Macam-Macam Jenis Printer

Macam-macam jenis Printer Beserta Keungulan dan Kelemahannya

Macam-macam jenis Printer – Bagi mereka yang bergelut di dunia percetakan, sudah pasti merupakan kewajiban untuk mengetahui dan memahami arti dan jenis printer serta fungsinya.

Mengapa demikian? karena mereka harus mengetahui tentang semua jenis printer dan fungsi-fungsi printer sehingga mereka dapat menyesuaikan pemilihan printer sesuai dengan kebutuhan mereka.

Apa Itu Printer?

Apa Itu Printer

Pada dasarnya printer adalah hardware atau perangkat keras yang terhubung ke komputer atau laptop yang kemudian digunakan untuk mencetak file dalam bentuk teks atau gambar.

Seiring berjalannya waktu, membuat printer semakin canggih sehingga memunculkan beberapa jenis printer dengan fungsinya sendiri. Mari kita cari tahu apa saja jenis printer dan fungsinya

Macam-Macam Jenis Printer beserta Keunggulan dan Kelemahannya

Macam-Macam Jenis Printer beserta Keunggulan dan Kelemahannya

1. Jenis Printer LED/LCD

Pada dasarnya printer LED / LCD jenis ini hampir sama dengan printer laser tetapi tidak menggunakan laser untuk membuat pola pada drum tetapi menggunakan cahaya.

Orang sering menyamakan printer Laser dengan printer LED / LCD. Proses pencetakan hampir sama tetapi printer LED / LCD menggunakan dioda pemancar cahaya. Printer ini menghasilkan kualitas cetak yang sangat tinggi baik teks maupun gambar.

Printer jenis ini memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan printer laser, tetapi memiliki perbedaan LED / LCD menggunakan dioda pemancar cahaya. Printer ini dapat menghasilkan kualitas cetak yang baik untuk teks dan dokumen.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Menginstall Printer ke Laptop

2. DOT MATRIX PRINTER

Printer Dot Matrix adalah printer yang menggunakan pita sebagai alat cetak. Karena menggunakan pita untuk menampilkan output ke kertas, hasil pencetakan dengan printer dot matrix agak kasar dan tidak terlalu baik.

Dengan menggunakan printer ini, cetakan dapat langsung diduplikasi dengan karbon. Karena sistem pencetakan masih menggunakan sistem ketukan. Karena menggunakan pita sebagai sumber warna, warna yang dapat diproduksi tidak bervariasi. Hanya hitam, biru dan merah saja.

Dan jarang bisa Anda menggunakan ketiga warna sekaligus. Resolusi cetak masih sangat rendah, karena gambar yang dicetak akan terlihat seperti titik-titik yang terhubung.

Kecepatan jenis kinerja printer ini diukur dengan jumlah karakter yang dapat dicetak per detik dalam cps (karakter per detik). Beberapa dari printer ini adalah 500 cps. Untuk terhubung dengan CPU masih menggunakan port paralel.

Meskipun saat ini teknologi printer telah menjadi lebih canggih, printer dot matrix masih diproduksi. Karena printer dot matrix dapat digunakan untuk mencetak salinan dokumen, yang biasanya digunakan untuk membuat tanda terima, tanda terima, dan dokumen keuangan lainnya.

Keunggulan:

  • Dapat mencetak banyak salinan sekaligus.
  • Dapat mencetak ukuran kertas lebar.
  • Biaya printer dan tinta (Pita) murah.

Kelemahan:

  • Dpi dan ppm rendah
  • Gerakan sangat lambat
  • Kebisingan saat bekerja
  • Warna yang dihasilkan tidak bervariasi.

3. Jenis Printer INKJET PRINTER

Printer Inkjet adalah perangkat pencetakan yang menggunakan tinta untuk mencetak. Inkjet yang tersedia di pasaran saat ini memiliki kemampuan mencetak hingga ukuran kertas yang sangat besar. Resolusi printer inkjet saat ini dapat mencapai 5760 × 1440 dpi.

