Cara Update IDM

Cara Update IDM
Cara Update IDM

Cara Update IDM – Dengan mengupdate aplikasi IDM ke versi yang lebih baru tentunya akan berguna untuk mendapatkan fitur-fitur baru dari IDM.

Sebuah fitur baru misalnya bisa mendapatkan layanan download menggunakan IDM yang lebih cepat dari versi sebelumnya.

Setelah kita memiliki IDM dan menggunakannya secara rutin maka akan ada notifikasi tentang update IDM terbaru, namun apa jadinya IDM sudah lama tidak digunakan, mungkin tidak ada notifikasi sehingga harus update secara manual.

IDM adalah aplikasi yang sangat berguna untuk mendapatkan file dengan cepat dengan cara mendownloadnya.

Aplikasi ini selalu oke untuk mendownload berbagai file dari internet asalkan koneksi internetnya juga stabil.

Terkadang juga ada anomali dari IDM yang membuat tidak nyaman pengguna, seperti munculnya Fake Serial Number.

Untuk mendapatkan kenyamanan tentunya kita harus menghapus serial number palsu yang sering muncul di IDM kita, baik untuk sementara maupun selamanya.

Adapun cara update / update IDM kita secara manual tidak terlalu sulit selama kita mengetahui menu-menu IDM yang ada. Oke langsung saja kita buka dengan klik IDM dari menu desktop kamu.

Cara memperbarui IDM dan tips lainnya

Cara memperbarui IDM dan tips lainnya

Bagaimana cara memperbarui IDM dan trik lain yang dapat dilakukan dengan mudah? Simak panduan ini agar Anda tidak salah langkah.

1. Cara mengupdate IDM secara manual

Ada kalanya Anda tidak sabar menunggu update IDM terbaru. Apalagi jika Anda mulai merasa koneksi downloadnya melambat. Oleh karena itu, ada cara update IDM secara manual yang bisa dipraktekkan dengan mudah.

  • Buka IDM Anda dengan dua cara. Melalui icon di sebelah kanan taskbar Windows atau mengklik shortcut IDM di layar desktop.
  • Arahkan kursor ke atas dan klik Bantuan.
  • Pilih opsi Periksa pembaruan … untuk membuat IDM memeriksa pembaruan terbaru.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul pop-up dengan informasi update IDM terbaru.
  • Untuk mulai memperbarui, cukup klik tombol Perbarui sekarang.
  • Jendela baru akan muncul, sebagai konfirmasi untuk menginstal pembaruan. Klik Yes untuk mulai menginstal aplikasi IDM terbaru.
  • Saat proses selesai, tekan Selesai untuk menyelesaikan metode pembaruan IDM terbaru.

Dengan update ini, Anda tidak perlu khawatir IDM sudah ketinggalan zaman. Jika punya versi yang asli jangan sampai ketinggalan notifikasinya agar proses download tetap berjalan dengan lancar.

Namun, langkah-langkah di atas tidak berlaku sebagai cara untuk mengupdate IDM versi nonlegal. Dengan memperbarui, Anda hanya merusak yang terpasang. Jika terditeksi, IDM tidak bisa lagi digunakan.

Selain itu, fitur Pembaruan Otomatis tetap berfungsi berjalan meskipun IDM tidak original. Jika Anda tidak sengaja mengupdate IDM, ucapkan selamat tinggal pada versi IDM nonoriginal.

Lalu, bagaimana cara mematikan update IDM otomatis di aplikasi? Ada dua opsi yang bisa Anda jalankan.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Mematikan Firewall Windows

2. Cara mengupdate IDM secara otomatis

Seperti kebanyakan program, IDM ini dapat diperoleh dengan membeli lisensi aslinya. Jika anda tidak bisa memberikan versi aslinya, anda bisa mendownload IDM nonlegal yang banyak tersebar di internet.

