Cara Mengurangi Penggunaan RAM

Cara Mengurangi Penggunaan RAM

Cara Mengurangi Penggunaan RAM – Memaksimalkan penggunaan RAM dan CPU pada komputer merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk mempercepat Windows 10.

Semakin banyak ruang memori dan sisa prosesor akan membuat program yang ada berjalan dengan lancar terutama bagi Anda yang terbiasa bekerja dengan multitasking, membuka banyak aplikasi semua sekaligus Memori hp android semakin membesar seiring dengan keluarnya produk terbaru dari masing-masing produsen gadget.

Namun masalah keterbatasan memori ponsel sepertinya tak kunjung usai, pengguna ponsel biasanya panik ketika muncul peringatan memori RAM Hp yang semakin terbatas, untuk pekerjaan smartphone yang tidak maksimal.

Sebelum hp bekerja menjadi lemot atau muncul peringatan sebaiknya segera kosongkan memori RAM hp android tersebut.

Apa itu RAM?

Apa itu RAM

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory, fungsinya sebagai media penyimpanan jangka pendek untuk program yang sedang berjalan.

Semakin banyak RAM yang tersedia, semakin banyak program yang dapat kita jalankan tanpa membuat lag.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Menghidupkan HP Android Tanpa Tombol Power

13 Cara Mengurangi Penggunaan RAM

Mengurangi Penggunaan RAM

1. Periksa aplikasi yang berjalan

Aplikasi yang tidak perlu dijalankan terus menerus harus menonaktifkan fungsinya sendiri untuk menghemat RAM. Namun, terkadang ada beberapa aplikasi “nakal” yang selalu berjalan di background meski Anda tidak ingin atau sedang menggunakannya.

Untuk mengatasi masalah ini, buka pengaturan ponsel cerdas Anda dan klik bagian memori atau RAM. Di sana Anda dapat melihat penggunaan RAM dari aplikasi Anda.

Jika Anda melihat aplikasi yang banyak menggunakan RAM padahal Anda jarang membukanya, itulah aplikasi nakal. Salah satu aplikasi nakal yang pasti akan Anda temukan adalah aplikasi Facebook.

Aplikasi Facebook selama ini dikenal rakus dan selalu aktif. Hal tersebut menyebabkan smartphone menjadi lebih lambat dan juga menguras baterai.

2. Hindari Menggunakan Aplikasi RAM Manager

Satu-satunya aplikasi yang terbukti bermanfaat mengurangi penggunaan RAM adalah aplikasi Greenify. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengalihkan aplikasi tertentu ke mode hibernasi.

Dalam keadaan ini, aplikasi tidak akan aktif sampai Anda membukanya. Tetapi berhati-hatilah. Jangan menempatkan aplikasi perpesanan seperti Whatapps atau Line dan juga aplikasi jam alarm ke dalam mode hibernasi.

Karena ini akan mengakibatkan Anda tidak bisa mendapatkan notifikasi obrolan baru dan pengaturan jam alarm tidak berfungsi.

3. Minimalkan Jumlah Widget yang Anda Gunakan

Salah satu kelebihan smartphone Android adalah adanya widget yang bisa Anda tempatkan di homescreen Anda. Widget sangat berguna untuk memberikan informasi seperti agenda, kalender atau berita terbaru.

Namun widget tersebut sebenarnya menggunakan RAM. Memang, ini menggunakan lebih sedikit RAM, tetapi dapat terakumulasi ketika lebih banyak widget digunakan. Jika Anda merasa smartphone Anda lambat, coba hapus widget yang tidak Anda butuhkan.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Mengatasi Laptop Hang

4. Jangan Gunakan Wallpaper Animasi

Live Wallpaper adalah gambar latar bergerak atau animasi. Meski cantik dan menarik, wallpaper hidup juga menggunakan banyak RAM. Pada smartphone dengan RAM terbatas, lebih baik menggunakan gambar statis.

Lagi pula, wallpaper hidup yang Anda gunakan juga tidak memiliki manfaat apa pun. Mengapa? Penjelasanya sederhana, ketika kamu mengunci layar smartphone,

kamu pasti akan fokus pada aktivitas kamu di luar gadget, bukan? Tidak mungkin ada waktu untuk memperhatikan gerakan di layar smartphone.

5. Gunakan aplikasi Greenify

Satu-satunya aplikasi yang terbukti bermanfaat mengurangi penggunaan RAM adalah aplikasi Greenify. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengalihkan aplikasi tertentu ke mode hibernasi.

6. Periksa penggunaan memori dan hapus aplikasi

Langkah pertama yang dilakukan adalah mencari tahu kapasitas memori RAM ponsel yang tersedia dan digunakan dengan cara klik Android Settings> Memory.

