Tips Memilih Keyboard Gaming

Tips Memilih Keyboard Gaming

Posted on

Tips Memilih Keyboard Gaming – Bermain di PC atau laptop yang tidak dikhususkan untuk gaming tentunya menimbulkan masalah bagi para gamers.

Pasalnya, keyboard di PC atau laptop tidak didesain untuk bermain game, melainkan hanya untuk mengetik seperti biasa.

Akibatnya permainan terasa kurang maksimal dan sering kalah karena serangan yang kurang agresif akibat penggunaan keyboard yang tidak sesuai untuk bermain game sehingga tidak bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Keyboard gaming merupakan salah satu ‘senjata’ yang dibutuhkan jika ingin memiliki kemampuan bermain yang lebih baik. Apalagi jika Anda berniat menjadi atlet esports profesional.

Tips Memilih Keyboard Gaming

Keyboard Gaming

1. Membran vs mekanis

Saat mencari keyboard gaming, Anda akan dihadapkan pada dua jenis pilihan keyboard yaitu membrane atau mechanical.

Keyboard membran memiliki satu bantalan tekanan atau bantalan tekanan yang membentang di bawah deretan tombol. Di sisi lain, setiap tombol pada keyboard mekanis memiliki sakelar sendiri.

Perbedaan tersebut mempengaruhi beberapa hal, yang paling mencolok adalah pengalaman suara dan pengetikan. Keyboard membran lebih hening, sedangkan keyboard mekanis terdengar lebih kencang dan terasa lebih taktil.

Oleh karena itu keyboard mekanik lebih enak digunakan untuk bermain game, namun dapat menimbulkan polusi suara saat digunakan untuk mengetik.

Selain itu, dengan tombol yang memiliki sakelar individual, keyboard mekanis dapat disesuaikan dan lebih tahan lama. Namun, mereka juga lebih mahal daripada keyboard membran.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Internetan Gratis

2. Penuh vs TKL vs 60%

Mungkin Anda baru mengenal desain keyboard lengkap yang memiliki deretan tombol angka atau num pad di sisi kanan. Sebenarnya ada dua jenis keyboard lain yang umum tersedia di pasaran, yaitu TKL (sepuluh tombol kurang) dan 60%.

Pada dasarnya keyboard TKL memiliki susunan tombol yang sama dengan keyboard lengkap, namun tanpa num pad. Sehingga susunannya lebih mirip dengan keyboard pada kebanyakan laptop.

Sementara itu, keyboard 60% didesain lebih ringkas. Keyboard ini tidak memiliki susunan tombol fungsi (F1-F12) dan tombol arah, cocok untuk Anda yang suka membawa-bawa keyboard dan senang dengan tampilan meja kerja yang lebih rapi.

3. Tips Memilih Keyboard Gaming: Lampu RGB

Lampu RGB Keyboard gaming

Meski identik dengan perangkat gaming, lampu RGB tidak selalu hadir di semua keyboard. Untuk menekan harga, beberapa produsen memilih menggunakan lampu dengan warna statis.

Ada sejumlah keyboard gaming yang dilengkapi lampu hanya dalam satu warna, misalnya putih atau biru.

Ada juga yang dilengkapi dengan lampu dengan warna berbeda di setiap baris tuts sehingga memiliki tampilan keyboard dengan lampu RGB.

Setiap keyboard juga didesain dengan jumlah efek cahaya yang berbeda. Selain statis hidup dan mati, lampu di keyboard dapat diatur untuk menyala dengan efek gelombang, kedip, dan banyak lagi.

4. Tips Memilih Keyboard Gaming: Konektivitas

Umumnya, keyboard gaming didesain dengan kabel yang disambungkan secara permanen ke bodi. Namun, ada sejumlah keyboard dengan kabel yang bisa dilepas.

Bahkan, ada beberapa yang sudah dilengkapi konektivitas Bluetooth. Untuk Anda yang hanya menggunakan keyboard di satu tempat, misalnya dengan desktop PC di rumah, keyboard gaming berkabel sudah cukup.