Pada printer jenis ink jet menggunakan teknologi dor on demand, dengan menyemprotkan titik-titik kecil tinta pada kertas melalui nosel atau lubang pipa yang sangat kecil. Teknologi lain yang dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon dan HP menggunakan panas,

panas dapat membuat gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan mencetak di atas kertas. Karena menggunakan tinta cair, hasil cetak menunggu beberapa detik hingga kering.

Jenis penempatan dan pengisian tinta ink jet printer dapat dimodifikasi dengan teknik infus, yaitu dengan menambahkan kartrid tinta khusus di luar printer dan dihubungkan dengan selang kecil untuk dihubungkan ke printer pada mesin printer.

Keuntungan:

  • Dpi & ppm lebih tinggi dari dot matrix
  • Lebih mudah untuk mencetak gambar dan warna
  • Kemampuan mencetak hingga kertas lebar dengan kualitas yang baik

Kelemahan:

  • Tidak dapat mencetak duplikat
  • Biaya operasi lebih mahal
  • Waktu pencetakan lebih lama

4. Printer InkJet Business

Jenis-jenis printer InkJet Business banyak digunakan di kantor-kantor. Printer ini menggunakan teknologi InkJet dengan skala yang besar untuk akomodasi kebutuhan kantor yang mempunyai ketergantungan besar pada cetakan. Printer ini dianggap memiliki daya tahan yang baik.

Keuntungan:

  • Hasil cetakan berkualitas
  • Teks atau gambar lebih detail dan terlihat nyata

Kekurangan:

  • Hasil cetaknya cukup basah
  • Biaya pencetakan lebih tinggi per halaman

5. Printer InkJet Rumahan

Printer ini berfungsi untuk mencetak dokumen dalam skala kecil. Biasanya untuk kebutuhan pribadi di rumah. Orang-orang yang sering menggunakan printer InkJet berbasis rumah adalah siswa yang selalu perlu mencetak dokumen kuliah mereka sehingga mereka tidak repot-repot keluar rumah.

Printer ini memiliki dua jenis, yang kualitasnya hampir sama dengan printer Business InkJet . Printer InkJet berbiaya rendah menggabungkan kemampuan pencetakan berkualitas tinggi dari teknologi inkjet dengan fungsionalitas biaya per halaman lebih rendah.

6. LASERJET PRINTER

LaserJet adalah jenis printer yang memiliki kualitas terbaik dibandingkan dengan dua jenis printer sebelumnya. Alat cetak tidak menggunakan tinta tetapi menggunakan bubuk toner dan pencetakan inframerah.

Printer ini juga menawarkan kecepatan cetak yang tinggi. Bahkan mesin yang tergolong kelas rendah dari kelompok laser ini masih memiliki kecepatan tinggi dibandingkan dengan printer Ink Jet atau Dot Matrix. Setidaknya dua kali lebih cepat dari printer inkjet.

Pekerjaan printer laser mirip dengan mesin fotokopi, yang menggunakan drum fotografi. Kualitas cetakan yang dihasilkan selain cepat juga cukup tajam.Printer laser sangat ideal bagi frekuensi sangat tinggi.

Biasanya itu adalah gedung kantor. Namun, tidak menutup juga pengguna rumahan menggunakan printer laser. Hanya saja untuk printer laser warna yang memiliki kualitas yang sama dengan inkjet, harganya bisa dua kali lebih besar dari printer inkjet itu sendiri.

Keuntungan:

  • DPI, ppm sangat tinggi
  • Efisien untuk pencetakan hitam putih
  • Kapasitas warna lebih banyak daripada printer dalam ruangan lainnya.
  • Kemampuan pencetakan sangat cepat

Kelemahan:

  • Biaya operasional tinggi
  • Tidak bisa digunakan terus menerus.

7. THERMAL PRINTER

Thermal Printer sangat berbeda dari printer inkjet normal atau printer laser. Printer termal menggunakan panas untuk mencetak di atas kertas, bukan kartrid tinta. Dengan teknologi ini, membuat printer thermal tidak berisik (bahkan beberapa jenis tidak mengeluarkan suara).

Printer ini juga dapat mencetak dengan sangat cepat karena tidak menggunakan pin seperti printer dot matrix. Printer ini memiliki harga yang lebih tinggi di atas dot matrix, tetapi justru dengan kelebihan yang ia miliki sebelumnya mengarah ke printer thermal yang banyak digunakan.

