mengatasi video pecah di instagram

Mengatasi video pecah di instagram – Mengunggah video di Instagram menjadi hal yang menarik jika Anda selesai dengan aktivitas yang berkesan, misalnya setelah liburan, atau momen penting yang ingin Anda bagikan melalui media sosial Instagram. Baik di pos, IGTV, atau cerita IG

Namun akhir-akhir ini atau tidak akhir-akhir ini, dari dulu pasti sudah terbiasa saat upload video di instagram kualitasnya jauh berbeda dengan video aslinya.

Jika aslinya bisa jelas, gambar videonya sangat bagus. Eh pas upload video di instagram rusak, blur atau pecah. itu tidak begitu menarik

Nah menurut artikel kitabisatekno.id untuk mengatasi masalah upload di Instagram yang rusak ini, kamu bisa melakukannya dengan tips yang akan kita bahas bersama di artikel kali ini.

Sebelum lanjut, kenapa saat upload video di instagram hasilnya pecah-pecah, blur? Ya, video saat diunggah di Instargam pecah karena setiap media sosial memiliki standar untuk setiap konten yang diunggah penggunanya.

Hal ini agar video yang Anda unggah dapat dinikmati oleh semua pengguna. Misalnya dari smartphone dengan resolusi rendah atau orang lain yang mengaksesnya di area sinyal yang sulit, Anda tetap dapat melihat atau memutar video Anda.

Di sisi lain, Anda dapat memaksimalkan video Anda agar tetap bagus saat diunggah ke Instagram. Berikut tipsnya

Cara Mengatasi Video Pecah di Instagram

Cara Mengatasi Video Pecah di Instagram

Agar hasil usaha edit video kamu tidak sia-sia, ada baiknya coba ikuti cara-cara berikut ini agar kualitas video tetap terjaga saat diunggah. Mari mencoba!

1. Ikuti Pembatasan Format Video di Instagram

Ini adalah hal lain yang tidak boleh dilupakan. Instagram memiliki batasan atau batasan pada format video yang diunggah ke server mereka.

Batas ini tergantung pada jenis video yang ingin Anda unggah. Misalnya, Anda dapat mengunggah Instagram Story jika durasi video masih di bawah 15 detik.

Tidak hanya itu, ukuran Stories dan feed Instagram tidak boleh lebih dari 4 GB atau server akan mengompres video.

Begitu juga jika Anda mengunggah IGTV, di mana video dengan durasi di bawah 10 menit tidak boleh memiliki ukuran melebihi 650 MB. Jika di bawah 60 menit, pastikan ukurannya masih di bawah 3,6 GB.

Instagram juga umumnya tidak akan mengenali format video selain MP4. Jadi, pastikan video yang akan diupload dalam format tersebut ya.

Tak ketinggalan, pengaturan lain juga disarankan untuk diikuti agar hasil video bisa ditampilkan dengan kualitas maksimal, seperti penggunaan codec video H.264, aspek rasio yang sesuai (1:1 untuk feed, 16:9 untuk Cerita), dan kecepatan bingkai yang sesuai tidak melebihi 30 FPS.

Jika video melebihi persyaratan, Instagram akan mencoba mengompresnya secara berlebihan, sehingga kualitasnya menjadi lebih buruk. Anda dapat mengonversi dan mengeditnya menggunakan aplikasi pengeditan video apa pun yang biasa Anda gunakan.

Lihat Aplikasi Lainnya Juga: Aplikasi Template Instagram Story Gratis

2. Matikan Penghemat Data di Instagram

Aplikasi Instagram punya cara tersendiri agar penggunanya tidak boros kuota. Cara ini bernama Data Saver, dan bisa diakses melalui menu pengaturan yang tersedia di Instagram.

Saat Penghemat Data diaktifkan, Instagram juga akan semakin memampatkan konten yang diunggah sehingga dapat menurunkan kualitas video. Oleh karena itu, mari kita matikan Penghemat Data dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Instagram dan klik foto profil Anda.
  • Ketuk ikon tiga garis di sudut kanan atas.
  • Pilih menu Pengaturan.
  • Pilih Akun.
  • Klik menu Penggunaan Data Seluler.
  • Ketuk opsi Penghemat Data hingga sakelar berwarna abu-abu.

Sekarang Penghemat Data telah dimatikan. Mudah, kan? Jika memungkinkan, gunakan kuota yang tidak terbatas agar tidak menyia-nyiakan kuota.

Oh ya, perlu diingat, mematikan Penghemat Data saja tidak cukup untuk menjaga kualitas video. Jangan lupa lakukan cara lain juga ya!

3. Periksa Kualitas Jaringan Internet

Pasti semua orang tahu, bahwa Instagram merupakan platform media yang menggunakan koneksi internet untuk diakses. Jika koneksi jaringan Anda lambat, Instagram akan mencoba mengompres dan mengurangi kualitas konten yang dilihat.

Ini juga memengaruhi video yang diunggah. Jika koneksi internet dalam kondisi lemot saat mengunggah video, Instagram akan mengompresnya agar proses unggah berjalan dengan cepat.

