Suara Speaker Laptop Hilang

Cara Mengatasi Suara Speaker Laptop Hilang

Posted on

Cara Mengatasi Suara Speaker Laptop Hilang – Untuk Anda yang sedang mengalami laptop tidak keluar suara pasti merasa cukup kerepot.

Apalagi jika situasi sudah lama terjadi. Efeknya kita jadi tidak bisa memutar video, musik dan sejenisnya, mungkin saat menggunakan laptop Anda telah mengalami masalah ini beberapa kali. Namun untungnya masalah itu dapat teratasi.

Penyebab Suara Speaker Laptop Hilang

Penyebab Suara Speaker Laptop Hilang

Laptop yang tidak bersuara seperti ini dapat terjadi karena beberapa alasan. Namun, yang utama biasanya terjadi karena masalah:

  • Sistem
  • driver
  • Dan komponen speaker itu sendiri

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Dihapus

Cara Mengatasi Suara Speaker Laptop Hilang

Mengatasi Suara Speaker Laptop Hilang

Sebelum masuk ke cara memperbaikinya, seperti yang saya sebutkan tadi, intinya adalah error saat suara laptop tidak keluar bisa dibedakan menjadi duayaitu Sistem Dan komponen.

Sistem Komponen

Jika penyebabnya dari sistem, maka ini bisa diperbaiki sendiri. Jika masalahnya dari komponen, kemungkinan besar laptop harus dibawa ke tempat servis tapi tentu saja kita tidak tahu apakah masalahnya ada pada komponennya atau bukan.

Oleh karena itu, coba dulu beberapa cara untuk mengatasi laptop yang tidak mengeluarkan suara ini. Saya sudah mencobanya beberapa kali, berhasil.

1. Melakukan Install Ulang driver audio Laptop

Sebagian besar Laptop sebenarnya dapat bersuara tanpa driver. Inilah alasan mengapa Anda dapat mendengar suara Laptop saat berada di BIOS, atau dalam proses instalasi Windows.

Meski suara bisa berjalan tanpa driver, masih banyak orang yang tetap memasang driver audio laptopnya. Pasalnya, kompatibilitas aplikasi dengan driver memang lebih tinggi.

Sekarang, berbicara tentang driver audio, sebenarnya terkadang hal itu menyebabkan beberapa masalah suara pada laptop. Contoh:

  • Ada beberapa kasus, ketika driver audio Laptop rusak. Hal ini menyebabkan suara laptop tidak keluar.
  • Ada juga kasus, ada orang yang tidak sengaja me-mute suara laptopnya, dan tidak bisa dikembalikan (karena error) Padahal sudah dikembalikan tetap saja sama.
  • Ada juga masalah dengan bug hingga crash pada driver, yang menyebabkan suara laptop tidak ada.

2. Reinstall Driver Audio Bawaan Windows

Bagi Anda yang menggunakan laptop namun tidak memiliki driver audio di laptop tersebut, maka Anda pasti tidak bisa mengikuti langkah-langkah pertama sebelumnya.

Cara selanjutnya, Anda bisa menginstal ulang driver audio di laptop. Driver yang dimaksud di sini adalah driver yang secara otomatis terinstal di Device Manager di Windows, yang secara otomatis mendeteksi speaker di laptop (bahkan mikrofon).

Tips ini bahkan telah direkomendasikan oleh situs resmi salah satu produsen laptop ternama dunia.

  • Klik Start, lalu masuk ke Device Manager. Atau Klik Start di kotak pencarian, masukkan “Device Manager” (tanpa tanda kutip).
  • Buka Sub kategori Sounds, Video, dan Game Controllers.
  • Klik audio yang terinstall, kemudian klik Update driver.
  • Di Device Manager sebelumnya, masih di subkategori yang sama, pilih audio yang diinstal.
  • Klik kanan audio, lalu klik uninstall.

3. Periksa Kondisi Setting Speaker

Pastikan posisi speaker tidak dibungkam. Untuk memeriksanya, Anda dapat melihat pintasan di sebelah kanan bilah tugas Windows. Namun untuk detailnya, Anda bisa melihatnya melalui pengaturan Sounds yang ada di Control panel.