Penggunaan Thermal Printer adalah:

  • cetak tanda terima di pompa bensin
  • mesin antrian
  • Mesin ATM
  • kios informasi
  • Sistem point of sales seperti pada cash register

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Aplikasi Kasir Android

8. Macam-macam jenis Printer (Plotter / Wide Format Printing)

Plotter adalah salah satu peralatan keluaran yang dapat mencetak gambar pada kertas permukaan, Vinyl, Sticker, dan berbagai bahan lain dalam ukuran besar dengan hasil yang memuaskan. Printer Ploter cocok untuk layanan cetak digital seperti spanduk, poster, stiker, cutting, dll.

Jenis printer ini memiliki akurasi pencetakan yang sangat handal. Ada 2 jenis plotter printer yaitu plotter flatbed dan plotter drum.

Keunggulan Printer Plotter:

  • Dapat mencetak kertas lebar
  • Kecepatan cetak sangat baik
  • Kualitas cetak sangat bagus
  • Tidak berisik

Kelemahan plotter:

  • Harga relatif mahal
  • Tinta boros

9. Printer Solid Ink

Printer ini menggunakan jenis tinta yang sudah di wax. Cara kerjanya adalah printer melelehkan tinta lilin dan kemudian menampungnya di tempat yang kemudian ditransfer ke jenis drum yang kemudian mendinginkan tinta dan kemudian mencetaknya ke kertas.

Jika dibandingkan dengan jenis printer lain, jenis printer ini memiliki lebih sedikit komponen internal. Suhu dan kelembaban kertas mempengaruhi pengoperasian printer ini

10. Buble Jet

Printer ini dinilai masih cukup mahal. Meskipun gambarnya bisa dikatakan menyerupai film yang dicetak. Pada saat ini, ia tidak dapat mencetak pada ukuran kertas yang besar, sehingga mereka dapat dikatakan kecil.

Printer jenis ini biasanya bisa dipakai langsung menggunakan kamera tanpa ada perantara dari komputer. Ini karena tidak hanya dilengkapi dengan konektor tipe USB, printer inipun dilengkapi dengan pembaca kartu. Sekarang juga tersedia printer foto portabel yang juga dapat digunakan sebagai slide show.

Keuntungan:

  • Stabil, merespons dan terdengar sangat lembut.
  • Dapat digunakan langsung dengan kamera tanpa perantara komputer

Kekurangan:

  • Kartrid mahal
  • Hasil genangan bila terkena air

11. Printer DTG ( Direct to Garment)

Printer DJP merupakan salah satu bentuk modifikasi atau pengembangan dunia percetakan baru. Penggemar mesin ini dari dunia kaos sablon yang sebelumnya manual kini berkembang menjadi percetakan kaos digital untuk dapat mencetak kaos / kemeja & kain langsung tanpa perantara (tanpa kertas transfer).

Printer DTG memudahkan penjual t-shirt individual untuk bisnis distribusi. Printer DTG sekarang menggunakan modifikasi dari printer merek Epson. Jenis tinta yang digunakan adalah jenis tinta tekstil.

Selain kapas, Printer DTG ini langsung ke printer garmen juga dapat digunakan untuk mencetak sablon pada handuk, Satin, TC dan kayu.

Keuntungan menggunakan Printer DTG adalah:

  • Hasilnya tahan lama dan bisa dicuci berkali-kali seperti hasil sablon manual
  • Dapat mencetak Penuh warna
  • Hasil sablon tajam dan bahkan dengan warna yang memuaskan
  • Tidak perlu menggunakan kertas transfer
  • Hasil cetak halus meresap ke dalam kain
  • Tidak perlu menggunakan mesin cetak kaos

Kelemahan:

  • Perawatan kepala printer sulit dan cenderung menyumbat dengan cepat jika tidak dirawat dengan benar.
  • Harga tinta printer sangat mahal dari pada tinta sablon
  • Harga jualnya jauh lebih mahal dari pada sablon manual untuk produksi jumlah besar.

