Tips Merakit PC Gaming yang Terjangkau

Tips Merakit PC Gaming

Tips Merakit PC Gaming – Di zaman sekarang ini, PC atau personal computer tidak hanya digunakan untuk bekerja, tetapi juga biasa digunakan untuk kebutuhan gaming. Apalagi sekarang banyak game yang membutuhkan spesifikasi tinggi.

Oleh karena itu banyak orang yang masih bingung bagaimana cara merakit PC gaming dengan spesifikasi tinggi dan tentunya memenuhi kebutuhan untuk bermain game. PC untuk bermain game didesain berbeda dari PC biasa.

Beberapa perangkat mempunyai spesifikasi khusus agar bisa memenuhi keperluan grafis yang dimau agar tiap bermain game bisa berjalan dengan lancar.

Untuk kamu yang berencana merakit PC untuk gaming, berikut tips merakit PC gaming untuk pemula, seperti dilansir kami.

1. Perhatikan harga komponen

harga komponen PC

Sebagian besar dari Anda memahami bahwa merakit PC itu tidak murah. Oleh karena itu Anda harus mengecek harga tiap komponen.

Banyak sekali brand yang muncul di pasaran, jadi kamu harus susah payah mencari harga yang pas untuk kantongmu. Perhatikan mana yang murah, tapi murah bukan berarti bisa langsung pilih, lho.

2. Hindari Merk Tak jelas

merk komponen pc

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bila Anda harus berfikir harga yang murah, tetapi sejauh yang Anda bisa, Anda tidak bisa begitu saja memilih merek.

Oke, kami tahu kenapa banyak sekali orang yang tidak peduli dengan merk dan mengedepankan murah, dapat gas, bisa main game AAA baru.

Tapi teman-teman, anggap saja Anda sebagai rakit PC untuk investasi masa depan, jika tiba-tiba rusak dalam waktu singkat, itu akan menjadi kerugian Anda juga.

Usahakan untuk menghindari merk yang asal-usulnya tidak jelas, cari dulu di google kalau perlu misalnya cari yang harganya cukup menggelitik kantong anda untuk segera mengucurkan lendir maksud kami mengucurkan dana ke penjual komputer.

Merek yang lama bukan berarti memiliki daya tahan yang baik. Oleh karena itu, cari dulu bagaimana performanya agar tidak langsung menyambar “oh iya, ini komponen yang Anda mau!” tapi pada akhirnya malah gagal karena setelah digunakan selama 1 tahun sudah mati atau mati total.

3. Sesuaikan dengan Kebutuhan

kebutuhan pc gaming

Ini adalah pertanyaan yang selalu muncul dari kepala teman, kerabat, atau kenalan Anda ketika ingin merakit PC.

Sebelumnya, ada disclaimer, walaupun kami tidak sebagus geeks, overclocker atau anak-anak IT atau apa pun, kami tahu bagaimana menemukan komponen mana yang kami butuhkan untuk membangun PC.

Oke lanjutkan, jadi banyak sekali kebutuhan PC, ada yang sekedar untuk ngetik, main game low / high-end, untuk kerja, sampai ke server.

Karena kali ini kita membahas tentang gaming PC, maka selain menyesuaikan dengan kantong juga perlu menyesuaikan dengan kebutuhan yang mungkin sebagian besar adalah kebutuhan untuk bermain game low / mid-end.

Setidaknya Anda bisa memainkan game AAA baru, tapi berjalan mulus di 30fps rendah. Jika Anda sudah menentukan target Anda, hanya untuk memainkannya, Anda tidak boleh memilih komponennya.

Tidak juga, kalau ambil motherboard yang sudah ada wifi, seperti ASUS Maximus, tapi cuma pakai, katakanlah GTX 950? Atau mungkin hanya perlu bermain tapi menggunakan Intel Xeon dan Quadro yang banyak digunakan untuk membuat PC server atau rendering. Ini analogi, jangan dianggap terlalu serius.

