4 Cara Uninstall Aplikasi dan Game di PC Laptop Sampai ke Akarnya

Cara Uninstall Aplikasi dan Game di PC/Laptop

Posted on

PC atau laptop yang terasa lambat atau sering mengalami hang bisa sangat mengganggu anda ketika bekerja atau mengerjakan tugas, bisa jadi penyebabnya memori hardisk yang penuh karena terlalu banyak aplikasi yang tak terpakai. Lalu bagaimana cara uninstall aplikasi pc tersebut?

Tidak semua orang tau bagaimana cara uninstall aplikasi di PC atau laptop mereka meskipun mereka selalu menggunakan PC atau laptop setiap harinya. Nah, disini kami akan menjelaskan bagaimana cara untuk uninstall aplikasi PC atau laptop.

Namun anda sebaiknya simak dahulu hal negatif apa yang akan terjadi pada PC atau Laptop anda bila memori hardisk anda telah penuh. Berikut penjelasannya.

Apa Yang akan Terjadi Jika Hardisk PC/Laptop Penuh?

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan 3 hal negatif yang akan terjadi bila PC atau laptop memiliki penyimpanan hardisk yang telah penuh. Simak penjelasannya di bawah.

1. Tidak Dapat Menginstal Pembaruan, Program, Dll

Pembaruan sistem penting dilakukan untuk kinerja komputer yang lebih tinggi, terutama ketika menyangkut pada keamanan komputer. Tetapi, sistem bisa gagal saat memperbarui sendiri ketika hard disk penuh.

Anda juga tidak akan dapat menginstal program atau aplikasi baru yang Anda butuhkan.

2. System Crash

Selain berjalan lambat, sistem komputer juga dapat sering macet (macet atau lag) ketika tidak ada ruang tersisa di hard disk PC atau Laptop anda.

Komputer membutuhkan ruang kosong pada hardisk untuk memori virtualnya yang digunakan untuk menyimpan data ketika lost RAM. Oleh karena itu, sistem akan macet ketika tidak ada lagi ruang kosong di hard disk.

3. Kerusakan Data

Anda juga dapat mengalami data corruption atau kerusakan data saat hard disk penuh. Misalnya, ketika Anda membuka file dan sistem tiba-tiba crash karena tidak ada ruang kosong yang cukup, maka ada kemungkinan file tersebut akan disimpan dalam bentuk korup.

Anda tentu tidak ingin mengalami hal di atas, bukan? Untuk itu, Anda perlu memastikan bahwa hard disk komputer Anda memiliki ruang kosong yang cukup sehingga sistem dapat bernapas lega.

Nah, cara yang dapat Anda lakukan untuk memperluas ruang penyimpanan hard disk iyalah dengan membuang semua program atau aplikasi yang tidak diperlukan.

Selain itu, Anda juga perlu membersihkan sistem file sampah yang telah terakumulasi, sehingga Anda dapat menghemat lebih banyak ruang.

Sangat mudah untuk menghapus aplikasi pada laptop atau PC. Anda dapat menggunakan fitur bawaan laptop atau menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan ini.

Berikut adalah beberapa cara untuk menghapus instalasi program atau aplikasi pada laptop Windows dengan mudah dan cepat.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Aplikasi Screen Recorder Gaming Untuk PC

Cara Uninstall Aplikasi di PC/Laptop

4 Cara Uninstall Aplikasi dan Game di PC Laptop Sampai ke Akarnya

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan 4 cara untuk menghapus aplikasi pada PC atau laptop melalui Panel Kontrol, start menu, Pengaturan dan aplikasi. Mari kita simak penjelasan di bawah ini.

1. Cara Uninstall Aplikasi Melalui Control Panel

Panel kontrol adalah komponen Microsoft Windows yang berisi fasilitas untuk melihat dan mengelola pengaturan sistem.

Untuk menghapus instalasi aplikasi melalui Control Panel, Anda harus membuka Control Panel terlebih dahulu melalui:

  • Windows Run (pintasan Windows + R ketikan Control Panel)
  • Power User (pintasan tombol Windows + X pilih Control Panel)
  • Windows PowerShell (masukkan perintah “Control Panel”)
  • Command Prompt (masukkan perintah “Control Panel”)
  • Fitur Search & Cortana

Setelah Control Panel terbuka, pilih Uninstall a Program seperti yang di beri lingkaran merah dibawah ini.

