Tanda Komputer Terserang Malware Atau Virus

Tanda Komputer atau Laptop Terserang Malware dan cara mengatasinya

Tanda Komputer Terserang Malware – virus atau malware adalah penyakit yang sering muncul di perangkat elektronik. Virus dapat menginstal sendiri untuk menyerang perangkat yang Anda gunakan.

Tujuan virus adalah untuk mengganggu perangkat agar menyebar sendiri dan mengambil data yang Anda miliki. Semakin canggih virus berkembang, semakin halus cara mereka menginfeksi komputer atau laptop.

Kecanggihannya membuat Anda tak sadarkan diri jika ada virus di perangkat hingga kerusakan parah. Untuk menghindari hal-hal buruk yang terjadi di komputer atau laptop karena virus, Anda dapat mengonfirmasi keberadaannya dengan mengamati tanda-tanda nya.

Komputer yang digunakan untuk waktu yang lama tentu akan mengalami penurunan kinerja. Salah satu penyebab penurunan kinerja bisa jadi komputer yang terkena serangan virus, terutama komputer yang Anda gunakan yang sering terhubung dengan flash drive membuat kemungkinan terpapar lebih besar.

Karena itu, pada kesempatan ini kami akan membagikan karakteristik komputer yang terkena virus. Anda sudah tahu cara menghilangkan malware? atau tanda-tanda saat komputer atau laptop Anda terkena malware?.

Nah, agar Anda tahu apakah malware telah menyerang komputer Anda, kami merangkum enam tanda yang sering terjadi ketika malware menyerang.

Virus Komputer

Virus Komputer

Sama seperti tubuh manusia, komputer juga dapat dipengaruhi oleh virus dengan mudah. Virus komputer dapat dengan mudah memasuki komputer, terutama dari jaringan komputer dan juga sharing atau mentransfer file antar komputer.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Aplikasi Berbahaya untuk Laptop

Sejarah Virus Komputer

Virus komputer sendiri sebenarnya mulai muncul di era 1949, di mana para teknisi menggunakan virus komputer sebagai permainan untuk sekadar memberi hiburan untuk mereka.

Tapi ternyata, akibat eksperimen kecil ini virus komputer selanjutnya dikembangkan dan menjadi lebih berbahaya karena berpotensi merusak sistem dan juga jaringan komputer.

Pada 1980-an setelah perang dimulai, banyak orang mulai mempresentasikan program yang dapat menyebar dengan cepat melalui jaringan komputer.

Fred Cohen adalah yang pertama muncul dengan ide ini dan menyebutnya virus komputer. Berikut kami akan memberikan informasi beberapa tanda komputer anda terserang Malware atau tidak.

13 Tanda Komputer Terserang Malware

Tanda Komputer Terserang Malware

1. Anti Virus tidak Aktif

Ketika sebuah virus akan menyerang komputer atau laptop Anda, maka virus tersebut akan menonaktifkan sistem keamanan yang dimiliki. Ada beberapa jenis virus atau malware yang dapat menonaktifkan antivirus yang Anda instal di komputer atau laptop Anda.

Ini dapat menyebabkan virus masuk secara bebas ke perangkat Anda. Karena itu, Anda harus segera bertindak ketika antivirus tidak dapat diperbarui atau tidak aktif. Mungkin ada virus atau malware yang menyusup ke komputer atau laptop Anda.

2. Banyak Muncul Iklan

Kemunculan iklan yang tiba-tiba adalah tanda komputer atau laptop terinfeksi virus. Jika kondisi ini terjadi pada perangkat Anda, ketahuilah bahwa malware lain akan merusak bahkan lebih parah.

Untuk menghindari kondisinya yang semakin buruk, jangan klik iklan itu meskipun dikatakan ‘terdeteksi virus’. Karena ini rogueware yang meminta Anda membayar program untuk menghapus virus palsu dan mengizinkan malware untuk diunduh.

3. Kinerja Mulai Melambat

Komputer atau laptop akan memulai program dengan waktu yang lama. Kondisi ini menunjukkan bahwa komputer atau laptop Anda telah terdeteksi oleh virus.

Untuk memastikan itu adalah virus atau tidak, Anda dapat memeriksa memori RAM atau hard disk. Jika kondisi RAM atau hard disk tidak mengalami reduksi atau gangguan, dapat dipastikan perangkat Anda lambat karena virus.

4. Ruang Penyimpanan Tiba-tiba Penuh

Ruang penyimpanan yang berkurang alias tiba-tiba penuh yang menandakan virus telah dikembalikan pada komputer atau laptop kamu.

Kapasitas penyimpanan yang secara tiba-tiba menjadi penuh, bertanda virus sudah mengcopy dirinya sendiri tanpa Anda sadari. Virus atau malware diam-diam mengunduh file atau menginstal program di ruang penyimpanan.

5. File Hilang atau Terkunci

Tren kejahatan cyber umum adalah serangan ransomware. Cara ransomware berfungsi adalah mengunci file atau data di perangkat Anda dan kemudian meminta tebusan jika Anda ingin membuka data lagi.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi adalah dengan mencadangkan data penting secara teratur dan tidak perlu membayar uang tebusan yang diminta oleh peretas.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Jenis-Jenis Anti Virus

6. Sulit Terhubung dengan Internet

Jika sebelumnya Anda tidak memiliki masalah dengan jaringan internet dan ketika Anda mencoba lagi jaringan internet menjadi lambat, maka Anda harus waspada. Ini bisa menjadi gejala perangkat yang terinfeksi virus.