Selanjutnya, pengguna dapat mengetahui jumlah memori yang digunakan oleh aplikasi dengan mengklik “Memori yang digunakan oleh aplikasi.

Pengguna dapat mempertimbangkan untuk menghapus aplikasi intensif memori dengan mengklik urutkan menurut maks. Gunakan di tiga tombol teratas.

Pengguna juga dapat memaksa aplikasi untuk berhenti beroperasi untuk membebaskan RAM ponsel mereka.) android.

7. Pilih mode nonaktifkan aplikasi

Selain menghapus, opsi lain adalah menonaktifkan aplikasi atau menonaktifkan aplikasi untuk program yang dibutuhkan pada waktu tertentu.

Pengguna ponsel bisa mengklik Settings> Apps untuk mengetahui aplikasi mana yang bisa dihentikan sementara, kemudian klik disable.

Aplikasi biasanya akan berhenti sementara namun kinerjanya kurang optimal, oleh karena itu pengguna disarankan untuk rutin mengecek fungsi ponsel Android.

8. Gunakan aplikasi Booster

Pengguna dapat mengunduh aplikasi booster langsung dari toko Google. Salah satu fungsi dari aplikasi tersebut adalah peningkat memori yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan efektivitas memori RAM HP langsung dari homescreen.

Beberapa aplikasi booster yang biasa digunakan adalah Clean Master, CCleaner, dan DU Speed ​​Booster. Aplikasi ini dapat jadi alternatif selain secara langsung masuk pada pengaturan ponsel dan mereset setiap file dan aplikasi.

9. Kosongkan cache

Aplikasi pada ponsel Android biasanya disimpan dalam cache sehingga lebih mudah ditemukan saat dibuka dan menyimpan data seluler.

Dikutip dari CNet, untuk menghapus data yang di-cache dari satu aplikasi, Anda dapat mengklik aplikasi yang dimaksud, penyimpanan, lalu menghapus cache.

Sedangkan untuk menghapus data dari semua aplikasi, Anda dapat mengklik pengaturan, penyimpanan, dan menghapus data yang di-cache.

10. Hapus file yang diunduh

Ponsel Android biasanya menyimpan semua file yang diunduh meskipun pengguna tidak membutuhkannya. Jika terlalu banyak file yang diunduh dan disimpan, memori RAM HP berisiko penuh dan mengganggu kerja ponsel.

Pengguna disarankan untuk segera menghapus file unduhan yang tidak perlu dengan mengakses file saya atau file saya dan memilih file yang dapat dihapus, karena tidak diperlukan dalam aktivitas sehari-hari.

11. Siasati foto

Selain file, foto juga harus dielakkan agar tidak terlalu banyak menggunakan memori RAM pada ponsel Android.

Beberapa cara yang bisa diterapkan adalah dengan memperkecil ukuran foto (kompresi) dengan berbagai aplikasi yang tersedia di Google store, simpan di Google Foto, dan pindahkan ke penyimpanan eksternal lainnya.

Untuk mengaktifkan Google Foto, cukup buka aplikasi, pengaturan, backup dan sinkronisasi, lalu hidupkan.

12. Gunakan MicroSD

Ponsel Android biasanya membolehkan pemakaian Micro SD sebagai tempat penyimpanan ekstra selain pada memori ponsel. Anda bisa memanfaatkannya untuk menyimpan aplikasi yang membutuhkan banyak memori.

Dikutip dari Fonepaw, jika aplikasi bisa dipindahkan akan muncul tombol pindah ke kartu SD. Dalam keadaan ini, aplikasi tidak akan aktif sampai Anda membukanya.

Tetapi berhati-hatilah. Jangan menempatkan aplikasi perpesanan seperti Whatapps atau Line dan juga aplikasi jam alarm ke dalam mode hibernasi.

Karena ini akan mengakibatkan Anda tidak bisa mendapatkan notifikasi obrolan baru dan pengaturan jam alarm tidak berfungsi.

13. Gunakan tema default

Mengganti tema memang menyenangkan, Anda bisa menemukan banyak sekali tema custom gratis yang bisa diinstal. Ini juga terlihat bagus dan sangat menarik.

Namun perlu diketahui bahwa memasang theme apapun justru bisa merugikan, resikonya bisa menyebabkan komputer terkena virus dan malware, masalah update, crash, blue screen atau setidaknya membuat komputer semakin lambat.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Memperkuat Sinyal Wifi Paling Mudah

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang Cara Mengurangi Penggunaan RAM, RAM adalah spesifikasi yang sangat penting. Tak heran jika semua orang menyarankan jika ingin membeli smartphone baru, pilihlah smartphone yang memiliki RAM banyak.

Namun jika anda memahami informasi diatas anda tidak perlu membeli hp baru dalamwaktu dekat.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.