Cara Merawat Laptop Agar Awet

Cara Merawat Laptop
Cara Merawat Laptop

Cara Merawat Laptop – Merawat laptop menjadi salah satu hal penting untuk menjaga performa perangkat tersebut, terutama saat Anda bekerja dari rumah yang jam kerjanya tidak teratur.

Perawatan laptop yang baik dapat mencegah kerusakan. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam merawat laptop. Apa sajakah dari mereka?

Berikut tips dan cara merawat laptop agar kinerjanya tetap terjaga dan mencegah kerusakan.

1. Pilih sistem operasi yang sesuai

Cara Merawat Laptop: sistem operasi

Banyak orang mengganti laptop karena laptop yang mereka miliki bekerja sangat lambat. Selain karena faktor usia perangkat keras, hal ini umumnya juga terjadi karena Anda memasang OS yang tak sesuai di laptopnya.

Misalnya, laptop lama dengan RAM 512 MB tentunya tidak akan cocok untuk menjalankan Windows 7 atau Windows 8. Oleh karena itu, jika laptop Anda memiliki spesifikasi pas-pasan, pilihlah Windows XP yang lebih ringan dari Windows terbaru.

Jika Anda mengkhawatirkan keamanan Windows XP, gunakan distribusi Linux yang mirip dengan Windows XP. Anda juga bisa membaca trik untuk mempercepat booting Windows 8 jika laptop Anda sudah menggunakan Windows 8 atau Windows 8.1.

2. Lakukan pembaruan perangkat lunak

Cara Merawat Laptop: perangkat lunak

Cara merawat laptop selanjutnya adalah dengan mengupdate aplikasi dan sistem operasi yang Anda gunakan.

Meski belum ada aplikasi dan sistem operasi yang sempurna, dengan mengupdatenya Anda dapat meminimalisir berbagai masalah kinerja dan keamanan yang dapat membahayakan laptop Anda.

3. Gunakan laptop dengan hati-hati

Cara Merawat Laptop: Gunakan laptop dengan hati-hati

Laptop merupakan perangkat yang cukup rentan sehingga komponennya bisa mudah rusak bila terjatuh, terbentur, dan lain sebagainya.

Beberapa komponen memang bisa diganti, namun jika harddisk rusak maka otomatis data yang Anda miliki akan hilang dan tentunya tidak bisa diganti.

Komponen lain yang cukup rapuh adalah monitor. Jika monitor laptop rusak, maka akan menghabiskan banyak biaya untuk memperbaiki atau menggantinya.

Oleh sebab itu, selalu berhati-hatilah saat menggunakan laptop atau membawanya pergi agar tidak terjatuh, terbentur, atau bahkan terciprat cairan.

4. Bersihkan laptop secara teratur

Cara Merawat Laptop: Bersihkan laptop

Cara merawat laptop selanjutnya adalah dengan membersihkan komponen-komponennya secara rutin. Komponen yang harus selalu dibersihkan adalah kipas angin atau kipas angin karena komponen tersebut merupakan tempat berkumpulnya debu dan kotoran.

Jika terlalu banyak debu, biasanya kipas angin tidak akan berfungsi dengan baik sehingga laptop Anda cepat panas dan sering mati mendadak.

Membersihkan kipas laptop cukup sulit karena harus membongkar. Oleh karena itu, tanyakan kepada orang yang telah ahli atau bisa bawa pada tempat servis untuk dapat bersihkan kipas angin.

Selain kipas angin, komponen lain seperti keyboard, monitor, dan lainnya juga harus rutin dibersihkan agar tidak cepat rusak.

5. Upgrade perangkat keras laptop

Cara Merawat Laptop: Upgrade perangkat keras laptop

Untuk Banyak orang, mengganti perangkat keras atau hardware tidak mungkin dilakukan. Namun hal tersebut sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah karena banyak komponen laptop yang dijual bebas di pasaran saat ini.

