Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris

Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris dan Cetakan Jelek Secara Manual

Mengatasi Hasil Print Bergaris – Hampir semua orang terbiasa dengan printer. printer adalah teknologi yang memudahkan mencetak apa pun dalam bentuk dokumen atau foto. Printer tidak hanya menampilkan hitam putih, karena sekarang printer semakin canggih dapat memfotokopi untuk mencetak gambar berwarna.

Namun sayangnya, terkadang ada masalah yang muncul saat menggunakan printer. Salah satu masalah yang sering dialami adalah adanya garis-garis pada hasil cetak printer. Tentu saja masalah ini cukup mengganggu.

Mengatasi Hasil Print Bergaris

Mengatasi Hasil Print Bergaris

Banyak orang bingung ketika mereka melihat hasil cetakan yang tercetak pada printer Canon MP287, Canon MP237, Canon IP 2770, Epson L360, Epson L120 dan lainnya, mengalami kerusakan seperti hasil tinta yang bergaris.

Tetapi dengan trik-trik untuk Mengatasi Hasil Print Bergaris dengan mudah seperti contoh berikut ini, Anda dapat mengerjakan tugas kembali di rumah dengan nyaman.

1. Periksa dan Bersihkan Encouder

Encouder adalah mika panjang, tepat di belakang kartrid. Fungsi encouder ini sebagai sensor, jika encouder kotor, dapat mempengaruhi hasil cetak, seperti cetakannya yang bergaris. Sedangkan untuk membersihkan bagian encouder, Anda cukup membersihkannya menggunakan tisu .

Anda juga dapat membuka encouder dan kemudian merendamnya dalam air hangat sebentar sampai kotoran yang terkandung dalam encouder menghilang, tetapi pastikan encouder kering sebelum Anda memasangnya kembali.

Encoder ini juga memiliki pengaruh penting pada hasil cetakan terutama jika Encodernya kotor. Jadi, periksa Encoder pada printer terlebih dahulu. Jika Encoder mulai kotor, lakukan pembersihan pada Encoder. Mudah, cukup bersihkan dengan tisu perlahan dan bersihkan debu yang menempel pada Encoder.

Setelah itu, coba cetak ulang dan lihat hasilnya, pasti jauh lebih baik dari pada ketika Encoder kotor. Selain bersihkan dengan tisu, Anda juga dapat menghapus Encoder dan merendamnya dalam air hangat. Selanjutnya, tunggu Encoder mengering, lalu instal Encoder seperti sebelumnya.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Mengisi Tinta Printer Cannon

2. Melakukan pemeriksaan dan Bersihkan Cartridge

Cara mengatasi hasil cetakan tercetak bergaris lainnya adalah dengan memeriksa kartrid pada printer. Sudah menjadi rahasia umum jika hasil cetak sangat berpengaruh dalam penyimpanan tinta printer ini. mencoba memeriksa kartrid terlebih dahulu, apakah tinta printer kental atau tidak.

Jika tinta dalam kartrid kental, itu berarti penyebab cetakannya tercetak bergaris. Untuk mengatasinya, coba keluarkan kartrid dan rendam kepala kartrid dengan air hangat. Ingat, hanya kepala saja, tidak perlu merendam seluruh kartrid. Setelah kering anda bisa memasangnya kembali.

3. Merendam Catridge ke dalam Air Alkohol atau Air Hangat

Cara mengatasi hasil cetakan bergaris ini bisa dilakukan jika tinta yang terdapat dalam kartrid mengumpal, umumnya terjadi jika printer lama belum pernah digunakan.

Karena alasan ini, teknisi biasanya menyarankan agar printer digunakan setiap hari untuk mencetak dokumen, setidaknya 1 halaman saja.

Penggumpalan tinta ini tentu saja dapat menyebabkan hasil pencetakan menjadi buruk, tidak hanya bergaris-garis, hasil cetaknya dapat pudar atau juga dapat kosong meskipun tinta printer Anda sudah penuh.

