6 Cara Mengatasi Laptop Hang 6 Penyebab dan 5 Cara Antisipasinya

Cara Mengatasi Laptop Hang

Posted on

Cara Mengatasi Laptop Hang – Laptop adalah komputer portabel sederhana yang dapat dibawa ke mana saja dan sangat berguna dalam mendukung berbagai pekerjaan, mulai dari pekerjaan kantor, pekerjaan sekolah atau perguruan tinggi, bahkan untuk penjualan online.

Ketika masalah terjadi pada laptop yang digunakan seperti tiba-tiba hang, itu pasti akan menghambat pekerjaan kita. Oleh karena itu, perlu diketahui cara-cara mengatasi laptop hang agar pekerjaan kembali lancar.

Hang tidak selalu terjadi di laptop keluaran lama, karena terkadang laptop baru juga bisa hang. Tentu saja, karena ada sesuatu yang salah dengan perangkat lunak dan perangkat keras laptop itu sendiri.

Apa Itu Hang?

Apa Itu Hang

Secara umum, definisi ‘hang’ adalah no response atau traffic. Arti hang di komputer maksudnya adalah sistem di komputer yang tidak bisa merespon atau menanggapi semua perintah yang telah dimasukkan, ini tentunya dapat mengakibatkan kerusakan komputer.

Jadi hang di komputer adalah komputer tidak akan bisa menanggapi semua perintah yang diberikan dari keyboard atau mouse saat komputer hang.

Masalah hang yang paling sering terjadi misalnya adalah jika semua program windows terjadi freeze atau tidak dapat beroperasi walaupun kursor mouse masih bergerak di layar, dan keyboard tidak dapat bekerja.

Bisa juga kursor mouse terjebak dalam bentuk yang menunjukkan bahwa ia masih dalam proses pemuatan yang lama.

Untuk masalah seperti ini, sistem operasi terbaru sudah menyediakan fitur yang dapat digunakan untuk mengakhiri program yang hang tanpa perlu me-reset, reboot atau logout komputer.

Cara Mengatasi Laptop Hang

Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Bermain Game

Berikut ini merupakan cara mengatasi laptop hang yang kami berikan dan bisa anda coba sendiri.

1. Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Masuk ke BIOS

  • Nyalakan kembali laptop Anda, lalu masuk ke mode BIOS dengan mengikuti tombol BIOS di layar laptop Anda. Untuk merek lain seperti ASUS, Acer, HP, Toshiba, Samsung, Dell dan lainnya, lebih baik menyesuaikannya dengan memasukkan BIOS. Setiap vendor pasti memiliki pengaturannya sendiri.
  • Setelah memasuki BIOS, pilih Fitur Advanced BIOS dan cari yang ada hubungannya dengan cache BIOS. Jika sudah, pilih nonaktifkan.
  • Simpan dengan menekan F10, lalu masuk.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Membuat Akun Email Google & Yahoo

2. Cara Mengatasi Laptop Hang yang Tidak Menanggapi

Untuk mengatasi masalah ini dengan cara cepat, maka anda bisa lakukan hal berikut:

  • Tekan Ctrl + Shift + Esc, lalu pilih program yang tidak merespons dan klik end task.
  • Sebagai alternatif, coba tekan Ctrl + Alt + Del dan kemudian pilih opsi. Jika Anda ingin mematikan program, cukup pilih Pengelola Tugas dan lakukan seperti yang dijelaskan sebelumnya. Namun, jika Anda ingin mengakhiri aktivitas secara keseluruhan, Anda dapat memilih Log-off atau Restart.
  • Biasanya laptop bisa kembali normal.

3. Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Bermain Game

Ada beberapa alasan mengapa laptop hang ketika digunakan untuk bermain game, misalnya:

  • Spesifikasi laptop yang tidak memadai
  • Kipas laptop tidak aktif
  • Masalah hard disk
  • Kartu VGA dan Prosesor terlalu panas
  • Memori RAM atau Kartu VGA rusak

Bagaimana cara mengatasinya :

  • Sesuaikan spesifikasi laptop dengan game yang diinstal
  • Pasang kipas tambahan atau ganti
  • Periksa status RAM dan Kartu VGA
  • Copot game

4. Cara Mengatasi Laptop Hang ketika Online Internet

Sekarang untuk kasus ini, sepertinya laptop Anda memiliki virus atau malware yang masuk ke laptop ketika anda sedang menjelajah internet.

Bisa jadi karena Anda mengunjungi situs ilegal atau mengunduh program aneh. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati dan selalu melakukan pemindaian dengan Antivirus terbaik.

Kemungkinan lain adalah mengakumulasi file sementara, cache dan histori di browser Anda. Coba bersihkan dengan aplikasi CCleaner.

