Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Ngebut Lagi Serta Penyebabnya

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Posted on

Cara Mengatasi Laptop Lemot – Laptop di era modern ini sering kali di jadikan senjata utama dalam memenuhi tuntutan pekerjaan, baik bagi pekerja, mahasiswa bahkan pelajar sekalipun.

Maka tak heran bila laptop yang kita pakai haruslah dalam keadaan prima dan tanpa ada masalah agar segala pekerjaan yang kita lakukan dapat diselesaikan tepat waktu.

Namun laptop tetaplah sebuah barang yang akan bisa mengalami penurunan kualitas, apalagi bila laptop tersebut memang sudah lama atau memakai sistem yang bukan terbaru, maka laptop akan lebih sering mengalami lambat atau lemot saat di jalankan.

Hal ini pasti akan menggangu pekerjaan Anda, namun Anda tak perlu khawatir karena disini kami akan membagikan informasi bagaimana cara mengatasi laptop yang lemot. Jadi baca baik-baik informasi di bawah ini.

Penyebab Laptop Bisa Lemot

Penyebab Laptop Bisa Lemot

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan laptop lemot atau lambat saat di jalankan, namun disini kami akan memberikan beberapa penyebab umum yang membuat laptop menjadi lambat, yaitu:

  • Usia hard disk terlalu panjang, di mana akan membuat proses baca dan menulis berjalan lebih lambat dari biasanya. efeknya tentu akan berpengaruh terhadap kinerja laptop secara keseluruhan
  • Kapasitas hard disk penuh, menyebabkan kinerja menjadi lebih berat dan membuat laptop lambat
  • Terlalu banyak aplikasi berjalan di latar belakang dan secara otomatis diaktifkan ketika laptop di hidupkan, ini akan membuat kinerja perangkat begitu berat dan membutuhkan proses boot yang lebih lama

Terlepas dari itu, masih ada sejumlah penyebab lain yang mempengaruhi kinerja laptop. Dengan mengetahui penyebabnya, tentu saja Anda bisa mengambil langkah perbaikan pertama.

Siapa tahu cara membuat laptop tidak lemot bisa Anda lakukan sendiri. Nah, berikut ini cara mengatasi laptop lemot atau lambat yang bisa Anda lakukan.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Mengatasi Laptop Hang

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Bila laptop milik Anda menjadi lemot dan sangat lambat ketika digunakan, Anda tidak perlu khawatir karena kami mempunyai beberaapa cara yang bisa Anda coba agar laptop kembali normal.

1. Gunakan Kipas Pendingin

Gunakan perangkat cooling pad sebagai kipas tambahan yang berguna untuk menjaga suhu laptop agar tidak terlalu panas. Dengan suhu laptop yang terlalu panas, bisa membuat kemungkinan laptop menjadi lambat menjadi lebih besar.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan pendingin vakum untuk menyedot udara panas di dalam laptop. Alat ini juga sangat membantu dalam menjaga suhu laptop saat bekerja.

2. Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Antivirus

Salah satu alasan klasik mengapa laptop lambat adalah karena mereka memiliki virus atau malware. Seperti halnya manusia, laptop juga dapat dipengaruhi oleh penyakit yang mengakibatkan kinerja laptop menurun.

Agar laptop tidak lambat karena virus, Anda dapat menginstal antivirus terbaik untuk menghilangkan semua jenis virus. Dan pastikan untuk selalu memeriksanya secara teratur.

Selain itu, selalu perbarui antivirus agar berbagai virus dapat dibaca dengan antivirus yang telah diinstal.

3. Gunakan Aplikasi untuk Mengatasi Laptop Lambat

Sebelum membeli, pemilik laptop harus mengetahui spesifikasi laptopnya. Ini untuk membantu pemilik menilai apakah aplikasi yang ingin Anda pasang di laptop sudah sesuai dengan spesifikasinya atau tidak.

