahkan Anda untuk mengelompokkan pesan.

Pengelompokan pesan termasuk prospek, pesan baru, menunggu pembayaran, dibayar dan pesan selesai.

Kekurangan dari WhatsApp Business

Kekurangan dari WhatsApp Business

Sebelum menggunakan WhatsApp Business, ada kekurangan yang dimiliki aplikasi ini. Aplikasi ini tidak memungkinkan pengguna untuk mengubah nama akun bisnis mereka.

Setelah mengunduh aplikasi ini di Play Store atau App Store, Anda akan diperingatkan bahwa nama akun bisnis tidak dapat diubah. Jadi, pastikan Anda telah memilih nama akun bisnis yang tepat.

Kemudian, menggunakan WhatsApp Business tidak berarti Anda tidak dapat menggunakan WhatsApp Messenger. Anda dapat menggunakan keduanya dalam satu ponsel.

Namun, Anda harus menggunakan nomor yang berbeda jika ingin menggunakan keduanya.

Selain itu, WhatsApp Business menyarankan pengguna untuk tidak mengubah nomor telepon, sehingga mereka harus menggunakan nomor telepon permanen.

WhatsApp Business memudahkan Anda terhubung dengan konsumen. Namun, ini sebenarnya memungkinkan data pribadi Anda bocor.

Karena, tidak sulit bagi orang lain untuk melihat data yang terdaftar dalam aplikasi ini.

Cara Menggunakan WhatsApp Business

Cara Menggunakan WhatsApp Business

Penggunaan aplikasi bisnis ini pada dasarnya tidak jauh berbeda dari aplikasi pesan instan sebelumnya, mulai dari mengunduh hingga mendaftar akun.

Hanya saja akun di WhatsApp Business memiliki fitur yang semakin mendukung usaha bisnis.

1. Unduh

Pengguna Android dapat mengunduh aplikasi WhatsApp Business di Google Play secara gratis.

Namun, sangat disayangkan bagi pengguna iOS untuk tidak dapat mengunduh aplikasi bisnis ini karena hanya tersedia di platform Android.

Jangan sedih, ada kemungkinan bahwa WhatsApp akan menyediakan pengguna iOS.

2. Mendaftar

Seperti dengan WhatsApp Messanger, Anda akan diminta untuk memverifikasi nomor telepon Anda. Jangan lupa untuk memilih kode negara!

3. Memberi Nama Akun

Setelah proses pendaftaran berhasil, formulir selanjutnya adalah penamaan akun bisnis. Perhatikan penamaan akun bisnis Anda karena itu tidak dapat diubah lagi.

4. Profil Lengkap

jika Anda telah masuk ke akun bisnis, Anda bisa melengkapi profil bisnis Anda mulai dari kategori, deskripsi, jam kerja, email, alamat dan situs web.

5. Isi Formulir pada Fitur Pesan

Isi formulir di fitur pesan otomatis seperti yang Anda inginkan. Tujuannya agar komunikasi dapat berjalan baik dengan pelanggan.

Cara Mendaftar WhatsApp Business

Cara Mendaftar WhatsApp Business

Mendaftarkan akun WhatsApp Business sama dengan mendaftarkan akun messenger WhatsApp menggunakan nomor telepon aktif.

Ingatlah bahwa jika Anda dapat menggunakan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger secara bersamaan di satu ponsel dengan mendaftar dengan nomor yang berbeda.

Untuk membuat atau mendaftarkan akun WhatsApp Business Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Pertama-tama unduh aplikasi WhatsApp Business di Google Play Store.
  • Setelah aplikasi WhatsApp Business diinstal, kemudian jalankan aplikasi, ketuk agree and continue / setuju dan lanjutkan,
  • Masukkan nomor telepon yang ingin Anda gunakan
  • Lanjutkan / selanjutnya> ok
  • Setelah itu WhatsApp akan mengirim pesan singkat ke nomor yang Anda masukkan sebelum sistem biasanya akan secara otomatis mengenali kode verifikasi, jika tidak diverifikasi secara otomatis maka Anda dapat memasukkannya secara manual. Perhatikan bahwa nomor yang Anda masukkan aktif.
  • Langkah selanjutnya adalah memasukkan nama, kategori, deskripsi, dan alamat bisnis Anda untuk bisnis Anda.

Itulah cara mendaftar whatsapp business, semoga dapat membantu anda.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Download Status Whatsapp

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang cara mendaftar whatsapp business. Sekarang anda sudah bisa menggunakan whatsapp business untuk meningkatkan pengalaman dalam berbisnis anda.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.