Jenis-Jenis Anti Virus Terbaru Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis-Jenis Anti Virus

Posted on

Jenis-Jenis Anti Virus – Di era modern ini, virus mulai mengganggu kenyamanan kita di internet. Mereka diciptakan hanya untuk bisnis. Pembuat virus membuat virus serta membuat antivirus juga.

Namun banyak pengembang yang menyediakan antivirus secara gratis. Jadi kita tidak perlu khawatir tentang keganasan virus.

Anti-virus adalah perangkat lunak yang ditemukan di komputer, laptop, dan perangkat lain yang berfungsi untuk menemukan, mencegah, dan menghapus perangkat lunak yang terinfeksi virus yang berasal dari file yang terdapat dalam perangkat ini atau yang berasal dari flash drive.

Apa itu Virus Komputer?

Apa itu Virus Komputer

Virus komputer adalah program komputer yang dapat menyalin atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan memasukkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain

Anti-virus modern yang sekarang dapat Anda unduh secara gratis atau berlanggana karena dapat melindungi laptop atau perangkat lain Anda dari browser yang berbahaya, peramban peramban, ransomware, backdoors, rookit, kuda Troya, worm, adware, spyware, dan begitu seterusnya.

26 Jenis- jenis Antivirus Dengan Kelebihan dan Kelemahannya

Jenis- jenis Antivirus Dengan Kelebihan dan Kelemahannya

Virus hingga saat ini telah menjadi masalah akut, terutama bagi Anda yang memiliki PC alias komputer atau laptop. Apalagi berbagai jenis virus termasuk malware terus mengalami pertumbuhan. Tentu saja kita membutuhkan penangkal yang kita kenal dengan antivirus.

Tetapi bahkan antivirus tidak dapat digunakan begitu saja. Jika Anda menggunakan antivirus yang sangat berat serta spesifikasi komputer Anda rendah, itu bisa membuat perangkat komputer Anda lambat dan bahkan tidak memungkinkan menangkal banyak virus.

Apakah komputer atau laptop Anda masih rentan atau telah terinfeksi virus? Berarti Anda belum menggunakan antivirus yang tepat. Berikut ini adalah antivirus yang dapat dijadikan referensi:

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Mengatasi Laptop Lemot

1. Jenis-Jenis Anti Virus Avast Free Antivirus

Anti-virusini adalah yang terbaik pada tahun 2019 bisa dibilang juara bertahan karena telah terbukti mampu menangkal serangan virus sejak tahun 1988. Antivirus gratis Avast untuk laptop dan PC memang diberikan secara gratis tetapi itu tidak berarti berkualitas rendah.

Antivirus Avast memiliki kelebihan yang sudah terkenal. Misalnya, perlindungan realtime, pembaruan virus dan malware secara teratur, proses pemindaian sangat cepat dan ringan. Keunggulan ini menjadikan Avast sebagai antivirus komputer yang populer.

Fitur-fitur dalam antivirus ini termasuk CyberCapture yang memiliki tugas membersihkan ancaman, WiFi Inspector untuk mengamankan sambungan WiFi, SmartScan dapat mendeteksi tingkat ancaman keamanan, ModeGame yang mengelola notifikasi dan Behavior Shield untuk pengawasan aplikasi.

2. Jenis-Jenis Anti Virus Avira Free Antivirus

Meskipun ada banyak anti-virus baru, Avira masih merupakan antivirus yang masih banyak digunakan saat ini. Tahukah Anda bahwa Avira ini telah ada sejak tahun 1986, sehingga terbukti berkualitas baik.

Avira juga memiliki antarmuka pengguna yang sangat baik sehingga pengguna tidak merasa bingung. Ditambah dengan teknologi mesin scan antivirus yang disebut laptop Luke Filewalker dan komputer dijamin bebas dari virus.

Kemampuan untuk memindai data Avira hingga 35,7 MB / s juga membuat Anda tidak perlu menunggu lama untuk prosesnya. Avira juga dikenal memiliki teknologi pemindaian yang lebih tepat, sehingga banyak virus dapat dideteksi.