Misalnya, Anda paksa untuk memasang game atau aplikasi berat meskipun spesifikasi prosesor dan RAM tidak memadai. Jika Anda terus memaksa untuk menginstal aplikasi berat pada laptop, maka jangan kaget suatu hari laptop akan menjadi lambat.

Solusinya, jangan memaksakan kemampuan laptop. Pilih aplikasi alternatif yang dapat mengurangi resiko laptop menjadi lambat untuk membuatnya tetap stabil sesuai dengan kondisi spesifikasinya.

4. Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Membersihkan Drive C

Seperti kita, bila laptop sudah tua, biasanya lebih dari 4 tahun, kualitasnya tentu akan menurun. Maka dari itu, contoh jalan keluarnya adalah membersihkan drive C.

Anda juga bisa menguninstall program dan aplikasi yang dianggap memberatkan kinerja laptop untuk meningkatkan kinerja.

5. Sesuaikan Penggunaan Aplikasi

Memaksa kinerja RAM dengan menyalakan aplikasi yang berlebihan juga merupakan salah satu penyebab laptop lambat. Misalnya, ketika kita bermain game, kita sering secara bersamaan membuka aplikasi pemutar musik.

Sebenarnya, memproses aplikasi game saja memang sudah berat, bila ditambahkan pemrosesan aplikasi pemutar musik. Maka pemakaian aplikasi harus sesuai dengan spesifikasi laptop Anda.

Atau, Anda dapat mengaktifkan task manager untuk mengontrol penggunaan RAM saat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

6. Copot Aplikasi Yang Membuat Laptop Lambat

4 Cara Uninstall Aplikasi dan Game di PC Laptop Sampai ke Akarnya

Jika Anda tengah mempunyai laptop, pasti terkadang Anda ingin menginstal beragam aplikasi. Tetapi, jika Anda menginstal terlalu banyak aplikasi, kapasitas penyimpanan pada Drive C akan menjadi penuh dan membuat sistem membutuhkan waktu terlalu lama untuk membaca hard disk.

Efek jangka panjang, tentu saja, akan menjadi salah satu penyebab laptop menjadi lambat. Cara mengatasi laptop lambat karena terlalu banyak aplikasi dapat dilakukan dengan menghapus instalasi beberapa aplikasi yang belum pernah atau jarang digunakan.

Coba pilih aplikasi mana yang jarang digunakan. Anda juga dapat memeriksa aplikasi yang tidak sengaja diinstal saat menjelajah di internet, kemudian saat mengunduh konten dari situs web tertentu, atau saat menginstal aplikasi yang tidak resmi.

Gunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, karena sangat disayangkan jika memori penuh karena aplikasi yang jarang digunakan. Dan ini menyebabkan Laptop mengalami penurunan kinerja.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Uninstall Aplikasi dan Game di PC/Laptop

7. Bersihkan Desktop dan Aplikasi Saat Laptop Startup

Menempatkan banyak aplikasi di desktop juga bisa menjadi alasan lain mengapa laptop Anda melambat. Jika Anda menggunakan laptop dengan spesifikasi besar, maka ini tidak akan menjadi masalah.

Tetapi kadang-kadang kita menempatkan terlalu banyak aplikasi di desktop yang menyebabkan laptop menjadi lambat saat menanggapi perintah dari pengguna.

Juga, awasi aplikasi yang berjalan saat laptop dalam aktivitas startup. Meskipun aplikasi yang dijalankan saat startup laptop adalah aplikasi penting, seperti antivirus.

Usahakan untuk tidak menjalankan terlalu banyak aplikasi yang berjalan selama startup laptop, karena ini akan menjadi penyebab laptop lambat. Karena aplikasi ini bekerja di latar belakang, yang diam-diam memakan kapasitas RAM.

8. Gunakan Thermal Paste Pada Prosesor

Thermal Paste adalah pasta yang berguna untuk mendinginkan dan menjaga suhu prosesor agar tidak cepat panas.