5. Mengatasi Laptop Hang saat Baru dihidupkan

Saat startup dan ketika memasuki Windows, terkadang laptop mengalami hang. Hal-hal seperti ini mungkin disebabkan oleh beberapa hal, termasuk:

  • Program Windows memiliki masalah, bisa jadi karena sistem file yang hilang, rusak dan virus. Coba memindai registri dengan CCleaner dan memindai virus dengan Antivirus.
  • RAM dan kipas kotor. Solusinya adalah membersihkannya. Bersihkan RAM menggunakan penghapus karet, dan kipas menggunakan sikat atau penyedot debu. Jika ragu, bawa saja kepada seorang teknisi.
  • Kemungkinan lain yang bisa saja terjadi yaitu hang disebabkan oleh masalah motherboard. Untuk mengatasinya, Anda harus membawanya ke teknisi atau pusat layanan terdekat. Jika Anda ingin mencobanya sendiri, tanyakan orang yang lebih tau terlebih dahulu.

6. Cara Mengatasi Laptop Hang Macet Total

  • Tekan Ctrl + Alt + Del, berbagai opsi akan muncul. Menggunakan arah panah pada keyboard, pilih Log-off untuk Windows 7 dan Sign-out untuk Windows 10. Selain itu, Anda juga dapat memilih Restart atau Shutdown. Kustomisasi sesuai kebutuhan.
  • Jika setelah menekan Ctrl + Alt + Del tidak muncul apa-apa, coba tutup layar laptop Anda. Biasanya pengaturan layar yang belum diubah (default) akan masuk ke mode tidur secara otomatis. Tunggu beberapa menit. Setelah itu, nyalakan kembali laptop Anda. Periksa situasinya, apakah masih seperti itu?
  • Jika masih seperti itu, Anda harus menekan tombol power selama 10 detik (paksa mati). Ini cukup berisiko, tetapi untuk sesekali mungkin akan baik-baik saja.

Penyebab Laptop Sering Nge-hang

Penyebab Laptop Sering Nge-hang

Karena sebenarnya ada banyak laptop hang. Anda harus melihat apa saja yang menyebabkan laptop hang sehingga Anda dapat mengantisipasinya.

1. Kurangnya Memori

Jika laptop Anda memiliki RAM kecil, lebih baik untuk berpikir hati-hati sebelum Anda ingin menginstal aplikasi, pikirkan laptop Anda akan kuat atau tidak.

Karena jika RAM terlalu rendah, akan sangat berat untuk menjalankan aplikasi yang cukup besar. Untuk itu, jangan lupa untuk mengetahui spesifikasi minimum untuk menginstal aplikasi.

2. Adanya Malware atau Virus Spyware

Bukan hal yang aneh jika laptop kita terkena virus yang dapat mengganggu kinerja laptop. Virus komputer bisa datang dari berbagai arah, bisa dari internet atau lainnya.

Untuk menambah pengetahuan, Anda juga bisa mengenali virus komputer berbahaya. Gunakan antivirus untuk mencegah virus-virus ini. Untuk pengguna Windows, Anda dapat menggunakan Windows Defender.

3. Masalah dengan Konektivitas

Laptop hang dapat disebabkan oleh lalu lintas jaringan yang tinggi. Selain itu, ada juga virus yang mencoba memasuki sistem laptop.

Jika laptop telah terinfeksi virus, maka file dapat terhapus dan rusak. Maka Anda perlu memperbaiki sistem operasi yang digunakan.

4. Karena Masalah Perangkat Keras (Hardware)

Performa pada laptop bisa menurun dan hang ketika hardware terlalu panas, baik pada hard drive, prosesor, kartu VGA dan CPU.

Agar CPU berjalan sebagaimana mestinya, pastikan sirkulasi udara baik. Begitu pula dengan kipas angin, harus berputar dengan lancar dan bebas dari debu.

Selain RAM, hard disk adalah komponen yang rentan menyebabkan hang. Masalah yang menyebabkan laptop sering hang karena hard drive biasanya adalah hard drive dalam kondisi ruang rendah, terfragmentasi, error dan telah digunakan sejak lama sehingga RPM berkurang.

5. Terlalu Banyak Program Aplikasi

Jika terlalu banyak program diinstal, penyebab laptop hang tidak bisa dihindari. Untuk itu, periksa program apa yang Anda miliki.

Anda bisa melakukan ini dengan mengklik Tambah atau Hapus Program di Control Panel. Kemudian uninstall program yang jarang digunakan.

Ketika jumlah program yang diinstal besar, program dan layanan yang dijalankan pada startup Windows juga meningkat.

Nonaktifkan program dan layanan startup yang berjalan secara otomatis sehingga penyebab laptop hang dapat diatasi. Dengan memasukkan Utilitas Konfigurasi Sistem.