Anda bisa dengan mudah mengganti RAM, hard disk, atau bahkan monitor laptop yang rusak.

Jika Anda mengetahui komponen mana yang kinerjanya kurang baik, maka Anda dapat dengan mudah mengganti komponen tersebut tanpa harus menjual laptop kesayangan Anda. Ini juga akan secara otomatis meningkatkan umurnya lebih lama.

Itulah beberapa langkah mudah agar laptop Anda tidak cepat rusak. Apakah Anda memilih cara lain untuk merawat laptop? Silahkan share ke pembaca lainnya di kolom komentar di bawah.

6. Cara Merawat Laptop: Hapus bloatware

Hapus bloatware

Bloatware adalah perangkat lunak promosi yang dibundel oleh merek laptop. Jadi, setelah membeli laptop baru, coba hapus Bloatware dengan masuk ke Control Panel, pilih Program dan Fitur,

lalu hapus instalan software yang tidak dibutuhkan atau mencurigakan dari list program. Menggunakan cara ini, aplikasi tambahan ini tidak memakan RAM dan membebani kinerja laptop.

7. Cabut periferal atau aksesori laptop

Upgrade perangkat keras laptop

Tiap kali laptop tidak dipakai, walaupun dengan waktu yang singkat, selalu untuk cabut aksesori apa pun yang terinstal pada laptop.

Seperti tidak mencabut baterai laptop dari soketnya padahal baterainya sudah penuh. Selain itu, sangat penting untuk mencabut periferal apa pun sebelum memasukkan laptop ke dalam tas, agar laptop dan periferal tidak cepat rusak.

8. Cara Merawat Laptop: gunakan antivirus

antivirus

Di era serangan dunia maya termasuk malware, spyware, atau ancaman ransomware, Anda perlu memasang perangkat lunak keamanan yang kuat di sistem Anda.

Menginstal perangkat lunak antivirus diperlukan karena memiliki fitur keamanan tambahan secara real time.

9. Bijaklah untuk mengunduh perangkat lunak atau aplikasi

Jangan sembarangan mendownload software atau aplikasi jika berasal dari situs yang tidak jelas. Meskipun gratis, perangkat lunak tertentu terkadang disusupi oleh virus.

Jika virus masuk ke laptop, dapat merusak sistem yang bekerja di perangkat laptop kesayangan Anda.

10. Cara Merawat Laptop: Pembaruan BIOS

Seperti program aplikasi dan driver perangkat keras, BIOS juga perlu diperbarui untuk memastikan Anda memiliki versi terbaru. Biasanya update dari BIOS akan meningkatkan performanya sehingga kompatibilitas antara hardware dan software tetap terjaga.

Untuk melakukan ini, cukup kunjungi situs web produsen laptop untuk pembaruan BIOS. Tetapi jika Anda takut gagal, Anda dapat pergi ke teknisi komputer untuk melakukannya.

11. Cara Merawat Laptop: Selalu matikan laptop

Tidak seperti PC desktop, laptop harus dimatikan saat tidak digunakan. Mematikannya saat tidak digunakan akan mencegah laptop cepat panas, serta membuat perangkat kesayangan Anda istirahat.

12. Perhatikan cara mengemasnya

Jangan sekali-kali membawa laptop dalam keadaan standby, karena akan merusak harddisk. Selain itu, saat Anda memasukkannya ke dalam tas, jangan menutup ritsletingnya dengan sempurna karena akan mengakibatkan sirkulasi udara yang minim.

Tips lainnya, jangan membawa terlalu banyak barang bawaan di tas Anda. Karena pada akhirnya, beban yang terlalu berat bisa menekan layar sehingga menyebabkan kerusakan.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca:

Akhir Kata

Nah, Itulah Beberapa informasi dari kami tentang Cara Merawat Laptop Agar Awet, Lakukan cara-cara di atas agar masa pemakaian laptop Anda menjadi lebih lama lagi.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.