Jenis-jenis Proyektor Beserta Keunggulanya

Jenis-jenis Proyektor Terbaik – Proyektor, berdasarkan keterangan para ahli, merupakan perangkat yang dapat dihubungkan dengan sistem optik, sumber cahaya, elektronik, dan juga layar.

Tujuannya adalah untuk memproyeksikan gambar serta video ke layar sehingga bisa membuatnya tampak lebih besar. Artinya proyektor adalah alat yang digunakan untuk menampilkan gambar dan video yang berasal dari sumbernya.

Biasanya proyektor lebih banyak digunakan untuk kebutuhan presentasi dimana setiap orang dapat dengan jelas melihat materi yang disajikan melalui layar atau dinding.

Fungsi Proyektor

Pengertian Proyektor

Perlu dipahami bahwa ada beberapa fungsi yang terdapat pada proyektor selain hanya digunakan untuk menampilkan gambar dan video.

Dibandingkan penggunaan layar plasma atau LCD, proyektor masih memiliki kelebihan lain dimana gambar yang akan ditampilkan bisa memiliki ukuran yang besar.

Selain itu, proyektor ini juga portabel, yang dapat dibawa kemana saja dengan mudah. Selain itu, telah disediakan tas jinjing yang akan membuat proyektor ini semakin praktis. Berikut beberapa Fungsi umum proyektor:

  • Alat Presentasi

Menggunakan proyektor dalam memberikan presentasi akan membuat penjelasan lebih mudah dan menarik. Tampilan teknologi, gambar, atau animasi dalam presentasi membuat audiens lebih memahami makna dan isi presentasi.

  • Informasi Media

Proyektor dapat menampilkan suatu objek atau data pada perangkat komputer agar terlihat lebih besar. Ini membuatnya menjadi media informasi yang sangat efektif dan efisien.

  • Media Hiburan (Home Theater)

Memiliki proyektor di rumah dapat memberikan keuntungan tersendiri karena dapat digunakan sebagai media hiburan. Misalnya menonton video dalam ukuran yang jauh lebih besar seperti di bioskop.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor

20 Jenis-jenis Proyektor Terbaik Beserta Keunggulanya

Jenis-jenis Proyektor Terbaik

proyektor dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan fungsinya

1. Jenis-jenis Proyektor Terbaik (Proyektor Digital)

Proyektor ini dapat mengkonversi data berupa gambar langsung dari PC ke layar dengan sistem lensa. Biasanya digunakan untuk pembentukan sistem home theater.

Teknologi yang digunakan proyektor ini adalah CRT intensitas tinggi, proyektor LCD, teknologi DLP.

2. proyektor LCD

Tipe proyektor yang modern diadaptasi dari pendahulunya yaitu Projector Overhead (OHP), yang mana OHP masih memakai tulisan di atas kertas bening.

3. Proyektor CRT

CRT atau sering juga disebut Cathode Ray Tube yang memanfaatkan proyektor tabung bergambar kuno yang telah digunakan pada TV konvensional selama puluhan tahun.

Dengan jenis proyektor ini, tiga CRT, ditambah lensa pembesar, digunakan untuk mentransmisikan gambar ke layar. CRT digunakan untuk memproyeksikan warna utama, merah, biru dan hijau.

Ada tiga tabung warna berbeda dalam sebuah proyektor CRT, membuat proyektor ini cukup besar dan berat. Sehingga dirasa kurang leluasa digunakan untuk presentasi di ruang yang sempit.

Jenis proyektor ini bekerja dengan baik untuk kontras yang hebat, warna hitam yang sangat berbeda, dan warna yang bagus.

CRT karena gambar tidak dipindai dengan berkas elektron, mereka tidak terbatas pada kisaran tertentu dan menawarkan piksel garis lintang yang lebih besar dalam hal resolusi layar.

Secara keseluruhan, proyektor CRT memberikan kualitas gambar film yang sangat memuaskan kepada pemirsa. Tidak seperti model DLP dan LCP, proyektor CRT tidak memiliki bohlam yang perlu diganti, sehingga menghemat uang konsumen.