Sebaliknya, keyboard dengan kabel yang bisa dilepas atau digunakan tanpa kabel lebih cocok untuk kamu yang suka membawa keyboard sendiri, baik untuk bekerja maupun bermain di rumah teman.

5. Pahami jenis keyboard yang tersedia

Pada dasarnya di luar ada 3 jenis keyboard yang perlu Anda kenali. Jenis-jenis tersebut dibagi berdasarkan sakelar yang mereka gunakan, seperti sakelar membran, sakelar gunting, dan sakelar mekanis.

Nah, keyboard sering kali jadi andalan untuk bermain game menggunakan sakelar mekanis. Biasanya perangkat yang menggunakan sakelar model ini akan berbunyi lebih keras namun memiliki ketahanan yang cukup baik.

Model keyboard ini memiliki tingkat akurasi serta kepekaan yang sangat tinggi, serta cocok untuk meningkatkan performa Anda dalam bermain game.

Selain memiliki suara mekanis yang cukup nyaring, biasanya produk seperti ini akan memiliki lampu / backlight yang membantu pengguna agar tidak mudah salah tekan.

Beberapa di antaranya bahkan hadir dengan pengaturan lampu yang dapat disesuaikan

6. Perhatikan warna keyboard gaming yang ingin Anda beli

Pada sebuah perangkat keyboard gaming, warna merah atau biru yang biasanya tertera tidak hanya mewakili warna lampu yang digunakan.

Seperti warna merah misalnya, adalah sebutan untuk papan ketik yang menggunakan tombol buatan pabrik bernama Cherry.

Dengan keyboard yang menggunakan tombol Cherry (Cherry MX), Anda tidak perlu menekan keras untuk menggunakannya. Tekan saja dengan lembut, tombol dapat bekerja secara baik.

Sensitivitas dari perangkat ini cukup baik. Jenis tuts ini biasanya terdapat pada keyboard besutan Corsair. Produsen lain juga telah membuat keyboard dengan karakteristik berbeda yang juga menggunakan kode warna.

Seperti Razer yang hadir dengan keyboard kuning untuk produk yang memiliki nuansa yang sama dengan Cherry keys.

Jadi, sebenarnya dalam dunia gaming keyboard, warna mewakili karakter tombol yang digunakan. Baik dari suara yang dihasilkan hingga tingkat respon yang dimiliki oleh keyboard tersebut.

7. Tentukan jenis tata letak keyboard yang dibutuhkan

Pada dasarnya setiap keyboard akan hadir dengan jumlah tombol sekitar 88-101 buah. Biasanya pada keyboard gaming juga akan ada tambahan keyboard numerik di sebelah kanan.

Penambahan ini berguna untuk menambah shortcut yang bisa digunakan dalam bermain game. Oleh karena itu, Anda perlu menimbang dengan benar tata letak keyboard yang Anda butuhkan.

Pasalnya beberapa produsen keyboard gaming bahkan menyediakan sejumlah tombol tambahan yang bisa digunakan untuk mengaktifkan fitur Macro.

8. Perhatikan tampilan keyboard gaming

Jika Anda termasuk salah satu orang yang sangat mementingkan estetika desain suatu produk, tentunya tampilan keyboard gaming akan menjadi salah satu pertimbangan dalam membelinya.

Oleh karena itu, Anda perlu mencari keyboard yang sesuai dengan selera Anda. Sebagian besar keyboard gaming hadir dalam warna-warna terang yang indah.

Bagi sebagian orang, warna-warna tersebut cenderung norak. Untuk itu perlu mencari keyboard gaming yang lampunya bisa diatur atau bahkan dimatikan.

Jika Anda menginginkan keyboard yang memiliki sentuhan pribadi, pilih produk yang menyediakan tombol yang dapat disesuaikan. Seperti keyboard yang menggunakan sakelar Cherry.

