Tips Foto Flat-lay Kekinian

Tips Foto Flat lay Kekinian – Mengunggah foto flatlay di Instagram Anda memang salah satu cara paling mudah untuk membuat feeds Anda tampil lebih rapi dan lebih profesional, walaupun Anda bukanlah fotografer yang profesional.

Anda bisa memperlihatkan makanan, barang atau apapun agar terlihat indah atau sering dinamai aesthetically pleasing menggunakan foto flatlay.

Ikuti tips dan inspirasi foto flatlay kekinian agar foto Anda menjadi lebih canitk dan yang pastinya Instagramable.

Apa itu Flatlay?

Apa itu Flatlay

Menurut Discover Digital Photography, Flat Lay merupakan gaya fotografi dengan cara memotret beberapa buah objek, baik produk, makanan, atau lainnya dengan jepretan kamera lurus dari bagian atas sampai bawah 90 derajat.

Objek itu sendiri ditempatkan di atas permukaan datar yang menghadap kamera. Biasanya teknik fotografi ini digunakan untuk mempercantik feed Instagram.

Tips Foto Flat-lay Kekinian

Tips Foto Flat-lay Kekinian

Untuk bisa menghasilkan fotografi Flat Lay tidak membutuhkan kamera yang canggih, yang penting memperhatikan tips berikut ini.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Aplikasi Edit Foto Bergerak

1. Penyusunan Item atau Komposisi Foto Flatlay

Penyusunan Item atau Komposisi Foto Flatlay

Menyusun komposisi dengan penataan barang. Penataan barang sangat penting dalam teknik foto flatlay. Hal utama yang harus Anda pikirkan adalah apa tema flatlay Anda, apakah itu makanan, fashion, kecantikan, atau yang lainnya.

Gunakan item yang sesuai dengan tema flatlay Anda dan gunakan item yang cukup, jangan terlalu banyak agar foto terlihat penuh.

2. Kumpulkan Inspirasi untuk Foto Flatlay

Kumpulkan Inspirasi untuk Foto Flatlay

Inspirasi adalah kunci dari foto flatlay. Tips foto flatlay yang pertama adalah mengumpulkan inspirasi yang banyak dari aplikasi seperti Instagram, internet, Tumblr atau Pinterest yang menyajikan beragam foto flatlay yang cantik.

Ikuti beberapa orang favorit Anda yang sering memposting foto flatlay dan Anda bisa meniru fotonya.

3. Dapatkan Bantuan Saat Mengambil Foto Flatlay

Dapatkan Bantuan Saat Mengambil Foto Flatlay

Dapatkan bantuan dari orang-orang terdekat untuk membuat model pada foto layan datar Anda. Foto Anda akan terlihat lebih hidup dan bervariasi dengan sentuhan yang berbeda. Hasilnya juga akan terlihat lebih jujur.

4. Pilih Latar Belakang Flatlay yang Menarik

Pilih Latar Belakang Flatlay yang Menarik

Pilihlah latar belakang foto flatlay yang bagus. Latar belakang sangat penting untuk foto Anda. Anda bisa memilih background yang paling mudah seperti di pasir pantai, meja kayu, atau teratai.

Anda juga bisa membuat background sendiri dengan mudah. Background bisa dibuat dari kertas biasa, kertas bermotif atau bahkan kayu.

Tips bagi pemula adalah menggunakan background putih agar item terlihat lebih menonjol dan warna putih akan selalu kohesif dengan item apapun.

5. Pentingnya Pencahayaan

Pencahayaan

Setelah Anda menyusun item untuk foto, kini saatnya Anda memotret. Carilah sumber cahaya alami seperti cahaya matahari yang masuk melalui jendela atau Anda dapat memotret di luar ruangan, karena hal yang harus Anda hindari dari foto flatlay adalah foto terang dan gelap.

Hindari penggunaan flash karena dapat membuat bayangan pada foto terlihat tidak bersih. Beri ruang untuk setiap item agar foto Anda tidak terlihat sumpek dan sesak.

Ciptakan keseimbangan atau kesatuan yang indah dengan menggabungkan item kecil dan besar dalam satu foto atau item dengan ukuran yang sama di dalam foto.

6. Biarkan Ruang Kosong untuk Grafik atau Tulisan

Jika Anda seorang fotografer yang ingin menggunakan teknik flatlay untuk mempromosikan barang tertentu, Anda dapat menghancurkan ruang kosong di foto flatlay Anda untuk grafik atau teks.