Cara Uninstall Aplikasi Melalui Control Panel

Pilih aplikasi yang akan dihapus instalasinya lalu klik kanan dan pilih opsi Uninstall. Tunggu dan ikuti sampai proses penghapusan selesai.

Cara Uninstall Aplikasi Melalui Control Panel klik kanan pilih uninstall

2. Cara Uninstall Aplikasi Melalui Settings

Cara yang kedua adalah Anda dapat menghapus aplikasi melalui fitur Pengaturan di Windows. Pertama, Anda harus terlebih dahulu membuka jendela Pengaturan melalui:

  • Start Menu pilih ikon Pengaturan.
  • Pintasan tombol Windows + i pada keyboard.
  • Windows PowerShell (masukkan perintah start ms-settings:).
  • Command Prompt (inpukan perintah start ms-settings:).
  • Power User (pintas tombol Windows + X pilih Pengaturan).
  • Fitur Search & Cortana.
  • Di jendela Pengaturan, pilih Apps.
  • Kemudian pilih Aplikasi & fitur.
  • Di jendela Apps & features, pilih lalu klik aplikasi yang akan dihapus kemudian pilih tombol Uninstall.
  • Tunggu dan ikuti sampai proses penghapusan selesai.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Buat Label Undangan di Excel & Word

3. Cara Uninstall Aplikasi Melalui Start Menu

Start Menu adalah fitur pada sistem operasi Windows yang menyediakan akses cepat ke berbagai program, folder, dan pengaturan sistem.

Pada Windows 10, Anda dapat mengklik tombol Windows di sudut kiri bawah taskbar pada layar PC atau tekan tombol Windows pada keyboard untuk membuka Start Menu.

Setelah Anda membuka Start Menu, pilih aplikasi yang akan dihapus instalasinya, lalu klik kanan dan pilih Uninstall seperti yang ditunjukkan oleh panah merah ketika menghapus LINE pada gambar di bawah ini.

Cara Uninstall Aplikasi Melalui Start Menu

4. Menghapus Aplikasi Melalui Revo Uninstaller (Sampai Pada Akarnya)

Menghapus Aplikasi Melalui Revo Uninstaller (Sampai Pada Akarnya)

Selain tiga cara di atas, kita dapat menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Dan disini kami menyarankan aplikasi uninstaller yaitu Revo Uninstaller.

Anda perlu tahu bahwa ketika suatu aplikasi hanya dihapus dalam tiga cara di atas, biasanya, aplikasi pendaftaran masih tertinggal. Jika dibiarkan terus menumpuk, itu akan menyebabkan kinerja sistem jadi sangat lambat.

Nah, karena alasan diatas, maka kita akan menggunakan Revo Uninstaller (aplikasi gratis) yang dapat menghapus program sampai bersih dan tak tersisa di PC/Laptop anda.

Pertama, Anda harus mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu. Setelah Revo Uninstaller berhasil diunduh, instal aplikasi pada PC atau laptop Anda.

Setelah terinstal, buka aplikasi. Nah, secara langsung, Anda akan dihadapkan dengan serangkaian aplikasi pada PC Anda. Untuk menghapus aplikasi, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  • Anda dapat memilih aplikasi yang akan dihapus, klik dua kali pada aplikasi.
  • Selanjutnya, pada tahap Mode Pemindaian, pilih Advanced sehingga Revo Uninstaller dapat bekerja lebih baik ke dalam sistem. Kemudian pilih Scan.
  • Kemudian jendela proses muncul, tunggu sampai proses selesai.
  • Selanjutnya, Revo Uninstaller akan mencari file yang masih tertinggal. Anda hanya perlu memeriksa file yang ditemukan untuk menghapusnya. Lalu, pilih delete.
  • Setelah proses selesai, jika file sampah dari aplikasi ditemukan lagi, periksa lagi dan klik tombol hapus. Setelah bersih, proses akan berhenti sendiri dan kembali ke jendela awal aplikasi.

Atau anda bisa menghapus aplikasi dengan cara yang lebih sederhana yaitu:

  1. Pilih aplikasi yang akan dihapus instalasinya lalu klik ikon Uninstall pada menu.
  2. Atau pilih aplikasi yang akan dihapus, klik kanan lalu pilih opsi Uninstall.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Aplikasi Scan Dokumen di Android dan iOS

Akhir Kata

Nah, sekarang sudah tau bagaiman cara uninstall aplikasi di PC atau Laptop milik anda, semoga tutorial dari kami ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.