3. Avira AntiVirus Premium 9.0.0.452 Full

Avira adalah antivirus yang ditujukan untuk pengguna komputer rumahan dan tidak disarankan untuk perusahaan. Dikembangkan oleh perusahaan Jerman “H + BEDV Datentechnik GmbH”.

Keunggulan Avira adalah mampu mendeteksi virus yang tidak terdeteksi oleh antivirus lain, penggunaan memori yang relatif kecil, fasilitas untuk menemukan nama virus terdaftar dan pembaruan definisi virus yang relatif cepat. Avira juga mampu mendeteksi virus trojan atau virus worm.

KEUNGGULAN AVIRA

  1. Avira dapat diunduh secara gratis di situs web resmi di samping produk lengkap atau premium.
  2. Mudah untuk dinonaktifkan atau diaktifkan kembali sehingga aplikasi crack tidak terdeteksi
  3. Memiliki fitur karantina, yang merupakan fitur yang jika Avira tidak dapat memperbaiki program / file yang terinfeksi virus, virus atau file tersebut akan dikarantina sehingga tidak dapat menginfeksi file lain.
  4. Memiliki fitur blok Autorun. yang dimaksud di sini adalah file autorun untuk menjalankan virus secara otomatis di komputer.
  5. Proses pemindaian cukup cepat.
  6. Cocok untuk komputer dengan spesifikasi rendah karena penggunaan sumber daya memori yang kecil.
  7. Memiliki fasilitas untuk mencari atau melacak virus dari virus yang telah ditemukan.
  8. Pembaruan definisi virus yang cepat.

KURANGNYA AVIRA

  1. Avira terkadang mendeteksi aplikasi normal sebagai virus.
  2. Kustomisasi pemindaian hanya dapat dilakukan untuk drive sementara folder tidak dapat dikonsolidasikan.
  3. Tidak Dapat Memaksimalkan jendela aplikasi Avira.
  4. Butuh waktu lama ketika Anda ingin membuka karantina yang sudah berisi ribuan file.
  5. Dapat memblokir semua file autorun.inf yang tidak termasuk dalam kategori virus.

4. Bitdefender Antivirus Free Edition

Bitdefender Antivirus Free Edtion mungkin tidak se-eksternal Avast, tetapi antivirus Rumania ini memiliki fitur yang tidak kalah canggih. Komputer dan laptop dapat aman setelah mengunduh antivirus gratis ini.

Antivirus ini juga relatif ringan karena hanya membutuhkan RAM 15,7 MB, sementara memindai data untuk laptop atau PC hingga 35,9 MB / s.

Potensi peretasan atau phishing juga dapat ditangani dengan baik oleh Bitdefender ini. Hampir semua jenis virus, malware, trojan, dan ramsonware dapat diatasi dengan antivirus yang satu ini.

5. Kaspersky Free Antivirus

Aplikasi anti-virus Kaspersky juga menjadi populer di kalangan pengguna komputer dan laptop. Fitur Kaspersky yang paling dikenal adalah perlindungan web dan email.

Kecepatan pemindaian data hingga 34,4 MB /s membuat Anda tidak perlu menunggu lama untuk proses pemeriksaan virus. Kaspersky juga terbarui dengan virus, spam, spayware, malwarae

KEUNGGULAN KASPERSKY

  1. Memiliki banyak mode pemindaian.
  2. Perlindungan keylogger dengan keybiard virtual.
  3. Memiliki fitur uang aman untuk melindungi transaksi.
  4. Pembaruan dapat dilakukan secara otomatis atau manual.
  5. Antarmuka elegan dan modern.

KEKURANGAN KASPERSKY

  1. Kecepatan unduh proses pembaruan relatif lambat.
  2. Proses pemindaian penuh relatif lambat dan membebani sistem.
  3. Starter Windows awal berat.
  4. Penggunaan memori RAM cukup besar.
  5. Tidak cocok untuk komputer dengan spesifikasi rendah.
  6. File pembaruan cukup besar.

6. Jenis-Jenis Anti Virus AVG Free Antivirus

AVG Free Antivirus

Secara resmi diakuisisi oleh Avast Softwarer pada tahun 2016, AVG juga telah lama menjadi perangkat lunak antivirus yang andal. Banyak perkembangan fitur AVG, terutama sebagian perlindungan web yang melindungi aktivitas browsing.

