Tips Memilih Earphone Gaming

Tips Memilih Earphone Gaming

Posted on

Tips Memilih Earphone Gaming – Penggunaan earphone kini sudah sangat umum digunakan oleh banyak orang. Umumnya earphone lebih sering dipakai untuk aktivitas hiburan contohnya mendengarkan musik, bermain game dan juga menonton video.

Ketika kita membeli smartphone, akan selalu ada earphone built-in sebagai aksesoris dalam melakukan penjualan. Kegembiraan dalam bermain game terkadang tidak hanya dipengaruhi oleh kualitas visual.

Untuk membuatnya terasa lebih nyata, Anda perlu menggunakan headphone in-ear yang dirancang khusus untuk kebutuhan gaming. Earphone game dibagi menjadi jenis berkabel dan nirkabel.

Selain itu, fitur dan spesifikasi tambahan menambah pengalaman Anda setiap kali memainkan game. Mulai dari Plextone, Armaggeddon, Baseus, bahkan juga ASUS dan masing-masing menghasilkan earphone gaming yang bagus.

Mungkin Anda bingung untuk memilihnya? Tenang saja disini kami akan membahas tips memilih earphone gaming

Tips Memilih Earphone Gaming

Earphone Gaming

Ada banyak earphone bagus di pasaran, tetapi tidak semuanya mendukung game. Sedangkan earphone yang mendukung juga belum tentu nyaman saat digunakan.

Jadi, dalam memilih earphone yang tepat untuk gaming dan nyaman dipakai, Anda harus memahami betul karakteristik produk

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Merk Kursi Gaming Tercanggih

1. Tentukan Earphone Kabel atau Tanpa Kabel

Jika Anda berencana menjadi seorang gamer, mulailah menentukan earphone gaming dari jenis koneksi yang Anda miliki.

Apakah earphone berkabel atau nirkabel? Baik earphone gaming berkabel dan nirkabel memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing.

  • Saat Memprioritaskan Kualitas Suara dan Latensi Minimal, Pilih Earphone Berkabel

Kualitas suara yang dihasilkan earphone bergantung pada banyak faktor, tidak hanya pada jenis koneksinya, tetapi juga pada kualitas drivernya. Namun, bitrate yang ditawarkan oleh earphone berkabel memang jauh lebih tinggi daripada koneksi nirkabel.

Earphone berkabel mampu mengeluarkan suara sampai 2.304 kbps, sedangkan jenis earphone nirkabel biasanya hanya sampai 768 kbps. Selain dari itu, latency atau lag pada earphone berkabel juga tidak terlalu besar.

Meski latensi hanya terjadi dalam hitungan milidetik, latensi tetap berdampak pada fokus pengguna.

Banyak gamer PC lebih memilih earphone berkabel, mengingat mereka memiliki latensi minimal dan tidak perlu mengisi daya.

Jika Anda tertarik untuk memilih earphone, pastikan Anda memilih earphone dengan kabel pipih yang tidak mudah kusut.

  • Jika ingin gerakan yang lebih leluasa, pilih earphone nirkabel

Earphone berkabel terkadang merepotkan karena kabel mudah kusut atau memiliki jangkauan gerak terbatas, tidak seperti nirkabel yang memungkinkan Anda bergerak bebas dan tetap berhubungan dengan teman bermain.

Selain itu, sebagian besar gamer konsol lebih memilih earphone nirkabel karena lebih mudah disinkronkan di beberapa perangkat. Meski begitu, earphone nirkabel tetap bergantung pada pengisian daya.

Umumnya, Anda dapat bermain hingga 8 jam sebelum mengisi ulang. Namun, masa pakai baterai berbeda-beda menurut merek dan tergantung lama penggunaan.

Beberapa produk bahkan dapat digunakan lebih dari 10 jam dengan teknologi semi nirkabel (dapat disambungkan) dan fast charging.

2. Pilih produk yang nyaman di telinga

earphone nyaman di telinga

Banyak orang mempertimbangkan kualitas suara dan setiap detail lainnya sebelum memikirkan bagaimana earphone ini akan terasa pada telinga mereka.

Banyak earphone terasa sangat nyaman ketika pertama kali dipakai, tetapi berubah dalam 1-2 hari berikutnya.

Tingkat kenyamanan ini dapat dipengaruhi oleh bantalan bantalan telinga dan panjang nosel yang digunakan. Telinga umumnya mempunyai ukuran yang dapat disesuaikan pada lubang telinga, contohnya S, M, serta L di tiap sisi telinga.

