Cara Menggunakan Google Drive Untuk Pemula Apload dan Kelola File

Cara Menggunakan Google Drive

Posted on

Cara Menggunakan Google Drive – Kemajuan dunia teknologi yang tak henti-hentinya membuat berbagai alat untuk Anda dalam mendukung kegiatan setiap hari. Dari sekolah hingga bekerja, semuanya didukung oleh teknologi.

Google, sebagai salah satu perusahaan teknologi raksasa di dunia, juga terus memberikan inovasi yang berefek positif untuk para masyarakat banyak. Contoh teknologi yang dibuat oleh Google yang sekarang ini sangat membantu di dunia kerja iyalah Google Drive.

Apa Itu Google Drive?

Apa Itu Google Drive

Google Drive merupakan layanan untuk penyimpanan dokumen ataupun file secara gratis. Di Google Drive, ada kapasitas file maksimum yang dapat Anda pakai, dengan besar memori sebesar 15GB.

Jika Anda memerlukan kapasitas penyimpanan yang lebih besar lagi, Anda dapat memperolehnya dengan biaya tambahan.

Google Drive juga terhubung dengan layanan Google lainnya yang biasa digunakan di dunia kerja seperti Google Docs, Google Sheets, Google Slides, dan lainnya.Tidak hanya itu,

Google Drive dapat menjadi pusat dokumen kerja perusahaan Anda sehingga semuanya ada di dalamnya sehingga mudah diakses oleh karyawan.

Cara Menggunakan Google Drive

Cara Menggunakan Google Drive

Jika Anda tertarik menggunakan Google Drive, di bawah ini ada beberapa informasi berguna tentang cara menggunakan Google Drive untuk pemula.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Mengganti Tema Google Chrome

Cara Umum Menggunakan Google Drive

  • Masuk ke Google Drive

Untuk masuk ke Google Drive, Anda dapat mengunjungi situs web mereka di url https://www.google.com/drive/. Setelah masuk ke sana, Anda akan diminta untuk memilih salah satu jenis Google Drive, Pribadi, atau Bisnis yang diinginkan.

Untuk penggunaan yang lebih mudah, yang terbaik adalah menggunakan Pribadi saja. Namun, untuk menggunakan Google Drive, Anda harus memiliki akun Gmail terlebih dahulu karena nantinya akan terhubung di antara keduanya.

  • Periksa Dashboard Google Drive

Setelah masuk ke Google Drive, Anda akan berada di bagian dasbor dari Google Drive pribadi Anda. Memang ada cukup banyak langkah saat ingin menggunakan beragam fitur. Untuk mulai menggunakan Google Drive, pada dasarnya cukup mudah.

Sebagai pusat dokumen Anda sendiri, Anda dapat langsung memasukkan berbagai jenis file di sana seperti video, lagu, dokumen, ke foto dan gambar. Yang harus Anda lakukan adalah menyeret file dari komputer Anda ke dasbor goolge Drive.

  • Buat dokumen baru

Jika Anda benar-benar ingin membuat dokumen baru seperti dokumen, .ppt, atau excel, Anda dapat memilih bagian Baru di dasbor Google Drive. Di sudut kiri atas, ada tombol baru yang lumayan besar. Tekan tombol itu. Sesudah itu menu tambahan akan muncul.

Ada kata Folder (untuk membuat folder baru di Google Drive), Upload file (untuk mengunggah file dari komputer Anda), Upload folder (untuk mengunggah folder langsung dari komputer Anda), dan ada opsi untuk membuat Google Documents, Google Sheets , Google Slides, dan lainnya.

Untuk dapat membuat dokumen yang baru, Anda dapat memiliki salah satu opsi ini. Setelah Anda selesai membuat dokumen, dokumen akan secara otomatis disimpan di Google Drive Anda.

  • Bagikan dengan yang lain

Di dunia kerja, penggunaan Google Drive sangat sering. Dengan berbagai dokumen yang digunakan, setiap dokumen tidak hanya dilakukan atau diperiksa oleh satu orang. Tentunya ada berbagai macam orang yang menggunakannya.

Dokumen yang ada di Google Drive Anda juga dapat dibagikan dengan orang lain. Caranya adalah dengan membuka file, lalu klik tombol Bagikan di sudut kanan atas berwarna hijau.

Setelah itu, masukkan email setiap orang yang ingin Anda berikan dokumennya. Anda cukup klik Selesai setelah selesai. Akhirnya, dokumen-dokumen ini dapat dilihat oleh orang lain.

Cara Menggunakan Google Drive secara sederhana

Anda bisa menyimpan file secara aman serta membuka dan juga mengeditnya menggunakan perangkat apa pun memakai Google Drive.

  • Buka drive.google.com
  • Upload atau buat file
  • Bagikan dan atur file

Untuk menggunakan fitur Google drive, syaratnya adalah memiliki akun Email Google dan koneksi internet. Dengan akun ini, kamu dapat memanfaatkan berbagai fitur yang ditemukan di Google Drive secara gratis.

  • Akses Google drive dari PC / laptop.