AVG Free Antivirus juga memiliki pembaruan keamanan waktu-nyata yang lebih aman. AVG antivirus gratis ini juga dapat diunduh gratis dan pemasangannya sangat mudah.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Mengatasi Laptop Hang

7. AVG Free Edition 9.0.704

Antivirus ini cocok untuk pengguna komputer rumahan. Perangkat lunak ini dibuat oleh perusahaan Grisoft pertama kali dirilis sekitar tahun 1991. AVG cukup serius dalam menangani masalah virus.

AVG juga dilengkapi dengan anti-spyware yang memiliki banyak kegunaan seperti mendeteksi dan mencegah spyware, adware, trojan, virus, worm, pembajak, spy-bots, pop-up dan perangkat lunak pemblokiran dari situs yang berpotensi berbahaya saat terhubung ke internet.

KELEBIHAN AVG

  1. Tidak memakan banyak memori atau RAM.
  2. Sangat kuat dalam pendeteksian.
  3. Memiliki fitur LinkScanner.
  4. Memiliki fitur Anti-Rootkit.
  5. Memiliki perlindungan Firewall (hanya di AVG pro).
  6. Memiliki fitur Anti-Spyware.
  7. Pembaruan otomatis (hanya jika PC terhubung ke internet).

KEKURANGAN AVG

  1. Sangat kuat dalam pendeteksian tetapi dianggap lambat dalam pemindaian.
  2. Pembaruan AVG sudah cukup lama.
  3. Memiliki ketergantungan pada OS. Jika OS rusak, AVG juga akan rusak.
  4. Lemah dalam mendeteksi virus Trojan.
  5. Pengaturan operasi yang cukup rumit.
  6. File yang terinfeksi virus biasanya dihapus bersamaan dengan virus yang menginfeksi.

8. ZoneAlarm Free Antivirus 2019

Setelah mengubah nama ZoneAlarm meluncurkan fitur baru tambahan untuk perlindungan komputer dan laptop. Fitur terbaru yang diluncurkan pada 2019 dapat membasmi berbagai jenis virus baru.

Selain itu, Personal Firewall juga diperbarui untuk perlindungan PC dan bagi Anda yang menyukai game ZoneAlarm Free Antivirus 2019 juga memiliki Mode Gamer. Fitur ini memungkinkan Anda bermain game online atau offline tanpa gangguan.

9. Panda Free Antivirus

Panda Free Antivirus adalah pilihan terbaik. Antivirus ini hanya memakan RAM sebesar 9,8 MB dengan kecepatan pindai sampai 16,4 MB / s. Meskipun antivirus ringan ini mempunyai fitur yang lengkap untuk melindungi laptop dan PC.

Fitur andalan meliputi pembaruan waktu-nyata dan perlindungan USB yang berfungsi untuk memonitor USB yang biasanya merupakan sarang virus dan malware.

10. Jenis-Jenis Anti Virus Sophos Home

Sophos Home berada di jajaran antivirus terbaik yang mampu memberantas hampir semua ancaman virus.

Keuntungan dari Sophos Home adalah dapat memblokir URL yang berpotensi merusak laptop/pc Selain itu antivirus Inggris ini juga sangat andal untuk membasmi ransomware, keyloggers, dan virus berbahaya lainnya.

11. Jenis-Jenis Anti Virus 360 Total Security

Jika Anda mencari antivirus gratis dengan banyak fitur 360, Total Security dapat menjadi jawabannya. Antivirus ini hadir dengan fitur standar di antivirus lain. Tambahan lain yang membuat 360 Total Security begitu lengkap adalah Pemindaian File Otomatis dan Perlindungan Web.

12. Jenis-Jenis Anti Virus TotalAV Antivirus

TotalAV Antivirus adalah cara paling andal untuk menangkal serangan malware. Menggunakan antivirus SAVAPI, ini menggabungkan kecerdasan teknologi cloud, dan pemindaian titik akhir antivirus. Penggunaan teknologi ini membuat bebas dari virus yang menargetkan data pribadi.