Gunakan alat Proses Explorer untuk mencari tahu aplikasi apa yang sedang berjalan. Klik pada aplikasi apa pun yang tidak diperlukan.

Program antivirus di laptop memang dibutuhkan. Namun, Anda tidak perlu menginstalnya dalam jumlah banyak. Untuk menghindari masalah dalam keamanan Windows, selalu perbarui antivirus.

Nyalakan firewall dan pilih antivirus yang tidak membebani laptop. Maka ketika menggunakan flashdisk juga harus hati-hati, karena terkadang ada banyak virus yang bersarang disana.

Jika penyebab laptop sering hang karena virus, maka jalankan Windows Safe Mode. Gunakan program pembersih virus dan matikan fasilitas pemulihan sistem.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Download Video YouTube Tanpa Aplikasi

6. Penyimpanan File Temporary yang Terlalu Lama

Terlalu banyak File Temporary yang disimpan dalam waktu lama menjadi salah satu alasan mengapa laptop hang.

Bukan hal yang buruk untuk selalu memeriksa file yang disimpan untuk waktu yang lama di memori laptop dan selalu membersihkannya, sehingga mereka tidak mengganggu kinerja laptop.

Jika sudah mengganggu kinerja laptop, maka Anda harus segera mengambil tindakan.

Cara Mengantisipasi Agar Laptop Tidak Mudah Nge-Hang

Cara Mengantisipasi Agar Laptop Tidak Mudah Nge-Hang

1. Bersihkan Chace

Chace adalah file sampah dari sisa pemrosesan data. Bersihkan secara teratur agar laptop berfungsi dengan baik dan lancar. Gunakan aplikasi pembersihan sampah untuk laptop seperti CC Cleaner atau yang lainnya.

Juga sesuaikan dengan spesifikasi OS Anda Windows 32 atau 64 bit. Tentu saja ketika membersihkan Cahce harus hati-hati, jika Anda menghapus fle bukannya memperbaiki, maka itu akan menciptakan lebih banyak masalah.

2. Menggunakan Kipas Pendingin

Gunakan kipas pendingin saat Anda menggunakan laptop yang akan membuat laptop tidak over heating karena suhunya selalu dingin dan stabil

Sehingga tidak ada perangkat keras yang panas dan terbebani yang akan membuatnya cepat rusak nantinya.

Tempatkan laptop di tempat yang halus, seperti meja, jangan gunakan di atas kain yang meningkatkan suhu panas laptop.

3. Menghapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Banyak laptop memiliki aplikasi yang tidak berguna karena diinstal melalui Adware. Jika Anda tidak pernah merasa menginstal program tetapi tiba-tiba terinstal di laptop Anda, jangan terkejut karena memang begitu cara adware bekerja.

Hapus instalasi aplikasi yang tidak berguna terutama jika aplikasi sedang berjalan dan menggunakan beberapa kinerja laptop sehingga pemrosesan menjadi tidak efektif.

Dengan Uninstall aplikasi yang tidak diperlukan, Laptop akan dapat bekerja lebih efisien dan lebih cepat dalam memproses program aplikasi yang sedang Anda jalankan.

4. Gunakan Laptop Sesuai Kemampuan Spesifiknya

Tentu saja caranya agar komputer tidak lambat dan membuat laptop lebih cepat juga harus disertai dengan penggunaan yang baik agar laptop tidak mudah rusak.

Jangan paksa program untuk menjalankan jika spesifikasinya tidak cukup untuk menjalankan aplikasi. Jadilah bijak dalam menggunakan laptop untuk menjalankan program sesuai dengan kemampuannya.

5. Pengaturan Program Startup

Laptop yang lambat saat dihidupkan biasanya disebabkan oleh terlalu banyak memuat program saat startup.

Menyiapkan aplikasi atau program mana yang akan aktif jika Laptop boot lebih lanjut akan membantu kinerja laptop menjadi lebih optimal.

Di mana hanya program yang diperlukan untuk menjadi aktif dan mematikan program yang tidak sering digunakan agar tidak ikut aktif.

Dengan pengaturan StartUp, RAM akan bekerja secara optimal dan laptop terasa lebih cepat ketika dihidupkan.

Setiap versi OS dapat bervariasi dalam pengaturan program yang dijalankan saat startup, Anda dapat mencari tutorial sesuai dengan OS yang digunakan, seperti Windows XP, Windows 7, 8, 10 atau Linux.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Aplikasi Screen Recorder Gaming Untuk PC

Akhir Kata

Nah, sekarang anda sudah tak perlu bingung lagi bagaimana cara mengatasi laptop hang, sehingga sekarang anda bisa dengan nyaman menggunakan laptop anda.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.