Berikut cara mengatasi suara di laptop yang tidak keluar melalui pengaturan mute di Control Panel:

  • Buka Control Panel.
  • Buka Hardware And Sound.
  • Kemudian Klik Sound. Lengkapi semua perangkat audio.

4. Mengganti Posisi Default Pada Speaker

Pada langkah ini, ini berfungsi jika Anda secara tidak sengaja mengubah posisi audio default tetapi lupa mengembalikannya ke posisi semula.

Berikut adalah caranya:

  • Buka Perangkat Keras dan Suara -> Suara
  • Kemudian klik kanan speaker yang sedang digunakan
  • Terakhir, klik Set as default device untuk mengaktifkan speaker
  • Pastikan juga laptop Anda tidak memiliki headset yang terhubung.

Karena secara default, laptop akan membisukan speaker saat headset dicolokkan.

5. Pastikan Speaker Tidak Terdisable

Dan masih di bagian yang sama (Hardware And Sound >> Sound). Dalam pengaturan ini, ada pengaturan yang disebut Disable Speaker.

Dimana jika setting ini aktif maka speaker laptop tidak akan bisa mengeluarkan suara. Deteksi speaker juga akan hilang secara otomatis.

untuk memulihkannya sangat mudah:

  • Anda hanya perlu Klik Kanan pada Speaker Laptop Anda
  • Kemudian klik Show Disable Device
  • Kemudian Aktifkan speaker yang telah dinonaktifkan tadi.
  • Mungkin terlihat sepele, tapi jangan lupa untuk mengeceknya lagi. Karena terkadang posisi default speaker juga bisa berubah secara tidak sengaja.

Cara ini juga biasa digunakan untuk memperbaiki suara laptop yang hilang di Windows 7

6. Speaker Eksternal

Cara sebelumnya bertujuan untuk memperbaiki suara di laptop tidak keluar, penyebabnya dari sistem. Disini Anda juga bisa mencoba menggunakan speaker eksternal, untuk dua keperluan nanti:

  • Untuk mengetahui kesalahan komponen atau tidak
  • Sebagal alternatif agar suara laptop muncul kembali
  • Silakan mencobanya. Itu murah, harga speaker. Biasanya sekitar 30 sampai 60 ribuan.

7. Service Laptop

Kerusakan komponen ini dapat ditemukan pada speaker atau komponen kartu audio pada motherboard. Untuk perbaikan sendiri, komponen audio atau speaker internal akan diganti. Biayanya tergantung jenis laptopnya. Mungkin di kisaran 300 hingga 700 ribu.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca:Cara Mengganti Nomor WA

8. Mengganti Speaker Laptop

Speaker merupakan komponen yang tugasnya menghasilkan suara setelah diolah oleh sound card. Jika laptop Anda tidak mengeluarkan suara, bisa jadi karena ada kerusakan pada speakernya.

Setelah Anda memastikan kerusakan pada speaker laptop, langkah selanjutnya adalah mengganti speaker jika memang sudah bermasalah.

9. Menginstall Kernel Yang Sesuai

Jika Anda menggunakan sistem operasi Linux di laptop Anda, apapun distro yang Anda gunakan, maka salah satu hal yang dapat menyebabkan laptop Anda tidak mengeluarkan suara adalah karena kernel yang Anda gunakan tidak kompatibel dengan sistem operasi yang diinstal.

Atau bisa jadi ada bug tertentu di kernel. Oleh karena itu, yang perlu Anda lakukan hanyalah menginstal kernel Linux yang tepat.

Anda dapat memilih kernel yang tepat dengan mengunduh variasi kernel yang sesuai untuk distribusi Linux yang Anda gunakan di berbagai repositori online.

Cara lainnya, Anda dapat menggunakan aplikasi bernama Ukuu-GTK untuk mengelola kernel yang diinstal pada sistem operasi Linux yang Anda gunakan.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca:Cara Mengganti Nomor WA

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang Cara Mengatasi Suara Speaker Laptop Hilang anda bisa memilih salah satu cara epektif yang telah kami sampaikan di atas

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.