13. Adaware antivirus 12

Seperti halnya antivurus lainnya, Adaware Antivirus 12 dilengkapi dengan perlindungan PC, perlindungan unduhan, dan beberapa fitur standar lainnya. Adaware Antivirus 12 juga dapat membersihkan laptop dan komputer dari berbagai virus yang mengintai saat berselancar online.

14. Comodo Antivirus 10

Ingin menginstal berbagai aplikasi di laptop? Jika Anda tidak yakin aplikasi yang terinstal tidak membawa virus, tidak ada salahnya menginstal Comodo Antivirus 10. Rilis terbaru Comodo sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan Anda.

Selain itu Comodo Antivirus 10 juga memiliki daftar virus terbaru sehingga Anda masih bisa aman menggunakan komputer.

15. BullGuard Free Antivirus

Antivirus untuk pengguna Windows, BullGuard Free Antivirus akan memberikan perlindungan terbaik untuk Anda. Bullguard Free Antivirus dapat melindungi Anda dari semua ancaman.

Mulai dari virus ramsomware hingga situs web yang tidak aman. Secara otomatis BullGuard Free Antivirus akan melindungi Anda saat berselancar di dunia maya.

16. Microsoft Windows Defender

Microsoft Windows Defender

Meski sempat diragukan bahwa akhirnya Microsoft Windows Defender memiliki fitur dan teknologi antivirus yang bisa diandalkan. Seperti namanya, antivirus ini khusus untuk pengguna Microsoft saja.

Fitur terbaik dari antivirus buatan Microsoft ini adalah Parental Control dan safe mode di setiap browser. Sayangnya antivirus ini tidak bisa diandalkan untuk menangkap virus dan malware terbaru.

17. Jenis-Jenis Anti Virus Norton Antivirus

Norton Antivirus memiliki 5 lapisan pelindung yang dapat mengamankan komputer atau laptop Anda. Norton Antivirus gratis ini sudah dilengkapi dengan ransomware, virus, malware, dan ancaman online lainnya.

Selain itu, Norton Antivirus juga memelihara data privasi dan data keuangan saat berselancar online, terutama saat berbelanja.

KEUNGGULAN NORTON

  1. Menggunakan Teknologi Auto-Protect dan perlindungan SONAR (Symantec Online Advanced Response).
  2. Proses pemindaian yang cermat sampai pada seluk-beluk tetapi tidak membutuhkan waktu lama.
  3. Sangat efektif dalam menangani serangan Malware.
  4. Memiliki LAN Guard yang dapat memindai data untuk dibagikan.
  5. Pembaruan berkala.

KURANGNYA NORTON

  1. Sangat lambat dalam startup.
  2. Lebih Pelindung.
  3. Kurang teliti dalam memeriksa file yang masuk melalui USB Flashdisk atau drive CD.

18. Malwarebytes Anti-Malware Free

Malwarebytes populer sebagai perangkat lunak yang dapat menangkal serangan malware dan memberikan lebih banyak perlindungan terhadap PC. Tetapi Malwarebytes berbeda dari anti-virus sehingga dapat dipastikan bahwa virus tersebut tidak terdeteksi dengan benar.

Tetapi tentu saja Anti-Malware Gratis Malwarebytes ini adalah yang terbaik untuk menangkap malware di komputer atau laptop.

19. Jenis-Jenis Anti Virus McAfee Antivirus

Keuntungan McAfee adalah bagus untuk menemukan apa yang berbahaya dan tidak pada komputer atau laptop. Sebagai salah satu pemain lama McAfee selalu diperbarui dengan virus terbaru. Antivirus ini juga bisa memblokir iklan.

20. Avast Professional Edition 5.0.252 Beta

Avast ditujukan untuk pengguna rumahan. Avast menerima peringkat yang baik dari beberapa situs downlad untuk sistem keamanan terhadap virus. Avast dikembangkan oleh ALWIL Software, yang berbasis di Praha, Republik Ceko.

Kelebihan Avast adalah kemampuan untuk mengatur deteksi file saat mengunduh file, pesan instan, atau email. Serta fitur seperti anti-rootkit dan anti-spyware.

