Cara Menginstall Printer ke Laptop

Cara Menginstall Printer ke Laptop atau PC Terbaru Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Menginstall Printer ke Laptop – Bekerja dengan komputer atau laptop pasti ada kalanya kamu membutuhkan printer untuk mencetak berbagai hal. Nah, meski kelihatannya mudah, ternyata masih ada juga lho pengguna yang kesulitan saat menghubungkan laptop atau PC dengan printer.

Cara paling umum untuk menghubungkan printer ke PC adalah dengan menghubungkan USB yang dimiliki printer langsung ke PC. Biasanya, Windows secara otomatis akan mendetek adanya hardware baru dan memulai installasi sesaat setelah USB dicolokkan.

Jika tidak, spAcer yang menggunakan laptop dengan OS Windows 7
Cara memasang printer ke laptop sangat penting dilakukan. Apalagi sekarang Anda benar-benar membutuhkan printer untuk mencetak berbagai hal, baik gambar maupun tulisan dari laptop yang Anda gunakan.

Biasanya proses pencetakan memang hal yang umum dan rutin dilakukan.
Tidak ada salahnya jika Anda sekarang mulai belajar untuk melakukan proses pencetakan ini sendiri.

Ini akan jauh lebih efisien dari pada Anda harus bolak-balik ke percetakan hanya untuk sewa printer agar dapat melakukan proses pencetakan. Jika Anda membeli printer biasanya sudah termasuk driver DVD yang dapat Anda instal secara otomatis hanya dengan mengklik dua kali atau menjalankan file setup.exe di komputer atau PC Anda.

Sehingga driver printer akan diinstal secara otomatis sehingga printer dapat digunakan untuk cetak atau print foto, ketik dokumen, cetak file pdf atau lainnya.

Lalu bagaimana jika file setup.exe tidak tersedia di driver printer? sedangkan kamu tidak memiliki file driver lain yang tersedia dalam bentuk file setup? dalam kondisi seperti itu kita harus menginstal driver printer dengan metode otomatis atau metode manual.

Apa Itu Driver Printer?

Apa Itu Driver Printer

Driver Printer adalah aplikasi perangkat lunak untuk program komputer untuk berkomunikasi dengan printer. tujuan berkomunikasi dalam penjelasan ini adalah bahwa ketika printer mencetak dari komputer ke printer, driver printer bertindak untuk mengubah informasi dari program ini ke format bahasa yang dimengerti oleh printer.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Mengatasi Laptop Hang

Cara Instal Printer ke Laptop/PC

Cara Instal Printer ke Laptop atau PC

Berikut ini adalah cara untuk menginstal printer ke laptop/pc dengan beragam metode.

1. Cara Menginstall Printer ke Laptop Sesuai Instruksi di Pabriknya

  • Klik ‘Mulai‘> Panel Kontrol> Perangkat Keras dan Suara> Printer
  • Klik ‘Tambahkan printer
  • Pada halaman ‘Pilih port printer‘, pilih ‘Gunakan port yang ada‘ dan pilih port printer sesuai dengan yang Anda instal pada PC kemudian klik ‘Next‘.
  • Pada halaman ‘Instal driver printer‘, pilih model printer yang Anda gunakan, lalu klik ‘Next
  • Selesaikan langkah berikutnya dan klik ‘Selesai

Jika printer yang Anda gunakan adalah jenis yang terhubung melalui Wi-Fi, maka gunakan program ‘Tambahkan perangkat‘ untuk menginstal printer ke PC.

  • Klik ‘Mulai‘> Panel Kontrol> Perangkat Keras dan Suara> Tambah perangkat
  • Pastikan Wi-Fi dan printer yang akan terhubung dihidupkan, maka ikon printer yang Anda gunakan akan muncul dan Anda cukup ikuti instruksi di sana.

2. Cara Menginstall Printer ke Laptop dengan Kabel USB

Anda dapat menggunakan kabel USB untuk memastikan printer cukup dekat dengan laptop yang akan Anda gunakan. Anda juga harus memastikan bahwa Anda telah menginstal CD Drive yang umumnya ditemukan di kotak printer di menu panel kontrol.