Contohnya telinga kiri nyaman dengan ukuran M, sedangkan telinga kanan bisa mengisolasi suara dengan ukuran S, itu tidak menjadi masalah.

Selanjutnya nosel yang digunakan juga harus pas. Nozel pendek mungkin tidak pas di telinga, sedangkan yang terlalu panjang bisa melukai telinga.

3. Tips Memilih Earphone Gaming: Pastikan Mikrofon Tersedia

Umumnya, sebagian besar earphone gaming mendukung mikrofon, baik inline maupun removable. Kehadiran microphone memungkinkan pemain melakukan voice chat selama permainan berlangsung.

Sayangnya, tidak semua mikrofon dibuat sama. Mikrofon game harus menawarkan suara yang jernih bagi pemain lain untuk memahami apa yang Anda katakan.

Selain itu, mikrofon juga harus bebas gangguan atau memiliki fitur peredam bising. Jenis earphone ini dapat menangkap suara Anda tanpa membuat pemain lain mendengar suara lain di kamar Anda.

Peredam suara ini juga memungkinkan Anda untuk berteriak atau tertawa sekeras mungkin tanpa memekakkan telinga para gamer lain.

4. Cek Kelengkapan Fitur Yang Mungkin Bermanfaat untuk Anda

Anda mungkin membutuhkan suara surround saat memainkan game battle royal seperti PUBG atau Fortnite yang membutuhkan isyarat suara yang akurat dan terarah.

Earphone suara surround menawarkan suara 360 derajat dengan beberapa speaker menutupi telinga. Ini memudahkan Anda untuk mendeteksi suara dengan tepat dari berbagai arah.

Sementara itu, Anda mungkin memerlukan earphone yang dirancang khusus dengan Sound Isolating Design. Fitur ini memungkinkan Anda untuk tetap fokus bermain game saat berada di luar ruangan atau di area terbuka.

Selain itu, penambahan microphone dan inline remote untuk mengontrol lagu juga bisa jadi pertimbangan saat Anda menggunakan earphone untuk keperluan non gaming.

5. Tips Memilih Earphone Gaming: Impedansi

Impedansi adalah nilai indikator dari level resistansi yang dihitung menggunakan ohm.

Memilih impedansi yang lebih rendah akan menggunakan lebih sedikit listrik, membuat baterai lebih efisien. Impedansi terkait dengan arus. Semakin besar impedansinya, semakin kecil arus yang bisa lewat, begitu pula sebaliknya.

Berapa banyak arus yang dapat mengalir mempengaruhi daya maksimum yang dapat dikeluarkan oleh suatu rangkaian. Jadi, daya maksimum yang bisa dikeluarkan ada hubungannya dengan volume suara maksimal yang bisa dikeluarkan.

6. Tips Memilih Earphone Gaming: Perhatikan Diameter Drive

Semakin besar diameter driver, semakin bagus bassnya. Namun, ukuran diameter driver tidak bisa menjadi indikator kualitas dengan sendirinya, seperti yang telah kita bahas sebelumnya, banyak komponen yang mempengaruhi kualitas suara dari sebuah earphone gaming.

Earphone dengan driver lebih besar biasanya juga sulit menghasilkan suara berfrekuensi tinggi.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Rekomendasi Keyboard Gaming Murah Terbaik 2020

7. Perhatikan jenis musik yang sering Anda dengar

Setiap musik memiliki genre yang berbeda. Begitu juga dengan jenis earphone yang digunakan. Umumnya earphone yang baik adalah earphone yang sesuai dengan jenis musik yang didengarkan.

Misalnya, musik hip-hop dan metal lebih cocok dengan earphone hangat atau memiliki keluaran suara yang cenderung lebih bass. Ini karena suara vokal akan jauh lebih lambat dibandingkan suara pada bass.

Contoh lain adalah musik Rock dan musik Klasik, musik Rock dan Klasik akan lebih cocok pada earphone yang cerah. Pasalnya, earphone jenis terang bisa mengeluarkan suara treble.

8. Tips Memilih Earphone Kenyamanan earphone

Earphone saat ini memiliki jenis yang lebih beragam. ada jenis earphone yang menutupi seluruh lubang telinga, ada yang tipe standar, dan masih banyak lagi jenis earphone lainnya.

Hal yang perlu diperhatikan adalah kenyamanan Anda saat menggunakan earphone.

Tentu akan percuma jika menggunakan earphone tapi telinga tidak nyaman atau cepat sakit. Sebab, desain earphone sangat berpengaruh.