Virus memang dapat mengubah pengaturan jaringan untuk menambah proksi dan memblokir akses ke internet. Hal ini dilakukan untuk menghindari upaya pemilik perangkat untuk mengunduh antivirus.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengantisipasinya iyalah dengan mendownload software anti-malware contohnya Malwarebytes di komputer lain dan kemudian memindahkannya ke komputer yang terinfeksi melalui USB.

7. Sering Terjadi Redirect

Salah satu tujuan menciptakan malware adalah mengarahkan korban untuk membuka situs web yang diinginkan oleh pembuat malware melalui pengalihan. ketika Anda sering mendapatkan pengalihan ke situs web yang mencurigakan, Anda harus mulai waspada.

Terutama jika Anda baru saja membuka Google dan terjadi pengalihan ke situs web yang mencurigakan. Mereka bahkan dapat mengarahkan korban mereka ke situs web yang mirip dengan situs web asli yang ingin dibuka oleh korban.

8. Pemberitahuan Berbahaya Sering Muncul

Mode lain yang biasanya digunakan oleh pembuat malware adalah untuk menakuti korban. Jika Anda tiba-tiba mendapat pemberitahuan bahwa komputer / laptop Anda memiliki virus, jangan langsung percaya.

Lihat apakah notifikasi tersebut berasal dari situs web yang mencurigakan atau tidak. Biasanya pembuat malware mengirim pemberitahuan bombastis dan membuat korban segera mengunduh perangkat lunak apa pun yang disediakan.

9. Alat Bawaan Sistem Tidak Dapat Digunakan

Indikasi terakhir adalah fungsi default alat sistem seperti Task Manager atau Registry Editor. Jika Anda tiba-tiba tidak dapat menggunakan alat default dari sistem, Anda harus segera waspada. Karena kegagalan fungsi alat standar sistem adalah tanda pertahanan diri dari malware.

10. Sering Mulai Ulang Dengan Sendirinya

Komputer yang bekerja di luar kemampuannya untuk terus berjalan biasanya akan memulai ulang secara otomatis untuk mengurangi beban kerja yang mereka alami.

Komputer yang terinfeksi virus seperti ini akan menguras RAM dan kinerja prosesor, membuat komputer terlalu panas atau terlalu panas. Jadi, jika komputer Anda restart sendiri, itu bisa menjadi gejala bahwa komputer telah terinfeksi virus.

11. Task Manager Nonaktifkan

Beberapa virus memiliki kemampuan untuk menonaktifkan Task Manager, tujuannya adalah Anda tidak dapat memaksa untuk mematikan layanan virus yang bekerja di latar belakang (layanan latar belakang).

Jika Anda menekan kombinasi tombol CTRL + ALT + DEL untuk masuk ke Pengelola Tugas maka ada pemberitahuan “Pengelola Tugas telah dinonaktifkan oleh Administrator“, ini bisa menjadi tanda bahwa komputer Anda memiliki virus.

12. Lampu Indikator Hardisk Nyala Terus

Saat hard drive dan prosesor bekerja, lampu indikator hard drive akan berkedip secara bersamaan yang mengindikasikan prosesor mengambil data dari hard drive.

Idealnya, lampu indikator hard drive hanya menyala sesekali. Jika lampu ini menyala terus-menerus hampir tanpa henti, bisa jadi komputer Anda telah terinfeksi virus karena virus ini bekerja terus menerus untuk memperlambat kinerja PC / laptop Anda.

13. PC / Laptop Seringkali Crash atau BSOD

Umumnya layar biru tiba-tiba (BSOD) muncul karena kerusakan perangkat keras atau tidak kompatibelnya instalasi driver pada komputer. Selain itu, BSOD juga dapat disebabkan oleh virus yang terinfeksi PC / laptop Anda.

Virus berbahaya dapat merusak sistem OS di komputer, terutama file yang disimpan di c: \ Windows. Jika file sistem rusak, tentu saja sistem operasi komputer menjadi tidak stabil sehingga tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Kerusakan pada sistem file akan mengakibatkan komputer yang sering crash atau layar biru kematian (BSOD).

Cara Mencegah Infeksi Virus Komputer

Cara Mencegah Infeksi Virus komputer

Untuk mencegah masuknya virus ke komputer Anda, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, sebagai pencegahan dan perlindungan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencegah virus memasuki sistem komputer Anda:

  • Menggunakan perangkat lunak antivirus.
  • Lakukan pembaruan antivirus rutin.
  • Selalu lakukan pemindaian virus saat Anda ingin menggunakan perangkat portabel.
  • Hindari mengunduh file dari internet yang tidak dikenal.
  • Gunakan fitur keamanan internet.

Itulah beberapa tips sederhana yang dapat Anda lakukan dengan mudah sehingga komputer Anda dapat terhindar dari ancaman virus. Namun, jika komputer Anda telah terinfeksi oleh virus, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, yaitu:

Mendeteksi keberadaan virus dengan antivirus Anda Bersihkan direktori yang terdeteksi oleh virus yang terdeteksi menggunakan BIOS (Ini harus dilakukan oleh mereka yang sudah berpengalaman karena jika Anda melakukan pembersihan yang salah, sistem operasi Anda bisa rusak karena kesalahan manusia).

Gunakan MsConfig untuk melihat file apa yang akan berjalan saat komputer melakukan booting.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Instal Anti Virus di PC

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang Tanda Komputer Terserang Malware. Sekarang anda tidak perlu kawatir lagi ataupun bingung lagi jika komputer atau laptop anda tiba-tiba mengalami perubahan karena virus, karena anda telah mengetahui tanda-tandanya jadi anda juga telah tau cara mengantisipasinya.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.