  • Hubungkan printer ke komputer menggunakan kabel USB bawaan. Secara umum, kabel USB standar printer tidak terlalu panjang sehingga Anda harus meletakkan printer di dekat komputer.
  • Hidupkan printer Anda. Pada beberapa model printer, biasanya setelah printer dihidupkan, proses instalasi akan secara otomatis dimulai atau instruksi instalasi muncul di layar komputer. Jika tidak ada yang terjadi pada komputer Anda, lakukan langkah berikutnya.
  • Klik menu Mulai di sudut kiri bawah dengan logo Windows.
  • Klik Perangkat dan Printer. Untuk Windows 10, klik Pengaturan – Perangkat – Printer & Pemindai.
  • Klik Tambahkan printer atau pemindai di bagian atas layar. Komputer memindai printer yang terhubung ke komputer.
  • Pilih salah satu yang sesuai dengan model printer Anda. Jika nama printer Anda tidak muncul, klik tautan Printer yang saya inginkan tidak tercantum. Kemudian klik tombol pencarian sehingga sistem dapat memindai driver printer Anda pada hard drive. Anda mungkin harus mengunduh perangkat lunak driver jika ternyata komputer masih tidak dapat memindai printer Anda.
  • Ikuti instruksi yang muncul di layar sampai selesai. Nyalakan kembali komputer jika diminta. Printer Anda sekarang siap digunakan.

3. Install Menggunakan CD Drive

Cara memasang printer ke laptop dengan cara yang tidak kalah mudah adalah dengan menggunakan drive CD. Untuk memasang printer ke laptop yang Anda gunakan, Anda dapat menyiapkan CD Driver yang cocok dengan merek printer.

Setelah itu, Anda dapat memasukkannya dalam driver ROM.
Atau jika Anda tidak memiliki driver ROM, Anda dapat menggunakan driver ROM eksternal. Setelah Anda berhasil memasuki halaman instalasi, Anda dapat mengikuti instruksi yang terlampir.

Setelah proses instalasi berjalan dengan baik, Anda dapat menghapus CD-Driver. Selanjutnya Anda perlu memastikan apakah printer diinstal dengan benar atau tidak.

Jika CD driver printer belum diinstal dengan benar atau masih ada masalah, maka Anda perlu menginstal CD driver baru. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi situs web layanan yang disediakan oleh pabrik printer yang akan Anda instal.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Burning File Ke CD/DVD

4. Install Tanpa Menggunakan CD Driver

Jika Anda ingin menginstal printer pada laptop tetapi Anda tidak mendapatkan CD Driver atau Anda kehilangan CD Driver, maka jangan khawatir karena Anda dapat menginstal printer tanpa menggunakan CD driver.

Cara menginstal printer tanpa menggunakan CD Driver adalah sebagai berikut:

  • Anda perlu membuka Control panel untuk masuk ke perangkat dan printer
  • Tambahkan printer sehingga Anda dapat melakukan langkah selanjutnya
  • Pada tahap selanjutnya opsi untuk port printer akan muncul.
  • Kemudian Anda dapat menggunakan port untuk mengatur opsi terbaik.
  • Selanjutnya, Anda dapat memeriksa dari situs web resmi merek printer yang akan Anda gunakan.
  • Setelah itu, Anda dapat mencari tautan untuk mengunduh perangkat lunak.

5. Cara Install Printer Dengan Driver Unduhan dari Website Resmi

Untuk menginstal printer dengan unduhan dari situs web resmi, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut:

  • Pertama, Anda harus membuka situs web resmi perusahaan penyedia printer untuk bisa mendapatkan perangkat lunak driver yang cocok dengan jenis printer yang akan Anda gunakan. Anda harus selektif memiliki driver di situs web karena ada banyak jenis driver di dalamnya.
  • Agar Anda dapat dengan mudah menemukan driver yang Anda butuhkan, Anda dapat menggunakan bilah pencarian yang biasanya ada di kanan atas situs web. Anda dapat menggulir hasil pencarian sampai Anda menemukan perangkat lunak driver yang akan Anda unduh.

Driver yang telah Anda unduh umumnya dalam bentuk WinRAR sehingga Anda juga memerlukan perangkat lunak WinRAR untuk mengekstraknya. Untuk mengekstrak file, Anda perlu klik kanan pada file tersebut, lalu klik Extract Here.

Selanjutnya Anda perlu mencari file setup dengan ektensi EXE. Klik dua kali file untuk memulai proses instalasi. Anda dapat mengikuti setiap perintah yang muncul di layar komputer. Ketika proses instalasi berakhir, Anda akan diminta untuk me-restart laptop sehingga perangkat lunak driver diinstal dengan benar.

Setelah proses restart selesai, Anda harus menghubungkan printer ke laptop menggunakan kabel bawaan untuk memeriksa apakah laptop dapat mengenali printer.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Uninstall Aplikasi dan Game di PC/Laptop

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang Cara Menginstall Printer ke Laptop. Sekarang anda tidak perlu bolak-balik ke tempat service lagi hanya untuk proses penginstalan printer dan tentunya sekarang anda jauh lebih efisien dan hemat serta mengetahui cara mengistal printer sendiri yang sangat mudah

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.