Ada dua cara untuk mengakses Google Drive di PC / laptop, yaitu: Menggunakan aplikasi browser internet dan menggunakan aplikasi Google drive.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Membuat Akun Email Google & Yahoo

Cara Menggunakan Google Drive dengan web browser

Google drive sudah terintegrasi dengan browser chrome. jika sudah menggunakan chrome, klik ikon Google Apps dipojok kanan atas. Di dalam menu apps terdapat cukup banyak aplikasi dari Google, di antaranya Google drive.

Jika menggunakan browser selain Chrome, ketikkan alamat https://drive.google.com/drive/ di kotak bilah alamat. Setelah itu Anda akan diminta untuk masuk ke akun Google Anda.

Aplikasi Google drive ini bertujuan untuk menyinkronkan data di PC dengan yang ada di Google drive. Aplikasi ini dapat ditemukan di https://www.google.com/drive/download/

dan jika Anda telah menginstal aplikasi Google drive, Anda tidak perlu menjalankan browser web terlebih dahulu untuk mengakses Google Drive.

Karena Google Drive otomatis sudah muncul di deretan folder lain. Untuk mengakses data yang disimpan di Google drive, cukup buka Windows explorer.

Namun, untuk menjalankan aplikasi yang terdapat di Google drive masih menggunakan browser, karena aplikasi tersebut didasarkan pada browser web dan tidak diinstal pada PC / laptop.

Upload file / folder.

Untuk mengunggah file Anda harus terlebih dahulu membuat folder yang cocok dengan jenis atau kategorinya sehingga tertata dengan rapi agar tidak tersebar di halaman utama.

Jika tidak, file akan diunggah ke Drive Saya secara default dan akan bingung mencari file nanti ketika diperlukan.

  • Untuk membuat folder baru, klik New > New Folder
  • Beri nama folder, klik untuk masuk ke halaman folder yang baru dibuat.
  • Dari halaman Folder, klik new atau klik kanan> Unggah file> pilih file dari PC / laptop untuk diunggah.
  • Jika Anda ingin mengunggah folder, klik new atau klik kanan> unggah folder> pilih folder yang akan diunggah.

Download file / folder.

Selain downlad file, kita juga bisa langsung mendownload folder tersebut.

  • Klik kanan file / folder yang akan download > download

Cara Menggunakan Google Drive Aplikasi Google Office.

Google Drive juga menyediakan aplikasi kantor Google seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Google docs adalah aplikasi pengolah kata yang mirip dengan Microsoft Word, Google sheet adalah

aplikasi spreadsheet yang mirip dengan Microsoft Excel dan Google slide adalah aplikasi untuk presentasi yang mirip dengan Microsoft Power point. Jika Anda biasanya menggunakan

aplikasi Microsoft Office, tidak akan sulit untuk menggunakan aplikasi Google Office ini. Apa yang perlu dicatat dari Google Office adalah bahwa file yang dibuat di Google office

(Documents, Spreadsheet, atau Slide) tidak dapat langsung dibaca oleh Microsoft Office (Word, Excel atau Power point). Untuk tujuan ini, file yang dibuat di Google Office harus diunduh ke PC / laptop dalam format Microsoft office (konversi / ekspor).

Google Drive juga menyediakan aplikasi lain seperti formulir Google yang sering digunakan untuk survei online, Gambar Google untuk menggambar yang mirip dengan Microsoft Paint, Google My maps untuk menampilkan peta dan situs Google untuk membuat situs web.

Selain menggunakan aplikasi dari Google Drive, Google Drive pula memberikan pilihan aplikasi yang berasal dari pihak ketiga. Aplikasi pihak ketiga ini sangatlah banyak. Aplikasi untuk bisnis, hiburan, dan bahkan game.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga:

  1. New > More > +Connect more apps
  2. Di dalam daftar aplikasi pilih aplikai yang diinginkan, lalu klik + Connect. Muncul jendela pop up yang memberitahukan aplikasi tersebut sudah terkoneksi dengan Google drive kita.
  3. Aplikasi tersebut muncul dalam daftar menu aplikasi Google drive dan untuk menjalankannya: New > More > Klik aplikasi yang tadi kita pilih.

Jika ingin menghapus koneksi aplikasi tersebut dengan Google drive:

  • klik settings pada Google drive di pojok kanan atas dengan ikon berbentuk roda gigi
  • Pilih Manage apps pada panel sebelah kiri
  • Pilih Options di sebelah kanan aplikasi yang mau dihapus atau diputus dari Google drive
  • klik Disconnect from drive
  • klik Done

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Aplikasi Scan Dokumen di Android dan iOS

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang cara menggunakan Google drive. Dengan penjelasan cara menggunakan Google Drive bagi pemula di atas, Anda tidak perlu lagi kebingungan dalam penggunaannya.

Beragamnya fitur pada Google Drive memang sangat sayang untuk dilewatkan. Kordinasi pekerjaan jadi jauh lebih mudah, pekerjaan Anda pun menjadi lebih ringan.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.