Tentunya ada dua cara update IDM terbaru yang bisa dilakukan dengan mudah. Cara termudah untuk mengupdate IDM terbaru adalah dengan mengaktifkan fitur Automatic Update di IDM.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk memperbarui secara otomatis ketika ada pembaruan baru. Notifikasi update muncul saat menjalankan IDM. Tidak perlu risau ketinggalan pembaruan jika Anda memiliki lisensi resminya.

3. Cara mematikan update otomatis di IDM

Cara pertama untuk mematikan pembaruan otomatis IDM adalah dengan men-tweaknya di Editor Registri. Cara ini cukup rumit. Anda harus menelusuri berbagai registri yang ada di sistem Windows.

Perhatikan dan ikuti langkah-langkah berikut agar Anda tidak mengubah registri yang salah.

  • Arahkan kursor mouse ke sudut kiri bawah, klik ikon Start.
  • Di bilah pencarian, ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Editor Registri.
  • Setelah daftar registri muncul, pilih folder HKEY_CURRENT_USER. Kemudian, pilih Software, lalu klik DownloadManager.
  • Anda akan melihat deretan registri di DownloadManager.
  • Di sisi kanan, scroll dan klik value LstCheck. Value LstCheck itu sendiri berisi tanggal terakhir untuk memeriksa pembaruan dari IDM.
  • Sebagai cara untuk mematikan auto update IDM, ubah nilainya dari tahun ke tahun. Misalnya jika ingin memasukkan 2025 ketik saja 25. Lalu klik OK.
  • Tutup jendela dari Editor Registri, dan matikan PC.

Setelah melakukan serangkaian cara untuk mengupdate IDM, restart PC Anda. Saat membuka aplikasi IDM, Anda tidak akan menemui update otomatis yang mengganggu.

4. Ubah nama file IDM

Cara lain untuk mematikan update IDM yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti nama file IDM. Cara ini bisa dilakukan jika cara sebelumnya tidak efektif.

Jika metode sebelumnya memaksa Anda untuk mengakses Registry Editor yang rumit, yang ini jauh lebih mudah dan tidak terlalu berisiko.

  • Tutup aplikasi IDM Anda.
  • Buka Windows Explorer di layar desktop.
  • Temukan folder instalasi IDM Anda di Windows Explorer. Secara default, IDM terletak di C:> Program Files> Internet Download Manager. Namun, jika Windows Anda 64-bit, IDM Anda mungkin ada di Program File (x86).
  • Di folder Internet Download Manager, temukan file bernama IDMGrHlp.exe.
  • Klik kanan file tersebut, dan pilih opsi Rename. Ubah nama dari IDMGrHlp.exe menjadi idmhelp-old.exe.
  • Kemudian, restart PC. Tunggu hingga masuk ke tampilan desktop.
  • Buka lagi folder Internet Download Manager. Cari file bernama idmBroker.exe.
  • Ubah nama file idmBroker.exe menjadi IDMGrHlp.exe.
  • Matikan dan nyalakan kembali PC.

Dengan cara ini IDM Anda akan langsung menjadi seperti full version terbaru. Dan yang terpenting notifikasi nomor seri palsu tidak akan muncul lagi setelah itu.

Untuk cara update IDM nonlegal tentunya tidak bisa anda update langsung di programnya. Mengubah IDM nonlegal menjadi versi terbaru cukup rumit.

Anda harus mencopot pemasangan dan instal IDM versi terbaru. Ini seperti memasang aplikasi IDM baru.

Begitulah cara update IDM dan mematikan auto update khususnya yang menggunakan crack. Jangan lupa untuk memperhatikan bagaimana panduan diatas agar download bisa lebih cepat seperti berkendara di jalan tol.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Download Video YouTube Tanpa Aplikasi

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang Cara Update IDM (Internet Download Manager), sekarang Anda dapat mengunduh dan menikmati beragam musil, gambar bahkan video yang Anda sukai.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.