Cara Menggunakan Laptop

Cara Menggunakan Laptop Yang Baik Untuk Pemula dan Perawatannya

Cara Menggunakan Laptop – Laptop adalah salah satu perangkat yang dapat diandalkan, terutama bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Laptop atau notebook mudah dibawa-bawa dan tidak memiliki banyak perangkat (seperti komputer).

Tak heran jika laptop atau netbook masih menjadi primadona. Laptop juga sangat mudah dipelajari, membiasakan menggunakan laptop adalah kunci anda untuk bisa menggunakanya.

Saat ini komputer telah menjadi kebutuhan bersama bagi setiap manusia. Komputer telah secara dramatis meningkatkan produktivitas di berbagai bidang termasuk komunikasi global dan menciptakan akses informasi setiap detik.

Dengan perkembangan zaman digital, kemampuan untuk mengoperasikan komputer adalah salah satu kemampuan dasar untuk setiap aspek sehingga belajar komputer dengan cepat sangat penting.

Mempelajari keterampilan komputer dasar bisa jadi sulit tanpa bimbingan yang tepat. Karenanya, dalam artikel ini, kami akan memberi sedikit informasi cara mempelajari dasar-dasar atau hal-hal yang wajib diperhatikan oleh pengguna yang ingin tahu mengenai Laptop.

Cara Menggunakan Laptop Yang Benar

Cara Menggunakan Laptop Yang Benar

Semakin Anda mengerti, semakin baik Anda mengoperasikan laptop. Meskipun Anda tidak pernah mengoprasikannya, Anda masih dapat menggunakan perangkat seluler yang satu ini. Jika Anda sudah bisa menggunakan ponsel, Anda tentu bisa menggunakan laptop.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Aplikasi Berbahaya untuk Laptop

1. Pengenalan Laptop

Sebelum menggunakan laptop, ada baiknya kita mempelajari apa yang ada di laptop kita. Untuk informasi ini, kita dapat membaca buku manual. Coba lihat di mana tombol power, lubang charger, kelengkapan charger, juga lubang USB dan CD-room.

Selain itu, mengetahui merek, seri, dan kelebihan laptop juga akan sangat membantu. Sebagai contoh, kamu membeli laptop dengan model layar yang dapat ditekuk 360 derajat atau layar engsel biasa.

Setelah mengenali bagian luar laptop, sekarang saatnya mengenal lebih jauh. Coba perhatikan area baterai laptop. Sebelum menggunakan, pastikan baterai laptop terisi penuh.

Caranya, Anda bisa mencoba mencolokkan kabel charger pada laptop (pastikan laptop masih dalam kondisi mati, ya). Biasanya akan ada lampu indikator yang bisa kita lihat.

Lampu ini biasanya ada di bagian depan di bawah keyboard. Jika lampu indikator masih merah atau oranye, berarti belum penuh. Jika kuning atau kehijauan, itu berarti sudah penuh.

Jika baterai masih belum penuh, disarankan untuk mengisi daya terlebih dahulu. Namun, jika sudah penuh, kita bisa segera mencabut kabel charger. Selanjutnya, letakkan laptop di atas meja datar.

Tutupi bagian bawah laptop dengan sesuatu yang bisa membuat kipas di bagian bawah laptop tetap bekerja dengan baik.

2. Letakkan Laptop Pada Tempat yang Nyaman

Di bagian bawah laptop, ada kipas yang berfungsi untuk mendinginkan mesin. Jika lubangnya tersumbat, maka komponen akan cepat panas dan menyebabkan laptop hang. Kita dapat memasang bagian bawah dengan bantalan pendingin.

Permukaannya yang berlubang akan sangat berguna untuk pekerjaan pendingin laptop. Selain itu, cooling pad juga memiliki kipas pendingin yang dapat membantu kinerja pendingin bawaan laptop kamu.

3. Tombol Power

Mulai buka laptop dengan kemiringan yang tepat. Artinya, laptop biasanya hanya bisa digunakan ketika layar dinaikkan atau dibuka. Sesuaikan kemiringan layar dengan jarak pandang kamu. Jangan tarik layar terlalu jauh, karena akan merusak engsel di layar.

Saat ini ada laptop dengan layar yang bisa ditekuk 360 derajat. Jadi, kenali laptop masing-masing. Setelah memiliki sudut layar yang pas, mulailah mencari tombol powernya.

Tombol ini bisa berbeda letaknya di setiap laptop. Ada kiri atas keyboard, kanan atas keyboard, dan di bagian bawah keyboard. Namun, tombol ini biasanya cukup mencolok untuk letaknya, jadi jangan panik. Selanjutnya, tekan tombol power tersebut.

Akan ada lampu indikator lain yang memberi sinyal kepada kamu bahwa laptop sudah menyala. Jika lampu menyala, kita hanya harus menunggu sebentar sampai layar juga ikut menyala.