Dengan suhu prosesor yang stabil, tentu saja itu akan membantu kinerja laptop menjadi lebih stabil juga dan tidak menjadi lemot dengan cepat.

9. Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Menambah Kapasitas RAM

Cara menangani laptop lambat lainnya adalah penambahan RAM. Awalnya, ketika membeli laptop kadang-kadang kita membeli laptop murah dengan RAM yang lebih rendah, misalnya 4GB. Meskipun Anda ingin memiliki laptop yang lebih cepat.

Meningkatkan kapasitas 8GB RAM atau 16GB RAM dapat dilakukan setelah Anda memiliki anggaran dana yang cukup.

Namun jangan cuma menambahkan kapasitas RAM, lihat juga spesifikasi RAM (RAM DDR4, dan RAM DDR3, atau RAM DDR3L) dan perhatikan kapasitas RAM maksimum yang dapat diterapkan pada laptop Anda.

10. Setel Ulang Windows

Usia laptop lama tidak hanya mempengaruhi kinerja perangkat keras, tetapi juga perangkat lunak. Salah satu yang paling sering terkena adalah sistem operasi (OS), terutama Windows, sistem operasi yang paling banyak digunakan pada laptop.

Jika Windows memiliki kesalahan, maka kinerjanya tidak optimal atau sering macet. Jika terlalu parah, kami sarankan Anda mengatur ulang atau menginstal ulang Windows Anda.

Tetapi, jika Anda tertarik, Anda juga dapat mengubah Windows ke OS lain yang lebih ringan, seperti Linux, ada banyak OS berbasis Linux yang saat ini tersedia, Anda tinggal memilih apa yang menurut Anda tepat.

Memang, harus diakui bahwa Windows jauh lebih mendukung produktivitas dengan banyak fitur yang dibawanya. Tapi setidaknya pergantian OS ini akan membuat kinerja laptop menjadi lebih baik.

11. Gunakan Aplikasi Peningkat Kinerja Laptop

Ada banyak cara untuk mengatasi laptop lambat. Contoh jalan keluarnya iyalah Anda dapat menginstal perangkat lunak khusus yang berfungsi untuk menaikan kinerja laptop sehingga menjadi lebih cepat.

Ada banyak aplikasi dengan fungsi ini, sebut saja Razer Game Booster, CCleaner, Advanced System Optimizer, IObit Advanced SystemCare, dan lainnya. Pilih saja yang menurut Anda sesuai.

12. Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan mengubah Memori HDD ke SSD

Salah satu penyebab laptop lambat adalah karena laptop masih menggunakan hard drive HDD yang memiliki kecepatan data yang relatif lambat. Untuk mengatasinya, Anda harus mengganti penyimpanan HDD di laptop ke penyimpanan SSD.

Metode ini dijamin efektif, karena akan membantu proses booting lebih cepat dan membuat laptop lebih responsif. Memang harus diakui bahwa harga SSD cukup mahal, tetapi jika Anda ingin laptop menjadi cepat kembali, metode ini bisa dipertimbangkan.

13. Gunakan Disk Deframent Tools

Metode yang satu ini bisa jadi jarang diketahui oleh babnyak pengguna PC dan laptop. Terlebih saat mengalami masalah laptop lambat dan lemot. Semakin banyak aplikasi yang Anda miliki di PC dan laptop Anda, semakin lambat PC dan laptop Anda bekerja.

Anda dapat menggunakan alat Disk Defragment yang terdapat di panel kontrol. Melalui tahapan analisis dan juga mengoptimalkan file Anda akan diatur sedemikian rupa, dan Anda dapat mengetahui berapa banyak file sampah atau file chace yang memperlambat laptop dan PC favorit Anda.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Memilih Laptop Gaming

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami mengenai cara mengatasi laptop lemot. Sekarang anda bisa melakukan cara-cara di atas agar laptop Anda kembali normal.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.