Postingan bisa berupa harga, merek, atau toko barang yang Anda promosikan. Anda juga dapat menggunakan grafik dan teks untuk kutipan. Sangat Instagramable,

7. Pengeditan Foto Flatlay

Pengeditan Foto Flatlay

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah editing. Tidak perlu khawatir jika hasil foto Anda kurang cerah atau tajam, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti adobe photoshop atau bahkan bisa mengedit dari smartphone menggunakan aplikasi seperti VSCO Cam yang bisa diunduh gratis melalui App Store untuk iPhone atau Play Store untuk Android.

8. Proporsi

Dalam teknik fotografi Flat Lay, Anda tidak bisa begitu saja menempatkan objek foto, Anda harus menyusun objek sedemikian rupa sehingga tertata dan menampilkan keindahan.

Benda bisa tertata rapi atau berantakan, asalkan proporsinya tepat. Agak merepotkan, tetapi bisa menghasilkan hal-hal yang luar biasa.

Objek Anda bisa berada di tengah bingkai atau bahkan mengisi bingkai, atau bahkan bersandar ke satu sisi, semuanya bisa dibuat sesuai keinginan Anda, yang terpenting adalah memperhatikan proporsinya.

Teknik penekanan adalah cara untuk menyorot beberapa objek yang akan Anda sorot. Untuk bahan, atau dekorasi untuk mempercantik foto, Anda bisa menggunakan bunga atau bahkan pernak-pernik untuk dijadikan dekorasi penunjang objek.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Aplikasi Editing Foto Terbaik

8. Mainkan dengan bentuk

Bermain-main dengan bentuk objek. Terutama bentuk yang diekspos dari atas karena ini akan mempengaruhi komposisi foto flatlay nantinya. “Anda bisa menyusun piring dengan mengaturnya seolah-olah berbentuk kotak.

Atau yang paling sederhana menggunakan komposisi ‘rules of third‘, bisa jadi pilihan yang aman, Komposisi ‘rules of third‘ sendiri merupakan prinsip komposisi fotografis di mana area foto dibagi menjadi tiga bagian yang sama besar (3 × 3) yang menghasilkan 9 bujur sangkar.

Pembagian ini akan menghasilkan garis yang berpotongan dan membentuk empat titik.

Berdasarkan prinsip ini, keempat titik tersebut merupakan titik terbaik untuk menempatkan objek atau tempat menarik. Anda dapat memakai empat titik, ataupun sebagian darinya.

9. Negatif Space untuk foto yang lebih Instagramable

Agar setiap foto yang diambilnya lebih instagramable, Michelle punya caranya sendiri. “Memperbanyak ruang negatif atau area kosong“.

Ini disukai pengguna media sosial, Selain itu, itu juga akan membuat feed dari Instagram jauh lebih rapi dan secara keseluruhan menyenangkan secara estetika

10. Personal

Jangan pernah takut menggunakan selera pribadi Anda dalam membuat foto flatlay untuk media sosial Anda. “Mulai dari warna, komposisi, hingga pengeditan menggunakan preferensi pribadi“,

Tidak hanya membuat kamu lebih total dalam memotret, tips yang satu ini juga akan memberimu karakter yang lebih kuat untuk foto flatlay kamu di media sosial.

11. Ketahui kekuatan benda tersebut

Satu hal yang perlu Anda pahami, tidak semua objek bagus untuk menggambar flatlay. Ketahui kekuatan objek jika dapat diekspos melalui foto flatlay.

“Misalnya, di foto makanan, tidak semua makanan enak difoto dari atas. Ada beberapa makanan yang lebih baik jika difoto dari sudut lain. Misalnya burger. Dengan mengambil foto burger dari samping, Anda bisa melihat berbagai lapisan isi burger.

Sedangkan jika Anda mengambil gambar burger dari atas, Anda hanya akan disajikan roti yang sederhana saja tanpa mengetahui ada apa di balik roti tersebut.

12. Kamera yang Tepat

kamera flat lay

Tentunya faktor teknis seperti pemilihan kamera juga penting untuk menghasilkan sebuah flatlay yang baik. Untuk hal yang satu ini, kamera besutan Fujifilm ini memiliki “fitur simulasi film” yang membuat warna yang dihasilkan jadi lebih bagus.

Tidak membatasi diri untuk menggunakan kamera smartphone. Hanya saja, jelas sensor warna yang dimiliki kamera ini jauh lebih baik dibandingkan smartphone.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Download Aplikasi Video Bokeh Full HD

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang Tips Foto Flat-lay Kekinian, Mendapatkan foto yang tepat memang membutuhkan sedikit usaha, tetapi jika Anda terbiasa, pasti akan lebih mudah. Latihan akan membuat semua jadi sempurna. Selamat Mencoba.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.