KEUNGGULAN AVAST

  1. Proses instalasi mudah dan cepat.
  2. Tampilan antar muka sangat bagus.
  3. Secara umum antivirus Avast sangat ringan, tidak membebani kerja komputer. Sehingga Anda tetap dapat menggunakan antivirus Avast walaupun Anda memiliki komputer dengan spesifikasi rendah.
  4. Avast Antivirus sangat teliti dalam pemindaian atau perlindungan.
  5. Ini memiliki fitur Auto Sandbox, yang merupakan fitur yang berfungsi untuk mengeksekusi file yang mencurigakan, kemudian setelah diproses oleh avast sebagai virus atau tidak maka akan dikirim (diunggah) file sampel ke situs (lab penelitian) untuk analisis selanjutnya.
  6. Memiliki fitur Scan Boot Time. Dengan fitur ini, avast akan menjalankan pemindaian runtime saat komputer pertama kali dinyalakan.
  7. Ini memiliki fitur alarm suara yang merupakan nada dering pemberitahuan dan pemberitahuan seperti ancaman telah terdeteksi atau virus database telah diperbarui.
  8. Avast dianggap yang terbaik dalam hal perlindungan web dan perlindungan email.
  9. Memiliki fitur blok URL, sehingga Anda dapat mengontrol situs mana yang dapat diakses. Fitur ini sangat berguna untuk membatasi atau memblokir situs-situs yang dianggap berbahaya, merusak moral, dan tidak mendidik terutama bagi Anda yang memiliki anak, saudara kandung atau remaja.
  10. Avast tidak merusak sistem komputer seperti beberapa antivirus lain yang membuat sistem komputer rusak.

KEKURANGAN AVAST

  1. Avast tidak dapat memindai file / arsip yang dilindungi oleh kata sandi.
  2. Kurang teliti dalam memeriksa file yang masuk dari USB (flashdisk).
  3. Heuristik tidak sebagus Avira.
  4. Deteksi virus lokal cukup lambat.
  5. Ukuran file cukup besar di kisaran 80-100MB.
  6. Alarm antivirus Avast sering terdengar berbunyi sehingga dapat mengganggu aktivitas.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Uninstall Aplikasi dan Game di PC/Laptop

21. Jenis-Jenis Anti Virus Smadav

Smadav adalah antivirus asli buatan Indonesia. Bertujuan untuk mengamankan komputer Anda dari serangan virus lokal. Kelebihan Smadav termasuk pemindaian virus cepat, pemindaian flash disk secara otomatis, dan pembaruan otomatis pada Vista dan Win 7.

KELEBIHAN SMADAV

  • Memiliki teknologi SmartProtection. Dengan teknologi ini, smadav menjadi antivirus teringan di dunia karena tidak banyak menggunakan resource memory.
  • Top Flashdisk Security. Smadav otomatis memindai pada saat USB/Flasdish dimasukan dan membuat pengebalan terhadap virus pada USB/Flashdisk.
  • Offline user. Dapat digunakan secara offline karena smadav mengupdate database virusnya beberapa bulan sekali.
  • Tidak menghapus aplikasi sembarangan. Smadav tidak menghapus file yang dianggap virus secara otomatis, namun file tersebut disimpan di dalam karantina smadav.
  • Memperbaiki Registry. Smadav dapat memperbaiki registry yang rusak disebabkan virus.
  • Scanner cepat. Teknologi scan pada smadav diklaim menjadi yang tercepat di dunia.
  • Smadav dapat dijalankan secara portable.
  • Memiliki folder null. Smadav memiliki folder tersendiri untuk menyimpan virus-virus yang terdeteksi.
  • Dapat diintegrasikan dengan antivirus lain. Smadav dapat diabungkan dengan antivirus utama, karena smadav memang diciptakan untuk proteksi tambahan dan tidak mengganggu kinerja antivirus utama.
  • Fitur one by user. Jika user mengetahui terdapat virus di komputer tetapi smadav belum mendeteksinya, maka user dapat mengupload virus tersebut kedalam fitur ini.
  • Cegah ransomware dan basmi ransomware. Smadav dapat mendeteksi virus ransomware yang akhir-akhir ini meresahkan Indonesia dan Dunia.

KEKURANGAN SMADAV

1. Kurang bisa diandalkan untuk menghapus virus luar negeri.
2. Lemah terhadap virus yang dienkripsi.
3. Fake database.
4. Sering not responding.