4. Membersihkan Tinta di Dalam Cartridge

Masih ada cara untuk menangani hasil cetakan bergaris dengan mudah, tetapi metode ini harus mengosongkan tinta dalam kartrid printer Anda. Caranya, Anda bisa menyedot semua tinta dalam cartridge menggunakan suntikan untuk mengisi tinta dan mengisi kartrid dengan tinta baru.

5. Menggunakan Cartridge Warna

Sudahkah Anda melakukan pembersihan kepala cartride tetapi hasil cetakan masih memiliki garis? Jika demikian, Anda dapat mencoba mengubah pengaturan ke Color Cartridge. Caranya sangat mudah, pertama Anda perlu membuka Micorosoft Office dan segera tekan CTRL + P.

Setelah itu, klik pada menu properties dan lanjutkan dengan memilih menu Maintenance. Kemudian, pilih fitur Pengaturan Kartrid Tinta dan segera pilih Hanya Warna. Terakhir, Anda hanya perlu mengklik OK. Sudah selesai, sekarang Anda mencoba mencetak ulang.

6. Tingkatkan Kualitas Print

Ketika Anda hendak mencetak, cobalah untuk meningkatkan kualitas pengaturan sebelum mencetak. Lalu, tunggu dan lihat hasilnya, pasti garis-garis pada cetakan akan hilang. Namun, ada beberapa kelemahan untuk melakukan metode ini.

Pertama, waktu cetak lebih lama. Dan kelemahan kedua adalah, penggunaan tinta cukup banyak sehingga berpotensi boros tinta. Namun hal itu terbayarkan dengan hasil cetakan yang tidak bergaris lagi.

7. Melakukan Perbaikan Pada Menu Maintenance

Anda dapat melakukan perawatan pada printer untuk menangani cetakan yang dicetak. Penyebab yang biasanya menjadi masalah utama adalah ketika tinta baru diisi ulang sehingga tinta yang ada dalam cartridge belum mengalir sepenuhnya atau lancar, sehingga sering terjadi penyumbatan.

Langkah-langkah untuk melakukan perawatan printer adalah:

  • Pertama, Anda harus membuka dokumen kata yang akan Anda cetak.
  • Maka Anda harus mengetik perintah CTRL + P pada keyboard.
  • Kemudian Anda dapat memilih menu properti printer dan kotak dialog properti printer akan muncul.
  • Dalam menu Perawatan Anda harus memilih pembersihan atau pembersihan mendalam (jika pada printer Canon), tetapi disarankan untuk melakukan pembersihan terlebih dahulu.
  • Kemudian kotak dialog akan muncul lagi dari pembersihan kepala cetak, di bagian ini Anda dapat memilih tinta dengan garis, tetapi jika Anda ragu Anda dapat memilih semua warna
  • Kemudian Anda klik eksekusi.
  • Ketika kotak dialog muncul lagi Anda dapat mengklik OK lagi dan akhirnya Anda mengklik pola centang cetak.

8. Sedot Tinta Pada Cartridge

Sedot Tinta Pada Cartridge

Cara menangani hasil cetak bergaris ini sebenarnya merupakan tindak lanjut dari cara yang terdapat pada poin kedua, untuk mengoptimalkan keadaan kartrid tinta yang mengalami masalah karena penggumpalan tinta, Anda juga bisa menghisap kartrid tinta hingga kosong.

Anda dapat menggunakan suntikan untuk menyedot tinta pada cartrifhe, atau Anda juga dapat menggunakan sedotan khusus sehingga tinta yang dikeluarkan dapat langsung dilakukan mulai dari kepala kartrid

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Macam-Macam Jenis Printer

9. Lakukan Head cleaning

Head cleaning adalah bagian dari perangkat lunak manajemen printer, dan dapat diakses dengan membuka panel kontrol kemudian masuk ke perangkat keras dan suara kemudian ke perangkat dan printer.