4. Menggunakan Touchpad

Touchpad atau kursor atau mouse pada laptop sangat sensitif. Biasanya terletak di bagian bawah keyboard, rata, cukup besar dan panjang. Touchpad ini adalah pengganti mouse (di komputer). Cara kerjanya, gunakan jari Anda untuk bergerak ke kanan dan kiri.

Kemudian jika kita akan membuka programnya, arahkan saja touchpad ke aplikasi yang diinginkan, lalu klik di sebelah kiri. Coba juga menggunakan klik kanan untuk opsi lainnya.

Jika touchpad bermasalah karena terlalu sensitif, kita dapat menggunakan mouse. Ini akan sangat membantu bagi mereka yang terbiasa menggunakan komputer sebelumnya. Mouse dapat dihubungkan ke laptop melalui lubang di sisi kanan atau kiri laptop.

5. Cari Lokasi Optical Drive/CD Room

Laptop tentu berbeda dengan ‘netbook’ yang umumnya tidak memiliki optical drive. Keuntungan ini tentu saja terkait dengan ukurannya, karena laptop cukup besar untuk dapat dimasukkan drive optik ke dalam laptop.

Optical Drive ini dapat digunakan untuk membaca file CD / DVD atau menginstal program dan driver. Lokasi drive optik biasanya terletak di samping, Anda dapat membukanya dengan menekan tombol kecil.
Jika sulit, coba masukkan Windows Explorer.

Setelah itu, cari simbol drive optik dan lakukan klik kanan. Pilih opsi ‘eject’, drive optik akan secara otomatis keluar Selanjutnya, Anda dapat mencoba dengan meletakkan CD / DVD ke dalam ruang drive optik. Kemudian tutup kembali dengan hati-hati.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Burning File Ke CD/DVD

6. Update Software

Sebagai pemula, kamu perlu belajar mengupdate sebuah perangkat lunak (software) agar tidak bingung jika sewaktu-waktu ada masalah.
pada laptop sebenarnya sudah terinstall berbagai aplikasi seperti :

  • kalkulator
  • pengolahan kata dasar (notepad)
  • dan aplikasi untuk berbagi poto.

7. Pasang Software Office untuk Pekerjaan

Laptop juga sebenarnya digunakan untuk orang yang membutuhkan fleksibilitas dalam bekerja mobile. Karena itu, Anda perlu menambahkan aplikasi kantor untuk mendukung pekerjaan.

Dengan menambahkan aplikasi ini, Anda dapat mengetik, membuat presentasi, atau mencatat akuntansi. Jika laptop Anda tidak memiliki aplikasi, coba instal salah satu aplikasi berikut:

Open Office dan Libre Office, aplikasi ini dapat memproses kata-kata, membuat spreadsheet untuk akuntansi atau membuat presentasi. Mungkin aplikasi ini tidak selengkap Microsoft Office, tetapi sebenarnya ini cukup bagus. Apalagi aplikasi ini gratis tanpa harus membayar lisensi.

Google Documents sebagai pilihan kedua untuk menggantikan office suite. Perlu Anda ketahui, Google Documents adalah perangkat lunak berbasis tertutup (komputasi awan) yang menawarkan fungsi yang sama dengan Open Office atau MS. Office.

Terlepas dari pilihan alternatif, perangkat lunak ini sangat berguna. Kelebihan lainnya, perangkat lunak ini gratis. Untuk menggunakannya, Anda harus terhubung ke internet.

Microsoft Office, aplikasi ini tentu sangat akrab di telinga kita. Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis jika laptop Anda sudah diinstal Windows.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Uninstall Aplikasi dan Game di PC/Laptop

8. Cara Menggunakan Laptop: Menyambungkan Internet

Laptop adalah perangkat portabel, tetapi Anda harus menghubungkannya ke internet agar dapat digunakan lebih optimal. Jika semua driver laptop diinstal, Anda biasanya dapat menjelajahi internet segera. Anda dapat menjelajahi perantara berikut:

  • WiFi: Coba cari simbol sinyal di laptop, lalu klik. Setelah itu pilih nama WiFinya dan masukkan kata sandi. Buka browser Anda, lalu periksa internet.
  • Modem: Anda harus membeli perangkat ini di toko bersama dengan paket data. Masukkan kartu SIM, lalu klik hubungkan pada aplikasi modem default. Setelah itu, Anda bisa langsung berselancar di internet.
  • Jaringan Ethernet: Jika Anda menggunakan jaringan langsung, Anda dapat memasukkan kabel Ethernet dari router atau modem ke port samping (RJ45). Dengan begitu, laptop Anda secara otomatis terhubung ke internet.

9. Cara Menggunakan Laptop: Menggunakan Mouse

Meskipun laptop sudah memiliki trackpad, Anda juga perlu menambahkan mouse untuk mendapatkan lebih banyak leverage.