9. Tips Memilih Earphone Gaming: Fitur tambahan di earphone

Fitur tambahan di earphone

Earphone tidak hanya digunakan untuk mendengarkan lagu. beberapa merek membuat earphone yang memiliki fitur unik untuk menarik pelanggan.

Contohnya adalah fitur pembatalan bising. Fitur ini memungkinkan Anda untuk lebih menikmati musik tanpa terganggu oleh kebisingan lingkungan.

Fitur ini sangat berguna saat Anda ingin mendengarkan musik, video, atau bermain game di kendaraan umum. Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan fitur seperti sensitivitas suara.

Kepekaan suara ini memungkinkan Anda untuk tidak perlu menaikkan volume karena suara dapat terdengar dengan keras meskipun Anda menggunakan volume yang rendah.

Rekomendasi Earphone Gaming

1. Rexus Vonix ME-1

Rexus Vonix ME-1

Karena kami ingin semua orang bisa bermain dengan pengalaman terbaiknya, Rexus juga menyediakan earphone gaming yang berkualitas yaitu Rexus Vonix ME1!

Desain yang keren, nyaman dipakai dengan 4 ukuran earbud dan ear-claw yang bisa disesuaikan dengan telinga Anda, serta berfungsi sebagai peredam bising dan juga dilengkapi dengan microphone, menjadikan produk ini salah satu earphone gaming terbaik.

2. Plextone G10

Plextone G10

Earphone ini dapat menghasilkan suara yang jernih dan bass yang dinamis saat Anda memasangnya di telinga sehingga tidak hanya bagus untuk bermain game, tetapi juga bagus untuk mendengarkan musik.

Produk ini juga lebih nyaman digunakan dengan bantalan busa. Earphone ini memiliki kabel sepanjang 1,5 m ditambah lagi masih ada tambahan kabel sepanjang 20 cm yang memungkinkan earphone dapat disambungkan ke PC.

Jadi, jika Anda mengalami masalah di mana earphone tidak bisa terhubung ke PC karena kabel terlalu pendek, earphone ini bisa menjadi solusi Anda.

3. QKZ KD7

QKZ KD7

Jika kamu suka bermain game seperti guitar hero atau game aksi yang diisi dengan soundtrack super keren, produk ini wajib kamu pertimbangkan. Didesain khusus, produk ini dilengkapi driver ganda sebagai speaker nada tinggi serta subwoofer.

Alhasil, suara yang dihasilkan tidak hanya besar, tapi juga cukup jernih meski pada nada tinggi.

Itu membuat setiap rock, mellow, dan berbagai lagu yang dimainkan dalam game terdengar lebih jelas dan akan membuat Anda semakin tenggelam.

4. SADES Wings SA-608

SADES Wings SA-608

SADES merupakan salah satu produsen perangkat gaming yang cukup terkenal di kalangan para gamer. Earphone ini tampil modis dengan warna emas yang menarik perhatian.

Tak perlu diragukan lagi dengan kualitas suaranya, produk ini mampu mengeluarkan suara yang besar bahkan saat dihubungkan dengan smartphone.

Keunggulan lain dari earphone ini adalah adanya mikrofon yang memiliki sensitivitas tinggi sehingga dapat menangkap suara Anda dengan baik.

Jika ingin suara kamu terdengar jelas meski suasana dan kondisi di dalam game begitu ramai dan heboh, produk ini menjadi salah satu pilihan yang tepat.

5. Armaggeddon Mark 5

Armaggeddon Mark 5

Jika kamu sedang mencari earphone yang bisa menemani perjalananmu meski dalam penerbangan, produk ini wajib masuk dalam list belanja kamu.

Dilengkapi dengan konektor dalam pesawat, Anda masih dapat menggunakan earphone ini secara maksimal saat berada di pesawat.

Hadirnya 3 set earphone gel memungkinkan Anda untuk memilih ukuran paling pas yang terasa nyaman di telinga Anda.

Tenang saja, Anda tidak perlu takut repot mengurai kabel kusut karena kabel produk ini diklaim bebas kusut, Anda bisa dengan mudah mengurai dan merapikannya kembali.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Rekomendasi Headset Gaming Terbaik

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang Tips Memilih Earphone Gaming, Selalu perhatikan kelebihan dari setiap merk dan jenis earphone agar dapat menambah kepuasan Anda.

Bila game yang Anda mainkan terdapat fitur online cooperation play, tentu earphone gaming yang dilengkapi mikrofon akan cocok. Apapun kriteria yang Anda perlukan, utamakan agar earphone gaming pilihan Anda mampu memenuhinya.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.