Kemudian klik kanan ikon printer kemudian pilih menu preferensi pencetakan kemudian buka tab pemeliharaan, pasalnya hampir setiap printer dari berbagai merek dilengkapi dengan fitur-fitur ini.

10. Lihat Apakah Tinta Mengalir Dengan Baik dari Botol Infus Menuju Cartridge

Tinta yang tidak mengalir dengan lancar dari botol ke dalam kartrid dapat menyebabkan ketidakcocokan dalam hasil cetak. Ini biasanya terjadi karena persediaan tinta yang terkandung dalam kartrid tidak berfungsi secara optimal,

Jika Anda menemukan aliran tinta dalam botol infus yang mengarah ke kartrid yang rusak, Anda harus mencabut ujung selang pada kartrid dan kemudian mengisap dengan injeksi perlahan sampai tinta mencapai ujung selang kemudian memasukkannya ke dalam lubang kartrid.

11. Catridge Telah Melebihi Jumlah Maksimal Print

Untuk pengguna printer aktif seperti ini, kita harus mulai menyadari bahwa setiap cardtridge memiliki batas maksimum dalam hal jumlah penggunaan di mana ketika batas ini dilewati pengguna printer biasanya melakukan reset sehingga jumlah eeprom kembali ke 0

12. Mengecek Botol Infusnya

Khusus untuk printer yang menggunakan printer IV, maka Anda bisa mengecek botol tinta ke dalam kartrid sebagai salah satu solusi mengatasi print striped. Bisa jadi, botol infus tidak mengalir dengan benar ke dalam kartrid, sehingga menyebabkan hasil cetak yang kurang memuaskan.

Periksa dengan cermat aliran cairan tinta yang melewati botol IV dengan menarik keluar ujung tabung IV. Kemudian, terus menghisap selang dengan menggunakan suntikan yang dimodifikasi sampai tinta mencapai ujung selang, Segera masukkan selang lagi ke dalam lubang Cartridge.

13. Manfaatkan Garansi Printer

Bagi yang baru membeli printer tetapi hasil cetaknya tidak sesuai harapan, maka silakan klaim garansi printer Anda. Coba tanyakan masalah pada printer saat Anda membeli printer.

Atau, Anda juga dapat langsung mengajukan klaim garansi ke pusatnya, Kunjungi layanan pelanggan dari merek printer Dengan begitu, toko atau perusahaan printer dapat segera memeriksa dan menyelesaikan masalah yang ada di printer Anda.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir printer Anda rusak, karena pasti akan ditangani dengan baik oleh garansi resmi.

14. Ganti Cartridge

Cara Mengisi Tinta Printer cannon Manual

Metode sebelumnya disarankan untuk membersihkan kartrid, tetapi jika itu tidak berhasil, mungkin kartrid di printer Anda rusak. Atas dasar itulah Caris Signal merekomendasikan untuk mengganti Cartridge agar hasil cetak lebih baik dan terhindar dari masalah striped print.

Selain itu, kartrid pengganti juga membuat printer bertahan lebih lama. Karena kartrid rusak, maka berpotensi merusak semua bagian printer. Daripada menunggu printer yang rusak dan akhirnya tidak bisa digunakan lagi, Anda lebih baik mengganti cartridge.

15. Bawa ke Ahlinya

Jika ternyata printer Anda telah kedaluwarsa dan Anda ragu untuk mengotak-atik printer Anda, maka Anda dapat segera membawanya ke ahlinya. Artinya, Anda dapat langsung pergi ke tempat layanan printer khusus sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang kerusakan printer.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Menginstall Printer ke Laptop

Akhir Kata

Nah, itu informasi dari kami tentang beberapa cara untuk Mengatasi Hasil Print Bergaris. Sekarang anda tidak perlu kawatir lagi jika mengalami hasil cetakan yang bergaris kamu bisa menerapkan beberapa cara yang telah kami informasikan.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.