Selain itu, model CRT bertahan selama 20.000 jam – umur yang relatif lama. Ada beberapa kekurangan dari jenis proyektor ini. Model CRT biasanya cukup mahal, mulai dari sekitar $ 10.000.

Mereka juga besar, seringkali membutuhkan jumlah ruang yang sama dengan TV 20 inci. Selain itu, agar proyektor CRT berfungsi secara maksimal, diperlukan ruangan gelap.

4. Proyektor DLP

Gambar tersebut dihasilkan dari kaca mikroskopis kecil yang disusun dalam matriks di atas sebuah chip semikonduktor atau biasa dikenal dengan Digital Micromiror Device.

5. Proyektor LCOS

Tipe ini merupakan pembaruan dari LCD dan DLP yang diproduksi dengan resolusi yang lebih ringan dan lebih baik.

6. Jenis-jenis Proyektor Terbaik (projector Film)

Project successive frames from the bobbin to create a moving image movie.

7. Proyektor slide

Proyektor jenis ini merupakan alat yang mempunyai fungsi untuk menampilkan bayangan sebuah gambar yang bisa ditembus oleh cahaya.

8. Jenis-jenis Proyektor Terbaik (Proyektor overhead)

OHP (Overhead Projector) adalah jenis perangkat keras yang sangat sederhana, terdiri dari kotak dengan bagian atas sebagai alas yang luas untuk menempatkan transparansi.

Cahaya yang sangat terang dari lampu proyektor sangat kuat menyinari dari dalam boks kemudian dibiaskan oleh lensa khusus yaitu lensa fresnel, melalui ukuran transparan 20 x 25 cm yang diletakkan di atas landasan.

Sistem pemantulan cahaya dari cermin dan lensa, yang ditempatkan di atas casing dasar, menghasilkan seberkas cahaya yang berputar 90 derajat.

Dengan cahayanya yang sangat terang dan sistem optik yang efisien, menghasilkan begitu banyak cahaya sehingga memungkinkan untuk digunakan di ruangan normal tanpa penggelapan.

Over Head Projector / Over Head Transparency yang pertama kali digunakan untuk identifikasi pekerjaan polisi. Ini mulai digunakan secara luas di sekolah dan bisnis pada akhir 1950-an dan awal 1960-an.

Produsen utama proyektor overhead pada periode awal ini adalah perusahaan 3M.

Seiring dengan meningkatnya permintaan proyektor, Buhl Industri didirikan pada tahun 1953, dan merupakan kontributor AS terkemuka untuk beberapa perbaikan optik untuk proyektor overhead dan lensa proyeksi.

9. Magic Lantern

Perkembangan proyektor dimulai dengan ditemukannya Magic Lantern, oleh Jesuit Athanasius Kircher pada tahun 1671.

Kemudian pada tahun 1838, William George Horner menciptakan alat optik yang dapat mengubah gambar bergerak menjadi gambar diam, alat ini dinamakan Zoetrope.

Pada tahun 1891 Thomas Edison menemukan kinetoskop. Alat ini menggunakan mesin untuk memutar bagian gambar dengan menyinari lapisan. Sejak saat itu proyektor semakin sering digunakan.

10. Enlarger

Enlarger adalah proyektor transparansi khusus yang digunakan untuk menghasilkan hasil foto dari film atau kaca negatif menggunakan proses gelatin perak atau transparan.

Pembesar terdiri dari sumber lampu yang umumnya berupa bola lampu pijar, dudukan untuk negatif atau transparansi, dan lensa khusus untuk memproyeksikan.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Masalah yang Sering Terjadi Pada Proyektor

11. Jenis-jenis Proyektor Terbaik (Cheerlux CL760)

Merupakan sebuah mini projector yang cocok untuk anda gunakan untuk keperluan presentasi di kantor atau rumah anda. Dilengkapi dengan teknologi DLP, yang dapat mengirimkan gambar bersih dengan akurasi warna yang optimal.

Proyektor Cheerlux CL760 diklaim memiliki masa pakai lampu hingga 5.000 jam atau setara dengan rata-rata pemakaian 5 jam per hari selama 3 tahun, sehingga dapat menghemat biaya perawatan lampu proyektor Anda.

