Mengatasi Hp Terkena Air

Mengatasi Hp Terkena Air
Mengatasi Hp Terkena Air

Mengatasi Hp Terkena Air – Pernah tidak waktu asyik bermain-main dengan HP, tapi tiba-tiba HP Anda kena air, entah itu tumpah air minum, jatuh ke penampungan air atau kena air hujan?

Jangan terburu-buru panik dulu, setidaknya berikan pertolongan pertama cara mengatasi HP yang terkena air ini.

Meski tentunya mengganggu, ditambah dengan resiko yang mungkin timbul seperti kehilangan data dan nomor telepon penting di HP Anda.

Namun karena sifat air dan perangkat elektronik yang tidak bisa bersahabat sewaktu-waktu, tentu saja jika ponsel dijatuhkan ke dalam air dapat menyebabkan kerusakan hingga kematian total.

Jika ponsel Anda dilengkapi dengan fitur tahan air, bersentuhan dengan air tidak lagi menjadi masalah. Namun lain ceritanya untuk ponsel tanpa fitur waterproof.

Untungnya, jika kerusakan yang ditimbulkan masih tergolong sederhana dan masih bisa diperbaiki sendiri, sebaiknya Anda mencoba memperbaikinya.

Sebab, dengan penanganan yang tepat dan cepat, kemungkinan besar Anda masih bisa menyimpannya. Cara yang bisa Anda coba adalah jangan langsung menyalakan ponsel Anda.

Selain itu, hindari memindahkan ponsel Anda secara berlebihan agar tidak terjadi korsleting. Anda bisa mencoba beberapa cara berikut untuk mengurangi kerugian yang lebih besar.

Disini penulis akan menjabarkan lebih detail bagaimana cara menangani HP yang terkena air dan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan jika hp Anda terkena air, semoga dapat membantu Anda semua.

Apa Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Hp Terkena Air?

Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Hp Terkena Air

Setelah Jaka menjelaskan berbagai macam hal yang harus Anda lakukan saat HP Anda kena air agar HP Anda tidak mati total, hal ini tidak boleh Anda lakukan. Perhatikan baik-baik.

  1. Jangan hubungkan ponsel Anda ke tenaga listrik.
  2. Seperti yang selalu kami katakan, jangan pernah mencoba menghidupkan ponselmu. Karena barang elektronik sangat “bermusuhan” dengan zat cair.
  3. Jangan panaskan ponsel Anda, seperti menggunakan pengering rambut atau oven. Perlu diketahui, panas justru merusak ponsel Anda. Jangan sampai Anda tambah merusak ponselmu.
  4. Jangan tekan tombol apa pun. Satu-satunya tombol yang harus Anda tekan adalah tombol matikan jika ponsel Anda masih hidup. Karena semakin dalam Anda menekan tombol HP, air yang ada di HP Anda akan semakin dalam.
  5. Jangan terlalu banyak memindahkan HP Anda. Karena hal ini akan membuat air di ponsel berpindah dan menyentuh komponen lain.

Langkah Mengatasi Hp Terkena Air

Memang di zaman sekarang ini banyak beredar smartphone tahan air. Namun, jika tidak punya, jangan sampai smartphone Anda basah jika masih sayang dengan HP Anda.

Namun jika kalian sembarangan memasukkan hp kalian ke dalam air, mungkin kalian bisa melakukan beberapa cara berikut untuk menyelamatkan hp kalian.

1. Pastikan Ponsel sudah mati

Setelah hp kena air, pasti hal yang pertama terlintas di benak kalian adalah mengecek keadaannya, hidup atau mati. Tapi, walaupun HP Anda masih hidup setelah terkena air, ada baiknya Anda segera matikan HP Anda.

Sebab, sifat air selalu bertolak belakang dengan benda elektronik. Semakin lama Anda meninggalkan ponsel pada saat ada air di dalamnya, semakin besar kemungkinan ponsel tersebut akan rusak.

2. Segera bongkar ponsel Anda

Maksud bongkar di sini bukan untuk mengupas konten smartphone Anda ke hal terkecil. Jika Anda seorang pemula dalam hal membongkar smartphone, Anda hanya perlu melepas baterainya jika bukan unibody, atau melepas microSD dan kartu SIM.

Tapi, jika Anda termasuk orang yang sudah berpengalaman membongkar ponsel, Anda bisa melepas smartphone Anda satu per satu. Kemudian taruh semuanya di atas kain kering.

Perlu Anda ingat, pastikan Anda pahami apa yang di lakukan jika ingin membongkar smartphone Anda. Bahkan jangan meningkatkan kerusakannya.

3. Keringkan bagian luarnya

Setelah menyelesaikan urusan internal, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membersihkan dan mengeringkan bagian luar HP Anda dengan lap kering.

Anda harus melakukannya secara perlahan dan jangan terlalu banyak menggerakkannya.

Menggerakkan HP yang terkena terlalu banyak air justru akan membuat air menyebar ke komponen HP lainnya. Tentunya hal ini justru akan membuat kerusakan ponsel Anda semakin parah.

4. Gunakan Pembersih Vakum

Perlu Anda ingatkan, jangan meniup pada smartphone yang terkena air karena justru akan membuat air masuk lebih jauh ke dalam smartphone Anda.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menggunakan penyedot debu untuk mengeluarkan air dari ponsel cerdas Anda.

5. Waktu Untuk Mengeringkan Hp

Selanjutnya Anda harus benar-benar mengeringkan HP Anda sebelum dipakai lagi. Ada berbagai cara yang bisa Anda gunakan, salah satunya dengan memasukkan ponsel ke dalam kantung berisi beras.

Kenapa nasi? Karena beras dianggap sebagai bahan yang dapat menyerap kelembapan dengan cepat. Selain itu nasi juga bisa anda temukan dimana-mana, bahkan di dapur anda pasti ada.

Biarkan ponsel Anda di dalam nasi setidaknya selama 2 hingga 3 hari. Atau, silica gel yang dapat menjadi tools untuk mengeringkan hp Anda.

Jika Anda tidak tahu apa itu silica gel, Anda pasti pernah menemukan tas putih kecil saat Anda membeli barang elektronik dan sepatu.

6. Penentuan

Setelah kalian melakukan semua langkah yang Jaka berikan di atas, sekarang saatnya menentukan apakah hp kalian masih bisa digunakan atau sudah rusak.

Usahakan untuk merakit kembali ponsel yang kena air. Jika iya, coba hidupkan kembali ponsel Anda, apakah masih menyala, atau sudah mati total.

Jika hp benar-benar mati maka yang perlu kalian lakukan adalah bersabar dan menerima kenyataan bahwa kalian harus membeli hp lain.

Namun jika HP Anda masih hidup coba lakukan beberapa pengecekan seperti coba layar HP Anda, tombol, speaker, dan port di HP Anda.

Baca Juga:

Penutup

Itulah sekilas pembahasan kami mengenai Cara Mengatasi Hp Terkena Air agar tidak mati total, silahkan ikuti langkah-langkah yang kami berikan di atas.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.