Jadi, solusinya sudah bisa ditebak, bukan? Periksa kecepatan internet Anda, pastikan dalam kondisi stabil untuk mengurangi kemungkinan Instagram menurunkan kualitas video Anda.

Coba tes kecepatan di situs seperti Speedtest.net atau Fast.com. Pastikan kecepatan internet Anda berada di kisaran 10 Mbps ke atas untuk proses upload video ke Instagram yang lebih lancar.

4. Unggah Menggunakan PC

Video yang diunggah melalui HP cenderung lebih terkompresi daripada menggunakan PC. Pasalnya, aplikasi mobile lebih ditujukan untuk penggunaan yang praktis dan cepat.

Karena itu, pertimbangkan untuk mengunggah video melalui situs web Instagram di browser Google Chrome. Namun, umumnya website Instagram hanya untuk dilihat dan bukan untuk diunggah. Agar dapat digunakan untuk mengunggah juga, ada beberapa langkah selanjutnya yang harus dilakukan, yaitu sebagai berikut.

  • Buka web Instagram di Google Chrome (www.instagram.com)
  • Pastikan itu terhubung ke akun Anda, lalu klik kanan pada halaman dan pilih menu Inspect. Atau agar lebih praktis, gunakan saja shortcut Ctrl+Shift+I.
  • Klik ikon ponsel yang ditunjukkan untuk mengubah tampilan ke tampilan seluler. Jika simbol berwarna biru, berarti versi mobile telah diaktifkan.
  • Selanjutnya, refresh halaman Instagram dan akan muncul tombol unggah.

Lihat Aplikasi Lainnya Juga: Cara Membuat Linktree Di Instagram

Kini, Instagram di Google Chrome PC sudah memiliki tampilan yang sama dengan aplikasi smartphone. Anda juga bisa melakukan proses upload seperti biasa.

5. Gunakan Cara Memindahkan File Lossless

Jika karena alasan tertentu tidak mau atau tidak bisa mengupload menggunakan PC, maka file video tersebut harus dipindahkan ke HP. Namun, Anda harus tahu bahwa beberapa metode transfer dapat mengurangi kualitas video.

Misalnya, Anda memutuskan untuk mengirim video dari PC ke ponsel Anda menggunakan WhatsApp atau LINE. Nah, biasanya cara pengiriman ini akan memampatkan video agar lebih cepat transfernya.

Namun akibatnya, kualitas video dipastikan akan berkurang dari aslinya. Agar Anda dapat mentransfer file video tanpa mengurangi kualitasnya, Anda dapat menggunakan Transfer File USB.

Ini adalah cara paling sederhana untuk mentransfer data dari PC ke perangkat Android tanpa melalui proses kompresi. Jika Anda memindahkan video dari MacBook ke iOS, Anda juga dapat menggunakan AirDrop.

Bagaimana jika kabel data tidak terdeteksi di komputer Anda? Solusi alternatif adalah dengan menggunakan layanan cloud seperti Google Drive dan OneDrive.

Keduanya adalah tempat penyimpanan yang dapat disinkronkan dengan perangkat seluler, dan tidak akan melakukan modifikasi apa pun pada file yang diunggah.

6. Gunakan Resolusi 4K

Instagram akan selalu melakukan kompresi, namun hal ini bisa diakali dengan mengunggah video dengan resolusi 4K. Memang hasil akhirnya dipastikan tidak akan beresolusi 4K saat diunggah.

Namun, video dengan resolusi lebih tinggi akan menghasilkan bitrate yang lebih tinggi juga.

Jika Anda mengunggah video 4K dari awal, penurunan kualitas ini akan tetap memberikan hasil video yang lebih baik daripada jika resolusi awal adalah 1080p.

Anda dapat mengubah resolusi perekaman melalui menu kamera di setiap ponsel. Namun, berbagai jenis ponsel memiliki antarmuka yang berbeda.

Berikut langkah-langkah untuk mengubah resolusi menjadi 4K pada ponsel Xiaomi Mi A1.

  • Buka aplikasi kamera.
  • Ketuk simbol video.
  • Tekan Opsi.
  • Pilih dan ketuk ikon pengaturan seperti di bawah ini.
  • Pilih opsi Kualitas Video.
  • Terakhir, ketuk opsi 4K..

Kemudian Anda tinggal merekam seperti biasa dan mengunggahnya ke Instagram. Anda juga dapat mengatur pengaturan lain yang mengubah kualitas dari Normal ke Tinggi, misalnya.

Jangan ragu untuk bereksperimen sesuka Anda untuk meningkatkan kualitas video karena tidak semua ponsel memiliki pengaturan yang sama.

Lihat Aplikasi Lainnya Juga: Cara Menggunakan Fitur Swipe Up Instagram

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang Cara Mengatasi Video Pecah di Instagram, silahkan ikuti tips dan trik dari kami agar postingan video atau gambar di instagram pribadi anda terlihat cantik dan menarik.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.

Cara Mengatasi Video yang Pecah dan Buram di Instagram