Untuk Anda yang menggunakan laptop, tersedia port VGA dan HDMI untuk menghubungkannya dengan perangkat Anda.

12. Jenis-jenis Proyektor Terbaik (Rockware RW-60)

Proyektor mini ini bisa digunakan untuk aktivitas kantor atau rumah. ROCKWARE RW-60 menggunakan lampu LED sebagai sumber proyeksi, dengan tingkat kecerahan maksimum hingga 1500 lumen dan rasio kontras 1.000: 1, yang memastikan keluaran RW-60 sangat jernih dan bersih.

Untuk hasil proyeksi yang maksimal, Anda hanya perlu menempatkan RW-60 dengan jarak 1-4m agar hasilnya bisa diproyeksikan antara 40-150 inchi.

Selain itu, keunggulan RW-60 yang sangat populer adalah hadirnya fitur Wireless Multi-Screen yang dapat digunakan untuk WiFi / DLNA / Miracast / Airplay.

13. Jenis-jenis Proyektor Terbaik (Yourday YRD600)

Untuk Anda yang suka nonton film di rumah menggunakan proyektor, Yourday YRD600 jawabannya. Dengan adanya proyektor ini, acara menonton keluarga Anda akan sangat menyenangkan.

Dilengkapi dengan resolusi native 960 x 640 piksel dan rasio 16: 9 (support 1080p). Semakin tinggi resolusi asli, semakin jelas gambar yang dihasilkan dan teks yang lebih kecil, lebih mudah dibaca.

14. Jenis-jenis Proyektor Terbaik (Hiplay vs314)

Dengan kelebihannya yang bisa berfungsi sebagai TV analog, proyektor mini ini bisa menjadi pilihan untuk menemani hiburan keluarga Anda.

Citra yang dihasilkan HiPlay VS314 masih dapat terlihat jelas hingga jarak proyeksi enam meter.

Berbagai media bisa disambungkan ke mini proyektor ini, mulai dari USB, kartu microSD, TV, hingga mengandalkan koneksi Wi-Fi.

15. Jenis-jenis Proyektor Terbaik (LG Minibeam PH550)

LG PH550 memiliki fungsi proyeksi nirkabel yang dapat dihubungkan dari smartphone atau tablet Anda. LG PH550 juga dapat menampilkan film, gambar, musik, bahkan dokumen dari flash disk.

Pengalaman Anda menonton film, dan mendengarkan musik menjadi lebih seru. Ditambah lagi, teknologi laser membuat gambar yang dihasilkan proyektor ini lebih tajam dengan rasio kontras 150.000: 1. LG PH550 juga mendukung bluetooth sound out dan fitur Four Corner Keystone.

16. Jenis-jenis Proyektor Terbaik (Philips PicoPix)

Proyektor yang cocok untuk Anda gunakan untuk keperluan presentasi di kantor atau menonton film di rumah. Salah satu proyektor andalan Philips PicoPix hadir dengan tingkat kecerahan 48 Lumens dan resolusi native UXGA 1.600 × 1.200 piksel.

Dengan resolusi dan brightness tersebut maka tampilan presentasi yang anda sampaikan akan sangat jernih dan lebih menarik. Ini juga dapat memudahkan untuk menonton film atau kebutuhan hiburan lainnya.

17. Jenis-jenis Proyektor Terbaik (Sony MP-CD1)

Proyektor berdesain unik ini seukuran smartphone, memiliki baterai berkapasitas 5.000 mAh. Beratnya sekitar 280 gram sehingga sangat mudah dibawa kemana-mana.

Sony MP-CD1 menggunakan teknologi IntelliBright DLP yang diklaim mampu mengolah gambar dengan lebih cerdas untuk menampilkan gambar yang lebih cerah, namun tidak membuat baterai boros. Sehingga penggunaannya bisa lebih awet.

18. Infocus ViewSonic PX747-4K

Proyektor layar 4K UHD besar ini menggunakan teknologi XPR terbaru untuk menghadirkan 8,3 juta piksel yang mengesankan ke layar dan memenuhi standar Consumer Technology Association (CTA) untuk resolusinya sendiri.