22. Jenis-Jenis Anti Virus PCMAV 2.2a

Sama seperti Smadav, antivirus ini dibuat oleh anak-anak bangsa. Dibuat oleh PC Media. Antivirus ini juga dapat diperoleh dari majalah PC Media atau PC Mild Newspaper. Antivirus ini diklaim sebagai antivirus terbaik buatan Indonesia.

Keunggulan PCMAV adalah engine hooking engine RTP dan selalu memperbarui virus yang merajalela di Indonesia.

23. McAfee Total Protection 2009

Dibuat oleh McAfee Inc. yang berbasis di Santa Clara, California. Keuntungannya mudah digunakan, keberadaan anti-spam dan anti-spyware, proses pemindaian cepat, dan keberadaan penjaga sistem.

24. Norton Internet Security 2010

Dikembangkan oleh Symantec Corp. Antivirus ini menawarkan alat keamanan komputer, web, cadangan, dan pemeliharaan komputer. Norton memiliki perlindungan terhadap virus, trojan, spyware, dan adware.

25. MICROSOFT SECURITY ESSENTIAL

Microsoft Security Essential adalah perangkat lunak antivirus yang memberikan perlindungan terhadap berbagai jenis perangkat lunak berbahaya, seperti virus komputer, spyware, rootkit, dan Trojan horse.

Dibangun di atas pemindaian virus dan mesin definisi yang sama dengan produk antivirus Microsoft lainnya, MSE menyediakan perlindungan waktu nyata, secara terus-menerus memantau aktivitas di komputer, memindai file baru saat dibuat atau diunduh, dan menonaktifkan ancaman yang terdeteksi.

Berikut ini adalah ulasan tentang kekuatan dan kelemahan Microsoft Security Essential:

KEUNGGULAN PENTINGNYA KEAMANAN MICROSOFT

  1. Dipercaya karena diterbitkan langsung oleh Microsoft.
  2. Disediakan gratis oleh Microsoft.
  3. Perangkat lunak ringan.
  4. Antarmuka yang sederhana.
  5. Mudah untuk mengaktifkan / menonaktifkan.
  6. Secara otomatis mendapatkan pembaruan saat terhubung ke jaringan.

KEKURANGAN PENTING KEAMANAN MICROSOFT

  1. Pemindaian dan pembaruan sistem cukup panjang karena MSE memindai seluruh isi komputer tanpa hilang.
  2. Tidak ada pemberitahuan jika ada virus.

26. McAfee

McAfee adalah perusahaan anivirus dan perangkat lunak keamanan komputer yang berkantor pusat di Santa Clara, California, Amerika Serikat. Beberapa produk perusahaan adalah Pemindaian Virus McAfee, Pembunuh Spam McAfee, InstruShield, Entercept, dan Foundstone.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1987 sebagai McAfee Associates, setelah nama pendirinya John McAfee. McAfee Antivirus tidak kalah menarik dari program antivirus lain karena fiturnya yang lengkap. Berikut ini adalah ulasan tentang kelebihan dan kekurangan McAfee Antivirus:

Keunggulan McAfee

  1. Mampu menghambat kecepatan virus yang beredar sekarang, terutama virus yang beredar di jaringan internet.
  2. Dapat benar-benar membersihkan virus dari file yang terinfeksi berbeda dengan antivirus lain yang biasanya langsung menghapus atau mengkarantina file yang terinfeksi.
  3. Andal untuk mendeteksi jenis virus baru.

Kekurangan McAfee

  1. Tidak dapat mendeteksi beberapa virus lokal.
  2. Perlindungan waktu nyata dapat membuat kinerja laptop lambat.
  3. File pembaruan cukup besar sehingga membutuhkan banyak waktu.
  4. Perbarui definisi virus yang cukup lambat karena 3 hari.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Aplikasi Screen Recorder Gaming Untuk PC

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang jenis- jenis antivirus Sekarang anda tidak perlu kawatir lagi ataupun bingung saat memilih software antivirus yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan.

Laptop maupun perangkat komputer Anda dijamin bisa lebih aman dari resiko serangan virus sekarang kalian tidak bingung lagi menentukan jenis antivirus yang cocok digunakan.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.