Mouse akan memudahkan Anda menyelesaikan pekerjaan karena Anda tidak perlu menjaga pergelangan tangan Anda pada sudut yang sama.
gunakan mouse nirkabel sehingga tidak rumit tentang kabel.

10. Kombinasi dan Duplikasi Layar

Untuk menghasilkan produktivitas tinggi, Anda dapat menggandakan layar Anda ke monitor lain. Anda bisa mengarahkannya ke komputer desktop. Antarmuka mungkin lebih besar dan lebih baik untuk digunakan.

Anda dapat memilih layar kedua sebagai layar utama atau menggunakan kedua layar secara bersamaan.

11. Cara Menggunakan Laptop: Menyambungkan Speaker

Biasanya speaker laptop kurang keras. Jika Anda membutuhkan suara yang besar dan kuat, Anda harus menggunakan speaker eksternal. Laptop Anda mungkin memiliki audio digital, 5.1 atau SPDIF yang dapat menyediakan audio dengan akurasi tinggi.

Selain itu, laptop Anda mungkin dapat terhubung dengan audio di dalam mobil. Cobalah untuk menemukan cara kemudian lakukan dengan hati-hati. Jangan mengubah lagu sendiri dengan menekan tombol jika Anda mengendarai mobil.

12. Cara Menggunakan Laptop: Mematikan Laptop

Mematikan Laptop pun ada step by stepnya. Jika dimatikan begitu saja, bisa membuat performa laptop menurun. berikut langkah-langkahnya:

  • Cari menu Start. Biasanya menu ini ada di layar di bawah sisi kiri. Lalu klik kiri.
  • Kemudian klik menu Shut Down. Beberapa laptop akan langsung mati, tetapi ada juga laptop yang masih meminta persetujuan kamu apakah akan benar-benar dimatikan, kami cukup tekan tombol Ok.
  • Kemudian tunggu laptopnya benar-benar mati. Jangan langsung menutup layar. Tunggu sampai benar-benar dingin, lalu tutup layar.

Hal-hal yang Harus Dihindari saat Menggunakan Laptop

Hal-hal yang Harus Dihindari saat Menggunakan Laptop

Setelah mengetahui cara menggunakan Laptop yang kamu miliki, kamu juga harus meghindari beberapa hal berikut agar laptop yang kamu miliki tidak cepat rusak

1. Mencopot Baterai

Sangat tidak disarankan untuk melepas baterai laptop saat menggunakannya. Mungkin niat awal, agar kinerja baterai lebih tahan lama, memilih melepasnya dan segera pasang charger lalu nyalakan laptop. Namun, ketahuilah bahwa tindakan ini akan membuat hard disk mudah rusak.

Laptop dirancang untuk menggunakan baterai. Kemudian gunakan laptop saat baterai sudah terisi (bukan sedang diisi). Jika baterai habis, kamu harus memberi waktu pada laptop untuk mengisi daya dengan mematikannya, lalu mencolokkan pengisi daya.

Tunggu sampai baterai terisi penuh. Jika dalam keadaan darurat, lebih baik menggunakan laptop saat mengisi daya. Meski kemudian kinerja baterai cepat rusak. Namun, baterai laptop tidak akan cepat rusak jika ini tidak dilakukan terlalu sering.

2.Memangku Laptop

Disarankan untuk selalu membuat ruang di bagian bawah laptop. Ini dilakukan agar kinerja pendinginan laptop tetap terjaga. Memangku laptop juga sangat tidak disarankan. Karena panas di laptop tidak bisa keluar. Sebaliknya panas dalam tubuh kita akan menambah kompleksitas dalam laptop.

Karena itu, ketika menggunakan laptop itu harus di atas meja. Jika Anda tidak memiliki bantalan pendingin, Anda dapat melapisi bagian bawahnya dengan buku tebal. Namun, pastikan alasan tidak menutupi lubang sirkulasi udara.

Selain memangku laptop, hindari meletakkan laptop di sofa, tempat tidur, atau permukaan lunak lainnya. Permukaan lunak dapat menahan panas pada laptop. Jika tersumbat, itu dapat menyebabkan laptop mudah eror.

3. Jauhi Suhu Panas

Ternyata suhu lingkungan kita juga memengaruhi kinerja laptop. Sebaiknya hindari menggunakan laptop pada suhu yang terlalu panas. Misalnya, di dapur tertutup yang sedang memanggang roti dengan oven besar. Ini akan menyebabkan laptop eror atau penurunan kinerja laptop.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Menginstall Printer ke Laptop

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang Cara Mudah Mengoperasikan Laptop. Sekarang anda tidak perlu kawatir lagi ataupun bingung bagaimana cara mengoperasikan laptop sekarang anda telah mengetahui cara menyalakan dan mematikan serta perangkat utama laptop.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.