Proyektor ini dilengkapi dengan port HDMI ganda dan dukungan HDCP2.2, yang berarti konten 4K UHD terbaru dapat dinikmati di perangkat hiburan rumah seperti pemutar Blu-ray 4K dan PS4 Pro.

19. Jenis-jenis Proyektor Terbaik (Optoma UHD50)

Hiburan dengan format 4K belakangan ini menjadi pusat perhatian konsumen yang sedang marak saat ini. Optoma UHD50 hadir dengan layar 4K Ultra HD dengan resolusi 8,3 juta piksel, yang diklaim mampu bersaing di pasar dunia.

Proyektor sinema ini juga mampu menampilkan proyeksi 4K sebesar 120 inci dengan jarak hanya 3,2 m.

Tidak hanya dibekali 2.400 ANSI lumens dan rasio kontras 500.000: 1, proyektor Optoma UHD50 ini juga telah mendukung penerapan mode warna RGB dan teknologi HDR10.

Dengan sederet teknologi dan fitur, Optoma UHD50 akan mampu menampilkan gambar yang tajam, dengan warna yang lebih kaya dan efek dramatis.

20. Jenis-jenis Proyektor Terbaik (Epson EH-TW650)

Proyektor sinema ini, hadir dengan tingkat kecerahan 3.100 lumens dan resolusi Full HD 1080p, 1920 x 1080, 16: 9. Rasio kontras 15.000: 1 dan input HDMI berarti Anda bisa mendapatkan keuntungan dari gambar yang jernih dan tajam.

Epson EH-TW650 membuat pengalaman menonton film Anda yang menarik di rumah menjadi hidup dalam gambar.

Keunggulan dan Kekurangan Proyektor

Keunggulan dan Kekurangan Proyektor

Sebagaimana alat elektronik lainya tentunya proyektor juga memiliki keunggulan serta kekurangannya

Keunggulan:

Jika dilihat dari pengertian proyektor sebelumnya, penggunaan proyektor dalam presentasi memiliki beberapa keunggulan yaitu:

  • Mudah dioperasikan

Meskipun proyektor LCD relatif baru, namun sangat mudah digunakan dan sistemnya tidak rumit untuk digunakan. Cara kerja LCD cukup sederhana yaitu dapat langsung menampilkan layar komputer ke background, sehingga tidak heran jika alat ini selalu digunakan untuk presentasi.

  • Materi bisa tersampaikan dengan jelas

Dengan menggunakan LCD proyektor, materi yang disajikan dapat dengan mudah tersampaikan kepada khalayak. Apalagi bila materi dari presentasi memerlukan ilustrasi, video atau gambar, memakai proyektor dapat mempermudah presentasi.

  • Memfasilitasi proses interaksi

Proyektor mendukung selama proses presentasi mulai dari presentasi hasil hingga sesi tanya jawab atau diskusi. Ini bermanfaat saat membuat presentasi yang tujuannya adalah untuk melakukan diskusi dua arah.

  • Tarik perhatian audiens

Suka atau tidak, penonton akan memperhatikan apa yang Anda tampilkan melalui layar LCD. Apalagi jika materi yang Anda sampaikan semakin menarik, akan semakin menarik minat penonton untuk mendengar apa yang Anda sampaikan.

Kekurangan Proyektor

Selain mempunyai kelebihan, proyektor juga tentunya memiliki kekurangan. Berikut ini adalah kekurangan dari proyektor:

  • Umumnya harga proyektor cukup mahal
  • Beberapa jenis proyektor memiliki pengaturan yang rumit
  • Menggunakan proyektor menambah biaya listrik
  • Proyektor memiliki radiasi yang lumayan tinggi
  • Biaya service proyektor umumnya mahal dikarenakan suku cadang masih langka

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Rekomendasi Keyboard Gaming Murah Terbaik 2020

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang Jenis-jenis Proyektor Terbaik Beserta Keunggulanya, pilihlah sesuai kebutuhan anda dan pelajari ditailnya itu sangat membantu anda, selamat mencoba

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.