12. Printer Label

Printer Label ini digunakan untuk mencetak label dengan jumlah besar dan lebih mudah. Beberapa Label Printer memiliki banyak fungsi sekaligus, yaitu di supermarket juga dapat digunakan untuk mencetak barcode. Beberapa printer label juga dapat mencetak label dalam berbagai bentuk.

13. Printer A3

Printer ini, yang mampu mencetak lembaran kertas A3, cocok untuk digunakan di kantor dan rumah yang membutuhkan pencetakan dalam skala yang lebih besar. Selain A3, printer ini juga memiliki opsi untuk mencetak kertas ukuran lain.

Beberapa kelebihan dari printer jenis ini adalah memiliki ukuran cetak yang lebih besar dan opsi yang lebih luas. Namun, biaya awal yang diperlukan untuk menggunakannya bisa lebih tinggi dari printer lain (harga jualnya cukup mahal)

14. Printer Serbaguna

Jenis printer ini dapat melakukan banyak pekerjaan yang berhubungan dengan pencetakan di satu tempat. Selain mencetak, printer serbaguna juga dapat digunakan untuk menyalin, memindai, dan mengirim faks dengan cara yang sederhana dan efisien.

Printer serbaguna cocok untuk digunakan di kantor dan di rumah. Beberapa keuntungan memiliki printer ini lebih hemat biaya daripada harus membeli beberapa perangkat yang berbeda, lebih ringkas (tidak rumit), dan lebih efisien.

Hanya saja printer ini kurang bisa diandalkan untuk digunakan dalam skala yang lebih besar. Jika Anda menginginkan printer multiguna skala besar dengan kemampuan lebih baik dan kualitas tinggi, maka pilihannya adalah membeli printer inkjet all-in-one.

15. Macam-macam jenis Printer Tinta Padat (Solid Ink)

Jika printer yang biasa kita gunakan di rumah menggunakan tinta cair untuk mencetak dokumen, maka seperti namanya, printer ini menggunakan sejenis tinta padat seperti lilin untuk mencetak dokumen. Saat akan mencetak dokumen dengan jenis printer ini dan klik “cetak”,

bilah tinta yang padat akan dihangatkan sampai ketingkat titik leleh. Setelah itu tinta akan dipindahkan ke selembar kertas untuk menghasilkan gambar yang dicetak. Hasil cetak printer ini biasanya berupa tekstur yang terasa seperti lilin ketika disentuh.

Sebagai informasi, jenis teknologi tinta padat ini sudah ada sejak 1986. Tektronix, yang berbasis di Oregon, Amerika Serikat, adalah perusahaan yang mengembangkan ini. Apa yang dilakukan perusahaan ini adalah jawaban dari tingginya biaya pencetakan menggunakan tinta cair biasa.

16. Printer Daisy Whee

Dinamai printer Daisy Wheel karena printer ini menggunakan roda (wheel) yang berisi karakter. Setiap karakter pada roda terletak di selongsong plastik yang ditempatkan di tengah roda. Dengan begitu, bentuknya menjadi seperti bunga Krisan (daisy).

Daisy Wheel digolongkan sebagai printer kualitas huruf karena hasil karakter yang dicetak di kertas memiliki kualitas yang baik. Tetapi kelemahan dari jenis printer ini adalah tidak dapat mencetak dengan cepat. Kecepatan pencetakan adalah sekitar 55 cps (karakter per detik).

17. Macam-macam jenis Printer (Printer ID Card)

Printer Kartu ID atau printer kartu adalah printer kartu plastik. Printer desktop elektronik dengan pengumpan kartu tunggal yang mencetak dan mempersonalisasikan kartu pvc.

Printer ini dikendalikan oleh driver printer yang kompatibel dengan bahasa pemrograman tertentu. Jenis pencetakan ini menggunakan sistem termal dan hanya ingin mencetak kartu pvc dengan ukuran yang ditentukan.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Membuat QR Code Sendiri

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang Macam-macam jenis Printer, sekarang anda tidak perlu bingung lagi jika ingin mengetahui berbagai jenis printer dan kegunaannya serta dapat menjadi referensi apabila ingin membeli printer sehingga sesuai dengan kebutuhan.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.