Cara Reset iPad

Cara Reset iPad
Cara Reset iPad

Cara Reset iPad – Apakah Anda lupa kode sandi iPad Anda? Atau muncul pesan yang memberi tahu Anda bahwa iPad Anda dinonaktifkan?

Wah .. Ini adalah situasi paling menakutkan untuk setiap pengguna iPhone atau iPad.

Beberapa orang biasanya sangat ingin sekali mengamankan smartphone-nya dengan memberikan passcode untuk mengunci smartphone-nya agar tidak dibuka oleh sembarangan orang.

Tetapi hal-hal seperti melupakan kode sandi tentu saja bisa terjadi. Lalu apa yang harus dilakukan jika hal seperti itu terjadi?

Kami punya solusi untuk Anda yang mengalami hal-hal seperti lupa kode sandi di iPad.

Pasalnya, artikel kali ini akan membahas cara reset kembali iPad dengan mudah dengan cepat dan tanpa kerumitan. Baca artikelnya sampai selesai.

Cara reset iPad hampir sama dengan semua perangkat yang ada. Apalagi proses reset merupakan cara mudah untuk memperbaiki iPad yang terkadang memperlambat kinerjanya, atau pengaturan sistem yang salah.

Apple menyediakan tiga cara mudah untuk mereset iPad, dari soft reset, paksa restart hingga factory reset.

Dua cara pertama tidak akan membuat data di perangkat hilang, tapi cara terakhir pasti akan membuat perangkat baru kembali.

Namun Sebelum mereset ipad milik Anda ada baiknya Anda Backup data ipad Anda terlebih dahulu.

Cara Backup Data iPad

  • Hubungkan ipad Anda dengan PC atau laptop menggunakan kabel USB.
  • Buka iTunes.
  • Tunggu iTunes untuk mensingkronkan perangkat serta membuat cadangan.
  • Setelah sinkronisasi dan cadangan selesai, tekan pulihkan perangkat.
  • sesudah berada pada layar setting saat pemulihan perangkat iOS, pilih Pulihkan dari cadangan iTunes.
  • Klik perangkat pada iTunes. Perhatikan tanggal dan ukuran setiap backup dan pilih yang paling relevan.

Cara Reset iPad

3 Cara Reset iPad

1. Soft Reset

Cara ini dapat dijalankan jika iPad dirasa memiliki performa lemot seperti umumnya, mulai saat membuka apps tertentu ataupun saat bermain game tidak terlalu responsif.

Cara ini hanya perlu menekan tombol on / off. Tidak ada data atau pengaturan yang akan diubah atau hilang saat soft reset dilakukan.

  • Tekan button Power sampai ikon slider muncul pada layar. Sebagian banyak iPads memiliki penggeser di layar atas, Nah, untuk iPad yang lebih lama, penggeser akan muncul di samping.
  • Geser penggeser dari kiri ke kanan hingga layar mati. Saat tidak lagi menyala, tekan lagi tombol Daya untuk menghidupkan kembali layar.

2. Force Restart

Proses reset ini juga bisa disebut hard reset. Ini bisa dilakukan jika layar iPad tiba-tiba tidak merespons sentuhan atau tiba-tiba lambat.

Cara ini juga bisa dilakukan jika soft reset Anda tidak berhasil membangunkan layar.

  • Tekan tombol Power dan Home secara bersamaan dalam waktu yang lama, hingga layar mati kemudian muncul perintah Reboot. Saat logo Apple muncul, lepaskan tekanan jari pada kedua tombol.

Jangan lupa, ada beberapa versi iPad yang tidak memiliki tombol Home, seperti iPad 2020. Jadi yang harus Anda lakukan adalah,

  • Tekan dan lepaskan tombol Keraskan Volume dengan cepat
  • Tekan dan lepaskan tombol Volume Turun dengan cepat
  • Kemudian Tekan dan tahan tombol Daya hingga perangkat memulai ulang sendiri.

3. Reset Pabrik

Kemampuan reset ini ada di hampir semua perangkat. Tujuannya adalah mengembalikan pengaturan perangkat ke cara pembelian awal.

Perlu diingat bahwa Factory Reset akan menghapus semua file data dan pengaturan di iPad jadi ada baiknya untuk mencadangkan data di dalamnya terlebih dahulu.

  • Buka Pengaturan – Umum – Atur Ulang dan Ketuk – Hapus Semua Konten dan Pengaturan.
  • Ketuk erase iPad dan konfirmasi.
  • Jika sudah selesai, layar akan menampilkan prosesnya seperti saat pertama kali iPad baru dibeli.
  • Disini kita dapat pilih untuk backup file dan data yang telah di-backup atau menjadikan iPad layaknya semula.

Baca Juga:

Penutup

Itulah sekilas pembahasan kami mengenai Cara Reset iPad dan Kembalikan ke Setelan Pabrik. Silahkan ikuti cara-cara yang kami berikan di atas untuk mereset iPad Anda.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.