4. Pilih garansi yang panjang

garansi pc gaming

Ini hanya ilustrasi dari garansi, bukan garansi yang sebenarnya Garansi pula jadi prioritas, umunya tiap merk beragam komponen mempunyai masa berlaku garansi yang bermacam-macam.

Namun yang pasti RAM contohnya merk Corsair ini mempunyai masa garansi yang seumur hidup. Yang artinya walaupun RAM Anda benar-benar mati, meskipun telah digunakan selama 5 tahun, mereka akan menggantinya dengan RAM baru.

Komponen dengan jaminan garansi yang singkat bisa membuat Anda gagal lebih dulu. Makanan itu dikatakan merek yang tepat.

Perlu Anda ketahui juga bahwa tahun pertama garansi adalah penggantian komponen baru selama tidak rusak karena kesalahan Anda sendiri, misalnya.

Sedangkan tahun kedua merupakan layanan komponen gratis dan vendor tidak akan menggantinya dengan yang baru.

5. Prioritaskan Komponen Krusial

Tips Merakit PC Komponen Krusial PC Gaming

Ingat, prioritas yang kami maksud disini adalah memilih brand yang terpercaya di setiap komponen. Komponen penting dari sebuah PC: Motherboard, HDD, PSU, RAM, GPU (atau VGA kalau masih disebut menggunakan sebutan lama ini).

Kenapa bukan CPU? Karena CPU jelas kalau bukan Intel biru, itu AMD yang merah. Usahakan agar kelima komponen ini memiliki merk yang terpercaya karena saling berhubungan dan sangat krusial jika salah jenisnya.

Membeli PSU murah dengan merk yang jelas tidak menjamin akan awet. Cari yang murah juga lho, karena artikel ini benar-benar dibuat untuk kamu yang berkantong terengah-engah.

Pada akhirnya, judi merek A, B, C bisa lebih baik dari milik kami, tapi apa salahnya “memiliki payung sebelum hujan” mengingat harganya bisa dibilang tidak murah.

6. Nabung untuk Mengupgrade

Tips Merakit PC Nabung untuk Mengupgrade

Berinvestasi tentu saja tujuan jangka panjang, jika jangka panjang artinya Anda bisa menyiapkan uang untuk sedikit upgrade. Anda tidak perlu langsung mengupgrade i9, RAM 32 GB, tapi bersiaplah untuk fokus pada satu komponen saja.

Jangan menimbun uang ketika mencapai target, lebih baik menjadi miskin sekarang daripada tidak bisa membeli komponen yang diinginkan selama bertahun-tahun dan hanya mengeluh tentang “Aplahlah daya pc saya kentang”, langkah pengguna ke samping dulu “.

Ya, apa yang telah Anda lakukan selama bertahun-tahun, mengapa upgrade tidak berarti PC yang sudah usang?

Di sini misalnya kamu sudah memiliki PC di tahun 2019 dengan kemampuan memainkan game Metro Exodus, tinggal setel low 30 fps 720p saja.

Lihat apa komponen yang paling kuat, jika bisa bertahan 2-5 tahun, oh CPU, oke, itu berarti yang Anda tuju iyalah keningkatan fps jadi 60fps dalam medium.

Untuk itu Anda membutuhkan GPU / VGA, hemat uang untuk membelinya. Setelah mencapai target, beli langsung. Pencapaian terbuka! Mudah kan? Eh, kok kamu seperti ibu Sisca Soewitomo, entah berapa umurnya.

Baca Juga:

Penutup

Itulah tips yang bisa kami berikan, semoga ide-ide saya bisa diterima oleh anak muda, khususnya anda yang masih ingin berhemat tapi sangat ingin main game baru dengan cara merakit PC gaming.

Namun ingat kami tidak memberikan ramuan karena harganya berubah dari waktu ke waktu. Bisa membuat artikel ini tidak bertahan lama jika menjadi patokan harga.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.