Karena Cherry sendiri memanglah mendatangkan sejumlah produk kunci yang bisa digunakan untuk modifikasi keyboard yang Anda miliki.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Cara Menghemat Kuota Internet

9. Tentukan budget untuk membeli keyboard gaming

Atas dasar pertimbangan tersebut, siapkan saja kocek di kisaran Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Pasalnya, di kisaran harga ini terdapat beragam keyboard gaming yang berkualitas yang dapat Anda peroleh dari pabrikan terkenal seperti Logitech, Corsair, sampai Razer.

10. Tips Memilih Keyboard Gaming: Perhatikan Polling Rate

Polling rate adalah frekuensi untuk menjelaskan jumlah sinyal yang dikirim oleh keyboard ke komputer dalam 1 detik.

Keyboard standar biasanya memiliki tingkat polling 125 Hz, yang berarti keyboard mengirimkan sinyal 125 kali dalam satu menit.

Untuk keyboard game, polling rate harus 500 Hz hingga 1000 Hz. Semakin tinggi tingkat polling, semakin baik kecepatan keyboard saat bermain game.

11. Mampu Memprogram Ulang

Banyak game yang mengharuskan pemainnya menekan kombinasi tombol (disebut makro) di keyboard.

Alih-alih repot menekan terlalu banyak tombol pada saat yang bersamaan, gamer biasanya memprogram ulang keyboard game mereka untuk menampilkan perintah ini hanya dengan satu tombol.

Oleh karena itu, saat membeli keyboard gaming, Anda harus mengetahui apakah keyboard tersebut dapat diprogram ulang atau tidak. Keyboard game yang bagus seharusnya bisa menjalankan fungsi ini.

12. Tips Memilih Keyboard Gaming: Jenis Papan Kunci

Jenis Papan Kunci keyboard gaming

Keyboard standar biasanya memiliki bantalan karet berbentuk kubah di bawah tombol keyboard.

Hal ini membuat keyboard standar tidak akan bertahan lama saat digunakan untuk gaming karena intensitas beban yang harus ditanggung keyboard saat digunakan untuk gaming jauh lebih tinggi dari sekedar mengetik biasa.

Jadi anda harus berhati-hati dengan keypad keyboard agar keyboard tersebut awet.

Umumnya keyboard gaming memiliki sakelar mekanis yang mampu menahan hingga 50 juta penekanan tombol, jauh dari keyboard standar yang hanya mampu bertahan 1-5 juta.

13. Harus Memiliki Lampu Latar

Jika Anda termasuk orang yang suka bermain game larut malam di ruangan yang gelap, pastikan untuk membeli keyboard gaming yang memiliki backlight.

Jadi kamu tetap bisa bermain meski dalam kondisi pencahayaan gelap karena ada panduan dari backlight untuk menekan tombol yang diperlukan saat bermain game.

14. Perhatikan perangkat lunaknya

Selain dari fitur fisiknya, gaming keyboard juga harus memiliki software yang dapat digunakan untuk memprogram ulang atau tweak lain untuk memudahkan Anda dalam bermain game.

Merek-merek besar seperti Logitech, Razer dan SteelSeries memiliki software khusus untuk produk gaming mereka yang akan memudahkan para gamer untuk menggunakannya.

Follow Perkembangan Teknologi Dengan Membaca: Jenis-Jenis Anti Virus

Akhir Kata

Nah, itu tadi informasi dari kami tentang Tips Memilih Keyboard Gaming. Anda tidak diharuskan membeli keyboard yang sangat mahal untuk mendapatkan sensasi yang dibutuhkan saat bermain game, karena dengan harga yang tidak terlalu mahal,

pemain juga bisa mendapatkan keseruan dan sensasi bermain game tersebut, terutama sepuluh pilihan keyboard saat memiliki tingkat kecepatan yang luar biasa. tidak perlu menunggu lama saat mengetik apapun.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa terus ikuti perkembangan teknologi dengan membaca artikel kami yang akan update setiap harinya, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.